alexa-tracking

Jawaban Elegan Seorang Tukang Bakso

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013133687/jawaban-elegan-seorang-tukang-bakso
Thumbs up 
Jawaban Elegan Seorang Tukang Bakso
Jawaban Elegan Seorang Tukang Bakso


Semua Berawal Dari Seorang Tukang Baso....

Di suatu senja sepulang kantor, saya masih berkesempatan untuk ngurus tanaman di depan rumah, sambil memperhatikan beberapa anak asuh yang sedang belajar menggambar peta, juga mewarnai. Hujan rintik rintik selalu menyertai di setiap sore di musim hujan ini.

Di kala tangan sedikit berlumuran tanah kotor,...terdengar suara tek...tekk.. .tek...suara tukang bakso dorong lewat. Sambil menyeka keringat..., ku hentikan tukang bakso itu dan memesan beberapa mangkok bakso setelah menanyakan anak - anak, siapa yang mau bakso ?

"Mauuuuuuuuu. ...", secara serempak dan kompak anak - anak asuhku menjawab.

Selesai makan bakso, lalu saya membayarnya. ...

Ada satu hal yang menggelitik fikiranku selama ini ketika saya
membayarnya, si tukang bakso memisahkan uang yang diterimanya. Yang satu disimpan dilaci, yang satu ke dompet, yang lainnya ke kaleng bekas kue semacam kencleng. Lalu aku bertanya atas rasa penasaranku selama ini.

"Mang kalo boleh tahu, kenapa uang - uang itu Mamang pisahkan? Barangkali ada tujuan ?" "Iya pak, Mamang sudah memisahkan uang ini selama jadi tukang bakso yang sudah berlangsung hampir 17 tahun. Tujuannya sederhana saja, Mamang hanya ingin memisahkan mana yang menjadi hak Mamang, mana yang menjadi hak orang lain / tempat ibadah, dan mana yang menjadi hak cita – cita penyempurnaan iman ".

"Maksudnya.. ...?", saya melanjutkan bertanya.

"Iya Pak, kan agama dan Tuhan menganjurkan kita agar bisa berbagi dengan sesama. Mamang membagi 3, dengan pembagian sebagai berikut :

1. Uang yang masuk ke dompet, artinya untuk memenuhi keperluan hidup sehari - hari Mamang dan keluarga.

2. Uang yang masuk ke laci, artinya untuk infaq/sedekah, atau untuk melaksanakan ibadah Qurban. Dan alhamdulillah selama 17 tahun menjadi tukang bakso, Mamang selalu ikut qurban seekor kambing, meskipun kambingnya yang ukuran sedang saja.

3. Uang yang masuk ke kencleng, karena emang ingin menyempurnakan agama yang Mamang pegang yaitu Islam. Islam mewajibkan kepada umatnya yang mampu, untuk melaksanakan ibadah haji. Ibadah haji ini tentu butuh biaya yang besar. Maka Mamang berdiskusi dengan istri dan istri menyetujui bahwa di setiap penghasilan harian hasil jualan bakso ini, Mamang harus menyisihkan sebagian penghasilan sebagai tabungan haji. Dan insya Allah selama 17 tahun menabung, sekitar 2 tahun lagi Mamang dan istri akan melaksanakan ibadah haji.

Hatiku sangat...... .....sangat tersentuh mendengar jawaban itu. Sungguh sebuah jawaban sederhana yang sangat mulia. Bahkan mungkin kita yang memiliki nasib sedikit lebih baik dari si emang tukang bakso tersebut, belum tentu memiliki fikiran dan rencana indah dalam hidup seperti itu. Dan seringkali berlindung di balik tidak mampu atau belum ada rejeki.

Terus saya melanjutkan sedikit pertanyaan, sebagai berikut : "Iya memang bagus...,tapi kan ibadah haji itu hanya diwajibkan bagi yang mampu, termasuk memiliki kemampuan dalam biaya....".

Ia menjawab, " Itulah sebabnya Pak. Emang justru malu kalau bicara soal mampu atau tidak mampu ini. Karena definisi mampu bukan hak pak RT atau pak RW, bukan hak pak Camat ataupun MUI.

Definisi "mampu" adalah sebuah definisi dimana kita diberi kebebasan untuk mendefinisikannya sendiri. Kalau kita mendefinisikan diri sendiri sebagai orang tidak mampu, maka mungkin selamanya kita akan menjadi manusia tidak mampu. Sebaliknya kalau kita mendefinisikan diri sendiri, "mampu", maka Insya Allah dengan segala kekuasaan dan kewenangannya Allah akan memberi kemampuan pada kita".

"Masya Allah..., sebuah jawabannya elegan sekali dari si Mamang "seorang tukang bakso"

Jawaban Elegan Seorang Tukang Bakso

KASKUSER YG BAIK YAITU :

1. Memberikan Komentar

2. Jangan lupa di emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

3. Bila Agan Berkenan Boleh Donk emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Cc : emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Kaskus emoticon-2 Jempol
emoticon-Mewek emoticon-Matabelo
subhanawlooh gaan sesuwatu banget tuh...
salam ye gan sama si emang tukang basonya kalo lewat lagi..
ane bantu emoticon-Rate 5 Star biara selalu di udara emoticon-Big Grin
pertamax ganemoticon-Cool
KASKUS Ads

-Autolock Thread-

Apabila content yang dimuat berisi SARA/Pornografi/SPAM.
Mohon untuk tidak mereply trit ini [ http://kask.us/13133687 ],
-
Silakan dilanjutkan ngaskusnya gan.
Terima Kasih.
keren gan , nais inpoh,,, emoticon-Add Friend (S) emoticon-Add Friend (S)
emoticon-Sundul: emoticon-Sundul: emoticon-Sundul: emoticon-Sundul: emoticon-Sundul:
Quote:


selamat gan... pertamax udah di ambil sama tukang baso gan emoticon-Ngakak emoticon-Peace
mantapp storynya, tukang bkso yg ngerti agamaa..and bijak
jadi tersentuh gan baca ceritanya
kereen gan ane jadi malu emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu
inspirasi nih buat inget sama yang diatas, belajar bisa dari mana aja termaksud tukang bakso emoticon-2 Jempol
Terharu ane bacanya Gan emoticon-Smilie
sangat elegant sekali jawabanya emoticon-Big Grin
Jawaban Elegan Seorang Tukang Bakso
emoticon-Mewek
emoticon-Cool
emoticon-Mewek
emoticon-Matabelo

hebat nih tukang baksonya
inspiratif sekali gan, mulai sekarang ane mau mendefinisikan diri sebagai orang mampu ah, semangat emoticon-thumbsup
Insya Allah dimudahkan...
ceritanya dah bagus gan, tp maaf, dah banyak banget yg posting percis 100% sama titik koma nya

Quote:


ini apaan sih gan pibot apa orang neh? bikin senewen aja
keren gan motivasi tukang baksonya emoticon-Matabelo
meski tridnya emoticon-Purple Repost emoticon-Peace
salut ama si emang yg punya kedisiplinan seperti itu emoticon-Add Friend (S)
×