Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012795254/hendak-ditembak-pemburu-induk-orangutan-peluk-anaknya
Hendak Ditembak Pemburu, Induk Orangutan Peluk Anaknya
Novi Christiastuti Adiputri - detikNews
Sabtu, 28/01/2012 18:33 WIB
Four Paws/Daily Mail

Spoiler for foto:

London - Sungguh dramatis. Seekor orangutan betina yang tengah hamil dan anaknya hanya bisa saling berpelukan saat dikepung dan hendak dibunuh oleh sekelompok pemburu di Kalimantan. Beruntung, sepasang ibu dan anak orangutan tersebut berhasil selamat setelah aktivis penyelamat hewan dari Inggris datang.

Aktivis penyelamat hewan liar bernama Four Paws, yang bermarkas di Inggris, menghentikan aksi pembantaian yang akan dilakukan oleh para pemburu tersebut tepat pada waktunya. Kedua orangutan tersebut akhirnya diamankan ke sebuah hutan terpencil dan aman dari para pemburu.

Namun, pihak Four Paws memasangkan alat pelacak pada keduanya agar mereka bisa dipantau pergerakannya demi keselamatan mereka. Demikian seperti diberitakan oleh media Inggris, Daily Mail, Sabtu (28/1/2012).

"Kedatangan kami tidak bisa lebih tepat waktu. Jika terlambat beberapa menit saja, pasti orangutan tersebut sudah tewas," ujar ahlir primata dari Four Paws, Dr Signe Preuschoft.

"Kami menemukan sekelompok pemuda mengepung mereka dan kedua orangutan terlihat membatu karena takut. Kelompok pemuda tersebut tampak bergembira karena membayangkan upah yang mereka dapat dengan menangkap dan membunuh orangutan. Pembantaian seperti ini harus dihentikan," imbuhnya.

Preuschoft menuturkan, aktivis Four Paws telah menyisir wilayah hutan Kalimantan yang berada di perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia untuk menemukan orangutan yang berhasil selamat dari pembantaian. Namun upaya mereka tidak membuahkan hasil.

Dijelaskan dia, habitat orangutan terus berkurang akibat penebangan liar dan ini berdampak pada berkurangnya jumlah spesies orangutan secara drastis.

Kondisi ini ditambah dengan adanya perusahaan kelapa sawit yang menganggap orangutan sebagai hama karena mengancam kelangsungan bisnis mereka. Mereka pun menyewa sejumlah orang untuk memberantas orangutan dan bahkan setiap kepala orangutan dihargai nyaris Rp 1 juta.

Pembantai orangutan ini menjadi berita heboh di Indonesia pada September 2011 lalu. Saat itu, sejumlah aktivis dan mahasiswa setempat menemukan tulang belulang orangutan dalam jumlah besar.

"Membunuh orangutan adalah perbuatan melanggar hukum di Indonesia, namun hukum yang berlaku kurang ditegakkan dengan baik. Sebelum bulan November tahun lalu, hanya 2 tersangka kelas teri saja yang ditangkap. Tapi pada 2 bulan terakhir, ada sekitar 10 orang yang ditangkap, termasuk seorang manajer senior dari perusahaan perkebunan dimana tulang belulang orangutan ditemukan," jelas juru bicara Four Paws.

Di sisi lain, bayi-bayi orangutan yang ditinggal mati oleh induknya justru ditangkap hidup-hidup untuk dijual secara gelap.

(nvc/gah)

[URL="http://www.detiknews..com/read/2012/01/28/183352/1828232/1148/hendak-ditembak-pemburu-induk-orangutan-peluk-anaknya?9911012"]SUMBER[/URL]


=========================================================
ane ga tega liat mata mereka ..
gimana kalo keadaan dibalik. Yang memburu itu berada di posisi mereka?


tambahan:
Quote:Original Posted By kucingtidok
ini gan ada videonya, silahkan dibuffer aja gan
Spoiler for video:


Spoiler for video:


Spoiler for video:




Kalo berkenan ditaruh di page one biar kaskuser pada liat jg..


Quote:Original Posted By putumayo

Anjrit..!!!
Sok jagoan bunuhin binatang yg terancam punah. Mereka itu kan perhiasan bumi ini.

Kenapa ya pemerintah tidak kratif buatin objek wisata di Kalimantan yg objeknya orang utan seperti halnya gajah di Lampung, supaya taraf hidup masyarakat setempat dapat terangkat oleh keberadaan orang utan dan ikut menjaga habitatnya.

Potensi Kalimantan bukan sekedar dari kayu & untuk kebun kelapa sawit yang merusak habitat orang utan !

Spoiler for Bukankah mereka lucu..?!::





Quote:Original Posted By senyum.simpul
mewek ane gan liat ginian...pemerintah seakan g peduli..tunggu media luar datang br pd heboh...om ane pernah cerita waktu kerja di sangkulirang(kaltim) dia sempat ikut berburu orang utan kurang lebih ad 5x...trus skrng dia tobat gan gara2 pas terakhir dia ikut berburu orang utan dia nangkap induk orang utan yg gede banget..nah trus sama pemburu dipukulin gan..cm yg bikin om ane sadar,itu induk orang utan sampe mati tp tetap mendekap anaknya g dilepas

klo ane punya pengalaman pribadi gmn orang bule(jerman) lebih care sm orang utan...jd dia ikut bantu mau ngembalikn orang utan punya tmn ane kebalai observasi di samboja...cuma ditolak dgn alasn kepenuhan..malah orang bule mau bayar buat dimasukin g diterima...semoga dgn masuk dailymail pemerintah kita lebih care..


=========================================================

Tq agan monikaruwaimana yang kasih cendol
untung deh orang utan nya selamat ya gan.
Hendak Ditembak Pemburu, Induk Orangutan Peluk Anaknya
kasian ya..jadi sedih ngeliatnya
Memilukan , Kenapa yang peduli orang dari Luar aja ... kemana Orang" Kita ( Sibuk Korupsi dll )
ini dia salah satu penyebab langkanya orang utan di kalimantan
Sebelum ada perkebunan sawit,orang utan emang udah ada dsana dari dulunya. Jadi yg ganggu siapa? Yang terganggu siapa? Manusia atau orang utannya? Hendak Ditembak Pemburu, Induk Orangutan Peluk Anaknya
Quote:Original Posted By killergodnana
Memilukan , Kenapa yang peduli orang dari Luar aja ... kemana Orang" Kita ( Sibuk Korupsi dll )


stuja gan
orang2 kita lebih demen korupsi drpd melestarikan hewan dan cagar alam :
ane sebagai bagian dari species manusia malu gan...

seandainya ga ada species manusia di bumi, pasti planet ini laksana surga

thanks,
satar
hanya gara2 uang, alam dan keseimbangannya dirusak.
Tunggu alam kembali membalas.

vbot pro mana nih?
baik thu PERUSAHAAN, harusnya prusahaan thu yg dimusnahkan bukannya thu hewan... siapa yg mengganggu habitat mreka, siapa yg pertama disana...
pengusaha kelapa sawit nih yang an**ng... binatang hampir punah masih mau dibunuh juga..
ya iyalah orang luar perduli.

disini yang penting duit pajak & spt ngumpul, trus bagi2 dah...
semoga dimakanin sawit2nya lebih banyak, go orangutan go :
ironis banget y, orang sendiri ngerusak malah orang luar yg punya nyali n kepedulian untuk menyelamatkan harta negara... ga heran deh klo suatu saat orang Indonesia harus keluar negri untuk liat orang utan, beli batik atau belajar main gamelan
Quote:Original Posted By giegiie
** SENSOR ** thu PERUSAHAAN, harusnya prusahaan thu yg dimusnahkan bukannya thu hewan... siapa yg mengganggu habitat mreka, siapa yg pertama disana...


NEGARA g butuh hewan gan apalagi orangUtan, negara bthnya PENGUSAHA2 kaya gan..........saya BANGGA MENJADI ORANG INDONESIA..............
TAPI MALU KARNA PEMERINTAHNYA...................
Quote:Original Posted By useUF
NEGARA g butuh hewan gan apalagi orangUtan, negara bthnya PENGUSAHA2 kaya gan..........saya BANGGA MENJADI ORANG INDONESIA..............
TAPI MALU KARNA PEMERINTAHNYA...................


orangutan juga punya hak hidup gan... salah! yang bener, indonesia malu punya warga kayak lu :
Quote:Original Posted By useUF
NEGARA g butuh hewan gan apalagi orangUtan, negara bthnya PENGUSAHA2 kaya gan..........saya BANGGA MENJADI ORANG INDONESIA..............
TAPI MALU KARNA PEMERINTAHNYA...................


dia juga makhluk hidup gan, ane sangat ga setuju sama pemburuan ini, biar liar maupun non liar.
butuh pengusaha untuk apa? toh bukan memperkaya ente
orang utan jg ciptaan Allah..dan Allah memberi kita mandat sebagai manusia untuk menjaga cipataanya bukannya merusak
orang utan punya hak hidup juga gan
×