alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011479758/mengenal-tentang-campbell-stokes-recorder
Thumbs up 
Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder
Spoiler for :


emoticon-Matahari emoticon-Matahari emoticon-Matahari emoticon-Matahari emoticon-Matahari

Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder

emoticon-Matahari emoticon-Matahari emoticon-Matahari emoticon-Matahari emoticon-Matahari



[QUOTE=]
Campbell-Stokes perekam (kadang-kadang disebut bola Stokes) adalah jenis perekam sinar matahari . Hal ini ditemukan oleh John Francis Campbell pada tahun 1853 dan kemudian diubah pada tahun 1879 oleh Sir George Stokes Gabriel . Desain asli oleh Campbell terdiri dari kaca bola diatur ke dalam mangkuk kayu dengan terik matahari jejak pada mangkuk. Penyempurnaan Stokes adalah untuk membuat perumahan dari logam dan memiliki pemegang kartu tenggelam di balik bola.

Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder

Unit ini dirancang untuk mencatat jam sinar matahari terang yang akan membakar lubang melalui kartu. Namun, saat matahari terbit dan matahari terbenam matahari lebih rendah di langit dan akan cenderung meninggalkan tanda hangus pada kartu yang mungkin pada akhir ekstrim sulit untuk melihat.

Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder

Para bola kaca - biasanya 10 cm (4 inci) dengan diameter - dirancang untuk memfokuskan sinar dari matahari ke kartu dipasang di belakang dan diatur pada berdiri. Kartu ini diadakan di tempat oleh alur yang ada tiga set tumpang tindih, untuk memungkinkan ketinggian matahari selama musim yang berbeda tahun ini. Di belahan bumi utara kartu musim dingin digunakan dari 15 Oktober - 29 Februari, yang equinox kartu dari 1 Maret-11 April dan 3 September - 14 Oktober. Kartu musim panas karena digunakan dari 12 April - 2 September. Setiap kartu ditandai sebagai ke jam, dengan siang lokal yang di tengah, dan dibaca di 10ths. Unit diatur dalam berdiri menghadap selatan untuk memungkinkan jumlah maksimum matahari untuk direkam. Tentu saja sangat penting untuk mengatur unit di wilayah di mana matahari tidak akan diblokir oleh bangunan, pohon atau tiang bendera.

Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder


Sebuah modifikasi ke unit standar untuk daerah Kutub adalah penambahan bola, kedua menghadap utara, dan kartu, untuk merekam sinar matahari selama musim panas ketika masih di langit selama 24 jam.
[/QUOTE]


Quote:Original Posted By John Francis Campbell

Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder

John Francis Campbell (Iain Frangan Caimbeul, yang dikenal di Skotlandia Gaelik sebagai Iain Og Ile ('Muda John dari Islay'emoticon-Wink; lahir di Islay , 29 Desember 1821 - meninggal di Cannes , 17 Februari 1885), Celtic sarjana, dididik di Eton dan Edinburgh , sesudahnya Sekretaris Komisi Mercusuar . Dia otoritas pada cerita rakyat Celtic, dan menerbitkan dua bahasa Tales Populer Dataran Tinggi Barat (4 jilid, 1860-1862.), dan berbagai teks Gaelic.

Campbell juga menemukan perekam sinar matahari yang menyandang namanya sebagai perekam Campbell-Stokes .



Quote:Original Posted By Sir George Stokes

Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder

Sir George Gabriel Stokes, 1 Baronet FRS (13 Agustus 1819-1 Februari 1903), adalah seorang matematikawan dan fisikawan , yang pada Cambridge membuat kontribusi penting untuk dinamika fluida (termasuk persamaan Navier-Stokes ), optik , dan fisika matematika . Ia menjadi sekretaris, presiden, dari Royal Society .


[QUOTE=]Lahir \t13 Agustus 1819
Skreen , County Sligo , Irlandia
Meninggal \t1 Februari 1903 (umur 83)
Cambridge , Inggris
Kebangsaan \tInggris Raya dan Irlandia
Fields \tMatematika dan fisika
Lembaga \tUniversitas Cambridge
Alma mater \tPembroke College, Cambridge
Penasehat Akademik \tWilliam Hopkins
Terkemuka siswa \tHorace Domba
Dikenal \tStokes 'hukum
Stokes 'teorema
Stokes baris
Stokes nomor
Stokes hubungan
Stokes pergeseran
Persamaan Navier-Stokes
Terkemuka penghargaan \tRumford Medal (1852)
Copley Medal (1893)


[/QUOTE]


[QUOTE=]
Keuntungan

Keuntungan utama dari jenis perekam adalah kesederhanaan dan kemudahan penggunaan. Tidak ada bagian yang bergerak dan dengan demikian memerlukan pemeliharaan sangat sedikit. Unit ini dapat digunakan di mana saja di dunia dengan modifikasi sedikit atau tidak ada dan relatif murah - mereka dapat dibeli sekitar $ 2000 USD.
[/QUOTE]


Quote:Original Posted By Kekurangan
Kekurangan

Ketika matahari rendah di langit mungkin tidak memiliki cukup kekuatan untuk benar membakar kartu dan dengan demikian hanya dapat mengukur jumlah sinar matahari yang cerah sebagai lawan sinar matahari terlihat. Hujan dapat menyebabkan kartu yang akan robek saat melepaskannya dan dengan demikian sehingga sulit untuk dibaca. Di daerah tinggi salju dan selama periode hujan yang dingin membeku bola mungkin sulit untuk dibersihkan dan tidak dapat dihapus sebelum matahari kembali bersinar. Namun, masalah terbesar tunggal dalam pembacaan kartu. Saat matahari ditutupi oleh awan dan terkena jumlah membakar kartu mungkin sama selama 30 detik seperti untuk 5 menit. Dengan demikian, pembacaan kartu mungkin berbeda dari satu pengamat yang lain.



Quote:Original Posted By Cara Membaca Kartu Pencatat

Cara Membaca Kartu Pencatat


Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder


Di daerah dengan empat musim, terdapat 3 jenis kartu pencatat : winter card untuk digunakan mulai 15 Oktober sampai 29 Februari, equinox card mulai 1 Maret sampai 11 April dan 3 September sampai 14 Oktober, dan summer card mulai 12 April sampai 2 September.

Bisa tebak kartu di atas termasuk tipe apa?
Yup, itu summer card. Perhatikan di bagian bawah ada tulisan “12 APR 02 SEPT”.

Kartu pencatat didesain untuk digunakan per hari, sehingga tiap hari harus diganti dengan yang baru. Dalam kartu itu, terdapat penanda waktu dalam jam. Perhatikan gambar di atas, terlihat garis panjang dengan angka 9 di atasnya juga garis panjang dengan angka 12 di atasnya; jelas maksudnya jam 9 dan 12 dong. Bekas terbakarnya sendiri terlihat di bagian kebawah, kecoklatan gitu.

Contoh pembacaan? Pada kartu di atas, bisa dibaca bahwa jam 12 siang sampai 2 siang sinar matahari terhalang.

Sumber: http://www.toiki.or.id/2010/05/cara-...-campbell.html




Quote:Original Posted By Cara Menghitung Data

Cara Menghitung Data


Rekaman dari Campbell Stokes adalah bekas seperti terbakar pada pias kertas yang diletakkan dibawah bola kaca dari Campbel Stokes. Panjangnya bekas pembakaran menyatakan lama penyuryaan matahari (sun shine) dengan kekuatan tertentu. Lama penyuryaan dinyatakan dalam %(persen), yaitu perbandingan antara lama penyuryaan (lama atau panjang bekas terbakarnya kertas pias dan lama hari siang. Di Indonesia BMKG menggunakan hari siang sebesar 9 jam mulai dari pukul 7 sampai pukul 16 waktu setempat. Jadi misalkan panjang bekas bakaran sepanjang/selama 6 jam maka lama penyuryaan = 6/9 x 100% = 67%.

sumber: http://id.answers.yahoo.com/question...0014959AA0Burc





[QUOTE=]
youtube-thumbnail


youtube-thumbnail

[/QUOTE]





Quote:Original Posted By sumber

Sumber:
1. http://translate.google.co.id/transl...26prmd%3Dimvns

2. http://www.google.co.id/search?q=cam...iw=853&bih=538


Bila Trit ane bermanfaat...
emoticon-Rate 5 Star ya Gan.....

Gak nolak jika dikasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

terimakasih
semoga bermanfaat emoticon-Angkat Beer







[QUOTE=]
emoticon-Takut 10 MOBIL JENAZAH TERUNIK DI DUNIAemoticon-Takut
emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit: TAMAN SURGA di JEPANG emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit:
emoticon-CoolSPIROGRAPH yang memukau (Lukisan Pensil)emoticon-Cool
Invisible Hotel
RAYAP TERGANAS!!
Papa...Kembalikan tangan ITA..
Tedhak Siten, Tradisi Mengenalkan Jati Diri
[/QUOTE]
Quote:Original Posted By rocky.SMA7
nyimak dl gan..


monggoo... emoticon-Angkat Beer


[QUOTE=]
emoticon-Takut 10 MOBIL JENAZAH TERUNIK DI DUNIAemoticon-Takut
emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit: TAMAN SURGA di JEPANG emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit:
emoticon-CoolSPIROGRAPH yang memukau (Lukisan Pensil)emoticon-Cool
Invisible Hotel
RAYAP TERGANAS!!
Papa...Kembalikan tangan ITA..
Tedhak Siten, Tradisi Mengenalkan Jati Diri
[/QUOTE]
Ijin bokmak ya gan..
kayaknya mantapnya bacanya kalo sama ngopi hehe
Ini bisa membakar gitu ya gan... istilahnya kek kaca pembesar dibawahny ditaroh kertas gitu pas dibawah matahari... emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By AleRiqwan
Ijin bokmak ya gan..
kayaknya mantapnya bacanya kalo sama ngopi hehe


Monggoooo dinikmati... emoticon-coffee Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder
perekam sinar matahari..weleh,kek kaca pembesar ya?bisa buat bakar2 ?
Quote:Original Posted By supernyams
perekam sinar matahari..weleh,kek kaca pembesar ya?bisa buat bakar2 ?


Biasanya dipake dalam pengamatan dan pengumpulan data iklim/cuaca pertanian Gan.


[QUOTE=]
emoticon-Takut 10 MOBIL JENAZAH TERUNIK DI DUNIAemoticon-Takut
emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit: TAMAN SURGA di JEPANG emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit:
emoticon-CoolSPIROGRAPH yang memukau (Lukisan Pensil)emoticon-Cool
Invisible Hotel
RAYAP TERGANAS!!
Papa...Kembalikan tangan ITA..
Tedhak Siten, Tradisi Mengenalkan Jati Diri
[/QUOTE]
apaan tuh gan? globe?
kristas dukun wat ngeliat masa depan emoticon-Big Grin

Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder
2.5 aja gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dickymaulana4
apaan tuh gan? globe?
kristas dukun wat ngeliat masa depan emoticon-Big Grin

Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder
2.5 aja gan emoticon-Big Grin


Bukaaan Gaan.... Itu utk meramalkan cuaca dan iklim emoticon-Smilie Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder
Quote:Original Posted By wiraspy
Bukaaan Gaan.... Itu utk meramalkan cuaca dan iklim emoticon-Smilie Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder


indonesia udah punya belum ya
cuaca dan iklim, meramalkan hujan juga ya
bwt ngeramal cuaca tu gan? Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder
Quote:Original Posted By cancomcell
indonesia udah punya belum ya
cuaca dan iklim, meramalkan hujan juga ya


Quote:Original Posted By lazlo4mei
bwt ngeramal cuaca tu gan? Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder


iya gan. Indonesia udah punya emoticon-Angkat Beer
[QUOTE=]
emoticon-Takut 10 MOBIL JENAZAH TERUNIK DI DUNIAemoticon-Takut
emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit: TAMAN SURGA di JEPANG emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit: emoticon-Genit:
emoticon-CoolSPIROGRAPH yang memukau (Lukisan Pensil)emoticon-Cool
Invisible Hotel
RAYAP TERGANAS!!
Papa...Kembalikan tangan ITA..
Tedhak Siten, Tradisi Mengenalkan Jati Diri
[/QUOTE]
tugas akhir ane ni gan, tapi ane bikin sunshine recorder versi digitalnya.
aku coba mengenali Campbell-Stokes Recorder emoticon-Thinking
Quote:Original Posted By wiraspy


Bukaaan Gaan.... Itu utk meramalkan cuaca dan iklim emoticon-Smilie Mengenal tentang Campbell-Stokes Recorder


Ane baru tahu kalo itu untuk meramal cuaca dan iklim
Nice info emoticon-2 Jempol