alexa-tracking

★★۩۞۩►[New Official Lounge]Melek Hukum◄۩۞۩★★

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012105855/973397331769175817699658new-official-loungemelek-hukum966817691758176997339733
image-url-apps
Quote:


Pertama saya setuju kalau agan mengirim somasi atau peringatan, kalau bisa diajukan melalui surat tertulis, sebagai bukti bahwa sudah pernah diperingatkan.

Kedua, copyright itu hak untuk mendistribusikan, mengopi, menyebar luaskan. Misal band a merupakan pencipta dan penyanyi lagu b, memberikan hak untuk menyebarluaskan kepada studio rekaman c untuk jangka waktu berapa tahun gtu.

Perjanjian agan sama klien gimanana, apakah agan dibayar sebagai kreator doang sehingga selanjutnya film menjadi milik klien sehigga klien mempunyai hak penuh thd penyebar luasan tsb (copyright), sistem beli putus?

Klo menurut ane, kronologi agan belum jelas sih. Apakah si klien sudah melakukan penyebar luasan thd karya, seperti melakukan pengopian atau pengunggahan ke channelnya atau melakukan screening, yg mana merupakan kegiatan komersil aja belum jelas. Jadi masih sulit menebak bentuk pelanggarannya hak ciptanya.

Tapi secara perdata, karena ada perjanjian agan berupa pwrjanjian order film dan honor agan ga dibayar. Mengindikasikan sudah ada perbuatan wanprestasi. Dengan demikian persoalan keperdataannya sudah ada, namun untuk persoalan hak cipta masih kabur.
image-url-apps


Quote:

Perjanjian disini itu lebih tepatnya. Mereka order terhadap saya. Kemudian setelah beres mereka screaninh film tersebut. Dan mereka tidak memperbanyakan film itu. Tetapi yang jelas mereka mengorder film itu sendiri untuk kepentingan tugas akhir mereka. Jadi jika memang mereka sudah selesai sidang/screaning film tersebut. Berarti mereka tidak lagi memperdulikan masalah salary saya?
image-url-apps
Quote:


Okey brarti jelas ini bukan soal pelanggaran hak cipta ya gan. Sehingga kita cut aja pembahasan soal hak cipta di atas.

Terkait persoalan sudah ada perjanjian, dan klien agan tidak melaksanakan perjanjian tsb. Itu namanya sudah perbuatan wanprestasi, atau ingkar janji. Untuk hal tersebut mekanisme yg bisa dilakukan melakukan gugatan perdata wanprestasi di pengadilan untuk menuntut klien agan melaksanakan kewajibannya tsb, serta membayar denda kerugian yg ditimbulkan karena tidak dilaksanakan kewajibannya tersebut. Sebelum mengajukan gugatan wanprestasi tsb, ada baiknya agan memberikan somasi/teguran/peringatan agar klien agan melaksanakan kewajibannya, dan dibuat tertulis biar ada bukti pernah diperingatkan sebelumnya.

Jika nilai kerugian agan dibawah 200juta, agan bisa menggunakan mekanisme gugaatan sederhana di pengadilan. Di mana dengan mekanisme tsb, penyelesaian perkara perdata bisa lebih cepat dan murah karena tidak sampai 2 bulan sudah berkekuatan hukum tetap. Untuk info cara mengajukan gugatan sederhana baca Konsultasi Masalah Hukum Yg Nilainya Kecil Dengan Mekanisme Gugatan Sederhana

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
KASKUS Ads
image-url-apps


Quote:

Thanks gan. Akhirnya bisa tidur nyenyak. Okelah makasih banyak. Sorry gan belom iso jadi belom bisa kasih ijo ijo. Makasih banyakemoticon-Embarrassment
image-url-apps


Quote:


Baik, jadi agan tidak memberikan hak cipta kepada pemesan. Nah, karena pelanggaran hak cipta ada ancaman pidananya maka ini bisa dijadikan senjata yang efektif untuk meminta hak pembayaran atas jasa yang agan berikan.

Kemudian bila sudah ada perbuatan si pemesan yang dapat dikualifikasi sebagai pelanggaran hak cipta maka ancaman dalam somasi bisa lebih variatif dan konkrit.
image-url-apps
Quote:


Emang apa gan bentuk pelanggaran hak ciptanya dalam kasus ini? Hehehehehe.... *Justwannaknow*
image-url-apps


Quote:


Itu di bagian bawah kan saya tulis "bila", gan. Jadi memang harus ada penyelidikan lebih lanjut.

Tapi meski belum ada pelanggaran hak cipta pun boleh kan memperingatkan adanya potensi pemidanaan itu kepada pihak yang menguasai film hasil editan, misal karena ybs tidak memegang hak cipta maka tidak boleh mengumumkan/mempertunjukkan film itu ke khalayak umum dan jika nekad bisa dipidanakan berdasarkan UU Hak Cipta. Dengan redaksional yang tepat potensi semacam ini bisa memberikan efek lumayan bagi upaya meminta hak pembayaran jasa editing.
Melek hukum kaskus mau bikin group gitu ga hehe emoticon-Big Grin
image-url-apps
salken gan. ana numpang ikutan diskusi ya di mari. sekalian mau nanya nih. ada yang punya referensi seputar perserikatan perdata gak ya? mungkin saya bisa dikasih tau. sudah cari kemana mana susah ketemunya.
image-url-apps
sore gan izin gabung ya kebetulan ane mahasiswa hukum di salah satu perguruan tinggi negeri jakarta😃
gan/sis , ada yg tau peraturan larangan penggunaan notaris dalam penyerahan aset antar instansi pemerintahan ??
kalau ada yang tau, mohon bantuannya ya gan / sis.

Gan saya mau nanya, Apa saja sih karakteristik pencemaran nama baik melalui media elektronik?
Permisi gan, saya ingin sedikit bercerita kasus saya di satu perusahaan
saya bekerja di perusahaan B yg merupakan sister company dari perusahaan A dari akhir 2014-pertengahan 2017. Ketika diterima di perusahaan tsb, saya tidak menandatangani kontrak kerja atau perjanjian kerja apapun, hanya dijelaskan ada masa probation selama 3 bulan. Jadi saya merasa seperti karyawan tanpa status, gaji yang dibayarkan ditransfer menggunakan rekening pribadi atas nama bos saya, bukan atas nama perusahaan. Kasus saya sebagai berikut:
1. Selama sekitar 2,5 tahun bekerja saya tidak pernah diberi SPT (saya sudah punya NPWP dari awal bekerja disana) walupun sudah saya tanyakan ke bagian akuntan pajaknya tetapi tidak juga diuruskan.
2. Saya merasa belum didaftarkan jamsostek dari awal saya bekerja (2014), tetapi pada akhir tahun 2016 perusahaan baru membuatkan BPJS ketenagakerjaan kepada karyawannya. Masalahnya pada saat itu KTP saya hilang dan bagian HRD mengatakan kalau untuk mengurus BPJS harus ada KTP asli, tetapi saya tidak sempat mengurus kehilangan KTP sampai saya resign, alhasil saya tidak memiliki kartu BPJS ketenagakerjaan dan juga tidak ada Jamsostek. Apakah masih bisa diurus dengan kasus seperti ini?
3. Saya sudah meminta parklaring kepada perusahaan tetapi selalu diundur-undur dengan alasan belum sempat membuatkan, sampai saat ini sudah 3 bulan saya tagih tetapi tidak juga dibuatkan.

Mohon agan-agan yg paham tentang ketenagakerjaan memberikan tanggapan untuk ketiga kasus tersebut. Terima kasih sebelumnya.
Siang Bapak/Ibu,

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertanya,ataupun berasa tersindir dari pertanyaan yang saya ajukan, dikarenakan saya seorang warga biasa yang buta hukum dan yang penting bisa makan dan kerja aja deh,

pertanyaan:Parkir mobil dipinggir jalan: Dsini saya ingin menanyakan mengenai hukum / pelanggaran yang berlaku bagi orang yang sengaja atau tidak sengaja dengan memarkirkan kendaraan mobil nya didepan pagar / rumah orang.
*apakah saya salah kalo memaksa atao menegor orang tersebut untuk tidak parkir depan halaman rumah ??
*apakah benar karena jalanan umum jadi si pengendaraan mobil tersebut seenak jidat memarkirkan mobilnya ??
-Solusinya, apakah saya perlu langsung panggil petugas derek / petugas yang berwajib dalam menjalnkan tugasnya tesebut ?
Terimakasih sebelum apabila Bapak/Ibu ada yg bisa membantu menjawab pertanyaan ini,..

emoticon-shakehand emoticon-Nyepi
Quote:


1. ga salah, asal negornya dengan itikad baik
2. justru karna jalanan umum tidak boleh dipakai untuk parkir
3. bisa panggil petugas yang berwajib kalo setelah 15 menit mobil tidak pindah juga

dasar hukum : - UU No. 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan
- PP No. 34/2006 tentang jalan
Numpang nongkrong disini ya agan-agan.
Ane mahasiswa hukum baru semester 3 wkwkwk. Kebetulan kuliah di USU.
Mohon bimbingannya yaaemoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

surat waris

image-url-apps
gan ane udah brosing2 di guugle, malah makin bingung. ane nanya disini aja yah boleh kan. ane awam bgt soal ini

tentang pengurusan surat waris atas tanah yg alas hak nya akte jual beli atas nama ayah mau di warisin ke ibu dan 2 orang anak.

kalo yg ane baca urutan suratnya :
surat pernyataan waris>surat keterangan waris>surat kuasa waris(klo msalnya mau dijual tpi kerabat yg ngurus administrasinya)

itu cukup camat ato harus pake notaris juga?

kemudian suratnya itu apakah ngurusnya ke lurah kah? ato ke kepala desa kah?

ane juga agak bingung bikin pertanyaanya tpi kurang lebih kaya gtu gambarannya.
bagian yg paling bingung itu instansi apa saja yg terlibat dlm pengurusannya, biar ane tau harus ke kantor mana2 aja..

mohon bantuannya
image-url-apps
Quote:


1. Surat pernyataan waris/surat keterangan waris. Ngurusnya di Kelurahan/Desa. Nanti suratnya di tandatangani oleh para ahli waris, saksi dan mengetahui Lurah/Kades dan Camat. Datang aja ke Kelurahan/Kades.

2. Surat kuasa menjual dari ahli waris yg lain. Klo ane sih lebih saranin semua ahli waris ttd di ajb nantinya, daripada pake kuasa menjual. Tapi bisa aja sih pake surat kuasa menjual.

3. Akta jual beli, dibuat di Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). PPAT bisa camat, bisa juga notaris. Yg mana menurut agan mudah dijangkau, dari segi biaya dan lainnya.

4. Lurah atau Kepala Desa??? Ya tergantung, tempat agan Kelurahan atau Desa. Klo masih Kabupaten ya Desa. Klo udah kota, ya kelurahan.
image-url-apps
Agan / Sista Melek Hukum ane mau tanya.

ada salah satu situs Online Dating yang minta Foto KTP... itu artinya apa yah?
Quote:


mau bikin skw ya gan?

klo pribumi ke kelurahan
klo tionghoa ke notaris
klo timur asing (arab dll) ke BHP (balai harta peninggalan)

pertama yang dibutuhin :
KTP ahli waris
KK
Akta kematian
Sertifikat Tanah

cek

baru AJB ke PPAT

lbh baik ke Notaris/PPAT, sekalian konsultasi disana

soalnya klo cmn konsultasi hukum, berdasarkan UUJN, itu gratis gan di kantor Notaris emoticon-Big Grin