alexa-tracking

Keharuman jejak para auliya batu ampar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011552552/keharuman-jejak-para-auliya-batu-ampar
saya kira batu ampar di kubu raya
emoticon-Malu
Keharuman jejak para auliya batu ampar
Dialog Bujuk Tompeng dan Bujuk Sarabe.

Alkisah dahulu di masa bujuk tompeng (batsaniyah),ada seorang yang penuh karamah dan di hormati di daerah pamekasan.bujuk sarabe namanya.karena dorongan jiwa yang di provokasi syaitan,beliau merasa risih dan kepanasan mendengar seseorang menyaingi kekeramatannya di telatah madura.maka timbullah maksud hati untuk menjajal ilmunya agar di ketahui khalayak siapa yang pantas di pertuan guru di tanah pamekasan.

Sebelum bujuk sarabe berangkat,beliau persiapkan segala kemmpuan dhahir bathiinnya untuk menghadapi uji kesakatian ini.setelah tirakat mempertajam ilmu dan yakin akan kemmapuannya,maka berangkatlah sang bujuk ke daerah batu ampar untuk mengunjungi sang bujuk tompeng lengkap dengan membawa keris aji dan para pengawal dari para murid jawaranya.

Ketika itu,putra bujuk tompeng,yang bernama su'adi yang dikenal dengan abu syamsuddin masih dalam masa kanak-kanak.beliau saat kejadin itu sedang bermain layang-layang di pematang sawah dengan asyiknya.tiba-tiba su'adi kecil di kejutkan oleh suara orang menyapa padanya.ternyata bujuk sarabe dan anak buahnya sedang kebingungan mencari rumah bujuk tompeng.bujuk sarabe tidak sadar,anak kecil yang dia sapa itu adalah putra bujuk yang dia akan jajal kedigdayaannya.

Karena sudah munyer-munyer mencari dalem bujuk tompeng,akhirnya bujuk sarabe bertanya kepada anak kecil yang bermain layangan tadi.beliau bertanya dengan congkaknya,"Nak,di mana rumahnya bujuk tompeng?aku akan ingin menjajal ilmu kesktiannya."anak tersebut hanya menunjuk arah dalem bujuk tompeng yang memang di dekatnya.bergembiralah bujuk sarabe karena telah dekat dengan orang yang di carinya itu.

Setelah sampai disana bujuk sarabe menemukan penghuninya sebagai orang tua yang sederhana dan tak nampak keangkerannya.Lalu dengan nada tinggi dia bertanya kepada orang yang memang bujuk tompeng itu sendiri."ki sanak,mana yang namannya bujuk tompeng?aku ingin bertemu.)".bujuk tompeng balik tanya dengan halus."untuk apa aki mencarinya?"."aku ingin mengadu kesaktian dengannya.agar orang-orang tahu siapa yang pantas untuk di hormati dan di tuakan oleh mereka",jawab bujuk sarabe."kisanak,ilmu itu bukan untuk di pertontonkan,apalagi untuk menyakiti orang lain.tapi ilmu itu untuk kebajikan dan menolong orang yang sedang kesusahan",bujuk tompeng menimpali.bujuk sarabe dengan ketus menyela"pak tua,jangan banyak omong.mana bujuk tompeng.aku sudah bersusah payah kesini ingin mengalahkannya dalam adu kesaktian".sang bujuk mnjawab dengan santai,"Ma'af kisanak,dalam dua tahun ini berapa kali kisanak buang angin (ngentut)?begitu berani kisanak mau menantang bujuk tumpeng".bujuk sarabe menjawab dengan sombongnya,"hahaha...aku buang angin dua kali dalam setahun.mana dia berani menghadapiku".bujuk tompeng menjawab dengan tenang,"sebaiknya kisanak kembali ke tempat kisanak,kl kisanak sudah selama dua tahun tidak pernah buang angin (ngentut),kisanak kesini lagi".dengan marah bujuk sarabe langsung menyuruh anak buahnya mencabut senjata mereka dan menghabisi orang tua itu.Bluaaarrrrr.....bagai suara bledek di siang bolong,semua senjata anak buah bujuk serabi sudah tinggal warangkanya saja.senjatanya hilang entah kemana.yang lebih ajaib,bujuk sarabe merogoh gagang keris pusakanya dengan gemeter,karena dia tidak menemukan kerisnya ada di tempatnya.merasa telah kalah digdaya,sebagai pendekar ksatria beliau bersimpuh meminta ma'af dan berjanji akan bertaubat dan mengamalkan ilmunya untuk kebaikan.beliau sarabe berujar,"tuan torhormat,boleh tahu siapa anda".ya..aku yang bernama batsaniyah.orang memenggilku bujuk tumpeng"jawab beliau.bertambahlah kecintaan dan kata'dhiman bujuk sarabe kpd beliau,karena selain digdaya beliau mempunyai akhlak santun dan mulia.sebelaum pamit bujuk srabe memohon agar senjata pusaka mereka di kembalikan seperti semula.lalu bujuk menunjuk agar mereka bertanya kepada anak yang bermain layangan di sawah yang pernah mereka temui sebelumnya.ternyata anak itu bernama su'adi putra bujuk tompeng.

Atas petunjuk bujuk tompeng,rombongan bujuk sarabe menuju ke tempat su'adi yang sedang bermain layang-layang. Sebelumnya mereka meminta ma'af dan memohon agar su'adi berkenana mengembalika pusaka mereka.anak itu tanpa menjawab menunjukkan bahwa senjata mereka ada di atas tumpukan kotoran sapi (bahasa maduranya laththong).dari kisah inilah tersebar gelar untuk anak itu sebagai bujuk lathong,karena walau masih anak-anak sudah dapat mengalahkan orang digdaya dengan melumpuhkan mereka tanpa sadar.dan momentnya berhubungan denagan kotoran sapi (lathong).

Begitulah sebagian kisah manaqib kemulyaan mereka para wali batu ampar.kekasih allah yang bermujahadah untuk kemaslahatan umat manusia.amiin barakallahu lana walakum bi sababihim,wabihubbina ilahim min auliyaa ihiil muhibbiiin.
assalamu 'alaikum. Salam kenal TS. Sy sangat menikmati tulisan sampeyan. Keren. Apakah TS trmasuk ahlul bait Wali Bujuk? emoticon-Smilie
Quote:

no offense
yang bener mana mbah??emoticon-Bingung (S)
soalnya di bangkalan gak ada kecamatan Sokobanahemoticon-Peace

Spoiler for data:
Quote:
emoticon-Blue Guy Smile (S)

Ma'af lupa jawab salamnya.
Wa alaikumus salam warahmatllh wabrkah.

Ane bukan ahlu bait mereka terhormat.cuma sedikit di aliri berkah beliau.embah ane dari madura berruk batu ampar.tinggalnya di jember.mbah abdulghani namanya.beliau putra bujuk celleng (abdullah).saudara dari bujuk tanonggul abah dari kyai moh syiha tokoh asma dari kabutan jember sebagian penerus ijazah asma batu amparan.beliau udah meninggal.bujuk celleng bin bujuk santhon (bujuk nyulo) bin bujuk abbas (bujuk bujuk sakante)bin bujuk muh faqih/taaqihul muqaddam(bujuk todungih) saudara dari bujuk batsani (tompeng).keduanya adalah putra almaghfur lahu sayyid abdul mannan (bujuk kasambih).
Bujuk faaqihul muqaddam menikah dengan nyai agung tangis putri ulama keramah bujuk agung toronan bin nyai aminah (nyai lembung) tanah merah,bin sayyid zaenal abidin (bujuk agung cendana) bin sayyid khatib(raden bandar dayu)gresik,bin binsayyid musa(raden pakuan)dekat gunung muria kudus,bin maulana qasim(drajat)paciran lamongan bin sunan ampel.

di sisi lain kyai khatib(raden bandar dayu) menikah dengan nyai gede kedathon binti panembahan kulon giri gresik bin sayyid ainul yaqin sunan giri.

Jadi dari bukti catatan kami bahwa keluarga batu ampar juga banyak memiliki hubungan keluarga dengan masyarakat jawa timur dan jawa tengah,namun karena keterbatasan jarak,waktu dan keadaan banyak data yang tidak tercatat.namun alhamdulillah kami punya sedikit data dari sepu-sepuh yang masih dapat di selamatkan dan di teliti lagi.semoga bermanfaat dan menambah hazanah pengetahuan jejak pejuang islam tanah jawa.

Ane sendiri udah di titipkan di madura sejak kecil,di daerah sumenep thn 90-an.thn 1996 ane kembali ke jawa dan ngangsu kawruh di pesantren bulu gading bangsalsari jember jatim.asuhan kyai guru m.baidlawi sa'id dan kyai guru a.rofiqi sa'id.ane berkluarga thn 2006 hingga nympe ke jakarta saat ini.

alhamdllah perjalanan yang panjang menyisakan banyak manfaat pengalaman hidup untuk bekal dunia akherat.amiin.
Subhanallah hebat lah para auliya
Semoga kita juga mendapat kebaikan ...
Quote:


emoticon-Blue Guy Smile (S)Buaagus den.ane emang perlu orang teliti kayak ente.ane aje gak ngersa salah tulis.emng keceamatan sakobenah adanya di sampang.thanks banget ane salah ngetritnye,keburu-buru.baru latihan hehehe.entar tak delete yang kliru.ente mau di kasih ape sbg ungkapan thanks ane?tak krm nanti,asal gak minta dolar...hehehe.
Quote:


Keturunan Kyai, apa agan TS bergelar Gus? Kenal dgn Kyai Sholeh gak Mbah? emoticon-shakehand
Quote:

hehehehehe...emoticon-Ngakak (S)
gak minta apa2 kok mbahemoticon-Big Grin
pengenya seh tritnya di babar terus sampai komplitemoticon-shakehand
eatorreh tretan______emoticon-Ngacir
Quote:


.... anak kyainya Yangg terbukti ialah adanya julukan jadzab / helap gus (anak kyai Jawa) / lora (anak kyai Madura)....
Code:
http://website.blogwalking.web.id/712/
Quote:

emoticon-Blue Guy Smile (S)Gak gitu-gitu amat.bapak ane tukang rosokan. ibu ane buruh tani. gak ada yang istimewa. ane di rumah kadang di panggil "Bindereh". itu julukan dari orang jember untuk siapa aja yang bisa baca tulis aksara Arab.hehhhe.

Ane cuma seneng neliti filsafat kesehatan dan metafisika lintas kebudayaan dari Arab, Jawa, Medis Eropa and Chinenes tentunya.

Seprti ane tulis tuh di qigong weidan, "Kita lahir dari bumi dan langit yang sama".namun sejarah orang2 sukses patut di telaah dan kita ambil pelajaran positif dari perjalanan mereka.
Quote:


Mantaap........
Ijin menyimak dan ikut belajar ya mbah....emoticon-Smilie
Salam kenal dan salam hormat untuk ente..

emoticon-shakehand
Keharuman jejak para auliya batu ampar
Sesepuhnya pada ngumpul smuaemoticon-Big Grin
duduk manis ajahemoticon-linux2
Keharuman jejak para auliya batu ampar
betaburan Sesepuh nih emoticon-Blue Guy Smile (S)

nyimak dipojokan nunggu yg sesuatu banget ja dah
Quote:


Ohhhhhh jadi sumber dari trit ini adalah semacam manakib gitu ya? emoticon-Confused:
Quote:


geser mbah ane juga toju' manis emoticon-linux2
Quote:
T0rreh lenggiemoticon-linux2
Keharuman jejak para auliya batu ampar
Quote:


emoticon-Baby Boy 1emoticon-Toast Monggo jagongan mriki....

Semangat Juang Yang Patut Di Tiru


Ada kisah unik dari perjalanan salah satu keturunana bujuk lathong di batu ampar.namanya tidak ane sebutkan karena faktor izin dan privacy.Beliau masih hidup saat ini.ada di daerah batu ampar bere'.kisah ini dapat menjadi teladan bahwa semua manusia mempunyai bagian yang sama dari allah,tanpa memandang bulu.siapa gigih dalam hidup dan bermujahadah pasti akan mendapat berkah darinya,siapaun dia.keturunan nabipun beliau,tapi jauh dari allah dan bermalas-malasan maka diapun akan memanen sedikit dari berkah ayahandanya.karena berkah dan ilmu bukan karena keturunan,tapi di peroleh dari sengaja membukanya dengan mujahadah yang setimpal.

Salah satu keturunan bujuk yang mulia,karena kelalaian dan kemalasannya beliau besar hingga berkeluarga tidak dapat membaca alquran,apalagi mengerti ilmu-ilmu agama lebih jauh.namun karena faktor status potonah bujuk,beliau di hormati di desanya.orang-orang yang ada di sekitarnya mengira bahwa belia adalah ahlul ilmi.suatu saat terjadilah peristiwa yang beliau tidak inginkan selama ini.pada saat ada tetangga yang meninggal di adakanlah pengajian alquran bersama untuk mendoakan yang meninggal.pada saat bersamaan kyai yang biasa menjadi pemimpin acara sedang berhalangan hadir.karena tidak ada yang di tuakan lagi maka beliau di minta untuk memimpin acara.semua masyarakat saat itu mendukung dan memintanya.apa yang terjadi?

Keringat mengucur deras tanpa henti karena kaget dan perasaan malu yang amat sangat.beliau yang tidak bisa mengaji/baca alquran di minta menjadi pemimpin hataman alquran gimana jadinya.dalam keadaan kepepet ini beliau peras akal dan otak agar bisa keluar dari majlis itu karena malu.alhamdulillah beliau dengan berbagai alasan dapat pamit pulang karena ada hal yang tidak bisa di tinggalkan di rumah.

Berawal dari peristiwa ini beliau merasa menyesal dan bersalah pada diri sendiri karena malas di masa kecil.tapi tidak ada nama terlambat bagi potoh bujuk.beliau berikrar dalam hati untuk berjuang agar dapat membaca alquran selayaknya poro sepuh di sana.tapi masalahnya,mau belajar ngaji ama siapa? bisa-bisa tambah hancur reputasinya di masyarakat kalo mereka tahu bahwa beliau betul-betull tidak bisa ilmu alquran.di tambah lagi,betapa malunya suda berkeluarga dan punya anak masih belajar ngaji,wah tambah bingung nih beliau.

Akhirnya beliau teringat sebagian dawuhnya embah putrinya yang sering cerita bahw nabi-nabi dan orang -orang shaleh terdahulu suka tirakat selama 40 hari/41 hari.akhirnya beliau ambil keputusan untuk belajar langsung kepada allah agar faham ilmu alquran.maka pamitlah beliau dengan menyampaikan maksudnya kepada istrinya.istrinya pun menyetujui rencana beliau.

Pada hari yang telah di tentukan beliau puasa selama 40 hari,setiap malam beliau tiduran di tengah pintu rumah dengan kepala di luar pintu dan leher ke bawah di dalam pintu(tidur di tengah pintu masuk).beliau lakukan itu tanpa tidur sekejappun sambil berdzikir memohon hajat terkabul kepada allah.

Empat puluh hari berjalan tidak tanda-tanda petunjuk datang.beliau tetap semangat,dalam pikirannya mungkin aku salah ngadepnya.maka beliau pun berbalik kepala di dalam rumah dan dari leher badan ke bawah di luar pintu.seperti biasa beliau berpuasa dan malamnya tidak tidur sampai pagi dengan telentang di tengah pintu 40 hari lagi.setelah lewat 40 hari alhmdulillah petunjuk belum kunjung datang juga.

kare semangat yang besar,beliau tidak putus asa.sampai berapa 40 hari lagi tetap akan beliau perjuangkan niatnya.lalu beliau rubah metode tirakat dengan kepala masuk dalam tomang (tempat masak dari tanah),menurut kepercayaan tomang tempat hidup di mulai karena dari situlah makanan di masak untuk menunjang kehidupan.beliau lakukan puasa dan tidak tidur malamnya selama 40 hari lagi.karena yang kesekian kali ini masih belum berhasil juga beliau coba balik tirakatnya dengan kaki berada di dalam tomang selama 40 hari lagi seperti biasa.

Tanpa kenal lelah 4x40 hari telah berlalu.namun belum ada tanda-tanda keberhasilan prihatinnya.lalu beliau lanjutkan tirakatnya dengan puasa dan mellekan malam di halaman rumahnya selama 40 hari lagi.alhamdulillah malam terakhirnya muncul isyarah yang di tunggu-tunggu selama ini.suara itu memberi petunjuk agar beliau pergi kebelakang rumah menuju sumur.nanti kalau ada dua cahaya di situ ambillah,menurut petunjuk itu.wal hasil,setelah sampai di sumur yang di tunjuk,ternyata sungguh aneh ada cahaya dalam gelap bergemerlapan di tepi dalam sumur.lalu beliau ambil ternyata dua buah berlian indah dan bercahaya dalam gelap beliau dapat.dalam hati beliau bergumam,yaa allah hamba tidak ingin hal ginian,hamba cuma ingin dapat faham ilmu alquran.tp tk apalah kalau engkau memberi ini sebagai perantara agar aku dapat faham alquran.lalu dengan sedikit kecewa beliau bungkus dua batu berlian itu dengan kain dan di simpannya ke atas atap mushallanya.

Esok harinya beliau beliau teta berniat puasa 40 hari lagi seperti biasa.tapi beliau bingung,nanti malam beliau akan tirakatan di mana.teringatlah beliau tempat menyimpan dua berlian yang di dapat tadi malam.maka di putuskanlah malam itu dan seterusnya akan berprihatin berdzikir dalam mushalla tempat beliau meletakkan berlian itu.siapa tahu isyarah akan muncul disana.

Dengan tekad yang bulat dan pasrah kepada allah swt. beliau lalui malam demi malam,hari demi hari dengan penuh semangat dan penuh harap hingga suatu malam jerih payah dan usaha beliau di ridloi oleh allah swt.pada malam yang terakhir mbah putri beliau hadir dalam bathiinnya memberi kabar gembira."cong,cokop beknah la aprihatin.katerima lah ben allah.sengko' dibi' se ngajernah beknah.lagguk beknah melle qur an jek ka'bukka' sampe' maghrib".kalau terjemah bebasnya,"nak,cukup sudah prihatin kamu dan telah allah terima permohonannmu.aku sendiri nanti yang akan mengajarimu alquran.besok ke pasar belilah alquran.jangan di buka sampai maghrib tiba".

Dengan gembira dan penuh syukur beliau ke pasar pagi harinya.dan di belilah al quran dengan hati yang berbunga-bunga.sesuai dengan petunjuk setelah shalat maghrib maka di bukalah al quran alkariim tersebut dengan hati tak karuan dan deg-degan.setelah alquran terbuka,beliau mulai baca dari basmalah,terus ke alfatehah berlanjut ke awal surat al baqarah....ya allah begitu bahagia dan bersyukurnya beliau karena telah dapat membaca alquran dengan lancar bahkan dengan lahjah dan tajwid yang istimewa.Karena beliau begitu bahagia tanpa terasa beliau baca terus hingga hatam.

Inilah karunia alla bagi siapapun yang berani bersusah payah dan berjuang untuk masa depannay.bukan karena status,tapi karena lelaku yang hebat allah akan memberi berkah.bukan karena nasab dan keturunanan.semoga kisah nyata ini menjadi inspirasi dan semangat untuk kita semua.semoga beliau di berkahi allah selalu,karena kami banyak mengambil manfaat dari perjalanannya.

Amiin.taghammadanallaahu wa iyyakum bi barkatihi wa syafaa'ati rasuulihi wa karoomati auliyaa'ihi wa madadihim.
Setengah tahun ya mbahemoticon-Belo
semangat belajarnya patut d acungiemoticon-2 Jempol
Keharuman jejak para auliya batu ampar
Bagus2 ceritanya.. emoticon-2 Jempol
Keep posting, Mbah...

Cendol sent emoticon-Malu (S)