alexa-tracking

Keharuman jejak para auliya batu ampar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011552552/keharuman-jejak-para-auliya-batu-ampar

Assalamualaikum

izin nyimak kang, ane di saff paling blakang ... dipojokan aja kangemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace

Thumbs up 

Quote:


*speechless emoticon-Matabelo
Bisa gitu ya? Allahu Akbar! emoticon-2 Jempol
[B]Sejarah bujuk tompeng sayyid Batsaniyah
Beliau adalah salah satu keturunan bujuk kasambih sayyid abdul mannan yang juga meneruskan tradisi sesepuhnya yaitu gemar belajar pengetahuan agama dan suka berkhulwat (bertapa) untuk meningkatkan kedekatan dengan allah swt.beliau terkenal alim dan zuhud.Pendakwah pejuang yang gigih dan berakhlak mulia.

Ada sebagian kelebihan beliau yang terekam dan menjadi kisah turun temurun di karuniakan allah kepada beliau karena kesholehannya.di antaranya,setiap tahun di pesantrennya beliau mengumpulkan masyarakat sekitar untuk melakukan selamatan bersama untuk mendo'akan para pendahulu beliau dan masyarakat secara umum.biasanya bila acara ini di adakan,banyak sekali masyarakat yang datang dari berbagai daerah untuk mendapat berkah do'a beliau.ke anehannya,rangsuman makanan dan hidangan yang di persiapkan hanya satu periuk saja,demikian juga yang lainnya.sedangkan tamu dan undangan yang hadir banyak sekali jumlahnya.jelas tidak mungkin mencukupi untuk semua yang hadir.

Namun atas kuasa allah melalui do'a beliau yang mustajaabah,hidangan yang demikian terbatas dapat mencukupi dan melayani semua tamu yang tak terhitung jumlahnya.bahkan hidangan itu seperti tak ada habis-habisnya.karena salah satu karamahnya inilah beliau terkenal dengan nama bujuk tumpeng.karena hanya dengan hidangan satu ambeng(satu tompeng/satu tumpuk makanan/satu wadah/satu talam/satu periuk) dapat mencukupi untuk tamu yang banyak sekali jumlahnya.bahkan tak habis-habis hidangannya.

Semua itu berkah kedekatan,keikhlasan,dan mujahadah beliau untuk menjadi manusia yang di ridloinya.semoga kita semua dapat lebih bersemangat menambah kedekatan yang intim dengan allah dan berkesempatan menjadi orang yang di ridloinya di dunia dan akherat.amiiin.[/B]
Quote:


Wlkm salammm.belakangan biasnya banyak dapetnya...hehehe.
Salah satu peninggalan Poro sepuh batu amparan yaitu asma sungai rajeh.yang telah terkenal di daerah jawa dan madura dengan berbagai fersi saat ini.karena kami hanya bersumber tradisi madura,maka kami hanya dapat membabar asma-asma batu amparan dan madura daerah utara.

Dari poro sepuh dan guru-guru kami ada beberapa asma toronan yang sudah menjadi tradisi.mohon ma'af kepada poro sepuh bila ada tradisi yang berbeda.karena beda tradisi tidak mempengaruhi banyak,tapi yang terpenting bagaimana hubungannya dengan allah dan pengamalan dengan benar.tak memandang jenis fersi apa yang dipakai,hasilnya insya allah tdk jauh beda.keyakinan kepadanyalah yang jadi tuntunan dan pegangan.

Fersi kami di antaranya:
1.asma sunge rajeh binik (bersifat halus/perempuan jiwanya).biasanya poro sepuh batu amparan mengijazhkan ini untukawalan.
2.asma sunge rajeh lake'(bersifat lebih aktif/laki2 jiwanya).bias untuk ijazah lanjutan.
3.asma sunge rajeh totop(pamungkas sunge rajeh/penyemppurna/tutup dari asma positif dan negatif.
untuk para suluk yang masih semangat olah spritual,biasanya di tambah ijazah
tiga asma tasek mereng,kayu rajeh dan binggulan.
setelah melewati semua perjalanan asma ini dengan sukses.di tutup dengan asma pamungkas qaom sebuh.asma yang di yakini dapat menyerap dan menundukkan alam raya seisinya dengan izin allah.
di kisahkan shaahibul fadliilah kyai moh. tsabit salah satu tokoh harimau guluk-guluk sumenep madura,pada zaman keruh-keruhnya negara ini,di fitnah sebagai bagian dari partai radikal yang anti pemerintah(jaman harto).dikirimlah 1 kompi pasukan militer dari batalyon malang waktu itu untuk menangkap kyai.sesampainya di dalem mereka mengepung dalemnya.sedangkan kyai tsabit tenang2 aja.beliau keluar dari rumah hanya dengan menggoyang pohon asam londo berjatuhanlan daun-daunnya dan berubah menjadi ABRI lengkap dengan alat perangnya.melihat keajaiban karamahnya rombongan militer ini kembali dengan ketakutan dan tangan hampa.akhirnya selamatlah beliau dari bahaya.

terlepas dari itu semua kekuatan asma tergantung dari energi spiritual masing-masing pengamal.dengan kerja keras dan mujahadah,insya allah akan memperoleh berkah dari allah swt.
Quote:


Boleh dong diijazahin Asma Sunge Rajeh nya emoticon-Malu (S)
Quote:


coba pak kasih cendol sama beliau sapa tau dapet ijazahannya emoticon-Malu
Quote:


Waduuuh... Baru aja dikasih ke temen nih... emoticon-Smilie

Besok aja ya... emoticon-Malu (S)
Quote:


menarik nih Om apalagi klo diijazahkan tuh emoticon-Embarrassment
ane pernah ziarah kesana gan emoticon-Blue Guy Smile (S)
Quote:

emoticon-Blue Guy Smile (S)Udah banyak poro sepuh forsup yang telah membuka ijazah asma ini.coba di hubungi,insya allah sama baiknya asal di tekuni dengan benar dan ikhlas.ane nyambung sejarah aje agar poro dulur yang cinta asma ini semakin yakin dan bersyukur untuk mengembangkannya.smg bermanfaat.silahkan sharing dengan poro sepuh asr di forsup ini.banyak kok.terima kasih atas antusiasmenya.
baca dulu puh...
ijin nyimak di pojokan... emoticon-Baby Boy
Quote:


Ya klo boleh sih maunya ijazahan sama jenengan Puh emoticon-Embarrassment
Quote:


iya puh ikut antri, yang dari sumbernya langsung, jadi ga tangan ke lima emoticon-Hammer2

Hepi 
Hebat

Kang Mas, mungkin bisa dishare tempatnya di Madura sana atau Situs Ziarahnya??
Quote:



ane minta ijazahan sholawat na aja bangemoticon-Smilie

emoticon-shakehand
ijin menyimak di pojokan emoticon-Smilie
Quote:
emoticon-Blue Guy Smile (S)
emoticon-Blue Guy Smile (S)Ma'af kl telat balasnya.ana lg ke kampung.alhmdlillah skrng dah di jakarte lg.ane bahagia banget masih bnyak saudara ane yang demen shalawat.ana ikhlas berbagi shalawat dari imam albuuni untuk ente.manfaatnya multi hajat.di baca 3x/7x habis shalat fardlu.bila ada hajat baca tengah malam 41x,kalau kuat dan banyak waktu baca 313x selama seminggu.insya allah akan di nampakkan pertolongan allah berkah sysfaat rasulullah.inilah shalawatnya.
"allaahumma shalli 'ala sayyidinaa muhammadin shalaatan taftachu lanaa bihaa abwaabar ridlaa wat taysiir,wa tughliqu lanaa bihaa abwaabasy syarri wat ta'siir wa'alaa aalihii washahbihii wabarik wasallim."
jangan lupa kirim pahala fatehah untuk nabi muhammad dan sahabat keluarganya.para nabi dan rasul.para wali dan ulam,khususnya imam ahmad bin ali al buuni.ama guru mujiz ane kyai haji ichsan iskandar jenggawah jember.ortu.dan samapaikan do'a ente ama allah.amiin.smg bermanfaat dan di kabul allah dan menjadi kekasihnya.

Makam/Pusara Bersejarah Astana Bujuk Kosambih Batu Ampar

Bismillahir rahmaanir rahim.Mengutip salah satu pesan sayyid muh.alawi almaliki alhasani tentang tawashshul dalam abwaabul faraji di nyatakan;”Sebagian dari pintu-pintu agung yang dapat melapangkan dan memberi kesuksesan adalah berwashilah (bertawashshul).tawashshul termasuk jalan paling dekat untuk sampainya tujuan dan suksesnya harapan.utamanya bila tawashshul itu melalui kemuliaan kekasih kita yang tercinta,penyembuh segala penyakit,pelapang segala kesempitan yang tak lain yaitu utusan allah nabi muhammad saw.”semoga berkahnya meliputi kita semua.

Dalam banyak hadis dan ayat yang dapat di jadikan landasan di sebutkan banyak sekali cara bertawashshul agar hajat dan hubungan kedekatan dengan yang kuasa swt agar dapat terjalin lebih baik dan lebih makbul.bentuk2 tawashshul itu di antaranya;bertawashshul dengan amal kebaikan yang pernah kita lakukan berdasarkan hadis yang shahih yang di kenal dengan hadis alghar (hadis cerita orang dalam gua) riwayat bukhari dan lainnya,tawashshul dengan kemuliaan nabi baik di saat beliau belum di ciptakan,semasa masih hidupg ataupun ketika beliau telah meninggal,tawashshul dengan para nabi dan para shalih shalihin,tawashshul dengan atsar (peninggalan) nabi demikian pula para nabi dan shalihin,termasuk dengan berziarah ke astana rasulullah saw dan para anbiyak serta para shalihin.

Dengan dasar ini semoga dengan berdasarkan kemampuan masing2,kita dapat bertawashshul langsung dan bertamu ke haram makkah dan nabawimadinah untuk lebih sempurna mendapatkan syafaat beliau.dalam hadis shahih di nyatakan ;”barangsiapa berziarah ke kuburku maka dia berhak mendapat syafaatku” amiin.paling tidak bila kita tidak mampu,kita dapat bertamu dan mengharap berkah para pewaris beliau yaitu para ulama yang mukhlish dan para kekasihnya.beliau yang masih hidup ataupun para beliau yang mulia yang telah di panggil allah sawt untuk tabarrukan dan menapaki perjuangannya sebagai ibrah hidup kita untuk taqarruban kepada allah swt.

Bahkan telah menjadi tradisi dan keyakinan yang positif bahwa sayyid suadi (bujuk lathong) batu ampar semasa hidupnya pernah berpesan untuk anak cucu dan para santrinya untuk selalu nyambung dengan beliau walaupun sudah meninggal nantinya agar semua hajat terbantu untuk lebih sampai dan di ridloi allah berkah do’anya.pesan beliau “ Siapa yang memiliki hajat,anak cucu/siapapun dan bertamu tabarrukan di astana(pusara) dan dapat menghatamkan al quran karena allah di pusaraku(makam) insya allah akan terkabulkan hajatnya.kalau 3 kali tidak terkabul robohkan nisanku.” Ini do’a dan pesan yang sempat kami serap dari para sepuh,benar tidaknya wallahu a’lam.tp dalam bukti nyata,alhamdlillah banyak para peziarah dapat mencapai yang di hajatkan dengan berkah do’a beliau mengantar permohonan kita kepada allah swt.

Tidak ada larangan siapapun untuk tidak bertawashshul dan dapat menyampaikan semua bentuk do’a dan permohonan langsung kepada allah swt.allah pun berfirman dengan jelas bahwa dia pasti akan mengabulkan semua do’a hambanya kepadanya.namun hal ini allah tidak menentukan kapan dan di mana do’a itu akan terwujud. Dengan bertawashshul do’a dan hajat akan lebih cepat sampai dan terwujud dengan allah tentunya melalui do’a orang2 yang dekat denganya,
Untuk menambah semangat para peserius spiritual dan pencerahan bathin,saya sampaikan hadis nabi saw yang shahih yang tulis oleh imam al hakim dalam kitab al mustadrak dan beliau menshahihkannya,di nukil pula oleh imam al hafidz ibnu katsir dalam albidayah wan nihayah,dan banyak ulamahadis lain yang meriwayatkannya dan menshahihkannya termasuk imam salafi dan wahhabi ima ibnu taimiyyah dalam kitab al fataawa juz 2 hal 150.

Hadis ini menyatakan;”rasul bersabda;setelah adam mengaku ( bertaubah ) akan kesalahannya (terpedaya setan waktu di surga),beliau adam berdo’a,ya allah...hamba mohon dengan hak muhammad engkau ampuni hamba.maka berfirmanlah allahemoticon-Hai adam,bagaimana engkau kenal muhammad sedangkan aku belum menciptakannya.adammenjawab:wahai tuhanku,sesungguhnya setelah engkau ciptakan aku dan engkau tiupkan ruh kehidupan padaku,saat aku mengangkat kepalaku aku melihat pada tiang2 arsy tertulis lailaaha illallh muhammadur rasulullah.dari itu aku mengerti bahwa engkau tidak akan meletakkan nama itu bersama namamu kecuali orang yang paling engkau kasihi(cinta).allah berfirman:benar engkau adam,sesungguhnya karena engkau berdo’a dengan nama yang paling aku kasihi (cinta) dengan haknya maka aku telah mengampunimu.dan seandainya tidak ada muhammad maka aku tidak akan menciptakanmu.hadis shahih di keluarkan oleh imam baihaki dari syarah al mawaahib.

Semoga setitik tetesan hikmah ini menjadi penyemangat bagi kita untuk memperbanyak shalawat kepada beliau,dan banyak berkumpul dan naymbung dengan para wakilnya para shalihin dan auliya allah swt walaupun beliau telah meninggal sekalipun.nabi adan saja, sebagai rasul yang jauh kedudukannya dngan kita semua telah bertawashshul dengan nabi walaupun beliau belum ada.apalgi nabi sudah ada dan kini telah meninggal,ini tidakmenjadi dasar bagi kita untuk mengurangi tawashshul kita kepada beliau2.amiiiiiiin.taghammadanallah waiyyakum birahmatihi wabarkatihi bihakki nabiyyina muhammadin saw,wa alihi washahbihi wal anbiya wal mursaliina wat taabi’iina wataabi’it taabi’iina washshalihiina ajma’iiin.

Astana batu ampar bisa di capai dengan mudah,cukup dengan ke pulau madura di kabupaten pamekasan kecamatan omben.dah dekat tanya batu ampar insya allah bisa sampai untuk yang belum pernah sowan kesana.

Salam berkah untuk semua warahmah minallah.fiddaarain amiin.
sambil mojok di blakang...ijin nyimax terus karomah dari para syech batu ampar.