alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
CAP TIKUS -Minuman khas masyarakat Minahasa-
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013044491/cap-tikus--minuman-khas-masyarakat-minahasa

CAP TIKUS -Minuman khas masyarakat Minahasa-

Minuman
Saguer dan Cap Tikus

\t
Cap Tikus adalah jenis cairan berkadar alkohol rata-rata 40 persen yang dihasilkan melalui penyulingan saguer (cairan putih yang keluar dari mayang pohon enau atau seho dalam bahasa daerah Minahasa). Tinggi rendahnya kadar alkohol pada Cap Tikus tergantung pada kualitas penyulingan. Semakin bagus sistem penyulingannya, semakin tinggi pula kadar alkoholnya.

Saguer sejak keluar dari mayang pohon enau sudah mengandung alkohol. Menurut kalangan petani, kadar alkohol yang dikandung saguer juga tergantung pada cara menuai dan peralatan bambu tempat menampung saguer saat menetes keluar dari mayang pohon enau.

Untuk mendapatkan saguer yang manis bagaikan gula, bambu penampungan yang digantungkan pada bagian mayang tempat keluarnya cairan putih (saguer), berikut saringannya yang terbuat dari ijuk pohon enau harus bersih. Semakin bersih, saguer semakin manis. Semakin bersih saguer, maka Cap Tikus yang dihasilkan pun semakin tinggi kualitasnya.

Kadar alkohol pada Cap Tikus tergantung pada teknologi penyulingan. Petani sejauh ini masih menggunakan teknologi tradisional, yakni saguer dimasak kemudian uapnya disalurkan dan dialirkan melalui pipa bambu ke tempat penampungan. Tetesan-tetesan itulah yang kemudian dikenal dengan minuman Cap Tikus.

Cap Tikus sudah dikenal sejak lama di Tanah Minahasa. Memang tidak ada catatan pasti kapan Cap Tikus mulai hadir dalam khazanah budaya Minahasa. Namun, setiap warga Minahasa ketika berbicara tentang Cap Tikus akan menunjuk bahwa minuman itu mulai dikenal sejak nenek moyang mereka.

CAP TIKUS -Minuman khas masyarakat Minahasa-
@Kumpul saguer dari pohon


Yang pasti, minuman Cap Tikus sudah sejak dulu sangat akrab dan populer di kalangan petani Minahasa. Umumnya, petani Minahasa, sebelum pergi ke kebun atau memulai pekerjaannya, minum satu seloki (gelas ukuran kecil, sekali teguk) Cap Tikus. Minuman ini, menurut Pendeta Dr. Richard AD Siwu, dosen Fakultas Teologi Universitas Kristen Tomohon (Ukit) dikenal oleh setiap orang Minahasa sebagai minuman penghangat tubuh dan pendorong semangat untuk bekerja.


CAP TIKUS -Minuman khas masyarakat Minahasa-
@Menyuling Cap Tikus secara traditional


Sadar betul bahwa Cap Tikus mengandung kadar alkohol tinggi, sudah sejak dulu orang-orang tua mengingatkan agar bisa menahan atau mengontrol minum minuman Cap Tikus. Sejak dulu pula dikenal pameo menyangkut Cap Tikus, minum satu seloki Cap Tikus, cukup untuk menambah darah, dua seloki bisa masuk penjara, dan minum tiga seloki bakal ke neraka.

Pak tani minum Cap Tikus karena memang dengan satu seloki semangat kerja bertambah. Karena itu, minum satu seloki Cap Tikus diartikan menambah darah, dan semangat kerja.

Tanda awas langsung diucapkan setelah menenggak satu seloki, sebab jika menambah lagi satu seloki bisa berakibat masuk penjara. Artinya, dengan dua seloki orang bakal mudah terpancing bertindak berlebihan, karena kandungan alkohol yang masuk ke tubuhnya membuat orang mudah tersinggung dan rentan berbuat kriminal.

Jenis minuman ini diproduksi rakyat Minahasa di hutan-hutan atau perkebunan di sela-sela hutan pohon enau. Pohon enau-atau saguer dalam bahasa sehari-hari di Manado-disebut pohon saguer karena pohon ini menghasilkan saguer, atau cairan putih yang rasanya manis keasam-asaman serta mengandung alkohol sekitar lima persen.

Warung-warung makan di Minahasa pada umumnya juga menjual saguer. Bahkan, sebagian orang desa sebelum makan lebih dulu meminum saguer dengan alasan agar bisa makan banyak.

Sisa saguer yang tidak terjual kemudian disuling secara tradisional menjadi minuman Cap Tikus. Kadar alkoholnya, sesuai penilaian dari beberapa laboratorium, naik menjadi sekitar 40 persen. Makin bagus sistem penyulingannya, dan semakin lama disimpan, kadar alkohol Cap Tikus semakin tinggi. Di kalangan para peminum, Cap Tikus yang baik akan mengeluarkan nyala api biru ketika disulut korek api.

Mengapa dinamai Cap Tikus? Tidak diperoleh jawaban yang pasti. Ada dugaan, nama itu dipakai karena pembuatannya dilakukan di sela-sela pepohonan, tempat tikus hutan bermain hidup.

Jika di masa lalu, khususnya di kalangan para petani, Cap Tikus menjadi pendorong semangat kerja, lain hal lagi dengan kaum muda sekarang. Kini Cap Tikus telah berubah menjadi tempat pelarian. Cap Tikus telah berubah menjadi minuman tempat pelampiasan nafsu serta menjadi sarana mabuk-mabukan yang kemudian menjadi sumber malapetaka.

Selain bisa diminum langsung, Cap Tikus juga menjadi bahan baku utama sejumlah pabrik anggur di Manado dan Minahasa. Dengan predikat anggur, Cap Tikus masuk ke kota dan bahkan di antarpulaukan secara gelap.


Sumber:
http://www.theminahasa.net/social/tr...d/indexid.html
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Post ini telah dihapus oleh
CAP TIKUS -Minuman khas masyarakat Minahasa-

gagal lagi ane .....emoticon-Cape d...
CAP TIKUS -Minuman khas masyarakat Minahasa-
pesan satu galon dang qta emoticon-Big Grin
waaw drink drunk together doong ??
manthaaab daah emoticon-Big Grin
tapi rata rata bahannya hampir sama setiap pulaunya gan..enau emoticon-Malu
kaget ane liat judulnya, kirain alkohol yg rendem bayi2 tikus emoticon-Hammer
ternyata dari po'on toh emoticon-Big Grin
Quote:


bisa bikin teler satu kampung tuh gan.... emoticon-Ngakak
Quote:


Yiaaaksssss!!!! emoticon-Najis
ane denger2 kt ny bnyk yg koit gan minum cap tikus..apa kadr ny ketinggian jd kepanasan gtu
Quote:


bisa jadi gitu gan, bacaa kutipan di atas aja...
"minum satu seloki Cap Tikus, cukup untuk menambah darah, dua seloki bisa masuk penjara, dan minum tiga seloki bakal ke neraka."
gue kira dari tikus td bahan utamanya..
eh ternyata setelah dibaca ulang itu hanya nama saja emoticon-Big Grin
pembuatannya masih tradisional emoticon-Matabelo
namanya bkin ga pengen minum
selamat menikmati gan
kalo ane es kelapo aja dah
Quote:


jusrtu yang traditional itu yg enak gan...harus dilestarikan tp jangan disalah gunakan.
namanya emang "ngeri", tp rasanya Mantab gan.... (tp jangan berlebihan)
Quote:


itu juga mantabbbb gan..... emoticon-Smilie
1 galon gak bakal bikin mabok, palingan kembung aja..wkwkwkwkw
Quote:


emang klo bereng-bareng jadinya lebih mantab gan....emoticon-Angkat Beer
bahan sama tpi beda nama
emoticon-Smilie
ini minuman favorit saya.... ajib 1 botol pas buat tidur tuh... ajjjiiiiibbb......emoticon-Add Friend (S)
[QUOTE=speed12;647852607]ini minuman favorit saya.... ajib 1 botol pas buat tidur tuh... ajjjiiiiibbb......emoticon-Add Friend (S)[/QUOTE

1 botol bisa tidur 1 minggu gan....emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di