Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012675279/pertamina-akui-bisa-039keok039-lawan-spbu-asing
Pertamina Akui Bisa 'Keok' lawan SPBU Asing
[url]http://finance.detik..com/read/2012/01/20/082621/1820625/1034/pertamina-akui-bisa-keok-lawan-spbu-asing[/url]

Pertamina Akui Bisa 'Keok' lawan SPBU Asing

Pertamina Akui Bisa 'Keok' lawan SPBU Asing

Jakarta - PT Pertamina (persero) mengakui akan 'keok' atau kalah bersaing jika harus bersaing melawan kompetitor SPBU Asing dalam menjual BBM non-subsidi khususnya di dalam kota.

"Kalau sama-sama jual pertamax di dalam kota, kami (Pertamina) pasti kalah. Karena pasokan pertamax kami hanya berasal dari kilang Balongan, sementara kilang lainnya memproduksi premium," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Djaelani Sutomo, Jumat (20/1/2012).

Jika dipaksakan kilang lain memproduksi pertamax, harganya akan jauh lebih mahal. Kilang Pertamina baru benar-benar siap memroduksi pertamax secara massal 2 tahun lagi.

"Karena kilang-kilang pertamina ini rata-rata sudah tua, jadi perlu ada revamping, dan baru mulai agak siap pada 2014," ungkapnya.

Apalagi dari data dilapangan, harga pertamax milik Pertamina rerata jauh lebih mahal dibandingkan harga pertamax di SPBU Shell, Petronas, Total dan SPBU Asing lainnya.

"Namun kalau dari segi impor pertamax, Pertamina masih bisa bersaing dengan dapat pasokan sebanyak 1,5 juta kl," ujar Djaelani.

Karenanya, lanjut Djaelani, untuk bisa bersaing dari sisi impor, pemerintah harus memberikan proteksi ke pada Pertamina.

"Kita di Malaysia saja tidak diizinkan membangun SPBU kalau tidak bangun kilang minyak disana, kenapa SPBU Petronas disini dibolehkan tanpa harus repot bangun kilang. Itu salah satu yang kami harapkan dari pemerintah," tukas Djaelani.

Sementara Ketua Umum Himpunan Pengusaha Swasta Nasional Minyak dan Gas Bumi, Eri Purnomosidi mengatakan, saat ini saja, SPBU-SPBU Pertamina 'ngos-ngosan' jual Pertamax dan total penjualannya sangat kecil.

"Pertamax market-nya adalah kalangan kelas atas," ujar Eri.

Menurut Eri, SPBU-SPBU asing saat ini terus gencar berekspansi di Indonesia karena melihat adanya peluang jika program pembatasan BBM diberlakukan.

"Indonesia punya pasar yang sangat besar, yakni pasar premium. Nah, saat ini mereka sangat menunggu pembatasan BBM, jika itu terjadi, peluang besar bagi SPBU Asing tersebut," tandas Eri.

-=========

terkait pembatasan premium....sepertinya ada tekanan dari luar negeri
belum tanding dah takut keok, dasar PERTAMINA tempe...

pantes ga maju2
semua ganti pertamax dijamin karyawan pertamina naik gaji semua
gimana gak keok pertamina!
yg dijual ke rakyat BARANG AFKIR....pembodohan masal!!
yang bagus dijual ke luar negeri...payah..
Ga usah dari sisi produk deh
Dari sisi pelayanannya aja masih kalah
udah dibilangin kalau PERTAMINA UNTUNG CUMA DARI SUBSIDI!
Quote:Original Posted By marcellgroove
Ga usah dari sisi produk deh
Dari sisi pelayanannya aja masih kalah


tul gan... pelayan shell masih lebih ramah dari pada pertamina...
gadai emas dibatasi tapi gadai negara kok kayak gak ada rem nya

kalo rakyat minta bubar pemerintah gak boleh mewek lho ya
paling perusahaan asing ijin nyah dipersulid Pertamina Akui Bisa 'Keok' lawan SPBU Asing
Biang kekacauan BBM di Indonesia adalah dia sendiri.
Monopoli membuat mereka seenak perutnya menentukan harga dan tidak efisien didalam.
Pegawainya dibayar tinggi dan diberi fasilitas berlebih, padahal seharusnya bisa buat nambah setoran penghasilan dan pajak buat negara.

ADA NGGAK YANG PERNAH NGELIAT PEGAWAI PERTAMINA HIDUP MISKIN? (bukan rekanannya lho!)
sebelum subsidi dibatesin aja, org2 udah pada pindah ke "kerang kuning" koq... ehehehehe
Pertaminyak: harga mahal dgn oktan jeblok...
mending gw pake Shell lah!


stupid company with idiotic strategy :
Quote:Original Posted By Murtadoz
sebelum subsidi dibatesin aja, org2 udah pada pindah ke "kerang kuning" koq... ehehehehe

Gw dah bertahun2 pindah kesono sejak gw mendapati dengan jumlah liter yang sama ternyata jarum penunjuk bensin mobil gw naiknya jauh beda
Udah pertamina nggak usah jual pertamax, premium aje dah
Pertamina Akui Bisa 'Keok' lawan SPBU Asing
Ya jelas keok..kualitas jelas menang shell. Pertamina Akui Bisa 'Keok' lawan SPBU Asing
Siapa yang mau pake pertamax, mending beli premium terus sisa'a buat ngeroko dah
Pertamina Akui Bisa 'Keok' lawan SPBU Asing
minyak asing kualitas lbh bagus, pelayanan lbh bagus, harga beda dikit...
pertamina bisa tetep exis gak ya...
Yup berarti nunggu 2014, citra pak sby masih terselamatkan Pertamina Akui Bisa 'Keok' lawan SPBU Asing
Pertamina cuma menang gembar gembor nya doank,iklan Pasti Pas,pelayanan memuaskan. Tapi gak sesuai sama seperti yg diiklan. Sering ane isi BBM di Pertamina,ane terus yang selalu pertama ucapin terima kasih. kadang si petugas ada yg tidak membalas ucapan terimakasih ane dengan ucapan terimakasih juga.
Dari pada gembar gembor iklan gak jelas,mending benahi dulu kualitas bbm nya. baru abis itu benahi sopan santun petugasnya.
di daerah ciputat ada pom bensin cuma nyediain pertamax doank, no premium.

hasilnya, sepiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.........................

mobil aja jarang banget mampir disana.

kalo cuma pertamax doank dan ga ada perbaikan kualitas, ane rasa spbu yang deket2 kompetitor banyak yang bangkrut
×