Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012806499/usaha-percobaan-penghancuran-gapura-bertuliskan-hok-tek-tong-di-padang-oleh-satpol-pp
Usaha Percobaan Penghancuran Gapura Bertuliskan Hok Tek Tong di Padang Oleh Satpol PP
Benarkah karena bentrok antar kelompok? Atau ada hal lain dibelakang semua ini?

Satu lagi berita dari Padang
...



Padang, Zamrudtv - Puluhan anggota Himpunan Tjinta Teman (HTT) Padang, Jumat siang(27/01) nyaris bentrok dengan anggota Satpol PP Padang. Mereka menentang gapura yang bertuliskan Hok Tek Tong di dekat Klenteng dibongkar petugas Satpol PP.

Menurut Kepala Satpol PP Yadrison, mereka mendapat perintah dari Walikota Padang Fauzi Bahar untuk membongkar gapura Hok Tek Tong yang terdapat dijalan klenteng tersebut. Alasannya, keberadaan gapura itu mengganggu jalan dan mengganggu suasana Imlek yang diadakan oleh kelompok Himpunan Bersatu Teguh (HBT).

Namun anggota HTT tidak terima pembongkaran itu. Mereka langsung berjaga dekat gapura dengan bersenjatakan tongkat dan alat-alat lainnya.

Beruntung saat kejadian, petugas kepolisian dari Polsekta Padang Selatan yang di-back up Polresta Padang cepat tiba di lokasi. Mereka segera meminta petugas Satpol PP mundur.

Bendahara HTT Albert Hendra Lukman, yang juga anggota DPRD Padang menyayangkan pembongkaran gapura bertuliskan Hok Tek Tong ini. Menurutnya, petugas Satpol PP telah menyalahi prosedur. Pasalnya, pihaknya tidak diberitahu sebelumnya soal pembongkaran tersebut.

HTT baru diberitahu Kepala Satpol PP Yadrison, Jumat siang pukul 12.00, sore mereka sudah langsung membongkar.

Sementara soal HBT, Albert menyebutkan, Walikota Padang Fauzi Bahar seakan memecah belah dua persatuan etnis tionghoa di Padang itu. Alasannya, selama ini hubungan HTT dengan HBT cukup baik. Malah mereka juga menghadiri acara Imlek yang dilakukan HBT.

Seharusnya, sebut Albert, Wali Kota mendorong kawasan Pondok untuk bangkit dari gempa 2009, sehingga bangunan di Pondok cepat terbangun, bukan sebaliknya.

Wali Kota Padang Fauzi Bahar menyebutkan tulisan itu dibongkar untuk menghindari perselisihan dengan HBT. Karena gapura bertuliskan Hok Tek Tong atau disingkat HTT seakan mengklaim kawasan di klenteng itu kawasan HTT, padahal disana juga berada HBT. Alasan lain, gapura itu mengganggu ketertiban karena berada di jalan umum. (tim/zamrudtv.com)




sumber
http://www.zamrudtv.com/filezam/sumb...sumbar&id=3501


http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=22449


[URL="http://indowarta.com/index.php?option=com_content&view=article&id=14245ertahankan-gapura-meski-harus-bentrok&catid=131:sumatera-barat&Itemid=376"]http://indowarta.com/index.php?option=com_content&view=article&id=14245ertahankan-gapura-meski-harus-bentrok&catid=131:sumatera-barat&Itemid=376[/URL]



Ditunggu latar balakang sesungguhnya dari peristiwa ini dari Kaskuser di Padang...
Kabar lainnya:



INILAH.COM, Padang — Puluhan anggota Satpol PP Padang dipukul mundur ketika berhadapan dengan anggota Himpunan Tjinta Teman (HTT) Padang di Jalan Kelenteng kawasan Pondok Padang, Jumat (27/1/2012). Satpol PP hendak membongkar gerbang HTT.

Anggota HTT memukul mundur Satpol PP dengan bersenjatakan kayu dan benda lain yang didapatkan.

Kejadian ini sempat membuat masyarakat setempat mengerubungi lokasi kejadian. Bahkan untuk antisipasi keselamatan warga yang melintas di Jalan Kelentang, sejumlah personil kepolisian terpaksa memblokir jalan di kawasan Batang Arau menuju Kelenteng. Tidak ada yang mengalami luka-luka terkait insiden ini.

Agar tidak kecolongan, sejumlah anggota HTT Padang hingga tadi malam ditugaskan untuk berjaga-jaga di sekitar gerbang HTT. Mereka khawatir anggota Satpol PP datang tiba-tiba pada malam hari, lalu dengan leluasa membongkar gerbang HTT. Salah seorang pengurus HTT Padang Albert Hendra Lukman mengungkapkan, cara yang dilakukan Satpol PP itu tidak bisa dibenarkan, karena tidak melalui prosedur sesuai protap yang berlaku di Satpol PP.

“Jika ingin membongkar suatu bangunan, seharusnya Satpol PP memberikan surat peringatan atau surat pemberitahuan pembongkaran. Tapi kali ini mereka datang dan langsung ingin membongkar gerbang HTT. Melihat hal itu, tentu saja anggota HTT mengamuk, karena gerbang HTT merupakan harga diri kami,” ujar Albert geram.

Albert menjelaskan, Ia telah berbicara dengan Ketua Satpol PP Padang dan mendapat jawaban, bahwa pembongkaran itu atas perintah Walikota Padang Fauzi Bahar. Ketika berbicara dengan walikota, Albert mendapat jawaban, bahwa gerbang HTT bisa mengganggu acara Imlek yang sedang diadakan di gedung Himpunan Bersatu Teguh (HBT), yang masih berada di Jalan Kelenteng Padang.

“Jawaban walikota terlalu mengada-ada. Masa gerbang HTT bisa mengganggu acara Imlek HBT. Lihat saja, gerbang HTT berada di sekitar gedung HTT dan berjarak sekitar 50 meter dari gedung HBT. Dimana letak menganggunya. Kami saja dari HTT diundang HBT, dan HTT juga memberikan ucapan selamat melalui papan bunga,” tegas Albert.

Albert menilai, pernyataan walikota Padang merupakan bentuk adu domba antar sesama warga Tionghoa di kawasan Pondok. Menurutnya, jika HTT dan HBT dinilai pecah kongsi atau tidak kompak, seharusnya walikota sebagai pemimpin Kota Padang memanggil keduabelah pihak, lalu berdialog untuk menemui titik permasalahan. Tapi Albert mengaku, cara itu tidak pernah dilakukan oleh sang penguasa Kota Padang.

Albert mengklaim, antara HTT dengan HBT tidak memiliki perseteruan yang berarti, dan jika pemerintah menilai ada perseteruan antara HBT dan HTT, maka HTT juga siap untuk berdialog dan dimediasi oleh pemerintah.

“Jika kebijakan pemerintah terus menyudutkan HTT, saya akan mengadukan walikota ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Kebijakan itu bukan hanya dari walikota saja, tapi dari anggota legislatif juga ada,” tambah Albert.

Sementara itu, Walikota Padang Fauzi Bahar yang hadir di acara HBT Padang mengatakan, gerbang HTT dibangun di sekitar jalan umum dan bisa memicu kecemburuan sosial antar warga Tionghoa di kawasan Pondok.

“Dengan adanya gerbang yang bertuliskan HTT itu, bisa saja orang mengganggap bahwa kawasan itu milik HTT. Padahal kawasan itu untuk umum dan bukan hanya untuk anggota HTT saja. Jangan sampai terjadi salahpaham gara-gara gerbang tersebut,” jelas Fauzi Bahar. [gus]



sumber:
http://sindikasi.inilah.com/read/det...tpol-pp-diusir









Apakah benar 'niat baik" Walikota atau walikota memancing di air keruh? Sengaja mengadu domba warga masyarakat sendiri?

Jika niatnya mengadu domba? Well...kadang kepikiran saja, kenapa pejabat di indo senang memberi statement/tindakan yang justru memanaskan suasana?

Senang kalau warganya tabok2an mungkin ya?

Mungkin benar kata trit sebelah...ada usaha untuk mebuat kacau INDONESIA.
setau saya HTT & HBT tidak pernah bermusuhan, kalau pun ada masalah pasti di selesaikan dengan kekeluargaan.
Cih, si fauzi bahar, itu pondok ud terbengkalai sejak gempa tapi malah ditelantarkan. minta jatah duit aja kencang tapi melihara pondok ga pernah. Usaha Percobaan Penghancuran Gapura Bertuliskan Hok Tek Tong di Padang Oleh Satpol PP
diakui atau tidak
orang padang benci ama org cina
Quote:Original Posted By chinchien
setau saya HTT & HBT tidak pernah bermusuhan, kalau pun ada masalah pasti di selesaikan dengan kekeluargaan.


g serba salah sih mw komen apa..scr walaupun g lagi ga d padang,tp g hafal persis posisi gapuranya..itu gapura pas d gerbang gang,yg d dalamnya banyak terdapat bangunan perkumpulan suku seperti TAN dan HUANG..dg masang d sana berarti mrk menganggap jalan itu merupakan daerah mrk ato gimana?HTT emang sedikit arogan dalam hal ini..

mengenai adu domba,g ga komen lah..tp yg g tw emang walikota deket bgt ama ketua HBT yg sekarang..tp g ga mw berspekulasi banyak..g sih moga2 ga ada perpecahan aja..gimanapun smwnya dr satu akar..
Quote:Original Posted By Ernesto.Guevara

Apakah benar 'niat baik" Walikota atau walikota memancing di air keruh? Sengaja mengadu domba warga masyarakat sendiri?

Jika niatnya mengadu domba? Well...kadang kepikiran saja, kenapa pejabat di indo senang memberi statement/tindakan yang justru memanaskan suasana?

Senang kalau warganya tabok2an mungkin ya?

Mungkin benar kata trit sebelah...ada usaha untuk mebuat kacau INDONESIA.[/SIZE][/I]


maklum lah si Padang 1 ini kan rasis kelas berat, apalagi sekarang lagi trend adu kambing bikin konflik, alasannya sih sederhana liat ada 1 gerbang cina harga diri peyang 1 ini tersinggung. mikirnya anjing kampoeang gue kok ada 1 gerbang cina kagak jelas gini gede gede lagi, apalagi si cina setorannya kurang. ya udah bongkar, tipikal jaman kegelapan, bukan mikir gimana orang bisa sejahtera tapi model kesombongan yng ditonjolin.
Quote:Original Posted By anmmh
diakui atau tidak
orang padang benci ama org cina


benci asal mau hidup rukun ga masalah

wah walikotannya bikin panas dua kubu nih
waduh kenapa rusuh terus negara ini.. ayo cepat diselasikan masalahnya dengan kekeluargaan.. damai itu indah kawan..
kalau tidak gatal ya jangan digaruk toh pak...GOBLOK banget sih
Quote:Original Posted By Ernesto.Guevara
Kabar lainnya:



INILAH.COM, Padang — Puluhan anggota Satpol PP Padang dipukul mundur ketika berhadapan dengan anggota Himpunan Tjinta Teman (HTT) Padang di Jalan Kelenteng kawasan Pondok Padang, Jumat (27/1/2012). Satpol PP hendak membongkar gerbang HTT.

Anggota HTT memukul mundur Satpol PP dengan bersenjatakan kayu dan benda lain yang didapatkan.

Kejadian ini sempat membuat masyarakat setempat mengerubungi lokasi kejadian. Bahkan untuk antisipasi keselamatan warga yang melintas di Jalan Kelentang, sejumlah personil kepolisian terpaksa memblokir jalan di kawasan Batang Arau menuju Kelenteng. Tidak ada yang mengalami luka-luka terkait insiden ini.

Agar tidak kecolongan, sejumlah anggota HTT Padang hingga tadi malam ditugaskan untuk berjaga-jaga di sekitar gerbang HTT. Mereka khawatir anggota Satpol PP datang tiba-tiba pada malam hari, lalu dengan leluasa membongkar gerbang HTT. Salah seorang pengurus HTT Padang Albert Hendra Lukman mengungkapkan, cara yang dilakukan Satpol PP itu tidak bisa dibenarkan, karena tidak melalui prosedur sesuai protap yang berlaku di Satpol PP.

“Jika ingin membongkar suatu bangunan, seharusnya Satpol PP memberikan surat peringatan atau surat pemberitahuan pembongkaran. Tapi kali ini mereka datang dan langsung ingin membongkar gerbang HTT. Melihat hal itu, tentu saja anggota HTT mengamuk, karena gerbang HTT merupakan harga diri kami,” ujar Albert geram.

Albert menjelaskan, Ia telah berbicara dengan Ketua Satpol PP Padang dan mendapat jawaban, bahwa pembongkaran itu atas perintah Walikota Padang Fauzi Bahar. Ketika berbicara dengan walikota, Albert mendapat jawaban, bahwa gerbang HTT bisa mengganggu acara Imlek yang sedang diadakan di gedung Himpunan Bersatu Teguh (HBT), yang masih berada di Jalan Kelenteng Padang.

“Jawaban walikota terlalu mengada-ada. Masa gerbang HTT bisa mengganggu acara Imlek HBT. Lihat saja, gerbang HTT berada di sekitar gedung HTT dan berjarak sekitar 50 meter dari gedung HBT. Dimana letak menganggunya. Kami saja dari HTT diundang HBT, dan HTT juga memberikan ucapan selamat melalui papan bunga,” tegas Albert.

Albert menilai, pernyataan walikota Padang merupakan bentuk adu domba antar sesama warga Tionghoa di kawasan Pondok. Menurutnya, jika HTT dan HBT dinilai pecah kongsi atau tidak kompak, seharusnya walikota sebagai pemimpin Kota Padang memanggil keduabelah pihak, lalu berdialog untuk menemui titik permasalahan. Tapi Albert mengaku, cara itu tidak pernah dilakukan oleh sang penguasa Kota Padang.

Albert mengklaim, antara HTT dengan HBT tidak memiliki perseteruan yang berarti, dan jika pemerintah menilai ada perseteruan antara HBT dan HTT, maka HTT juga siap untuk berdialog dan dimediasi oleh pemerintah.

“Jika kebijakan pemerintah terus menyudutkan HTT, saya akan mengadukan walikota ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Kebijakan itu bukan hanya dari walikota saja, tapi dari anggota legislatif juga ada,” tambah Albert.

Sementara itu, Walikota Padang Fauzi Bahar yang hadir di acara HBT Padang mengatakan, gerbang HTT dibangun di sekitar jalan umum dan bisa memicu kecemburuan sosial antar warga Tionghoa di kawasan Pondok.

“Dengan adanya gerbang yang bertuliskan HTT itu, bisa saja orang mengganggap bahwa kawasan itu milik HTT. Padahal kawasan itu untuk umum dan bukan hanya untuk anggota HTT saja. Jangan sampai terjadi salahpaham gara-gara gerbang tersebut,” jelas Fauzi Bahar. [gus]



sumber:
http://sindikasi.inilah.com/read/det...tpol-pp-diusir









Apakah benar 'niat baik" Walikota atau walikota memancing di air keruh? Sengaja mengadu domba warga masyarakat sendiri?

Jika niatnya mengadu domba? Well...kadang kepikiran saja, kenapa pejabat di indo senang memberi statement/tindakan yang justru memanaskan suasana?

Senang kalau warganya tabok2an mungkin ya?

Mungkin benar kata trit sebelah...ada usaha untuk mebuat kacau INDONESIA.

setubuh, mirip kaya kejadian gki yasmin. sengaja memajukan tameng orang hidup untuk ribut
Ada yg bisa jelasin Hok Tek Tong itu artinya apa? trus HBT itu apa? Apa yg melatarbelakangi 'pecah kongsi' ini?


Usaha Percobaan Penghancuran Gapura Bertuliskan Hok Tek Tong di Padang Oleh Satpol PP
walikota kurang kerjaan , setoran nya kurang kali yah ???

orang cina ama orang padang emang gak terlalu berbaur , tapi kagak pernah ribut2an ....

daripada ngurusin ginian mendingan benerin tuh sarana ama prasarana pasca gempa ....
Quote:Original Posted By rednose
Ada yg bisa jelasin Hok Tek Tong itu artinya apa? trus HBT itu apa? Apa yg melatarbelakangi 'pecah kongsi' ini?



HTT dan HBT adalah perkumpulan sosial masyarakat cina di kota padang. fungsinya sebagai wadah aksi sosial,cagar budaya, dan pemakaman warga cina di padang.

organisasi ini jg yg mewadahi 2 tim barongsai besar indonesia di era awal 2000an..tim barongsai HTT padang (juara nasional barongsai indonesia thn 2000) dan tim barongsai HBT padang (juara 5 dunia thn 2000)

organisasi ini jg yg mewadahi aksi solidaritas warga cina padang terhadap bencana alam maupun permasalahan sosial lainnya di padang, seperti donor darah,dll..

mengenai perpecahan,g ga pernah menemukan perpecahan..yg ada cm persaingan dalam hal olahraga dan budaya.. Usaha Percobaan Penghancuran Gapura Bertuliskan Hok Tek Tong di Padang Oleh Satpol PP
Quote:Original Posted By ArchAngelz
walikota kurang kerjaan , setoran nya kurang kali yah ???

orang cina ama orang padang emang gak terlalu berbaur , tapi kagak pernah ribut2an ....

daripada ngurusin ginian mendingan benerin tuh sarana ama prasarana pasca gempa ....


g krg setuju disebut krg asimilasi.emang sih ada yg namanya kampung cina,tp smw org di kampung cina ngomongnya bahasa padang/minang..lol
Usaha Percobaan Penghancuran Gapura Bertuliskan Hok Tek Tong di Padang Oleh Satpol PP
Quote:Original Posted By anmmh
diakui atau tidak
orang padang benci ama org cina


yakin bro?

gw rasa orang padang ga ada masalah ama orang cina. emang sih, orang cina banyak terkonsentrasi di daerah pondok. tp kl soal interaksi sih, biasa2 aja. Cek aja deh di pasar tradisional, ga ngaruh juga yang beli ato jual cina. Blum lagi kalo bicara oleh2 dari kota padang kyk box oleh2 yang sering lu liat di bandara2 tuh, yang jual malah orang cina kok.

Dulu aja pas gw SMA, yang orang cina cuma satu orang di angkatan gw. Ga ada tuh dibully, ato diapa apain.
Quote:Original Posted By anmmh
diakui atau tidak
orang padang benci ama org cina


Quote:Original Posted By Reavers
benci asal mau hidup rukun ga masalah

wah walikotannya bikin panas dua kubu nih


benci asal rukun ?emang bisa?
Quote:Original Posted By Christian Xu
g serba salah sih mw komen apa..scr walaupun g lagi ga d padang,tp g hafal persis posisi gapuranya..itu gapura pas d gerbang gang,yg d dalamnya banyak terdapat bangunan perkumpulan suku seperti TAN dan HUANG..dg masang d sana berarti mrk menganggap jalan itu merupakan daerah mrk ato gimana?HTT emang sedikit arogan dalam hal ini..

mengenai adu domba,g ga komen lah..tp yg g tw emang walikota deket bgt ama ketua HBT yg sekarang..tp g ga mw berspekulasi banyak..g sih moga2 ga ada perpecahan aja..gimanapun smwnya dr satu akar..


dbabar lagi gan biar jls,
spekulasi dr komen ente sih kek perang dingin gitu ye kondisi skg
kalo bisa rukun kenapa harus berantem sih ?

lagian ribut nyah kok sekarang ? nyari momen yah ? Usaha Percobaan Penghancuran Gapura Bertuliskan Hok Tek Tong di Padang Oleh Satpol PP
bangunan itu ada ijinnya dari dinas tata kota:

kalo ga sesuai ya bongkar aja
×