Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012139681/pilih-mana-tambahan-armada-atau-area-khusus-wanita
Pilih mana?? Tambahan Armada atau Area Khusus Wanita??
Quote:Jakarta - Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta terus berusaha memperbaiki diri agar penumpang khususnya kaum wanita merasa aman dan nyaman menggunakan bus rapid transit (BRT) tersebut. Salah satunya yaitu dengan menyediakan area khusus wanita.

Meski pelayanan itu dinilai cukup positif, namun belum menjawab sepenuhnya permasalahan yang sesungguhnya terjadi selama ini.

"Karena sebetulnya saya melihat permasalahannya itu adalah bagaimana bisa mengurangi kepadatan penumpang di dalam bus," terang anggota komunitas Suara TransJakarta, David, kepada detikcom, Jumat (23/12/2011).

David menilai, yang seharusnya dipikirkan BLU adalah bagaimana bisa menyelesaikan masalah keterangkutan penumpang tersebut. Karena penerapan area khusus ini justru hanya akan menimbulkan pro dan kontra karena efektifitasnya cenderung diragukan.

"Menyelesaikan masalah keterangkutan tersebut yang paling utama tentunya dengan menambah armada, penambahan stasiun pengisian BBG dan terus meningkatkan operasi sterilisasi jalur," jelasnya.

Selain itu dia juga menilai penerapan area khusus wanita itu, masih menimbulkan ambigu. Sebab, BLU mengatakan saat jam sibuk atau jam padat, pada area ini boleh bergabung antara pria dan wanita.

"Nah di situ tidak ditegaskan pada jam-jam berapa saja yang dimaksud dengan jam sibuk itu. Harusnya aturan itu dulu ditegaskan, sehingga petugas on board yang berjaga dapat bersikap tegas juga ketika ada penumpang pria yang memasuki area khusus wanita ketika jam tersebut sudah berakhir," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, BLU TransJakarta menegaskan kembali area khusus wanita di bus TransJ kali ini di dalam bus dengan memasang bendera penanda bertuliskan 'Area Khusus Wanita' di dalam bus.

"Hari ini penegasan kembali area khusus wanita, karena hari ini bertepatan dengan Hari Ibu," ujar Kepala BLU TransJakarta M Akbar pada detikcom, Kamis (22/12/2011).

Bendera penanda ini dipasang untuk menandai batas khusus wanita yang memisahkan bagian depan dan bagian belakang, dekat di pintu masuk bus di bagian tengah. Bendera penanda ini berukuran 15x50 cm, berwarna sangat feminin, merah muda dan ungu, bertuliskan 'Area Khusus Wanita' berwarna hitam. Bendera penanda ini semua dipasang di seluruh bus TransJ. Selain itu ada juga stiker-stiker yang dipasang di kaca-kaca bus bagian depan yang menegaskan bahwa wilayah itu khusus wanita. Bagaimana dengan wanita yang bersama suami atau tak mau berpisah tempat duduk dengan pasangannya?

"Ya yang di belakang boleh laki-laki dan wanita, terutama wanita yang didampingi pasangannya dan tidak mau kepisah," jelas Akbar.


sumber


produk DKI yg hampir gagal
mendingan bikin monorail, noh tiangnya disenayan jadi pajangan doank.

nambah armada paling cuma berapa bus.

transjakarta ga efektif, penuh, bus dikit, halte ancur, antri lama, ngambil jalur umum ga nambahin jalur, bus nya gampang kebakar, gampang nabrak orang, jam2 sibuk naik busway kayak naik kereta ekonomi panas, ada orang cabul.

komplit deh...
armada harus ditambah itu keharusan
kalau udah beres terserah mau bikin area khusus atau enggak

Hepi 

dua-duanya sama penting kayaknya deh.
sama2 penting sih...tapi kayaknya lebih baik tambah armada dulu baru bikin area khusus wanita..kalau armada banyak di pisah juga gak bakalan masalah kan...coba udah armada sedikit dipisah lagi...bisa2 pas pulang kerja di halte harmoni antri ampe Carefour dong
Ya mending ditambah, makin banyak armada makin gak desek2an to?
klo BLU Transjakarta mau maju, ada syaratnya :

1. Armada harus ditambah..
2. jalur harus steril dari kendaraan non busway (kecuali darurat)
3. Pelayanan harus ditingkatkan
dua-dua nya gan kalo bisa tambahin bus tumpuk sekalian
Quote:Original Posted By adhoez
klo BLU Transjakarta mau maju, ada syaratnya :

1. Armada harus ditambah..
2. jalur harus steril dari kendaraan non busway (kecuali darurat)
3. Pelayanan harus ditingkatkan


yang nomor 2 tu harus, jangan sampe pas jam2 macet, busway ikut2an macet karena ada mobil2 pribadi yang nyelonong masuk ke jalur busway
wah kalo opsinya begini jadi bikin bingung
nambah armada bisa bikin macet kali ya..
pelayanan aja di tingkatkan & jalur bus Trans harus bebas dr kendaraan pribadi.
klo cmn ad 2 pilihan itu, ya mending tambah armada lah... daripada tiap hari para penumpang numpuk gtu di haltenya..
Dua duanya harus.
Dan juga spy ditilang tuh mobil2 pribadi, dan motor yg masuk ke jalan busway Pilih mana?? Tambahan Armada atau Area Khusus Wanita??
Quote:Original Posted By adhoez
klo BLU Transjakarta mau maju, ada syaratnya :

1. Armada harus ditambah..
2. jalur harus steril dari kendaraan non busway (kecuali darurat)
3. Pelayanan harus ditingkatkan


ini baru bener..
harusnya kaya gitu
Quote:Original Posted By brozek
podo bae, klo manusianya tambah banyak, apa bisnya juga nambah? malah tau2 ga bs jalan.

atau area khusus wanita, gimana kalo mlm2? malah kosong mlompong ga kepake. yang area pria malah saling tusbol :maho ....

sumbernya balik lagi pemerataan pembangunan!


iya ini yg bener
jgn ambil gampangnya doang
punya pemikiran kok picik?

pikirin jangka panjangnya
solusi jangka panjangnya apa
Percuma aja ada area khusus kalo ngantri sama keluar masuknya aja desak2an. Mending perbanyak jumlah armadanya. Dari dulu ga ada peningkatan pelayanan.
This post written by krupukalengan
KASKUS freedom of speech
Tambah armada, steryl jalur bussway....gampang sekali kok, cuma gak niat sih Pilih mana?? Tambahan Armada atau Area Khusus Wanita??
tambahin armadanya aja gan... lebih efektif...
ane setuju aja gan selama itu positif
Tambahin armadanya, biar masyarakat lebih tertarik naek armada yang lebih plong daripada desak2an dijalanan macet

Lagian area khusus wanita sama aja diskriminasi gender
nambah armada dong, klo uda ga desek2an otomatis yg hobi grepe2 kesempatannya jd makin berkurang
×