Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012722111/miris-ini-negara-pemilik-cadangan-emas-terbesar-indonesia-tidak-masuk
Sedih [MIRIS] 20 Negara Pemilik Cadangan Emas Terbesar (Indonesia Tidak Masuk)
Quote:[MIRIS] Ini Negara Pemilik Cadangan Emas Terbesar (Indonesia Tidak Masuk)

Quote:KOMPAS.com — Emas memiliki peranan besar dalam menjaga sistem keuangan sebuah negara. Logam mulia ini menjadi aset terbesar di sejumlah devisa negara.

Nilai emas yang secara historis selalu mencatatkan kenaikan tahunan menjadi acuan bagi negara untuk mempertahankan kepemilikannya.

Dari tahun ke tahun, Amerika Serikat (AS) menempati posisi pertama dengan jumlah emas terbesar di antara negara maupun institusi keuangan di dunia. Paman Sam meninggalkan standar emas pada 1971.

Di posisi kedua, Jerman juga memiliki cadangan emas yang cukup besar. Bank Sentral Jerman, Deutsche Bundesbank, yang bermarkas di Frankfurt, menjadi manajer cadangan devisa negara. Namun ada kabar bahwa sebagian fisik emas milik Jerman itu disimpan di The Federal Reserves AS. Wartawan internasional Max Keiser menerima pengakuan beberapa bagian fisik emas The Fed dimiliki oleh Bundesbank.

Posisi ketiga diduduki oleh International Monetary Fund (IMF). Beranggotakan 187 negara, kebijakan kepemilikan emas di IMF selalu berubah dari tahun ke tahun. Cadangan ini dimaksudkan untuk membantu perekonomian anggotanya. Tergantung dari kondisi pasar, Dana Moneter Internasional ini selalu melakukan aksi beli maupun aksi jual sebagai inisiatif kondisi ekonomi.


Quote:Berikut adalah daftar pemilik emas terbesar di dunia :
\tNama Negara\tJumlah (ton)\tPorsi devisa (%)
1\tAmerika Serikat (AS)\t8.133,50\t76,9
2\tJerman\t3.396,30\t74,2
3\tIMF\t2.814,10\t
4\tItalia\t2.451,80\t73,9
5\tPrancis\t2.435,40\t73,7
6\tChina\t1.054,10\t1,8
7\tSwiss\t1.040,10\t16,8
8\tRusia\t873,6\t9,6
9\tJepang\t765,2\t3,3
10\tBelanda\t612,5\t63
11\tIndia\t557,7\t10
12\tECB\t502,1\t34,8
13\tTaiwan\t422,4\t6,1
14\tPortugal\t382,5\t89,8
15\tVenezuela\t372,9\t71,1
16\tSaudi Arabia\t322,9\t3,3
17\tUnited Kingdom\t310,3\t18
18\tLibanon\t286,8\t32,5
19\tSpanyol\t281,6\t35,5
20\tAustria\t280\t58,3

Sumber : World Gold Council, Data 13 Januari 2012


Quote:http://bisniskeuangan.kompas.com/rea....Emas.Terbesar

----------------------------

Seharusnya kita yang diperingkat 1, tapi emas kita dirampok ma negara Freepot
cadangan emas kita dirampok Freeport.



Saksikan Wallander di FoxCrime
Adaptasi dari novel ternama Swedia
Quote:Original Posted By zzzzz
----------------------------

Seharusnya kita yang diperingkat 1, tapi emas kita dirampok ma negara Freepot


Negara freeport itu dimana gan?
letaknya di bumi bagian mana?
kota freeport di bahama maksudnya?
Code:
http://en.wikipedia.org/wiki/Freeport,_Bahamas
kata siapa dirampok, kalau dirampok itu diambil tanpa ada ijin dari pemiliknya, kalau freeport kan ada izinnya, ini bukan dirampok tapi dikasih ke freeport
coba tebak siapa yang mengijinkan freeport masuk Indonesia
Presiden pada tahun 1992
Quote:Original Posted By mikung
kata siapa dirampok, kalau dirampok itu diambil tanpa ada ijin dari pemiliknya, kalau freeport kan ada izinnya, ini bukan dirampok tapi dikasih ke freeport


ga pernah belajar bahasa indonesia ya ada namanya bahasa kiasan?
Indonesia gak masuk ya?
Kita punya stok emas tapi apa daya lebih dikuasai asing.
Quote:Original Posted By TorqDJ
coba tebak siapa yang mengijinkan freeport masuk Indonesia
Presiden pada tahun 1992


sudah ada sebelumnya, th 1992 adalah perpanjangan kontrak (kontrak ke 2).. tuh fripot udah tahu kalo kondisi politik bakal kacau, kalau ga segera diperpanjang bisa di kick out.

tau sendiri jaman soekarno, ga suka campur tangan asing masuk wilayah ri, kalo jam suharto, byk sih (ada plus minus, tp bykan minusnya)....
usir aja gan PT.Free Port-nya....
ntar saya sakuin tambang emasnya,biar gak ketahuan satelit amrik.
Quote:Original Posted By zzzzz
sudah ada sebelumnya, th 1992 adalah perpanjangan kontrak (kontrak ke 2).. tuh fripot udah tahu kalo kondisi politik bakal kacau, kalau ga segera diperpanjang bisa di kick out.

tau sendiri jaman soekarno, ga suka campur tangan asing masuk wilayah ri, kalo jam suharto, byk sih (ada plus minus, tp bykan minusnya)....


inilah salah 1 contoh peninggalan buruk Soeharto
Kalo Soekarno masih menjabat ya sikatt
bukannya Indonesia kaya akan emas ??

koreksi om ts

sedikit koreksi agar tak salah kaprah...yg dimasukin dalam list diatas adalah negara dengan cadangan EMAS JADI alias emas batangan yg di simpan di gudang, jelas aja indonesia gak masuk list karena emas cadangan BI memang gak seberapa...

jadi itu bukan EMAS MENTAH yang masih tersimpan di dalam perut bumi....kalo soal cadangan emas yg masih di dalam perut bumi indonesia termasuk yg terbesar di dunia..terlepas dari faktor eksplorasi nya yg dilakukan entah oleh freeport, newmont, antam ataupun yg lainnya
Quote:Original Posted By anotherside
Negara freeport itu dimana gan?
letaknya di bumi bagian mana?
kota freeport di bahama maksudnya?
Code:
http://en.wikipedia.org/wiki/Freeport,_Bahamas


baca gan... (sabar menanggapi newbie )....

http://www.fcx.com/

Quote:Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. is the world's largest publicly traded copper company. We mine geographically diverse, long-lived reserves of copper, gold and molybdenum.

Mau tau statistik produksi emas dunia oleh Freeport? baca dan download ini http://www.fcx.com/ir/AR/2010/FCX_AR_2010.pdf

di situ tertulis kalau produksi emas mreka, 1,8 Juta dari 1,9 juta didapat dari INDONESIA, yyang artinya hampir 95% total produksi emas...!! HAL 24
Sebanyak itukah emas kita sampai spekulasinya adalah: cadangan emas kita seharusnya diperingkat pertama? berarti sebenarnya ada berapa banyak sih emas di negara kita itu? Bukannya kita pun masih harus mengimpor fasilitas penambangan dari luar juga yah? CMIIW, gan. Soalnya ane bener2 kurang begitu paham masalah tambang yang terus dipermasalahkan, tapi masih juga belum ada tindakan dari pemerintah.

Quote:Original Posted By zzzzz
baca gan... (sabar menanggapi newbie )....

http://www.fcx.com/

Mau tau statistik produksi emas dunia oleh Freeport? baca dan download ini http://www.fcx.com/ir/AR/2010/FCX_AR_2010.pdf

di situ tertulis kalau produksi emas mreka, 1,8 Juta dari 1,9 juta didapat dari INDONESIA, yyang artinya hampir 95% total produksi emas...!! HAL 24


Ini kan dari Freeportnya, gan. Maaf karena ane kurang paham, ada komparasi berupa perusahaan lain (pesaing Freeport) nya gak gan? Ane sempet miss bgt masalah emas ini mulai terangkat lagi apakah karena harga emas yang terus naik di pasaran? Karena kalo emas yang diambil oleh Freeport memang sebanyak itu, harusnya harga emas di dunia harusnya gak naik sampai segila sekarang2 ini kan gan?
Quote:Original Posted By InspectorVijay
sedikit koreksi agar tak salah kaprah...yg dimasukin dalam list diatas adalah negara dengan cadangan EMAS JADI alias emas batangan yg di simpan di gudang, jelas aja indonesia gak masuk list karena emas cadangan BI memang gak seberapa...

jadi itu bukan EMAS MENTAH yang masih tersimpan di dalam perut bumi....kalo soal cadangan emas yg masih di dalam perut bumi indonesia termasuk yg terbesar di dunia..terlepas dari faktor eksplorasi nya yg dilakukan entah oleh freeport, newmont, antam ataupun yg lainnya


ane setuju gan.. emas kita berlimpah, tapi kok yang mendulang atau panen ga negara kita sendiri, tapi di gondol ma USA? jelas seluk beluk masalahnya.....

kita mencoba realistis dengan melihat di depan mata, (emas di tangan)....
Quote:Original Posted By InspectorVijay
sedikit koreksi agar tak salah kaprah...yg dimasukin dalam list diatas adalah negara dengan cadangan EMAS JADI alias emas batangan yg di simpan di gudang, jelas aja indonesia gak masuk list karena emas cadangan BI memang gak seberapa...

jadi itu bukan EMAS MENTAH yang masih tersimpan di dalam perut bumi....kalo soal cadangan emas yg masih di dalam perut bumi indonesia termasuk yg terbesar di dunia..terlepas dari faktor eksplorasi nya yg dilakukan entah oleh freeport, newmont, antam ataupun yg lainnya


kan di beritanya juga udah dijelasin gan
memang negara2 kaya pasti memilih emas untuk investasi jangka panjang. untungnya udah berapa ratus persen tuh, di tambah lagi US dapet emasnya dari ngerampok secara halus
Quote:Original Posted By huntereuz
Sebanyak itukah emas kita sampai spekulasinya adalah: cadangan emas kita seharusnya diperingkat pertama? berarti sebenarnya ada berapa banyak sih emas di negara kita itu? Bukannya kita pun masih harus mengimpor fasilitas penambangan dari luar juga yah? CMIIW, gan. Soalnya ane bener2 kurang begitu paham masalah tambang yang terus dipermasalahkan, tapi masih juga belum ada tindakan dari pemerintah.


akibat bodonya presiden ke 2. yang mau aja tanda tanagn kontrak. ente mau ga kalao kerja digaji kecil?
tentang freeport:
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis...ntrak-freeport

info dari berbagai sumber
Pemerintah ingin menaikkan royalti agar sesuai ketentuan PP No 45/2003, yaitu royalti emas 3,75 persen, tembaga 4 persen, dan perak 3,25 persen. Saat ini, royalti yang diterima negara dari PTFI untuk emas 1 %, untuk tembaga 1,5% (jika harga kurang dari US$ 0.9/pound) sampai 3.5% (jika harga US$ 1.1/pound) dan untuk perak 1,25 %.

Selama ini negara mendapat bagian yang sangat kecil dibandingkan dengan yang diperoleh PT Freeport. Tercatat, dari tahun 2005 - September 2010, total penjualan PTFI sebesar US$ 28.816 juta atau Rp 259,34 triliun; laba kotornya US$ 16.607 juta atau Rp 150,033 triliun. Bandingkan dengan royalti yang dibayarkan kepada Indonesia hanya sebesar US$ 732 juta atau Rp 6,588 triliun

Jika dihitung dari tahun 1992 (setelah KK II) kontribusi PTFI mencapai US$ 10,4 milyar (royalti sebesar US$ 1,1 milyar dan dividen sebesar US$ 1 milyar). Artinya, total dividen dan royalti mencapai sekitar Rp 18 triliun (selama 18 tahun). Dari Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2009, pemerintah -sebagai pemegang 9,36 % saham PTFI- mendapat deviden dari PTFI sebesar Rp 2 triliun. Itu artinya pada tahun 2009 itu Freeport McMoran sebagai pemegang 90,64% saham PTFI mendapat deviden sekitar Rp 20 Triliun. Sementara, potensi yang masih ada di tambang Freeport sendiri masih lebih dari Rp 600 triliun.

hasil copas juga

Jika diperhatikan, masalah Freeport ini disebabkan oleh 3 hal yang saling terkait yaitu kontrak karya (KK) yang bermasalah, tekanan asing serta kebijakan ekonomi kapitalisme neoliberal.

Kontrak Karya I (KK I) maupun KK II isinya sangat merugikan Indonesia. KK I ditandatangani Soeharto sebagai Ketua Presidum Kabinet pada tanggal 7 April 1967 dan berlaku untuk Kuasa Pertambangan (KP) selama 30 tahun. Freeport mendapatkan berbagai keistimewaan sebagai perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia tetapi tidak terdaftar di Indonesia dan tidak tunduk dengan hukum Indonesia, mendapatkan tax holiday setelah tiga tahun berproduksi dan tanpa royalti sampai tahun 1984 serta keistimewaan lainnya. Belum lagi selesai masa kontraknya, pada Desember 1991 dibuat KKI II yang memberi hak kepada PTFI selama 30 tahun sampai tahun 2021 dan bisa diperpanjang 2 kali 10 tahun atau sampai tahun 2041.

Keistimewaan luar biasa yang diberikan kepada Freeport ini, tentu saja tidak bisa dilepaskan dari tekanan Amerika. Tekanan asing dilakukan oleh pemerintah AS ketika itu karena “berjasa besar” membantu pemerintah Soeharto dalam penumpasan G30S/PKI. Utang budi inilah yang digunakan sebagai “senjata” Freeport dan pemerintah AS untuk menekan Indonesia sehingga menerima begitu saja permohonan KP yang sangat merugikan itu.

Semua ini menjadi legal dengan kebijakan ekonomi negara yang neo liberal yang disahkan dengan undang-undang neo liberal. Berdasarkan doktrin kapitalisme, pemerintah tidak boleh ikut campur dalam kegiatan ekonomi dan harus diserahkan kepada swasta. Akibatnya, pengelolaan kekayaan alam termasuk barang tambang diserahkan kepada swasta terutama asing melalui Kontrak Karya (seperti pengelolaan tambang tembaga, emas dan perak di Papua Barat kepada PTFI) atau melalui Production Sharing Contract.

Akibat dari semua itu, sebagian besar kekayaan alam yang merupakan milik rakyat dikuasai dan dinikmati swasta terutama asing. Lebih ironis lagi, rakyat nyaris tidak mendapat apa-apa dari hasil kekayaan alam milik mereka itu. Rakyat -khususnya yang ada di sekitar areal tambang- justru menderita banyak kerugian karena lingkungan alam yang rusak, pencemaran, limbah dan tailing, rusaknya sumber penghasilan mereka dan penyakit sosial lainnya.
Quote:Original Posted By wallander
cadangan emas kita dirampok Freeport.



Saksikan Wallander di FoxCrime
Adaptasi dari novel ternama Swedia


bukan di rampok tp di berikan dgn iklas dari indo "rezim orba sampai rezim pembohongan publik" ke perusahan milik amerik "freeport" krn politik balas jase itukan budaya politik di indo.
bener2 ngerasa bego ya kita ini sebagai bangsa...
apalagi kalo kita liat realita sekarang ini...
amerika boleh berbangga hati deh..
×