alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Keutamaan sholat tasbih
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013128041/keutamaan-sholat-tasbih

Keutamaan sholat tasbih

Assalamu'alaikum wr.wb

permisi newbie numpang...

Keutamaan sholat tasbih

Shalat Sunnat Tasbih disebut demikian karena di dalamnya dibacakan tasbih sehingga dalam 4 (empat) rakaat berjumlah 300 (tiga ratus) tasbih. Shalat Tasbih ini sangat dianjurkan oleh Rosulullah SAW untuk diamalkan, kalau bisa setiap malam, kalau tidak bisa tiap malam maka sekali seminggu, kalau juga tidak sanggup sekali seminggu, dapat juga dilakukan sebulan sekali atau setahun sekali dan kalau tidak bisa sekali setahun, setidak-tidaknya sekali seumur hidup.

Tentang fadhilah atau keutamaan Shalat Sunnat Tasbih perhatikan Hadist tersebut ini, bersabda Rosulullah SAW :

“Hai Abbas ! Wahai paman ! Sukakah kamu apabila aku beri, maukah kamu apabila aku pameri, bolehkan (kiranya) aku memberi petunjuk kepadamu yaitu : Sepuluh hal yang penting, yang apabila kamu lakukan akan diampuni Allah dosamu, yang awal dan yang akhir, yang lama dan yang baru, yang disengaja maupun tidak, yang kecil maupun yang besar, yang tersembunyi maupun yang nyata. Sepuluh hal yang penting yaitu : Agar kamu melakukan Shalat empat rakaat, membaca dalam tiap-tiap rakaat surah Al-Fatihah dan surah lainnya apa saja, apabila selesai dari yang dibaca itu (yakni surah), dalam rakaat pertama, bacalah kamu dalam berdiri “Subhanallahi wal hamdulillahi walaa ilaaha illallaahu wallaahu akbar”, lima belas kali lalu ruku’ dan bacalah kamu dalam ruku’ sepuluh kali tasbih. Lalu angkat kepalamu dari ruku’ (I’tidal) dan bacalah tasbih sepuluh kali. Lalu turun bersujud dan bacalah dalam sujud sepuluh kali tasbih. Lalu angkat kepalamu dari sujud (duduk antara dua sujud) dan bacalah sepuluh kali tasbih. Lalu sujud lagi dan ucapkanlah sepuluh kali tasbih. Lalu angkat kepalamu (dari sujud) dan ucapkanlah sepuluh kali tasbih. Ini jumlahnya tujuh puluh lima dalam tiap-tiap satu rakaat. Apabila kamu dapat melakukan shalat ini dalam sehari sekali maka lakukanlah, dan apabila tidak maka dalam tiap-tiap jum’at sekali. Apabila tidak dapat maka dalam sebulan sekali, apabila tidak dapat maka dalam seumur hidup sekali. (HR. Ibnu Majah)

Saudaraku, sesama Muslim.

Rosul mengajarkan kepada paman beliau Sayyidina Abbas bin Abdul Muthalib agar melakukan (mengamalkan) 10 (sepuluh) hal yang penting (Shalat Sunnat Tasbih) yang apabila diamalkan akan diampuni dosa yang awal dan yang akhir, yang lama dan yang baru, yang disengaja maupun yang tidak disengaja, yang kecil maupun yang besar, yang tersembunyi maupun yang nyata. Subhanallah !

Shalat Sunnat Tasbih kalau dikerjakan pada siang hari hendaklah dikerjakan 4 (empat) rakaat dengan satu salam. Tetapi apabila dikerjakan pada malam hari hendaklah 4 (empat) rakaat itu dijadikan 2 (dua) salam. Sesuai yang diterangkan oleh Rosulullah SAW :

“Shalat malam itu, dua-dua.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim)

Mengucapkan niat Shalat Sunnat Tasbih :

a) Siang, 4 rakaat (langsung) :

Ushalli sunnatattasbiih arba’a roka’aatiin lillaahii ta’ala

b) Malam, 2 rakaat-2 rakaat :

Ushalli sunnatattasbiih rok’atayni lillaahii ta’ala

Cara mengerjakannya sebagai berikut, ada dua cara (versi) :

1) Berdiri lurus menghadap kiblat, lantas ucapkan niat. Setelah Al-Fatihah pada rakaat pertama, maka bacalah Tasbih 15 kali dengan tasbih sebagai berikut :

Subhaanallaahi wal hamdulillaahi walaa ilaaha illallaahu wallaahu akbar

“Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan yang wajib disembah kecuali hanya Allah yang Maha Besar.”

Kemudian disambung dengan membaca bacaan tersebut di bawah ini :

Laa hawla walaa quwwata illaabillaahil ‘aliyyil’adziim

“Tiada daya dan upaya kecuali hanya dengan pertolongan Allah.”

2) Ketika Ruku’, setelah bacaan ruku’ bacalah tasbih 10 kali.

3) Ketka I’tidal, setelah membaca do’a I’tidal, bacalah tasbih 10 kali.

4) Ketika sujud, setelah bacaan sujud, bacalah tasbih 10 kali.

5) Ketika duduk antara dua sujud, setelah membaca bacaan duduk antara dua sujud, bacalah tasbih 10 kali.

6) Ketika sujud yang kedua, setelah bacaan sujud, bacalah tasbih 10 kali.

7) Pada sujud kedua setelah selesai membaca tasbih 10 kali, lantas sebelum berdiri ke rakaat kedua, hendaknya duduk istirahat lalu sambih duduk istirahat itu membaca tasbih 10 kali.

Demikian pelaksanaan pada rakaat pertama, yang apabila dihitung bacaan tasbihnya berjumlah 75 kali, kalau dikerjakan 4 rakaat, menjadi : 75 x 4 = 300 tasbih.

Saudaraku, sesama Muslim.

Seperti dikatakan diatas ada dua versi (cara) mengerjakan Sholat Sunnat Tasbih. Adapun cara (versi) yang selain versi tersebut di atas, keterangannya sebagai berikut : Pada rakaat pertama, setelah niat dan mengucapkan Takbiratul Ikhram langsung membaca tasbih 15 kali. Setelah membaca Al-Fatihah dan surah baru kemudian membaca tasbih 10 kali dan ketika ruku’ (setelah membaca bacaan ruku’) membaca tasbih 10 kali. Demikian seterusnya pada gerakan-gerakan selanjutnya membaca tasbih 10 kali – 10 kali sampai dengan pada sujud kedua dan hingga disini jumlah tasbih keseluruhannya pada rakaat pertama yaitu sebanyak 75 tasbih. Jadi 75 x 4 rakaat = 300 tasbih.

Ketika akan berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua (tdidak perlu duduk istirahat) tetapi langsung berdiri.

Saudaraku, sesama Muslim.

Setelah kita tahu keutamaan Shalat Sunnat Tasbih sesuai Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Jangan ragu lagi, hayo penulis menghimbau (mengajak) mari kita kerjakan Shalat Sunnat Tasbih setiap malam, kalau tidak bisa tiap-tiap malam, kita kerjakan seminggu sekali (setiap Jum’at) kita mengerjakan Shalat Sunnat Tasbih. Dan jangan kita kosongkan Shalat Sunnat Tasbih ini dalam seminggu sekali atau sebulan sekali. Karena kalau kita kosongkan dalam sebulan sekali, kita takut kita akan termasuk orang Mutahawinun biddiin, yakni orang yang meringan-ringankan agama. Dengan cara (versi) yang mana kita mengerjakannya boleh saja, kata (Guru-guru) kedua versi itu benar dan terserah bagaimana enaknya kita saja. Karena yang tidak benar, kata (Guru-guru), adalah orang yang tidak pernah mengerjakan Shalat Sunnat Tasibh walaupun hanya sekali selama seumur hidupnya.

Fadlilah Sholat Tasbih
Keutamaan sholat tasbih sebagaimana keterangan dalam berbagai hadits adalah dapat menghapus dosa-dosa, baik yang awal maupun yang akhir, dosa-dosa yang telah lampau maupun yang baru, baik yang disengaja maupun yang tidak dan juga yang tampak maupun yang tersembunyi. Dan perlu diketahui bahwa dosa-dosa yang dihapus karena mengerjakan sholat tasbih adalah dosa-dosa kecil karena dosa-dosa besar tidak bisa terhapus kecuali dengan taubat yang sungguh-sungguh. Wallahu A'lam


Subhanallah gan emoticon-Matabelo

alhamdulillah ga emoticon-Repost

sekian dari ane, semoga bermanfaat threadnya emoticon-Shakehand2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
pertamaxx di thread sendiri
wah trit bagus ini...
ijin nyimak dulu gan... emoticon-Matabelo
silakan gan... bantu rate juga ya emoticon-Add Friend (S)
Ijin nyimak dulu gan..
Sp tw dinihari gini dpt pencerahan dari ni Thread... emoticon-thumbsup
Ijin nyimeng (nyimak dengan anteng) dulu gan..
sp tau dinihari gini dapet pncerahan dari ni thread... emoticon-thumbsup
emoticon-Sundul: emoticon-Sundul: emoticon-Sundul:

mumpung ada saudara kita yang mengingatkan yuk mari kita laksanakan sholat tasbih semampu kita, seperti yang di ajarkan baginda Rossulullah Saw.

semoga Allah ridho pada kita. Amin ya Robbalalamin..
salah satu fav ane

lumayan pegel

emoticon-Rate 5 Star
wahh ini ni perlu dipraktekkan,..
emoticon-Rate 5 Star
Subhanallah keren gan, guru ngaji ane nyaranin untuk sholat tasbih minimal 1x selama hidup lah baru tau ternyata manfaatnya bisa menghapus dosa" yang pernah dilakukan emoticon-thumbsup
Bagus gan, ane bukmark dolo gan.
Hati jadi lebih tenang dan lebih peka ...berdasarkan pengalaman ane lho.
Diubah oleh Atlantik Thaher

berbagi cerita

wah...saya suka thread ini. secara peribadi hampir setiap malam sy solat tasbih. paling malasnya 1 minggu sekali yakni malam jum'at. awalnyanya memang berat gan, tapi lama kelamaan makin nikmat. bagi agan2 yg pemula memang terasa berat. tips dr saya agar agan2 dpt mengerjakannya lebih mudah :
1. lakukan solat ini sesudah ba'diyah isya'.
2. tasbinya cukup سبحان الله والحمدلله ولا اله الا الله والله اكبر. jangan ditambahi ولا حول ولا قوة الا بالله العلي العظين.
3. do'a iftitahnya yg pendek aja gan, seperti سبحانك اللهم وبحمدك وتباك اسمك وتعالى ولا اله غيرك، atau الله اكبر كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرتا واصيلا. atau agan pakai riwayat yv lainnya. atau tidak pakai doa iftitah sama sekali.
4. setelah al fatihah baca qulhuallahu ahad setiap rakaatnya.

teman saya pernah bercerita bahwa dia diperintahkan oleh gurunya untuk solat tasbih. setelah selesai baca alfatihah sambil liat air segelas yg sudah disediakan. maka dia pun melaksanakan perintah itu. "eh...airnya mutar2 sendiri gan" tuh air langsung diminum untuk penerang hati.

menurut imam ahmad al ghazali (saudara imam ghazali), solat tasbih itu dapat melemButkan ruh, mencahayakan wajah, dll. kata tuan syekh "barangsiapa yv solat tasbih maka dia tidak akan pernah kekurangan dan kesepian, sekalipun di bumi ini dia hanya hidup seorang diri".

emoticon-Traveller
Luar biasaemoticon-Sundul
ijin bookmark gan
Diubah oleh frankfreak
Wow bagus vangeet gan


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di