alexa-tracking

Suka band Naif masuk sini gan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011693216/suka-band-naif-masuk-sini-gan
Suka band Naif masuk sini gan
Naif


Quote:Naif adalah grup musik Indonesia pop yang terbentuk pada tanggal 22 Oktober 1995 di Jakarta dan terdiri dari "David" Bayu Danang Jaya (vokal), Mohammad "Emil" Amil Hussein (bass, kibor, vokal), Fajar "Jarwo" Endra Taruna / Mr. J (gitar, vokal), Franki "Pepeng" Indrasmoro Sumbodo (drum, perkusi, vokal).
Spoiler for image:
Spoiler for image:
Spoiler for image:
Spoiler for image:
Spoiler for image:


Latar belakang


Quote:Berawal pada sebuah kampus seni di Jakarta, tepatnya di Cikini Raya 73, kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ), NAIF terbentuk. Kisah dimulai ketika beberapa orang mahasiswa tingkat satu dari kelas pendidikan dasar seni rupa kerap kali sering menginap di rumah teman mereka secara bergiliran. Tujuan awal hanyalah untuk mengerjakan tugas kuliah bersama. Tapi ujung-ujungnya yang terjadi malah mereka sering kongkow-kongkow sambil bermain gitar, bernyanyi-nyanyi semalam suntuk, sampai kadang-kadang malah lupa mengerjakan tugas karena tertidur. Siapa sangka semua itu akan menjadi sebuah awal karier mereka di blantika musik Indonesia.

Suatu saat di pertengahan tahun 1995, David, Pepeng dan Jarwo bermalam di rumah seorang teman, yang tak lain adalah Shendy (kini bassis band Rumah Sakit). Seperti biasa awalnya hanya untuk mengerjakan tugas kuliah, dan ujungnya seperti biasa yang telah disebutkan tadi. Di malam itu pula mereka tiba-tiba membuat sebuah lagu, terinspirasi dari sebuah konser akustik Nirvana yang mereka saksikan di MTV sebelumnya. Lagu tersebut akhirnya mereka beri judul Jauh (Naif, debut album)

Pada saat berikutnya keisengan mereka ternyata berkembang dengan seringnya mereka menyewa studio untuk latihan band dan menyanyikan lagu lagu buatan mereka sebagai sisipan. Di saat inilah formasi mulai mengalami pergantian, hanya tiga orang saja yang dari awal bertahan, yaitu Jarwo, David dan Pepeng. Hingga suatu saat Chandra datang mengisi kekosongan disusul Emil. Mereka berlima masing masing memang memiliki pengalaman pernah tergabung dalam suatu band. Bahkan sebelum formasi ini terbentuk mereka secara terpisah pernah nge-jam pula, seperti contohnya David pernah tergabung dalam satu band bersama Emil tanpa Jarwo dan lainnya, dan selanjutnya seperti ditukar-tukar saja.

Dengan posisi David pada vokal, Jarwo pada gitar, Chandra pada keyboard, Emil pada bass dan Pepeng pada drum, mereka mulai aktif mengisi acara acara kampus IKJ. Lagu lagu ciptaan sendiri lainnyapun menyusul, seperti Benci Libur, Piknik '72, dan lain lain. Sedangkan nama Naif didapat dari pendapat seorang teman bernama Dodot yang menilai lagu lagu mereka terdengar begitu sederhana, namun tetap berisi dan terdengar harmonis. Selain itu kata Naif pun mudah diingat.

Suatu saat di tahun 1996 Naif mendapat kabar dari seorang teman bahwa sebuah perusahaan rekaman berlabel Bulletin (PT. Indo Semar Sakti) berencana akan merilis sebuah album kompilasi. Karena tertarik atas proyek tersebut maka mereka menawarkan demo kaset yang telah mereka buat sebelumnya kepada perusahaan rekaman tersebut. Tanpa diduga ternyata sang produser tak memasukkan Naif dalam proyek kompilasi tersebut, tapi justru berniat membuatkan album rekaman sendiri untuk Naif. Tentu saja hal itu disambut hangat oleh Naif, dan setelah melalui berbagai prosedur tertentu Naif akhirnya masuk dapur rekaman dan berhasil menelurkan debut album Naif dengan Mobil Balap sebagai tembang jagoannya.

Naif tak pernah mengklaim diri mereka bahwa adalah band dengan aliran ini atau itu, terserah apa kata penikmat musik mereka tentang jenis musik yang mereka usung. Mereka sangat tidak suka mengkotak-kotakkan musik, karena bagi mereka pada dasarnya semua jenis musik adalah sama, yaitu sebuah media hiburan berupa kumpulan sejumlah nada yang dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Hanya ujungnya tergantung pada selera masing-masing individu yang mendengarkan musik tersebut. yang jelas mereka menawarkan alternatif warna yang beda dari segi sound yang dipilih. Mereka suka mengulik sound-sound vintage dari masing-masing instrumen mereka, yang dipadukan dengan nada vokal dari David, juga beberapa tambahan aransemen lain seperti harmonisasi choir dan sebagainya. Dan itulah yang menjadi ciri musik mereka. Itu karena kebetulan mereka menyukai musik musik lama yang kemudian berpengaruh terhadap musik yang mereka buat. Walau demikian tak menutup kemungkinan musik mereka akan mengalir mengikuti zaman tetapi tetap mempertahankan ciri mereka, karena bagaimanapun mereka tetaplah anak anak modern, yang hidup dan bersosialisasi di zaman modern pula.

Bukan maksud melucu bila dalam aksi panggung Naif David sang vokalis mengeluarkan jurus-jurus saktinya yang kerap membuat penonton terpingkal-pingkal. Itu memang sudah menjadi sifatnya sehari-hari, yang kemudian ia bawa ke atas panggung sebagai media interaksi terhadap penonton. Namun tetap, mereka berlima serius dalam bermusik dan membuat lagu. Hanya saja, menurut mereka, konsep musik dan hiburan yang mereka tawarkan di setiap penampilan NAIF masih tergolong beda dari semua yang ada di Indonesia, sehingga mereka sering dianggap lucu atau unik.

Intinya, mereka juga ingin menunjukkan, bahwa dibalik segala hal dalam musik Naif terdapat suatu usaha yang serius untuk menghasilkan sebuah karya yang idealis. Idealis ala Naif.


Personil


Quote:
Spoiler for image:

David Bayu Danangjaya (lahir di Solo, Jawa Tengah, 29 Agustus 1976; umur 35 tahun) atau yang dikenal sebagai David Naif adalah vokalis dari band Naif. David mendaftar sebagai mahasiswa Desain Grafis di Institut Kesenian Jakarta tahun 1994. Di sanalah ia menemukan kawan-kawan yang kelak bergabung menjadi grup band Naif. Bersama Naif, David telah merilis tujuh album hingga tahun 2008.
David menikah dengan Shilla Delila[1] dan telah dikaruniai dua orang anak, Audrey Davis dan Jason Davis.
Spoiler for image:

Mohammad Amil Hussein (lahir di Jakarta, Indonesia, 25 Agustus 1974; umur 37 tahun) adalah seorang musisi Indonesia. Musisi yang akrab dipanggil dengan nama Emil ini tergabung dengan grup band Naif dengan menjadi bassis dan backing vokal dari grup bandnya
Spoiler for image:

Fajar Endra Taruna (lahir di Jakarta, 24 November 1974; umur 37 tahun) adalah seorang musisi Indonesia. Musisi yang akrab dipanggil dengan nama Jarwo tergabung dengan Naif dengan menjadi gitaris dan backing vokal dari grup bandnya
Spoiler for image:

Franki Indrasmoro Sumbodo (lahir di Kudus, Jawa Tengah, 15 Januari 1976; umur 35 tahun) adalah seorang musisi, pemeran film Indonesia, juga seorang penulis lagu dan buku. Ia lebih akrab dipanggil dengan nama Pepeng.

Pepeng adalah seorang lulusan D-3 Fakultas Seni Rupa/Desain Grafis Institut Kesenian Jakarta (1994-99). Ketika berusia 17 tahun, pengoleksi action figures dan buku komik ini berhasil meraih Juara Harapan I Lomba Menggambar Kobo-Chan (Elex Media Komputindo). Setelah itu Pepeng digaet Majalah HAI sebagai freelance illustrator selama dua tahun (1993-95).

Tahun 1995 Pepeng banting stir ke dunia musik. Selain menjadi main talent video klip band Netral, Walah!, bersama David, Jarwo, Chandra, dan Emil, Pepeng mendirikan band NAIF yang tetap eksis sampai sekarang. Di band tersebut, Pepeng yang memegang posisi sebagai drummer dan backing vocal juga turut aktif menulis lagu. Ia juga yang menulis lagu Posesif (album Jangan Terlalu NAIF, 2000), mendesain sampul kaset/CD The Best of NAIF dan Retropolis (2005), serta mengonsep dan memproduseri video klip NAIF Jikalau (album Titik Cerah, 2002) dan lima buah video klip yang ada dalam album Retropolis.

Tidak berhenti di situ, penggemar buku ini pun bereksplorasi di dunia tulis-menulis sejak 2004. Bakat tulis-menulisnya itu ia sadari pada saat ia duduk di bangku Sekolah Dasar.

Sementara itu, pada 1999 ia sempat menjadi commercial storyboard artist sampai 2001. Selanjutnya ia menjadi konseptor dan produser buku, album lagu, dan drama musikal anak Bonbinben (2008) serta album Science In Music: Album Kompilasi Siaga Bencana (2008).


Quote:Setelah sewindu penuh NAIF berkiprah di entertainment, tanggal 18 November 2003 Chandra memutuskan untuk mengundurkan diri dari band tersebut. Alasan pengunduran diri Chandra adalah karena dia ingin meneruskan kariernya di dunia yang sesuai dengan pendidikan akademisnya, desain grafis.

Keluarnya Chandra sempat membuat keempat rekannya terpukul, namun itu tak berlangsung lama. Kini grup musuk Naif tampil dengan empat personilnya: David, Emil, Jarwo dan Pepeng. Mereka bertekad untuk tetap meneruskan pergelutan mereka di blantika musik Indonesia dengan keNAIFan mereka. Pada tahun 2008 label rekaman mereka bersama Pustaka Lebah mendirikan label rekaman mereka sendiri, yaitu Electrified Records dan merilis sebuah buku / album musik untuk anak-anak bertajuk "Bonbinben".


Kalau boleh minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) gan haus nih

mohon jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan entar benjol reputasi ane emoticon-Mewek
Pertamax di thread sendiri \\yeah// emoticon-Ngakak
Pertamax di thread sendiri \\yeah// emoticon-Ngakak
sayang ga ngeluarin album lg
Quote:Original Posted By R.E.D.B.L.A.C.K
sayang ga ngeluarin album lg


iya gan dia udah ga ngeluarin album lagi

mungkin udah kebanyakan kali emoticon-Ngakak
ane suka banget amagaya vokalisnya, si david
naif keren
Quote:Original Posted By PasCen
ane suka banget amagaya vokalisnya, si david


setuju sm agan ini kalau david emang keren emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By gem2
naif keren


mantab gan emoticon-I Love Indonesia
NAIF is the best
kangen sama albumnya gan
kangen sama albumnya gan
Quote:Original Posted By oncom79
NAIF is the best


setuju sm agan ini emoticon-Shakehand2

tp sayang banget gan naif udah jarang manggung lagi emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By SHEVADANISH
kangen sama albumnya gan



Tp naif sekarang udah jarang manggung di acara pensi gan

nggak kaya dulu lg emoticon-I Love Indonesia
Naif skrg maennya acara off air mulu emoticon-Frown emoticon-Frown
katanya vokalisnya sombong gan.. Suka band Naif masuk sini gan
gokil abis dah bandnya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By yogace
Naif skrg maennya acara off air mulu emoticon-Frown emoticon-Frown


kemarenan di Hitzteria gan...
Nanti tanggal 16 di Harmoni
pantau aja di [url]www.naifband.com[/url]
aku dan sang idola emoticon-Ngakak
Spoiler for Emil Naif:
Ane demen banget dengerin album Bon Bin Ben-nya gan!
×