alexa-tracking

[ STICKY ] All About Hukum Perdata

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011334261/sticky--all-about-hukum-perdata
Quote:Original Posted By DamroeChilds
widih ane baru tau kalo ada pasal 736
ampe pasal 5 ane aja belum apal emoticon-Hammer (S)


ayo donk gan belajar hukum sama ane,,emoticon-Big Grin
ane aja coba-coba pelan2 nih emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By GODISMYLIFE
Penjelasan pasal 733 itu contohnya seperti kejadian lumpur lapindo..emoticon-Smilie

Untuk penjelasan pasal 721 yaitu contohnya melakukan penggalian dalam dan dari tanah akan batu-batu,bara pendam,tanah liat dan bagian-bagian tanah lainnya sejenis itu kecuali pembukaan akan tanah itu kiranya telah dimulai,tatkala hak usaha diperolehnya.

Dan Penjelasan terakhir menurut versi ane yang ane denger yah emoticon-Big Grin
Freeport itu dulunya milik 100% indonesia tp dibeli sahamnya 90% oleh amerika dan 10%nya milik indonesia,,hanya itu yang ane tau gan,,emoticon-Big Grin
atau coba agan tanya kepihak hukum yg lainnya yah emoticon-Big Grin
klo menurut ane,,bukan rakyatnya yg dijajah gan tp orang dalamnya yang harus dicuci,,emoticon-Smilie


owh gitu yah gan nice gan ane ,ternyata prepot di beli sahamnya yahh emoticon-Hammer2

kasian indonesia emoticon-Turut Berduka
Spoiler for maaf oot dikit:
Quote:Original Posted By AFFreeed
owh gitu yah gan nice gan ane ,ternyata prepot di beli sahamnya yahh emoticon-Hammer2

kasian indonesia emoticon-Turut Berduka
Spoiler for maaf oot dikit:


iya gan informasinya seperti itu emoticon-Smilie
wah coba dulu freeport nggak jadi dijual,,pasti indonesia akan makmur banget yah..emoticon-I Love Indonesia (S)
waduh pasalnya banyak amat yak
Quote:Original Posted By ipHan aDoel
waduh pasalnya banyak amat yak


Iya gan memang banyak sekali apalagi penjelasannya emoticon-Nohope emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By GODISMYLIFE
iya gan informasinya seperti itu emoticon-Smilie
wah coba dulu freeport nggak jadi dijual,,pasti indonesia akan makmur banget yah..emoticon-I Love Indonesia (S)


emoticon-Mewek
sedih banget kali d'itung2 loh gan emoticon-Mewek
utang luar negeri kita sampe ribuan triliun emoticon-Frown
coba di bayar penghasilan prepot emoticon-Frown

satukata gan


"ya sudahlah"

Quote:Original Posted By ipHan aDoel
waduh pasalnya banyak amat yak


berati orang hukum itu makanan /lauknya pasal2 yah emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By AFFreeed
emoticon-Mewek
sedih banget kali d'itung2 loh gan emoticon-Mewek
utang luar negeri kita sampe ribuan triliun emoticon-Frown
coba di bayar penghasilan prepot emoticon-Frown

satukata gan


"ya sudahlah"



berati orang hukum itu makanan /lauknya pasal2 yah emoticon-Hammer2


ane aja nggak habis pikirkan gan,,makanya ane males banget denger berita tentang freeport dari dulu sampai skrg,,nggak pernah terselesaikan,,
oia ane pengen nonton di tv o*e waktu itu,,ada orang papua bilang gini " kenapa polisi susah sekali mencari pelaku penembak kapolsek papua? tetapi klo teroris cepat sekali di tangkapnya ? " terus orang papua bilang gini " mungkin polisinya takut yah sama orang papua " emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By GODISMYLIFE
ane aja nggak habis pikirkan gan,,makanya ane males banget denger berita tentang freeport dari dulu sampai skrg,,nggak pernah terselesaikan,,
oia ane pengen nonton di tv o*e waktu itu,,ada orang papua bilang gini " kenapa polisi susah sekali mencari pelaku penembak kapolsek papua? tetapi klo teroris cepat sekali di tangkapnya ? " terus orang papua bilang gini " mungkin polisinya takut yah sama orang papua " emoticon-Big Grin


akwakwka emoticon-Ngakak mungkin iya gan emoticon-Big Grin ada rahasia dibalik rahasia

btw, mudah2 thread ini di sticky yah emoticon-2 Jempol:
Quote:Original Posted By AFFreeed
akwakwka emoticon-Ngakak mungkin iya gan emoticon-Big Grin ada rahasia dibalik rahasia

btw, mudah2 thread ini di sticky yah emoticon-2 Jempol:



pasti ada gan rahasia dibalik panggung sandiwara ini emoticon-Big Grin
amin semoga yah gan di sticky sama yg punya melek hukum emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By abbas92
hukum perdata tentang hipotik itu apa ya gan? emoticon-Bingung


Hipotik itu lembaga jaminan gan...
Jadi kayak Gadai, Fidusia, Hak Tanggungan, Resi Gudang, dan satu lagi pake bahasa Belanda gw lupa.

Jawaban yg diberikan TS sudah benar, sekedar menambahi poin pertama.
Untuk saat ini hipotik untuk tanah (Hak atas Tanah, seperti Hak Milik, Hak Guna Bangunan, Hak Guna Usaha, dan Hak Milik atas Satuan Rumah Susun) sudah gak berlaku lagi. Saat ini yang dipergunakan untuk Hak atas Tanah dan Hak Milik atas Satuan Rumah Susun ialah Hak Tanggungan. Mulai berlaku sejak diundangkanya UU tentang Hak Tanggungan (UU No. 4 Tahun 1996)
Oleh karena itu, pas Sertipikat2 tanah sebagaimana saya sebutkan di atas dijadikan jaminan, bukan lagi dibebani hipotik, melainkan Hak Tanggungan.

Sekian semoga mengertiemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By GODISMYLIFE
hukum perdata hipotik itu adalah suatu hak kebendaan atas benda-benda tak bergerak, untuk mengambil penggantian daripadanya bagi pelunasan suatu perikatan.contohnya yang dapat dibebani dengan hipotik hanyalah :

1. benda-benda tak bergerak yang dapat dipindahtangakan,berserta segala perlengkapannya,sekadar yang terakhir ini di anggap sebagai bendak tak bergerak.

2. hak pakai hasil atas benda-benda tersebut berserta segala perlengkapannya.

3. hak numpang karang dan hak usaha.

4. bunga tanah,baik yang harus dibayar dengan uang mapun yang harus dibayar dengan hasil tanah dalam wujudnya.

5. bunga sepersepuluh.

6. pasar-pasar yang diakui pemerintah,berserta hak-hak istimewa yang melekat padanya.


@bold maksudnya apa ya gan? ane belum ngerti nih emoticon-Bingung
wah emoticon-Bookmark (S) dolo dah..
gw bgt dah ini..belajar brg ya gan emoticon-Paw
Quote:Original Posted By LinMichaeL
Hipotik itu lembaga jaminan gan...
Jadi kayak Gadai, Fidusia, Hak Tanggungan, Resi Gudang, dan satu lagi pake bahasa Belanda gw lupa.

Jawaban yg diberikan TS sudah benar, sekedar menambahi poin pertama.
Untuk saat ini hipotik untuk tanah (Hak atas Tanah, seperti Hak Milik, Hak Guna Bangunan, Hak Guna Usaha, dan Hak Milik atas Satuan Rumah Susun) sudah gak berlaku lagi. Saat ini yang dipergunakan untuk Hak atas Tanah dan Hak Milik atas Satuan Rumah Susun ialah Hak Tanggungan. Mulai berlaku sejak diundangkanya UU tentang Hak Tanggungan (UU No. 4 Tahun 1996)
Oleh karena itu, pas Sertipikat2 tanah sebagaimana saya sebutkan di atas dijadikan jaminan, bukan lagi dibebani hipotik, melainkan Hak Tanggungan.

Sekian semoga mengertiemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


setau gw niee,hipotik sekarang untuk kapal diatas 20 meter kubik
Quote:Original Posted By LinMichaeL
Hipotik itu lembaga jaminan gan...
Jadi kayak Gadai, Fidusia, Hak Tanggungan, Resi Gudang, dan satu lagi pake bahasa Belanda gw lupa.

Jawaban yg diberikan TS sudah benar, sekedar menambahi poin pertama.
Untuk saat ini hipotik untuk tanah (Hak atas Tanah, seperti Hak Milik, Hak Guna Bangunan, Hak Guna Usaha, dan Hak Milik atas Satuan Rumah Susun) sudah gak berlaku lagi. Saat ini yang dipergunakan untuk Hak atas Tanah dan Hak Milik atas Satuan Rumah Susun ialah Hak Tanggungan. Mulai berlaku sejak diundangkanya UU tentang Hak Tanggungan (UU No. 4 Tahun 1996)
Oleh karena itu, pas Sertipikat2 tanah sebagaimana saya sebutkan di atas dijadikan jaminan, bukan lagi dibebani hipotik, melainkan Hak Tanggungan.

Sekian semoga mengertiemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Wah terima kasih banyak yah gan atas tambahannya untuk pengertiannya emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By abbas92
@bold maksudnya apa ya gan? ane belum ngerti nih emoticon-Bingung


Maksudnya begini gan " Bila pada waktu mengikatkan atau memperjanjikan sepersepuluh tidak tegas-tegas ditentukan hasil jenis apakah dan seberapa bagiankah yang dikenakan beban, maka itu harus diartikan sepersepuluh dari hasil tersebut, yang menurut kebiasaan setempat tunduk kepada hukum sepersepuluhan; atau harus diartikan sebagai pembayaran dalam bentuk uang sebagai pengganti dari pembayaran sepersepuluhan dalam bentuk hasilnya, menurut kebiasaan setempat "
Quote:Original Posted By pandukusumo
wah emoticon-Bookmark (S) dolo dah..
gw bgt dah ini..belajar brg ya gan emoticon-Paw


Oke gan semoga nambah wawasan pengetahuan hukum perdata untuk agan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By PendekarWhite
ane suka ngga ngerti tentang yang satu ini nih gan..

tolong dong kasih definisi dulu

apa yang dimaksud hukum perdata?

dan kalo boleh sekalian tanya hukum perdata dengan hukum pidana itu bedanya apa?


Hukum perdata adalah hukum yang mengatur hubungan orang per orang dengan perantaraan pengadilan langsung sebagai pengambilan keputusan.

Hukum pidana adalah hukum sanksi yang merupakan bentuk perlindungan warga negara oleh negara dan hukum yang mengatur bagaimana sanksi itu dijalankan (dikenakan) kepada pelanggarnya.
Hukum Pidana disebut juga hukum publik karena salah satunya memerlukan bantuan pihak lain (penyidik dan penuntut umum) untuk kita dapat melakukan penuntutan di pengadilan.

Untuk dapat membedakan suatu persoalan termasuk dalam ranah hukum perdata atau hukum pidana, diperlukan pengetahuan hukum.

Untuk dapat mebedakan apakah suatu masalah itu termasuk masalah hukum atau masalah sosial, itu juga diperlukan pengetahuan hukum.

Semoga bermanfaat. CMIIW.
Ijin gabung yaa kakak :mahos

Sedikit mau nanya soal Legal Memorandum dan Legal Opinion, ada yang bisa share e-book tentang pembuatan Legal Opinion dan Legal Memorandum ga?
Thanks banget gan
Sekalian mau nambahin soal Perdata (kebetulan gw PK Perdata di Trisakti), gw kok susah ngerti yee masalah HWA (Hukum Waris Adat) emoticon-Hammer
Beragam2 bgt gan variasi pewarisannya tiap daerah dan tiap kasus yang dianalisis emoticon-Bingung (S)

-SATU HUKUM, HUKUM BERSATU-
wew mata kuliah senengan ane nih emoticon-Big Grin
soalnya dosen nya emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik
ikut nimbrung ahhh





Sumpaah sakit ati banget kalo ga di quot emoticon-Mewek
peminatan ane nih, numpang mejeng ah... emoticon-Embarrassment