Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012557102/pajak-progresif-balik-nama-kendaraan-bermotor-untuk-area-jawa-barat-quotdigratiskanquot
-Pajak Progresif-Balik nama kendaraan bermotor untuk area jawa barat "DIGRATISKAN"
Kabar gembira buat pemilik kendaraan bermotor baik R2 maupun R4 yg berdomisili di lingkup dispenda jawa barat karena pertanggal 2 januari-30 juni 2012 dispenda jawa barat akan membebaskan biaya balik nama/bbn untuk kendaraan R2/R4

Berikut screen shoot pengumumannya di samsat depok:

-Pajak Progresif-Balik nama kendaraan bermotor untuk area jawa barat "DIGRATISKAN"

Berikut biaya tambahan resmi untuk bbn kendaraan sesuai PP no.50 th.2010:

-Pajak Progresif-Balik nama kendaraan bermotor untuk area jawa barat "DIGRATISKAN"

Jadi sekarang waktunya buat balik nama kendaraan agan2 semua terutama buat yg berdomisili di area dispenda jawa barat & buat yg menjual kendaraanya ke orang lain kalo bisa gak usah dikasih pinjam KTP karena nanti kita akan dikenakan pajak progresif

Berikut tata cara balik nama yg hemat & mudah (contoh yg udah ane praktekin di samsat depok-jawa barat):

1.Datanglah ke samsat bersama kendaraan yg akan di balik nama, sampai samsat janganlah agan banyak bertanya di pintu masuk karena disitulah banyak calo2 berkeliaran (langsung masuk aja gan nyelonong & jangan lupa ambil karcis parkir yah )

2.Langsung saja menuju area cek fisik kendaraan & tunjukan berkas agan STNK & BPKB asli ke petugas & minta langsung digesek2 kendaraan anda (disini GRATIS yah gan)

3.Selesai gesek2 parkirkanlah kendaraan agan diarea parkir yg tersedia di dalam area samsat,pastikan terkunci dengan rapih yah gan

4.Menuju area fotocopy berkas di bagian belakang samsat,serahkan saja BPKB,STNK,KTP asli yg akan dibalik nama & siapkan kwitansi+materai jual beli kendaraan yg akan dibalik nama (biasanya biaya sekitar 10 rb-an sudah termasuk map & si tukang fotocopy sudah paham betul susunan berkas yg dibutuhkan,jd agan terima beres saja...tp kalo menurut agan ini mahal agan bisa fotocopy dr rumah dengan biaya 1000 rupiah asal tau ajah susunannya & punya map merah tentunya )

5.Lengkap berkas silahkan agan menuju ke loket cek fisik (kalo di samsat depok posisinya di samping loket pengambilan plat no)…silahkan agan serahkan berkasnya ke loket (maksimal 30-45 menit berkas beres gan asal motor gak bermasalah)

6.Selesai dr loket cek fisik silahkan agan menuju loket pendaftaran BBN,mutasi,ganti warna,dsb…serahkan berkas dalam map ke petugas gan (kalo kata temen ane buat yg buru2 selipin ajah duit 30-50rb biar lebih cepet....tp kalo kita gak ngasih juga ngak apa2 gan paling kalo lg rame jd lamaan ajah)

7.Selesai dari loket pendaftaran agan tinggal tunggu ajah sampai nama agan dipanggil oleh pihak kasir,untuk melakukan pembayaran. Kalo udah dipanggil agan silahkan menuju kasir BJB untuk membayar pajak kendaraan+SWDKLLJ sebesar 35rb (buat R2)+biaya adm STNK sebesar 50rb (R2)+biaya adm TNKB sebesar 30rb(R2)+denda kalo agan telat yah….biasanya sih buat sepeda motor yg umum2 ajah sekitar 290rb-an abis totalnya gan

8. Setelah membayar dikasir BJB akan mendapatkan semacam kwitansi pembayaran & no.urut pengambilan STNK….abis itu agan tinggal tunggu ajah deh sampai dipanggil melalui pengeras suara & serahkan kwitansi dr kasir+no.urut buat ditukarkan dengan STNK yg sudah jadi

9.Setelah jadi STNK agan tinggal mengambil di loket plat no.sembari menunjukan stnk yg berlaku

10.Proses balik nama telah selesai & agan tinggal menunggu ganti buku BPKB agan jd dr polda terdekat sekitar 7-10 hari kemudian (area depok-bekasi-tanggerang mengambilnya di Komdak/Polda metro jaya Jakarta,are lainnya di jawa barat berarti mengambil di Polda jawa barat)….biasanya biaya ganti buku sekitar 150rb via biro jasa gan (denger2 resminya 100rb-an)…kalo yg ini ane pake biro jasa aja gan soalnya ke komdak lumayan jauh

Komen TS: Andai ajah semua provinsi menetapkan penggratisan balik nama,bakalan lancar nih orang bayar pajak…..karena memang sudah seharusnya orang bayar pajak itu dipermudah & dipermurah kalo perlu

Ini semua dilakukan dispenda jawa barat karena mulai th.2012 ini akan diberlakukan pajak progresif bagi kendaraan R2 & R4 sesuai dengan keputusan link ini:

http://dispenda.jabarprov.go.id/index.php/artikel
Buat yg mau BBN pake biro jasa,silahkan berpikir 2 kali kalo harga yg dipatok biro jasa itu terlalu tinggi
saiyah yakin biro jasa masih laku kok, mengingat birokrasi yang ada

apalagi buat orang yang skeptis terhadap institusi ini, termasuk saiyah -Pajak Progresif-Balik nama kendaraan bermotor untuk area jawa barat "DIGRATISKAN"
mantabs nih kalo begini. langsung meluncur saudara2 yang kendaraannya masih an orang lain
ini bener gan coba ane baca kembali ane ragu
semoga deh di Medan dan daerah2 yg lain juga bakalan ada yg kayak gini ya -Pajak Progresif-Balik nama kendaraan bermotor untuk area jawa barat "DIGRATISKAN"
semoga daerah lainnya segera menyusul seperti ini gan
nice info gan.
kemaren ane perpanjang stnk, kena pajak, karena ada 4kendaraan yang atas nama ane. padahal udh dijuali :
muanntabs di yogya dah berlaku lom
wah mantepp bnagnet tuh
thanks infonya gan. Ane langsung kasi tau bokap. -Pajak Progresif-Balik nama kendaraan bermotor untuk area jawa barat "DIGRATISKAN"
Ane area jawa timur gan barusan balik nama mobil forza tahun 1988..

pajaknya 480rb

ane balik nama deh...
tarif resmi 986rb, tapi banyak pungutan jadi kena hampir 1,5jt..

semoga lain kali bisa seperti di jawa barat ya
wah itu mah namanya percepatan pelayanan masyarakat,
ane s7 aja gan kalo gratis nya di seluruh indonesia,
oplos dah untuk kapoldanya,
Quote:Original Posted By Tanjir
saiyah yakin biro jasa masih laku kok, mengingat birokrasi yang ada

apalagi buat orang yang skeptis terhadap institusi ini, termasuk saiyah -Pajak Progresif-Balik nama kendaraan bermotor untuk area jawa barat "DIGRATISKAN"


Sm gan ane juga skeptis sama institusi ini, tp pas ane coba ternyata cukup mudah,murah & masuk akal semua biaya2nya....soalnya biro jasa rata2 menawarkan 600-800rb buat balik nama motor,padahal kenyataanya gak sampe separonya toh

Quote:Original Posted By asep50
wah di jawatimur gak ad ya gn?



Belom gan baru jawa barat,semoga wilayah lain menyusul

Quote:Original Posted By Angel111111
mantabs nih kalo begini. langsung meluncur saudara2 yang kendaraannya masih an orang lain


Yups balik nama aja gan biar tenang

Quote:Original Posted By jonysk
ini bener gan coba ane baca kembali ane ragu


Ada fotonya malah gan asli dipajang di samsat depok,masa ane mau bohongin gan

Quote:Original Posted By 6741ai
semoga deh di Medan dan daerah2 yg lain juga bakalan ada yg kayak gini ya -Pajak Progresif-Balik nama kendaraan bermotor untuk area jawa barat "DIGRATISKAN"


Quote:Original Posted By goku26
semoga daerah lainnya segera menyusul seperti ini gan


Semoga gan segera menyusul yah, karena orang mau bayar pajak harusnya dipermudah bukan dipersulit

Quote:Original Posted By armandprase
nice info gan.
kemaren ane perpanjang stnk, kena pajak, karena ada 4kendaraan yang atas nama ane. padahal udh dijuali :


Gampang gan kalo gitu,syaratnya agan jangan kasih pinjem KTP....nanti otomatis progresifnya lepas sendiri gan

Quote:Original Posted By ronnych
muanntabs di yogya dah berlaku lom


Quote:Original Posted By rj.mh
wah mantepp bnagnet tuh


Quote:Original Posted By hilmandroid
thanks infonya gan. Ane langsung kasi tau bokap. -Pajak Progresif-Balik nama kendaraan bermotor untuk area jawa barat "DIGRATISKAN"


Hehehe2 semoga wilayah lain menyusul yah gan
Quote:Original Posted By berylucu
Ane area jawa timur gan barusan balik nama mobil forza tahun 1988..

pajaknya 480rb

ane balik nama deh...
tarif resmi 986rb, tapi banyak pungutan jadi kena hampir 1,5jt..

semoga lain kali bisa seperti di jawa barat ya


Kal pajak agan cuma 480 rb harusnya gak sampai 1 jt agan udah beres tuh sampai jadi BPKB baru....sayang jawa timur belom memberlakukan pemutihan BBN kayak jawa barat yah gan

Quote:Original Posted By vedial
wah itu mah namanya percepatan pelayanan masyarakat,
ane s7 aja gan kalo gratis nya di seluruh indonesia,
oplos dah untuk kapoldanya,


Sebenernya keputusan tentang pajak gak murni dr kepolisian gan tp dr dinas pendapatan daerah masing2 gan yg memutuskan....seyogyanya daerah lain mengikuti jawa barat kalo mau masyarakatnya taat bayar pajak
tapi itu ada kata2 untuk "kendaraan kedua", maksudnya klo mobilnya dua gitu gan?
wah yg bener nih, pengen balik nama sebenrnya
kan sekalian motor ane pajak 5 tahunan ni gan, jadi sekalian ganti plat nomer n STNK
Quote:Original Posted By green.stabilo
tapi itu ada kata2 untuk "kendaraan kedua", maksudnya klo mobilnya dua gitu gan?


Gratis buat R2 & R4 gan....mobil khan = R4
Quote:Original Posted By andand2
wah yg bener nih, pengen balik nama sebenrnya
kan sekalian motor ane pajak 5 tahunan ni gan, jadi sekalian ganti plat nomer n STNK


Bener gan, tp ini cuma berlaku diarea jawa barat yah gan ....& pajak tetep bayarlah gan
seharusnya orang bayar pajak itu dipermudah
bner bgt gan






—Masih nubie gan, jangan dibata yah,
kasih cendol saja
™
×