alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011314204/nice-perempuan-perempuan-luar-biasa-era-romawi-kuno
[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno
NO emoticon-Repost
BUKTI


Quote:Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

Quote:[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

Para perempuan Romawi Kuno tidak diperbolehkan berperan langsung dalam politik. Namun demikian, mereka sering mengambil peran di balik layar, baik dalam ranah keluarga ataupun dalam elit pemerintahan. Berikut ini beberapa perempuan Romawi Kuno yang telah mengambil peran semacam itu.

Quote:Aurelia Cotta

[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

Aurelia Cotta [120-54 SM] adalah ibu dari Julius Caesar. Suaminya mati muda sehingga dirinyalah yang bertanggung jawab atas pertumbuhan dan perkembangan Julius Caesar dan dua saudara perempuansama-sama bernama Julia di mana salah satunya menjadi nenek Augustuspolitikus kenamaan Romawi Kuno itu.

Aurelia Cotta dan keluarganya tinggal di Subura, sebuah distrik kelas pekerja yang berlokasi di Roma [sebuah hal yang tidak biasa bagi sebuah keluarga bangsawan]. Ia dikenal cerdas dan independen. Ketika Caesar nyaris dieksekusi pada usia 18 oleh Sulla karena menolak menceraikan Cornelia Cinna, ia campur tangan. Ia mengepalai sebuah petisi untuk Sulla yang berhasil menyelamatkan nyawa anaknya.


Quote:Lucilla

[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

Lucilla adalah anak ketiga Kaisar Marcus Aurelius yang dilahirkan sekitar 150 SM. Pada usia 14, ia menikah dengan pembantu ayahnya, Lucius Verus. Setelah Lucius Verus meninggal, Lucilla menikah lagi. Ia mengikuti ayah dan suami keduanya selama kampanye militer Danube.

Ketika Marcus Aurelius mangkat, Commodus menaiki tahta kekaisaran. Bersama keponakan, putri dan dua sepupunya Lucilla merancang skema pembunuhan terhadap Commodus. Lucilla ingin mengambil alih posisi permaisuri, namun skemanya gagal terlaksana. Saat keponakannya berusaha menusuk Commodus, keponakannya itu berteriak, "Belati senat mengirimmu!" Teriakan yang membuat penjaga Commodus bergerak. Anggota laki-laki dari komplotan pembunuh itu segera dihukum mati, sementara Lucilla, putrinya dan sepupunya dibuang ke Capri. Namun, Commodus akhirnya memerintahkan untuk mengeksekusi pada 182 SM.


Quote:
Cornelia Africana


[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

Cornelia Africana adalah putri Scipio Africanus yang terkenal karena kemenangannya atas Hannibal dalam Perang Punisia II. Cornelia Africana meninggal di usia 90 pada tahun 100 SM dan dikenang sebagai contoh kebajikan. Dari 12 anaknya, hanya Sempronia, Tiberius Gracchus, dan Gaius Gracchus yang hidup. Meski suaminya meninggal, ia tidak menikah lagi dan mengambil alih pendidikan anak-anaknya. Ketika terlibat dalam kontroversi karena reformasi politik populis, ia terus memberi dukungan terhadap mereka. Akhirnya, ia kehilangan Tiberius dan Gaius ketika kedua putranya itu dibunuh senat konservatif dalam kesempatan yang berbeda.

Quote:
Hortensia


[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

Hortensia adalah orator, pembuat dampak terbesar melalui pidato yang ia berikan pada 42 SM. Ketika itu, Trimuvirat II (Mark Antony, Oktavianus, dan Lepidus) berperang dengan Brutus [pembunuh Caesar] dan Cassius. Mark Antony, Oktavianus, dan Lepidus membunuh dan menyita harta orang-orang kaya demi mengumpulkan dana perang. Selain itu, mereka juga mengenakan pajak pada hampir 1.500 perempuan Romawi yang kaya. Merasa tak ada hubungannya dengan perang, perempuan-perempuan itu protes. Mereka mendatangi forum dengan Hortensia sebagai perwakilan yang membuat pidato di triumvirs. Berikut kutipan pidato Hortensia:

[QUOTE] "Anda telah memisahkan kami dari bapak-bapak kami, anak-anak kami, suami kami dan saudara-saudara kami, yang Anda tuduh bersalah; jika Anda mengambil harta kami juga, Anda memperkecil kami atas sebuah ketidakpantasan kondisi kelahiran kami, perilaku kami, jenis kelamin kami. Mengapa kami harus membayar pajak ketika kami tidak memiliki bagian dalam kehormatan, perintah dan keahlian negara yang Anda perjuangkan melawan satu sama lain dengan hasil membahayakan tersebut? ‘Karena ini adalah waktu perang,’ yang Anda katakan? Kapan tidak ada perang dan kapan pajak pernah dikenakan pada perempuan yang dikecualikan karena jenis kelamin mereka di antara seluruh umat manusia?"

Mark Antony, Oktavianus dan Lepidus tentu tidak senang atas tampilan Hortensia, tetapi mereka tidak bisa berbuat apa-apa mengusir Hortensia. Akhirnya, mereka sepakat untuk mengenakan pajak pada 400 perempuan saja dan meminjam sisanya dari kaum laki-laki.

Quote:
Livilla

[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

Livilla lahir pada 13 SM. Ia adalah saudara perempuan Kaisar Claudius. Ketenaran Livilla didapat dari perselingkuhannya dengan Sejanus dan usahanya dalam mengambil alih kekuasaan. Sejanus adalah pejabat praetorian Kaisar Tiberius. Ketika Tiberius meninggalkan Roma untuk melakukan petualangan di Capri, Sejanus mulai memperoleh kekuasaan lebih, termasuk menghilangkan lawan-lawannya.

Saat berselingkuh dengan Sejanus, status Livilla adalah istri Drusus, putra Tiberius. Awalnya, tak ada yang curiga ketika Drusus meninggal. Akhirnya, ditemukan bukti bahwa Livilla dan Sejanus telah meracuninya. Livilla dan Sejanus sendiri berencana untuk menikah, tetapi ibu Livilla menulis surat kepada Tiberius bahwa Livilla dan Sejanus mencoba menggulingkannya. Sejanus, anak-anaknya dan pengikutnya dijatuhi hukuman mati. Sementara itu, Tiberius menyerahkan nasib Livilla kepada ibunya, Antonia the Younger. Antonia the Younger kemudian memutuskan untuk mengunci Livillia, putrinya, di dalam kamar sampai mati kelaparan.

Quote:
Helena


[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

Helena dilahirkan sekitar 250 SM. Tempat tinggal pertamnya diperkirakan di Drepanum, yang kemudian disebut Helenopolis. Santo Ambrosius menyebutnya sebagai stabularia yang bisa diartikan sebagai pemilik penginapan atau pelayan kandang kuda.

Ada kemungkinan jika Helena bertemu dengan Konstantius saat sang kaisar berupaya menaklukkan Asia Kecil. Konon, Konstantius menikahi Helena karena keduanya memakai gelang yang sama. Beberapa sumber menyebut Helena sebagai selir kaisar, sementara yang lain mengatakan bahwa mereka resmi menikah. Namun, Konstantius akhirnya meninggalkan Helena demi perempuan lain yang memiliki kasta lebih tinggi.

Dari pernikahannya dengan Konstantius, Helena memiliki anak bernama Konstantin yang kelak menjadi kaisar Kristen pertama. Helena menemukan apa yang diyakini sebagai Salib Sejati dan peninggalan lain saat berada di Yerusalem. Ia terkenal karena kebaikannya dan dianggap sebagai orang suci.

Quote:
Servilia Caepionis


[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

Adik tiri Cato the Younger, gundik Kaisar, ibu angkat Cassius dan ibu Brutus, Servilia memiliki pengaruh berkat hubungannya dengan orang-orang yang Roma terkenal. Orangtua Servilia meninggal saat ia masih muda. Itulah sebabnya ia dan kedua adiknya dibesarkan oleh sang paman, Livius Drusus. Sayangnya, Livius Drusus dibunuh karena mencoba untuk mendapatkan kewarganegaraan bagi sekutu Italia. Nasib yang sama juga menimpa suami pertama Servilia [ayah brutus] yang dibunuh Pompey. Akhirnya, Servillia mulai menjalin hubungan dengan Julius Caesar dan rumor mengatakan bahwa putri Servillia, Junia Tertia, adalah anak Caesar. Cicero juga membuat pernyataan bahwa Servilia membiarkan Caesar tidur dengan Junia Tertia. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa Julia Tertia awalnya bertunangan dengan Brutus.

Satu kejadian lucu yang melibatkan Servilia dan Caesar terjadi ketika Caesar menyerahkan surat yang ditulis oleh Servillia selama perdebatan tentang konspirasi Catiline. Cato mengatakan bahwa Caesar menerima korespondensi dari para konspirator dan memerintahkan agar surat itu dibacakan keras-keras. Tapi ternyata, surat itu adalah surat cinta. Hubungan Servilia dengan Caesar sendiri pada gilirannya mempengaruhi hubungan Caesar dengan Brutus. Misalnya, ketika Caesar melawan Pompey dalam Pertempuran Pharsalus, ia memerintahkan agar Brutus yang berjuang di pihak Pompey tidak dirugikan dengan cara apapun. Akan tetapi, Brutus dan Cassius justru merencanakan pembunuhan Caesar di rumah Servilia. Tidak diketahui apakah Servillia mengetahui rencana mereka atau tidak. Servilia meninggal pada 42 SM.



Bersambung
emoticon-Request
emoticon-Request
Quote:Quote:
Porcia Catonis

[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno


Porcia hidup sekitar 70-42 SM. Porcia adalah putri dari Cato the Younger, tetapi paling dikenal sebagai istri Marcus Junius Brutus. Porcia adalah seorang pecinta filsafat yang baik dan berani. Awalnya ia menikah dengan Bibulus, sekutu Cato. Selanjutnya, Quintus Hortenius meminta Bibulus agar membiarkannya memiliki Porcia sebagai istrinya, tapi Bibulus tidak meluluskan permintaan Hortenius. Masih bersikeras, Hortensius membuat permintaan lagi di mana ia diperbolehkan tinggal bersama Porcia sampai menghasilkan seorang putra. Sebagai solusi, Cato menceraikan istrinya, Marcia, dan membiarkan Hortensius menikahi Marcia sebagai ganti Porcia. Padahal, Cato amat mencintai istrinya itu. Ketika Hortensius meninggal, Marcia kembali hidup bersama Cato. Sedangkan Bibulus meninggal setelah Pompey dikalahkan oleh Caesar. Namun nasib yang lebih tragis menimpa Cato: menikam perutnya dan menarik keluar ususnya ketika teman-temannya mencoba untuk menolongnya.

Tanpa suami dan ayah, Porcia menikah dengan sepupunya, Brutus. Pernikahan tersebut tidak direstui oleh Servilia yang membenci Cato. Selain itu, Brutus telah menceraikan istrinya tanpa memberikan alasan untuk menikahi Porcia. Hanya pendukung Cato, seperti Cicero, yang menyetujui pernikahan itu.

Porcia sangat berbakti pada Brutus. Plutarch menulis, Porcia menikam kakinya sendiri di hadapan untuk membuktikan dirinya bisa dipercaya segala rahasia Brutus meski harus berhadapan dengan siksaan. Tentang istrinya itu, Brutus berkata:

Quote: "Meskipun kelemahan alami tubuhnya menghalangi dirinya untuk melakukan pekerjaan laki-laki, ia memiliki watak yang gagah berani dan aktif memberi kebaikan untuk negaranya."


Porcia merupakan satu-satunya perempuan yang terlibat dalam konspirasi melawan Caesar. Ketika para pembunuh [Caesar] melarikan diri dari Roma, Porcia tertinggal. Tertinggal berarti mati baginya. Pendapat umum mengatakan bahwa dia bunuh diri setelah mendengar kematian Brutus dengan cara menelan bara panas atau membakar arang di sebuah ruangan tanpa ventilasi.

Quote:Octavia the Younger

[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

Octavia hidup pada 69 SM hingga 11 SM. Perempuan ini adalah kakak Octavian yang kelak dikenal sebagai Augustus. Meskipun berpamankan Julius Caesar, ia justru menikah dengan salah satu lawan sang paman, Marcellus. Bersama Marcellus ia memiliki 3 anak. Setelah Marcellus meninggal, ia menikah dengan Mark Antony. Pernikahan keduanya dimaksudkan untuk membantu mengamankan aliansi antara Antony dan Octavian. Namun, Antony kemudian meninggalkannya demi Cleopatra. Hebatnya, ia tetap pada Antony dan menjadi semacam negosiator antara Antony dengan Octavian.

Setelah menerima uang dan pasukan yang dibutuhkan dari Octavia untuk melawan kampanye militer di timur, Antony menceraikannya. Ini adalah salah satu dari sekian tindakan yang digunakan Octavian untuk melukiskan Antony dan Cleopatra sebagai cahaya yang buruk.

Pasca kematian Antony―akibat bunuh diri―Octavia tidak pernah menikah lagi. Lagi-lagi ia menunjukkan kehebatannya sebagai perempuan: mengasuh 4 anak hasil pernikahan Antony dengan Fulvia dan Cleopatra bersama anak-anaknya sendiri. Ketika salah satu anaknya meninggal, Marcellus, ia berkabung hingga ajal menjemputnya. Octavia sangat dihormati oleh saudaranya dan dijadikan contoh suri tauladan bagi wanita Romawi.

Quote:
Valeria Messalina

[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno


Sepupu Nero dan Caligula ini lahir sekitar tahun 20 SM. Bersama putri Augustus, Julia [yang dibuang karena tidur dengan banyak pria], ia terkenal sebagai perempuan Roma yang kacau.
Pada 37 M, Messalina menikah dengan Claudius yang 30 tahun lebih tua. Pada saat itu Caligula masih memegang tampuk kekuasaan. Claudius sangat menyayangi Messalina. Ketika Claudius menjadi kaisar, Messalina memanfaatkan kasih sayang Claudius untuk mendapatkan apa saja yang dinginkannya.

Karena Claudius sudah tua, Messalina sadar akan posisinya. Ia kemudian memerintahkan untuk mengasingkan Claudius dan mengeksekusi siapa saja yang tidak senang atau mengancam dirinya.

Tentang Messalina, Pliny the Elder mengatakan bahwa Messalina pernah berlomba dengan seorang pelacur untuk melihat siapa yang bisa berhubungan seks paling banyak dengan laki-laki dalam satu malam. Menurut Pliny, Messalina tampil sebagai pemenang setelah berhubungan seks dengan 25 laki-laki. Ketika bersuamikan Claudius pun ia menikah senator Gaius Silius. Keduanya, Silius dan Messalina, berencana untuk membunuh Claudius sehingga Silius bisa menjadi kaisar.

Quote:
Julia Domna


[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

Julia Domna hidup pada 170-217 SM. Lahir di Suriah, ayahnya adalah pendeta tinggi di kuil Elagabal. Ia adalah istri kaisar Septimius Severus sekaligus ibu kaisar Caracalla dan Geta. Mereka memiliki hubungan yang bahagia. Julia sendiri sering memberi saran politis kepada Severus dan menemani suaminya itu selama kampanye militer. Bahkan, banyak yang merasa jika Julia memegang kekuasaan atas kerajaan setiap kali suaminya menjalankan kampanye militer. Namun demikian, ia sering pula menghadapi tuduhan perselingkuhan atau pengkhianatan, meski tidak satupun yang terbukti.

Setelah Severus meninggal, Julia berusaha membantu Geta dan Caracalla agar berhasil selama menjadi pembantu kaisar. Namun, Caracalla kemudian membunuh Geta. Sejak itu, hubungan antara Caracalla dan Julia sedikit menegang. Julia akhirnya bunuh diri setelah mendapati Caracalla terbunuh.

Quote:
Agrippina the Elder

[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

Agrippina Elder hidup antara 14 SM hingga 33 Masehi. Ia adalah cucu Augustus, putri Agrippa dan istri tercinta Germanicus. Setelah Agrippa meninggal, ibu Agrippina menikah dengan Tiberius. Ini adalah pernikahan yang tidak bahagia karena Tiberius dipaksa menceraikan Vipsania. Agrippina tidak pernah melihat ibunya lagi setelah sang ibu diasingkan karena perzinahan.

Germanicus dan Agrippina dikaruniai enam anak, termasuk Nero (bukan kaisar), Drusus, Gaius (kelak dikenal sebagai Caligula), Drusila, Livilla dan Agrippina the Younger. Keduanya tak segan untuk anak-anak mereka selama kampanye militer. Mereka akan mendandani anak-anak mereka dengan pakaian tentara. Dari sinilah Gaius kemudian mendapat julukan Caligula yang berarti Sepatu Bot Kecil.

Popularitas Germanicus ternyata membuat Kaisar Tiberius cemburu. Oleh karena itu, banyak yang yang yakin jika Germanicus mati diracun di Antiokhia atas perintah Tiberius. Agrippina sendiri juga yakin jika suaminya dibunuh. Ia pun membenci dan menuduh Tiberius berusaha meracuni dirinya. Geram akan tuuhan Agrippina, Tiberius menangkap Nero dan Drusus, lalu membiarkan dua putra Agrippina itu mati kelaparan. Masih belum puas, Tiberius kemudian membuang Agrippina ke Capri atas tuduhan palsu. Selama di pembuangan, Agrippina diperlakukan dengan kasar dan ia kehilangan matanya saat dicambuk. Seperti anak-anaknya, Agrippina akhirnya meninggal karena kelaparan. Perlu diketahui, Agrippina mengajak Caligula ke pembuangan.

Quote:SUMBER

sekiaan trit ane gan
semoga bermanfaat bagi agan semuanya emoticon-Malu (S)
bagi yang berkenan,timpukin ane emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya dong dooong dooong emoticon-Blue Guy Peace
jangan lupa Comment +emoticon-Rate 5 Star juga yaa emoticon-shakehand
wow.. perempuan juga bisa ya gan emoticon-Belo
jangan diremehin mkanya emoticon-Cool








nitip yak emoticon-Big Grin



[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

joget dulu yuk bang emoticon-Ngakak (S)

Spoiler for joget:


Quote:
maicih lagi turun harga lhoo :genit: klik!
[CENTER][NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno[/CENTER]
mau jadi reseller/dropshipper maicih? boleh kok :)


[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno
add my blackberry pin :22EEBE30
[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno
atas ane cepet amad mana lanjutanya gan
tp koq jarang disinggung di sejarah gan kyk cleopatra atau sheeba atau ayu ting ting emoticon-Big Grin [NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno
mantap gan.....
nice thread
perempuan jangan dipandang rendah ya gan....


Quote:PERAHU ANTISIPASI TSUNAMI
PERAWATAN MATA UNTUK PENGGUNA KOMPUTER
cHARGE HANDPHONE TANPA LISTRIK
LAMPU INI MAMPU MENYALA SELAMA 100 TAHUN!!!
PENAMPAKAN UFO DI PERNIKAHAN PANGERAN WILLIAM
PERILAKU ANEH AKIBAT FACEBOOK
keren - keren bener gan emoticon-2 Jempol








[URL=ymsgr:sendIM?hendra_agustin]
[IMG]http://voucher.netkomsel.co.id/ym/ym1.gif[/IMG][/URL]

oncomiaku
™
Quote:Original Posted By sikurap3
wow.. perempuan juga bisa ya gan emoticon-Belo
jangan diremehin mkanya emoticon-Cool








nitip yak emoticon-Big Grin



[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno

joget dulu yuk bang emoticon-Ngakak (S)
Spoiler for "joget":



[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kunoadd my blackberry pin :22EEBE30
[NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno


emang nggak boleh di remehin gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By ~everlasting~
atas ane cepet amad mana lanjutanya gan


tuh udah ada, emang udah lu baca ?? emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By madu_bebek
tp koq jarang disinggung di sejarah gan kyk cleopatra atau sheeba atau ayu ting ting emoticon-Big Grin [NICE] Perempuan-perempuan Luar Biasa Era Romawi Kuno


ane kurang paham gan,
besok ane bahas yuni shara aja gan emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By mukegi
mantap gan.....
nice thread
perempuan jangan dipandang rendah ya gan....


siip gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By oncomiaku
keren - keren bener gan emoticon-2 Jempol








[URL=ymsgr:sendIM?hendra_agustin]
[IMG]http://voucher.netkomsel.co.id/ym/ym1.gif[/IMG][/URL]

oncomiaku


bantu emoticon-Rate 5 Star dong semuanyaa emoticon-Big Grin
agan dapet aja bginian sumbernya mantap gan sampe lengkap bgini pdhal itu harim2 jarang dibahas di sejarah loh

BTW KEREEEEEN GAN emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By nutzy_ferd
agan dapet aja bginian sumbernya mantap gan sampe lengkap bgini pdhal itu harim2 jarang dibahas di sejarah loh

BTW KEREEEEEN GAN emoticon-2 Jempol


iyaaa gan, buat nambah pengetahuan aja emoticon-Big Grin

bantu emoticon-Rate 5 Star dong emoticon-Smilie
nice bangeet gan...

ane baru kenal perempuan2 itu..

jarang bangeet di bahas soalnya emoticon-Hammer

emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By Mang.Kodeng
nice bangeet gan...

ane baru kenal perempuan2 itu..

jarang bangeet di bahas soalnya emoticon-Hammer

emoticon-Rate 5 Star


iaaa gan, kebetulan itu nggak repost juga..

selamat berkenalan yak emoticon-Big Grin
mereka emang wanita hebat gan.. jagan di pandang rendah ! emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Gahwe.Heb
mereka emang wanita hebat gan.. jagan di pandang rendah ! emoticon-Big Grin


siiip gan emoticon-Big Grin
perempuan jaman sekarang masih ada ga ya yang kaya gitu???

nitip gan mampir

Pemain Bola MAHO[VID]
Quote:Original Posted By YaMaT0
perempuan jaman sekarang masih ada ga ya yang kaya gitu???

nitip gan mampir

Pemain Bola MAHO[VID]


kayanya susah dicari cewe kaya gitu sekarang gan emoticon-Hammer2
ternyata keren keren ya perempuan romawi zaman dlu gan
Quote:Original Posted By Crucifixus
ternyata keren keren ya perempuan romawi zaman dlu gan


iyaa gan emoticon-Big Grin

bantu :rate doong
perempuan paling luar biasa dimuka bumi ini bagi ane adl emak ane emoticon-Matabelo

Mampir Ke Thread Ane Ya Gan

wow ada foto idola ane gan.. nice share. emoticon-Ngakak
×