alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011352898/mengenal-buah-kawis-dari-kota-rembang
Smile 
Mengenal buah Kawis dari Kota Rembang
Ceritanya TS lagi kangen rumah gan....
akhirnya bikin trit aja deh,..sekalian promosi kota kelahiran TS,.
Rembang,
pasti kebanyakan kaskuser ga tau kota rembang tuh mana,..

lokasinya perbatasan jawa timur dan jawa tengah,..rembang masuk jawa tengah, bagian utara,..di pantura,..
masih bingung juga,..deket kota pati gan (produsen kacang garuda), masih gtw,..deket kudus gan (kota kretek), bingung juga? demak deh gan (kota wali)
masih mumet,..semarang kota atlas ibukota jateng,...
ya rembang itu semarang ke timur sekitar 110 KM, naik motor 3 jam,..emoticon-Blue Guy Peace

ini yang khas dr kota rembang,.
cekicrooott gan

Quote:Original Posted By "kawis"
Mengenal buah Kawis dari Kota Rembang

Quote:Original Posted By "kawis"
Mengenal buah Kawis dari Kota Rembang

Quote:Original Posted By "kawis"
Mengenal buah Kawis dari Kota Rembang


[quute="artikel"]Rembang (ANTARA News) - Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, memilih sirup kawis sebagai oleh-oleh Lebaran, karena selain khas produk ini juga sudah dikenal sampai Finlandia dan Amerika.

"Kami belum pernah melewatkan sirup kawis sebagai oleh-oleh Lebaran saat pulang kembali ke Jakarta. Sebab, sirup kawis hampir tidak bisa dijumpai di daerah lain," kata Sumaryono, salah satu warga Jakarta asal Rembang, saat ditemui di Gerai penjualan Sirup Kawis, Toko Dewa Burung, di Rembang, Senin.

Bahkan, kata dia, Rembang merupakan satu-satunya kabupaten di Indonesia dikenal sebagai produsen sirup kawis.

Selain itu, sirup kawis juga disebut sebagai salah satu `trade mark` Rembang yang juga terkenal dengan sebutan kota garam.

"The Java Cola atau cola dari Jawa, menurut saya juga merupakan julukan yang pas untuk sirup kawis," kata Henky Condro, salah satu warga Jakarta asal Rembang yang lain.

Menurut dia, salah satu alasan digemarinya sirup kawis adalah rasanya yang `sepet`, manis, dan cukup menyegarkan.

Sirup kawis terbuat dari sari buah kawis yang merupakan kategori jeruk-jerukan. Ukuran buahnya sedikit lebih besar dari jeruk kebanyakan. Bentuknya berkerut dengan warna kulit buah coklat keabu-abuan dan isinya berbulir warna hitam kecoklatan, tetapi tidak bersekat seperti jeruk.

[/quote]

Quote:Original Posted By "kawis"
Mengenal buah Kawis dari Kota Rembang

Quote:Original Posted By "kawis"
Mengenal buah Kawis dari Kota Rembang


Quote:Original Posted By "artikel"
Buah yang memiliki nama latin `limonia acidissima synferonia` ini, juga memiliki aroma khas dan memang cukup banyak dijumpai di kabupaten ini.

"Kami hanya bisa memperoleh buah kawis sebagai bahan baku pembuatan sirup dari Rembang dan sebagian kecil wilayah di Kabupaten Pati karena kawis biasa tumbuh di wilayah dengan tanah berkapur," kata Pudjiono Hariono, pengusaha dan pemilik Toko `sirup kawis` Dewa Burung.

Menurut dia, selain sirup, limun kawis juga sangat diminati para wisatawan.

"Penjualan sirup kawis pada saat Lebaran cukup ramai, sehingga transaksi meningkat dua kali lipat. Namun, bukan berarti penjualan pada hari-hari biasa sepi, karena merupakan oleh-oleh khas, penjualan tetap cenderung ramai setiap harinya," kata Pudjiono, didampingi Nani Novianti, istrinya.

Dia menyebutkan, sejak diproduksi generasi pertama atau pada masa pengelolaan kakeknya, Njoo Thiam Kiem sekitar tahun 1900-an, sirup kawis kerap menjadi pilihan oleh-oleh kebanyakan wisatawan yang berkunjung di Rembang.

Sirup kawis khas Rembang, kata dia, bahkan sudah beredar di kalangan warga negara Indonesia di Finlandia dan Amerika.

"Kami belum melayani ekspor karena permintaan dalam negeri sudah cukup tinggi. Namun, relasi kami yang sedang studi dan bekerja di dua negara itu sering membawa sirup kawis sebagai oleh-oleh, sehingga sirup kawis dikenal di sana," katanya.

Sementara untuk pasaran dalam negeri, kata dia, sirup kawis banyak digemari masyarakat di Lombok dan Banjarmasin.

"Konsumen kami di sana bahkan sempat harus pesan dulu karena tingginya pemintaan. Sebab, kalau tidak pesan dulu, kami khawatir khawatir stok kami

Harga sirup kawis juga beragam, tergantung ukuran dan kemasannya. Sirup kawis kemasan botol kaca dengan ukuran 620 ml dijual Rp17.500, kemasan dua liter Rp54.000, dan kemasan lima liter Rp113.000.

"Kami juga produksi sirup kawis kemasan botol plastik atau `handypack` Rp35.500 per dua botol ukuran 575 mililiter. Sedangkan untuk limun kawis kemasan botol plastik hanya Rp4.500 per botol ukuran 275 ml," katanya.

Dia mengatakan sirup kawis yang diproduksinya berasal sari buah kawis murni dan bukan sekedar perasa atau aroma saja.

"Bahan baku masih tersedia cukup, dan kami hanya memproduksi kawis yang sudah benar-benar matang karena kualitas harus diutamakan. Sebab, jika dipaksakan panen muda, rasa `sepet`nya masih terlalu banyak, kurang manis, dan warnanya tidak begitu coklat," katanya. (ANT/PUJIANTO/K004)


Quote:Original Posted By "kawis"
Mengenal buah Kawis dari Kota Rembang

Quote:Original Posted By "kawis"
Mengenal buah Kawis dari Kota Rembang
hoaxxxx
baru tau ane gan
Quote:Original Posted By joMbLO..hiKs2
baru tau ane gan


sip gan,..
emoticon-Sundul: dolo gan
di tempat anee juga banyak gaan...secara kita sebelahan kotanya emoticon-Big Grin
lasem gan ? emoticon-Smilie
nais info gan,...
lam kenal sesama cah rembangemoticon-Blue Guy Peace
haha,..rembang bangkit gan
Rembang, tiap tahun ane mudik..
Rembang Bangkit Mengenal buah Kawis dari Kota Rembang
[QUOTE=toyboy;549228781]Rembang, tiap tahun ane mudik..
Rembang Bangkit Mengenal buah Kawis dari Kota Rembang[/Q


sama gan emoticon-Smilie
mantab gan.... enak tu kawis nya..

Quote:Ini baru kawis
Wah enak ga tuh gan???
wah tempat tinggal ane nich.........
kota Rembang,,...emoticon-2 Jempol
podo2 cah rembang
pasti sodanya ini gak buat sakit perut ane seperti soda yang dibuat dari kimia emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By ivanhenry
pasti sodanya ini gak buat sakit perut ane seperti soda yang dibuat dari kimia emoticon-2 Jempol


bener bgt gan
pingin nyicipi euy buah kawis baru tau ane
silahkan gan
kirimi dong gan,...