alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011334261/sticky--all-about-hukum-perdata
Video & Image 
[ STICKY ] All About Hukum Perdata
ALL ABOUT HUKUM PERDATA

emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol


Quote:Hukum Perdata Tentang Orang :

# Tentang menikmati dan kehilangan hak-hak kewargaan
# Tentang akta-akta catatan sipil
# Tentang tempat tinggal atau domisili
# Tentang Perkimpoian
# Tentang hak dan kewajiban suami dan istri
# Tentang persatuan harta kekayaan menurut undang-undang dan pengurusannya
# Tentang perpisahan harta kekayaan
# Tentang perbubaran perkimpoian
# Tentang perpisahan meja dan ranjang
# Tentang kebapakan dan keturunan anak-anak
# Tentang kekeluargaan sedarah dan semenda
# Tentang kekuasaan orang tua
# Tentang menentukan, mengubah dan mencabut tunjangan-tunjangan nafkah
# Tentang kebelumdewasaan dan perwalian
# Tentang beberapa perlunakkan
# Tentang pangampunan
# Tentang keadaan tak hadir


Hukum Perdata Tentang Kebendaan :

# Tentang kebendaan dan cara membeda-bedakannya
# Tentang kedudukan berkuasa [ bezit ] dan hak-hak yang timbul karenanya
# Tentang hak milik [ eigendom ]
# Tentang hak dan kewajiban antara pemilik-pemilik pekarangan yang satu sama lain bertetanggaan
# Tentang kerja rodi
# Tentang pengabdian pekarangan
# Tentang hak numpang-karang [ reacht v. opstal ]
# Tentang hak usaha [ erfpacht ]
# Tentang bunga tanah dan hasil sepersepuluh
# Tentang hak pakai hasil
# Tentang hak pakai dan hak mendiami
# Tentang pewarisan karena kematian
# Tentang surat wasiat
# Tentang pelaksana wasiat dan pengurusan harta peninggalan
# Tentang hal menerima dan menolak suatu warisan
# Tentang pemisahan harta peninggalan
# Tentang harta peninggalan yang tak terurus
# Tentang piutang-piutang yang diistimewakan
# Tentang gadai
# Tentang hipotik


Hukum Perdata Tentang Perikatan :

# Tentang perikatan-perikatan umumnya
# Tentang perikatan-perikatan yang dilahirkan dari kontak atau perjanjian
# Tentang perikatan-perikatan yang dilahirkan dari undang-undang
# Tentang hapusnya perikatan-perikatan
# Tentang jual-beli
# Tentang tukar-menukar
# Tentang sewa-menyewa
# Tentang perjanjian-perjanjian untuk melakukan pekerjaan
# Tentang persekutuan
# Tentang perkumpulan
# Tentang hibah
# Tentang penitipan barang
# Tentang pinjam-pakai
# Tentang pinjam-meminjam
# Tentang bunga tetap atau bunga abadi
# Tentang perjanjian-perjanjian untung-untungan
# Tentang pemberian kuasa
# Tentang penanggungan utang
# Tentang perdamaian


Hukum Perdata Tentang Pembuktian Dan Daluwarsa :

# Tentang pembuktian pada umunya
# Tentang pembuktian dengan tulisan
# Tentang pembuktian dengan saksi-saksi
# Tentang persangkaan-persangkaan
# Tentang pengakuan
# Tentang sumpah di muka hakim
# Tentang daluwarsa


ATTENTION FOR KASKUSER :

- Tidak diperkenankan SARA
- Tidak diperkenankan JUNK disini
- Tidak diperkenankan barter CENDOL/BATA
- Tidak diperkenankan BERIKLAN di thread ini


Quote:Ane persilahkan kepada kaskuser bila ingin tau arti/penjelasan tentang undang-undang hukum perdata di atas emoticon-Smilie
Reserved emoticon-Paw
Komentar Para Kaskuser emoticon-Smilie

Quote:Quote:Original Posted By esa333
AAAHHH akhirnya ada juga trit beginian... kebetulan banget pas kuliah ntar mau masuk hukum perdata! mohon pencerahannya juragan2 sekalian emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By AFFreeed
akwkawkakwakwka agan godis jurursan hukum yahh emoticon-Ngakak

ijin nyimak dolo emoticon-Cool

-================================

* update gan emoticon-Cool


# Tentang hak usaha [ erfpacht ] maksudnya apaan gan ane ekonomi nih emoticon-Cool

ttg hak usaha ane baru denger emoticon-Cool


Quote:Original Posted By AlfinGhoz
maksunya hukum perdata numpang-karang apa gan ? emoticon-Malu


Quote:Original Posted By abbas92
hukum perdata tentang hipotik itu apa ya gan? emoticon-Bingung


Quote:Original Posted By chuba.
Hak servituut msh berlaku ga? [ STICKY ] All About Hukum Perdata


Quote:Original Posted By PendekarWhite
ane suka ngga ngerti tentang yang satu ini nih gan..

tolong dong kasih definisi dulu

apa yang dimaksud hukum perdata?

dan kalo boleh sekalian tanya hukum perdata dengan hukum pidana itu bedanya apa?
AAAHHH akhirnya ada juga trit beginian... kebetulan banget pas kuliah ntar mau masuk hukum perdata! mohon pencerahannya juragan2 sekalian emoticon-Big Grin
akwkawkakwakwka agan godis jurursan hukum yahh emoticon-Ngakak

ijin nyimak dolo emoticon-Cool

-================================

* update gan emoticon-Cool


# Tentang hak usaha [ erfpacht ] maksudnya apaan gan ane ekonomi nih emoticon-Cool

ttg hak usaha ane baru denger emoticon-Cool
maksunya hukum perdata numpang-karang apa gan ? emoticon-Malu
hukum perdata tentang hipotik itu apa ya gan? emoticon-Bingung
Hak servituut msh berlaku ga? [ STICKY ] All About Hukum Perdata
ane suka ngga ngerti tentang yang satu ini nih gan..

tolong dong kasih definisi dulu

apa yang dimaksud hukum perdata?

dan kalo boleh sekalian tanya hukum perdata dengan hukum pidana itu bedanya apa?
Quote:Original Posted By esa333
AAAHHH akhirnya ada juga trit beginian... kebetulan banget pas kuliah ntar mau masuk hukum perdata! mohon pencerahannya juragan2 sekalian emoticon-Big Grin


oke gan,,klo ada yg mau ditanya tentang di atas,,silahkan tanya yah emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By GODISMYLIFE
oke gan,,klo ada yg mau ditanya tentang di atas,,silahkan tanya yah emoticon-Smilie


ane tunggu yah gan hukum usaha emoticon-Embarrassment

trit ini sanat berguna emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By AFFreeed
akwkawkakwakwka agan godis jurursan hukum yahh emoticon-Ngakak

ijin nyimak dolo emoticon-Cool

-================================

* update gan emoticon-Cool


# Tentang hak usaha [ erfpacht ] maksudnya apaan gan ane ekonomi nih emoticon-Cool

ttg hak usaha ane baru denger emoticon-Cool


Sebenarnya sih ane jurusan komunikasi gan tp ane pengen belajar hukum perdata,,meskipun baru pelan2 emoticon-Smilie
Tentang hak usah itu terdiri dari 17 pasal yaitu pasal 720 - 721 - 722 - 723 - 724 - 725 - 726 - 727 - 728 - 729 - 730 - 731 - 732 - 733 - 734 - 735 dan 736 penjelasannya seperti berikut :

Pasal 720 : hak usaha adalah suatu hak dan kebendaan untuk menikmati sepenuhnya akan kegunaan suatu barang tak bergerak milik orang lain dengan kewajiban akan membayar upeti tahunan kepada si pemilik sebagai pengakuan akan kemilikannya,baik berupa uang baik berupa atau pendapatan

Pasal 721 : si pengusaha menikmati segala hak yg terkandung dalam hak milik atas tanah yg ada dalam usahanya namun tak bolehlah ia berbuat sesuatu terhadapnya yg kiranya dapat menurunkan harga tanah itu.

Pasal 722 : pohon-pohon yang selama hak usaha berjalan mati atau rebah karna sesuatu aral asal digantinya dengan pohon lain adalah bagian si pengusaha.pun berhaklah ia berbuat bebas terhadap segala penanaman yg oleh dia sendiri diselenggarakannya

Pasal 723 : Pemilik tanah tak berwajib memperbaiki sesuatu kerusakan

Pasal 724 : Ia berhak menyerahkan hak usahanya kepada orang lain,membebaninya dengan hiptonik dan membebani tanah usahanya dengan pengabdian utk waktu selama usahanya.

Pasal 725 : Dengan berakhirnya hak usaha,ia diperbolehkan mengambil dari tanah usahanya,segala gedung dan segala tanaman yang telah didirikan dan ditanam olehnya,sekedar menurut perjanjian ia tidak diharuskan mendirikan dan menanaminya akan tetapi ia berwajib mengganti segala kerugian karna kerusakan tanah akibat pengambilan barang-barang itu.sementara itu pemilik tanah adalah berhak menahan barang-barang itu sampai si pengusaha melunasi segal kewajiban terhadap padanya.

Pasal 726 : Pengusaha tidak berhak menuntut kepada pemilik tanah akan pembayaran harga gedung-gedung,bangunan-bangunan dan tanaman-tanaman tersebut di atas,yang mana pada saat berakhirnya hak usaha,masih ada diatas tanah usaha,

Pasal 727 : Pengusaha harus membayar segala bea yang dikenakan pada tanah usahanya baik bea biasa maupun luar biasa,baik bea tahunan maupun bea yang hanya satu kali harus dibayar

Pasal 728 : Kewajiban untuk membayar upeti tak dapat dipecah-pecahkan sehingga jika dilalaikan hak usaha atas tiap-tipa bagian dari tanah usah dikenakan guna membereskan tagihan pemilik tanah karna kelalaian itu

Pasal 729 : Baik karna turunnya hasil yang dinikmatinya,maupun karna sama sekali hilangnya hasil itu,pengusaha tak dapat menuntut membebaskan dari kewajibannya membayar upeti

Pasal 730 : Untuk tiap-tiap kali pindah tangan hak usaha atau untuk pembagian sesuatu kesatuan,tak diwajibkan membayar iuran luar biasa.

Pasal 731 : Dengan berakhirnya hak usaha,pemilik tanah mempunyai tuntutan perseorangan terhadap pada pengusaha,akan penggantian biaya,rugi dan bunga yang diakibatkan karna kelalaian dan kealpaan dalam memelihara tanah usaha dan utk hak-hak yang karena kesalahan pengusaha telah gugur kiranya karena kedaluwarsa.

Pasal 732 : Apabila hak usah telah berakhir karena perlewatan waktu,maka hak itu dengan diam-diam tdk dapat diperbaharui,namun bolehlah hak itu berjalan terus sampai ia dihentikannya

Pasal 733 : Pengusaha dapat dipecat dari hak usahanya apabila tanah usaha menderita kerusakan yang amat besar atau apabila hak itu sangat disalahgunakan,dengan tak mengurangi tuntutan untuk penggantian biaya,rugi dan bunga.

Pasal 734 : Pengusaha dapat mengelakkan pemecahan karena kerusakan tanah yang amat besar dan karena penyalahgunaan haknya,apabila diperbaikinya segala sesuatu dalam keadaan semula dan diberikannya jaminan yg cukup untuk kemudian.

Pasal 735 : Segala ketentuan dalam ini hanya berlaku,sekadar dengan perjanjian kedua belah pihak tidak diadakan pemyimpangan

Pasal 736 : Hak usah berakhir dengan cara sama seperti dalam pasal 718 dan 719 teratur terhadap berakhirnya hak numpang karang.
Quote:Original Posted By AlfinGhoz
maksunya hukum perdata numpang-karang apa gan ? emoticon-Malu


maksud arti hukum perdata numpang-karang yaitu suatu hak kebendaan untuk mempunyai gedung-gedungn,bangunan-bangunan dan penanaman di atas pekarangan orang lain emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By abbas92
hukum perdata tentang hipotik itu apa ya gan? emoticon-Bingung


hukum perdata hipotik itu adalah suatu hak kebendaan atas benda-benda tak bergerak, untuk mengambil penggantian daripadanya bagi pelunasan suatu perikatan.contohnya yang dapat dibebani dengan hipotik hanyalah :

1. benda-benda tak bergerak yang dapat dipindahtangakan,berserta segala perlengkapannya,sekadar yang terakhir ini di anggap sebagai bendak tak bergerak.

2. hak pakai hasil atas benda-benda tersebut berserta segala perlengkapannya.

3. hak numpang karang dan hak usaha.

4. bunga tanah,baik yang harus dibayar dengan uang mapun yang harus dibayar dengan hasil tanah dalam wujudnya.

5. bunga sepersepuluh.

6. pasar-pasar yang diakui pemerintah,berserta hak-hak istimewa yang melekat padanya.
Quote:Original Posted By chuba.
Hak servituut msh berlaku ga? [ STICKY ] All About Hukum Perdata


hak servitut (hak pekarangan) adalah kewajiban bagi pekarangan yang berdekatan dengan kepunyaan orang lain untuk mengijinkan memakai atau menggunakan pekarangan tersebut.

jadi hak tersebut masih berlaku gan. emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By PendekarWhite
ane suka ngga ngerti tentang yang satu ini nih gan..

tolong dong kasih definisi dulu

apa yang dimaksud hukum perdata?

dan kalo boleh sekalian tanya hukum perdata dengan hukum pidana itu bedanya apa?


Hukum Perdata Yaitu : Salah satu bidang hukum yang mengatur hubungan-hubungan antara individu-individu dalam masyarakat dengan saluran tertentu. Hukum perdata disebut juga hukum privat atau hukum sipil. Salah satu contoh hukum perdata dalam masyarakat adalah jual beli rumah atau kendaraan .


Perbedaan Hukum Perdata dan Hukum Pidana Berdasarkan Penafsirannya yaitu :

A) Hukum perdata memperbolehkan mengadakan macam-macam interpretasi terhadap Undang-Undang Hukum Perdata

B) Hukum pidana hanya boleh ditafsirkan menurut arti kata dalam Undang-Undang Pidana itu sendiri. Hukum pidana hanya mengenal penafsiran authentuik, yaitu penafsiran yang tercantum dalam Undang-Undang Pidana itu sendiri.
Quote:Original Posted By GODISMYLIFE
maksud arti hukum perdata numpang-karang yaitu suatu hak kebendaan untuk mempunyai gedung-gedungn,bangunan-bangunan dan penanaman di atas pekarangan orang lain emoticon-Smilie


wowo emoticon-Belo
ane jadi paham sekarang emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By AlfinGhoz
wowo emoticon-Belo
ane jadi paham sekarang emoticon-Big Grin


Alhamdulilah emoticon-Smilie
terima kasih yah gan atas pertanyaannya dan semoga bermanfaat yah emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By GODISMYLIFE
Sebenarnya sih ane jurusan komunikasi gan tp ane pengen belajar hukum perdata,,meskipun baru pelan2 emoticon-Smilie
Tentang hak usah itu terdiri dari 17 pasal yaitu pasal 720 - 721 - 722 - 723 - 724 - 725 - 726 - 727 - 728 - 729 - 730 - 731 - 732 - 733 - 734 - 735 dan 736 penjelasannya seperti berikut :

Pasal 720 : hak usaha adalah suatu hak dan kebendaan untuk menikmati sepenuhnya akan kegunaan suatu barang tak bergerak milik orang lain dengan kewajiban akan membayar upeti tahunan kepada si pemilik sebagai pengakuan akan kemilikannya,baik berupa uang baik berupa atau pendapatan

Pasal 721 : si pengusaha menikmati segala hak yg terkandung dalam hak milik atas tanah yg ada dalam usahanya namun tak bolehlah ia berbuat sesuatu terhadapnya yg kiranya dapat menurunkan harga tanah itu.

Pasal 722 : pohon-pohon yang selama hak usaha berjalan mati atau rebah karna sesuatu aral asal digantinya dengan pohon lain adalah bagian si pengusaha.pun berhaklah ia berbuat bebas terhadap segala penanaman yg oleh dia sendiri diselenggarakannya

Pasal 723 : Pemilik tanah tak berwajib memperbaiki sesuatu kerusakan

Pasal 724 : Ia berhak menyerahkan hak usahanya kepada orang lain,membebaninya dengan hiptonik dan membebani tanah usahanya dengan pengabdian utk waktu selama usahanya.

Pasal 725 : Dengan berakhirnya hak usaha,ia diperbolehkan mengambil dari tanah usahanya,segala gedung dan segala tanaman yang telah didirikan dan ditanam olehnya,sekedar menurut perjanjian ia tidak diharuskan mendirikan dan menanaminya akan tetapi ia berwajib mengganti segala kerugian karna kerusakan tanah akibat pengambilan barang-barang itu.sementara itu pemilik tanah adalah berhak menahan barang-barang itu sampai si pengusaha melunasi segal kewajiban terhadap padanya.

Pasal 726 : Pengusaha tidak berhak menuntut kepada pemilik tanah akan pembayaran harga gedung-gedung,bangunan-bangunan dan tanaman-tanaman tersebut di atas,yang mana pada saat berakhirnya hak usaha,masih ada diatas tanah usaha,

Pasal 727 : Pengusaha harus membayar segala bea yang dikenakan pada tanah usahanya baik bea biasa maupun luar biasa,baik bea tahunan maupun bea yang hanya satu kali harus dibayar

Pasal 728 : Kewajiban untuk membayar upeti tak dapat dipecah-pecahkan sehingga jika dilalaikan hak usaha atas tiap-tipa bagian dari tanah usah dikenakan guna membereskan tagihan pemilik tanah karna kelalaian itu

Pasal 729 : Baik karna turunnya hasil yang dinikmatinya,maupun karna sama sekali hilangnya hasil itu,pengusaha tak dapat menuntut membebaskan dari kewajibannya membayar upeti

Pasal 730 : Untuk tiap-tiap kali pindah tangan hak usaha atau untuk pembagian sesuatu kesatuan,tak diwajibkan membayar iuran luar biasa.

Pasal 731 : Dengan berakhirnya hak usaha,pemilik tanah mempunyai tuntutan perseorangan terhadap pada pengusaha,akan penggantian biaya,rugi dan bunga yang diakibatkan karna kelalaian dan kealpaan dalam memelihara tanah usaha dan utk hak-hak yang karena kesalahan pengusaha telah gugur kiranya karena kedaluwarsa.

Pasal 732 : Apabila hak usah telah berakhir karena perlewatan waktu,maka hak itu dengan diam-diam tdk dapat diperbaharui,namun bolehlah hak itu berjalan terus sampai ia dihentikannya

Pasal 733 : Pengusaha dapat dipecat dari hak usahanya apabila tanah usaha menderita kerusakan yang amat besar atau apabila hak itu sangat disalahgunakan,dengan tak mengurangi tuntutan untuk penggantian biaya,rugi dan bunga.

Pasal 734 : Pengusaha dapat mengelakkan pemecahan karena kerusakan tanah yang amat besar dan karena penyalahgunaan haknya,apabila diperbaikinya segala sesuatu dalam keadaan semula dan diberikannya jaminan yg cukup untuk kemudian.

Pasal 735 : Segala ketentuan dalam ini hanya berlaku,sekadar dengan perjanjian kedua belah pihak tidak diadakan pemyimpangan

Pasal 736 : Hak usah berakhir dengan cara sama seperti dalam pasal 718 dan 719 teratur terhadap berakhirnya hak numpang karang.

ane pahamin satu persatu gan emoticon-2 Jempol:

Quote:Pasal 734 : Pengusaha dapat mengelakkan pemecahan karena kerusakan tanah yang amat besar dan karena penyalahgunaan haknya,apabila diperbaikinya segala sesuatu dalam keadaan semula dan diberikannya jaminan yg cukup untuk kemudian.
maksudnya apaan gan ?

contohnya kayak lapindo yahh emoticon-Big Grin

dan maksud dari ini opo toh gan

Quote:Pasal 733 : Pengusaha dapat dipecat dari hak usahanya apabila tanah usaha menderita kerusakan yang amat besar atau apabila hak itu sangat disalahgunakan,dengan tak mengurangi tuntutan untuk penggantian biaya,rugi dan bunga.


emoticon-Hammer2

Quote:
Pasal 721 : si pengusaha menikmati segala hak yg terkandung dalam hak milik atas tanah yg ada dalam usahanya namun tak bolehlah ia berbuat sesuatu terhadapnya yg kiranya dapat menurunkan harga tanah itu.


berarti , seperti contoh di papua gan

Pasal 33 ayat 3 UUD 1945:kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Bukan dikuasai Freeport! Tambang itu 100% adalah milik rakyat. Seharusnya freeport hanya dibayar/digaji atas jasanya menambang saja, bukan memperoleh 99% hasil penjualan emas dsb. Ini berarti sudah bertentangan dengan konstitusi UUD 1945, jadi... ? APAKAH KITA SUDAH TERJAJAH ? clckckckckkc

bagaimana gan ? hukum apakah yg berlaku emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By GODISMYLIFE
Sebenarnya sih ane jurusan komunikasi gan tp ane pengen belajar hukum perdata,,meskipun baru pelan2 emoticon-Smilie
Tentang hak usah itu terdiri dari 17 pasal yaitu pasal 720 - 721 - 722 - 723 - 724 - 725 - 726 - 727 - 728 - 729 - 730 - 731 - 732 - 733 - 734 - 735 dan 736 penjelasannya seperti berikut :

Pasal 720 : hak usaha adalah suatu hak dan kebendaan untuk menikmati sepenuhnya akan kegunaan suatu barang tak bergerak milik orang lain dengan kewajiban akan membayar upeti tahunan kepada si pemilik sebagai pengakuan akan kemilikannya,baik berupa uang baik berupa atau pendapatan

Pasal 721 : si pengusaha menikmati segala hak yg terkandung dalam hak milik atas tanah yg ada dalam usahanya namun tak bolehlah ia berbuat sesuatu terhadapnya yg kiranya dapat menurunkan harga tanah itu.

Pasal 722 : pohon-pohon yang selama hak usaha berjalan mati atau rebah karna sesuatu aral asal digantinya dengan pohon lain adalah bagian si pengusaha.pun berhaklah ia berbuat bebas terhadap segala penanaman yg oleh dia sendiri diselenggarakannya

Pasal 723 : Pemilik tanah tak berwajib memperbaiki sesuatu kerusakan

Pasal 724 : Ia berhak menyerahkan hak usahanya kepada orang lain,membebaninya dengan hiptonik dan membebani tanah usahanya dengan pengabdian utk waktu selama usahanya.

Pasal 725 : Dengan berakhirnya hak usaha,ia diperbolehkan mengambil dari tanah usahanya,segala gedung dan segala tanaman yang telah didirikan dan ditanam olehnya,sekedar menurut perjanjian ia tidak diharuskan mendirikan dan menanaminya akan tetapi ia berwajib mengganti segala kerugian karna kerusakan tanah akibat pengambilan barang-barang itu.sementara itu pemilik tanah adalah berhak menahan barang-barang itu sampai si pengusaha melunasi segal kewajiban terhadap padanya.

Pasal 726 : Pengusaha tidak berhak menuntut kepada pemilik tanah akan pembayaran harga gedung-gedung,bangunan-bangunan dan tanaman-tanaman tersebut di atas,yang mana pada saat berakhirnya hak usaha,masih ada diatas tanah usaha,

Pasal 727 : Pengusaha harus membayar segala bea yang dikenakan pada tanah usahanya baik bea biasa maupun luar biasa,baik bea tahunan maupun bea yang hanya satu kali harus dibayar

Pasal 728 : Kewajiban untuk membayar upeti tak dapat dipecah-pecahkan sehingga jika dilalaikan hak usaha atas tiap-tipa bagian dari tanah usah dikenakan guna membereskan tagihan pemilik tanah karna kelalaian itu

Pasal 729 : Baik karna turunnya hasil yang dinikmatinya,maupun karna sama sekali hilangnya hasil itu,pengusaha tak dapat menuntut membebaskan dari kewajibannya membayar upeti

Pasal 730 : Untuk tiap-tiap kali pindah tangan hak usaha atau untuk pembagian sesuatu kesatuan,tak diwajibkan membayar iuran luar biasa.

Pasal 731 : Dengan berakhirnya hak usaha,pemilik tanah mempunyai tuntutan perseorangan terhadap pada pengusaha,akan penggantian biaya,rugi dan bunga yang diakibatkan karna kelalaian dan kealpaan dalam memelihara tanah usaha dan utk hak-hak yang karena kesalahan pengusaha telah gugur kiranya karena kedaluwarsa.

Pasal 732 : Apabila hak usah telah berakhir karena perlewatan waktu,maka hak itu dengan diam-diam tdk dapat diperbaharui,namun bolehlah hak itu berjalan terus sampai ia dihentikannya

Pasal 733 : Pengusaha dapat dipecat dari hak usahanya apabila tanah usaha menderita kerusakan yang amat besar atau apabila hak itu sangat disalahgunakan,dengan tak mengurangi tuntutan untuk penggantian biaya,rugi dan bunga.

Pasal 734 : Pengusaha dapat mengelakkan pemecahan karena kerusakan tanah yang amat besar dan karena penyalahgunaan haknya,apabila diperbaikinya segala sesuatu dalam keadaan semula dan diberikannya jaminan yg cukup untuk kemudian.

Pasal 735 : Segala ketentuan dalam ini hanya berlaku,sekadar dengan perjanjian kedua belah pihak tidak diadakan pemyimpangan

Pasal 736 : Hak usah berakhir dengan cara sama seperti dalam pasal 718 dan 719 teratur terhadap berakhirnya hak numpang karang.


widih ane baru tau kalo ada pasal 736
ampe pasal 5 ane aja belum apal emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By AFFreeed
ane pahamin satu persatu gan emoticon-2 Jempol:


maksudnya apaan gan ?

contohnya kayak lapindo yahh emoticon-Big Grin

dan maksud dari ini opo toh gan



emoticon-Hammer2



berarti , seperti contoh di papua gan

Pasal 33 ayat 3 UUD 1945:kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Bukan dikuasai Freeport! Tambang itu 100% adalah milik rakyat. Seharusnya freeport hanya dibayar/digaji atas jasanya menambang saja, bukan memperoleh 99% hasil penjualan emas dsb. Ini berarti sudah bertentangan dengan konstitusi UUD 1945, jadi... ? APAKAH KITA SUDAH TERJAJAH ? clckckckckkc

bagaimana gan ? hukum apakah yg berlaku emoticon-Big Grin


Penjelasan pasal 733 itu contohnya seperti kejadian lumpur lapindo..emoticon-Smilie

Untuk penjelasan pasal 721 yaitu contohnya melakukan penggalian dalam dan dari tanah akan batu-batu,bara pendam,tanah liat dan bagian-bagian tanah lainnya sejenis itu kecuali pembukaan akan tanah itu kiranya telah dimulai,tatkala hak usaha diperolehnya.

Dan Penjelasan terakhir menurut versi ane yang ane denger yah emoticon-Big Grin
Freeport itu dulunya milik 100% indonesia tp dibeli sahamnya 90% oleh amerika dan 10%nya milik indonesia,,hanya itu yang ane tau gan,,emoticon-Big Grin
atau coba agan tanya kepihak hukum yg lainnya yah emoticon-Big Grin
klo menurut ane,,bukan rakyatnya yg dijajah gan tp orang dalamnya yang harus dicuci,,emoticon-Smilie