alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011276912/pertanyaan2-yang-belum-ada-thread-nya-boleh-disimpan-di-sini
ada empat model pendekatan penyelesaian masalah, yaitu pendekatan peraturan perundang-undangan (statutori approach), pendekatan konseptual (conceptual approach), pendekatan komparatif (comparative approach), dan pendekatan historis (historical approach)
yang ane tanyakan adalah pengertian dari masing-masing pendekatan beserta contohnya apa ya?emoticon-Thinking

atur nuhun buat hukumonline.com

best regards,
ok
Quote:Original Posted By newbie98765432
mau tanya nih,kalo teror lewat sms/telpon ada hukuman nya gak gan????


idem gan.... ane juga pernah di teror via sms. malah sempet ada sms pelecehan seksual. bagimana hukumnya ??? kalo mo ngelapor, aturan mainnya gimana gan ???
Quote:Original Posted By MonteOutsider
gan ane mw nanya gan ....gini kronologisnya..

nyokap ane kan dlu kelilit utang sma rentenir..jadi nya dia mw ga mw kan makin mmbengkak tuh utang nya:sedih
tapi yang nyruh mnjem uang ke rentenir tuh bokap ane yang udah almarhum...nah tapi minjem uang nya tuh mke nama ibu ane gan pas bokap ane mninggal kan otomatis smua utang die ke nyokap n penerusnya ye..meskipun penerusnya ga tw klo bokap nya punya utang

pas bokap ane mninggal para yang punya uang ngejer" ibu ane kan ga jadinya?
ampe" masalah yang nyokap ane ga tw di bawa" ama tuh yang pnya duitemoticon-Mad (S)
karna udah kelamaan nyokap ane ga bayar utang nah itu mreka yang punya duit ngelaporin ke polisi gan.dan dengan sjalannya waktu nyokap ane pun di masukin penjara gan karna kasus ini....kasus nya mah penggelapan n pnipuan kata nyaemoticon-Bingung(apa yang di gelapin n apa yang di tipu coba)
kebetulan ane masih punya 5 kontrakn gan untuk jaminan.jadi itu utang di bayar make kontrakan 1 pntu.dengan keputusan yang kaya gitu si yang pnya duit maw gan.tapi masih aja ngerongrong..dan mereka pun nempatin kontrakan ane gan.tapi nyokap ane masih masuk pnjara gan gmna tuh gan ane jadi bingungemoticon-Bingung

kan mereka udah dpet apa yang mereka mw gan.tapi nyokap ane masih aja di penjara:sedih

tapi klo dah kluar nyokap ane bisa nntut balik ga gan? krna dia dah di pnjara masa utaang na ga lunas juga..eh malah kontrakan ane di ambilemoticon-Marah

gmne gan?sory klo belepotan ganemoticon-Malu (S)


wah ane turut prihatinaja gan sama ente ,,
soal nya ane ngga tau hukum jugaemoticon-Hammer2
permisi gan.. ane mau tanya.... ga tau deh OOT apa nda... moga2 sih nda emoticon-No Hope

cerita na gini, ada pasangan suami istri waktu awal nikah mereka belum bikin akte nikah gan, trus mereka beli rumah tapi a/n suami na. setelah beli rumah kurang lebih 2-3 tahun kemudian mereka baru bikin akte nikah na. nah sekarang adik dari suami na itu minta "hak" atas kekayaan suami na itu. apakah rumah yang suami istri itu beli bisa di minta sama adik dari suami na itu ? karena dia menggangap klo rumah tersebut di beli dari uang orang tau suami na. bukan dari hasil jerih payah suami istri tersebut. mengingat akte nikah na itu di bikin setelah mereka beli rumah tersebut. itu gmn gan ?
Quote:Original Posted By MonteOutsider
gan ane mw nanya gan ....gini kronologisnya..

nyokap ane kan dlu kelilit utang sma rentenir..jadi nya dia mw ga mw kan makin mmbengkak tuh utang nya:sedih
tapi yang nyruh mnjem uang ke rentenir tuh bokap ane yang udah almarhum...nah tapi minjem uang nya tuh mke nama ibu ane gan pas bokap ane mninggal kan otomatis smua utang die ke nyokap n penerusnya ye..meskipun penerusnya ga tw klo bokap nya punya utang

pas bokap ane mninggal para yang punya uang ngejer" ibu ane kan ga jadinya?
ampe" masalah yang nyokap ane ga tw di bawa" ama tuh yang pnya duitemoticon-Mad (S)
karna udah kelamaan nyokap ane ga bayar utang nah itu mreka yang punya duit ngelaporin ke polisi gan.dan dengan sjalannya waktu nyokap ane pun di masukin penjara gan karna kasus ini....kasus nya mah penggelapan n pnipuan kata nyaemoticon-Bingung(apa yang di gelapin n apa yang di tipu coba)
kebetulan ane masih punya 5 kontrakn gan untuk jaminan.jadi itu utang di bayar make kontrakan 1 pntu.dengan keputusan yang kaya gitu si yang pnya duit maw gan.tapi masih aja ngerongrong..dan mereka pun nempatin kontrakan ane gan.tapi nyokap ane masih masuk pnjara gan gmna tuh gan ane jadi bingungemoticon-Bingung

kan mereka udah dpet apa yang mereka mw gan.tapi nyokap ane masih aja di penjara:sedih

tapi klo dah kluar nyokap ane bisa nntut balik ga gan? krna dia dah di pnjara masa utaang na ga lunas juga..eh malah kontrakan ane di ambilemoticon-Marah

gmne gan?sory klo belepotan ganemoticon-Malu (S)


itu dulu pake perjajian gag gan utang piutangnya??

klo udah ada jaminan, harusnya klo uda gag mampu membayar cukup diberikan aja jaminannya? gag perlu ada laporan kepolisi

tuntutan pidana tidak akan menghapus tuntutan perdatanya.. jadi sebenarnya kewajiban perlunasan tetap melekat gan.. makanya bingung tuh rentenir emang niat njeblosin ibu agan ke penjara kali ya, bukan menggugat secara perdata malah melapor polisi emoticon-Nohope

nuntut balik dengan dalih apa gan?
Quote:Original Posted By lovitachan
permisi gan.. ane mau tanya.... ga tau deh OOT apa nda... moga2 sih nda emoticon-No Hope

cerita na gini, ada pasangan suami istri waktu awal nikah mereka belum bikin akte nikah gan, trus mereka beli rumah tapi a/n suami na. setelah beli rumah kurang lebih 2-3 tahun kemudian mereka baru bikin akte nikah na. nah sekarang adik dari suami na itu minta "hak" atas kekayaan suami na itu. apakah rumah yang suami istri itu beli bisa di minta sama adik dari suami na itu ? karena dia menggangap klo rumah tersebut di beli dari uang orang tau suami na. bukan dari hasil jerih payah suami istri tersebut. mengingat akte nikah na itu di bikin setelah mereka beli rumah tersebut. itu gmn gan ?


akte nikah ato perjanjian kimpoi harus dibuat sebelun terjadi perkimpoian hal ini untuk menghindari adanya sengketa harta bawaan dan harta..

untuk solusi mgkn bawah ane tau emoticon-Stick Out Tongue
agan agan yang sy hormati dari tim hukum online, ane mau nanya sedikit..

intinya sih kalo surat perjanjian hitam diatas putih tanpa materai itu sah atau tidak dimata hukum?

kronologisnya begini, adek ane lagi jalan2 di mall terus ketipu ama undian berhadiah, dijanjiin ini itu, dapet home theater seharga 8 jt dan di diskon sedemikian besar sehingga harganya jadi 3 jt sekian,,
karena ade ane tergiur tp g punya uang akhirnya DP dulu 500 rb..
setelah itu ade ane dateng ke tempat ane ngajak nebus barangnya..
setelah ane lihat barangnya bener2 barang murahan emoticon-Cape d... (S)
yang ane taksir harganya ga sampe 1.5 jt..
nb: ane ga kerja di toko elektronik tapi cukup tau harga barang lah, ane juga ga bego2 amat emoticon-Mad (S)

ane ga terima dong, karena ane merasa aneh dengan cara mereka menjerat pelanggan(saat ane disana ada beberapa orang yang nasibnya kyk ade ane)
udah barangnya abal2 semua, ga ada satu pun barang yang ane liat bermerk nasional tp dipatok dengan harga internasional (bayangin aja merknya cina yang ane ga pernah denger semua emoticon-Mad (S) )

ane ngerasa ni toko pasti menipu, akhirnya ane minta dp adek ane dibalikin, tapi mereka nunjukin surat perjanjian yang diandatanganin ade ane tapi tanpa materai..
balik lagi ke pertanyaan awal, sah atau tidak surat tersebut dimata hukum?
kejadiannya udah lama, ane tanya agar tidak terjadi lagi dilain waktu gan,,
terimakasih emoticon-Smilie
mantab nih gan
Quote:Original Posted By portga
agan agan yang sy hormati dari tim hukum online, ane mau nanya sedikit..

intinya sih kalo surat perjanjian hitam diatas putih tanpa materai itu sah atau tidak dimata hukum?

kronologisnya begini, adek ane lagi jalan2 di mall terus ketipu ama undian berhadiah, dijanjiin ini itu, dapet home theater seharga 8 jt dan di diskon sedemikian besar sehingga harganya jadi 3 jt sekian,,
karena ade ane tergiur tp g punya uang akhirnya DP dulu 500 rb..
setelah itu ade ane dateng ke tempat ane ngajak nebus barangnya..
setelah ane lihat barangnya bener2 barang murahan emoticon-Cape d... (S)
yang ane taksir harganya ga sampe 1.5 jt..
nb: ane ga kerja di toko elektronik tapi cukup tau harga barang lah, ane juga ga bego2 amat emoticon-Mad (S)

ane ga terima dong, karena ane merasa aneh dengan cara mereka menjerat pelanggan(saat ane disana ada beberapa orang yang nasibnya kyk ade ane)
udah barangnya abal2 semua, ga ada satu pun barang yang ane liat bermerk nasional tp dipatok dengan harga internasional (bayangin aja merknya cina yang ane ga pernah denger semua emoticon-Mad (S) )

ane ngerasa ni toko pasti menipu, akhirnya ane minta dp adek ane dibalikin, tapi mereka nunjukin surat perjanjian yang diandatanganin ade ane tapi tanpa materai..
balik lagi ke pertanyaan awal, sah atau tidak surat tersebut dimata hukum?
kejadiannya udah lama, ane tanya agar tidak terjadi lagi dilain waktu gan,,
terimakasih emoticon-Smilie



fungsi materei emoticon-Embarrassment

Quote:Dalam Undang-undang No.13 tahun 1985 tentang Bea Meterei disebutkan bahwa terhadap surat perjanjian dan surat-surat lainnya yang dibuat dengan tujuan untuk digunakan sebagai alat pembuktian mengenai perbuatan, kenyataan atau keadaan yang bersifat perdata maka dikenakan atas dokumen tersebut bea meterei.

kalo agan tanyak sah ato gag, selama memenuhi syarat keabsahan perjanjian (1320 BW) ya tetep sah.
syarat sah perjanjian garis besarnya antara lain:
1. adanya kesepakatan
2. para pihak harus cakap (tidak dibawah umur, tidak dibawah pengampuan)
3. mengenai hal tertentu
4. suatu sebab yang diperbolehkan (tidak bertentangan dengan perUUan)

CMIIW
Quote:Original Posted By tabitobi
maaf gan ane sebelumnya di trit yang sebelum pindhan seperti ini

mau tanya ni nyubi...apa ada sih istilah sidang di tempat ato nitip uang sidang terutama saat operasi di jalan...mohon pencerahaannya...

trus dijawab seperti di bawah ini...



nah yang ane tanyain lagi...biasanya slip nya tu cuma satu jenis..ane di wilayah solo...
trus kalo nitip ke petugas, ya langsung aja ga pake slip...jadi duit dituker STNK

jadi ane merasa di palak di tengah jalan di siang bolong,,,maaf ni ya gan...
trus kalo ga ada bukti tertulis kek slip warna warni tadi lantas duit titipan itu melayang kemana...:CD
emoticon-Bingung


Nitip uang sidang?
Mana ada gan, itu sih masuk kantong si polisi... Lagian mending ikut sidang, dendanya ga gede kok.. emoticon-Big Grin

Paling lo di takut-takutin kena denda maksimal ma si polisi. emoticon-Stick Out Tongue
nanya gan, kalo membunuh orang (pelaku kejahatan, contoh : maling), saat kita merasa terdesak baik sengaja maupun tidak sengaja...
apa hukumnya ?
trim's

emoticon-I Love Indonesia (S)
wah baru buka aja keknya duah seru bgt nih emoticon-Big Grin

Nanya bila motor di rampas debt collection di jalan

nanya gan,

sy beberapa kali di hadang kumpulan DC yg ngomong motor sy nunggak angsuran dari A**RA, dan mencoba rampas motor sy.
yg saya heran sy beli motor cash di dealer Nusantara, tapi kenapa ada Dc yg bilang motor saya nunggak, padahal BPKB n STNK ada di lemari kamar saya...
sy konfirmasi ke kantor leasingnya katanya nopol sy gak tercatat di data base mereka... tapi kenapa masih aja sy merasa ga aman pakai motor sy, takut di rampas lagi. kl nuntut leasing nya bisa ga gan, pakai pasal apa?, secara DC nya punya nopol saya dan punya surat dari leasing yg berstempel.
setiap sy mau di rampas di jalan untung sy teriakin rampok, tuh DC kabur.. lha takute kl sepi... gimana
Quote:Original Posted By gatotkoco1
nanya gan,

sy beberapa kali di hadang kumpulan DC yg ngomong motor sy nunggak angsuran dari A**RA, dan mencoba rampas motor sy.
yg saya heran sy beli motor cash di dealer Nusantara, tapi kenapa ada Dc yg bilang motor saya nunggak, padahal BPKB n STNK ada di lemari kamar saya...
sy konfirmasi ke kantor leasingnya katanya nopol sy gak tercatat di data base mereka... tapi kenapa masih aja sy merasa ga aman pakai motor sy, takut di rampas lagi. kl nuntut leasing nya bisa ga gan, pakai pasal apa?, secara DC nya punya nopol saya dan punya surat dari leasing yg berstempel.
setiap sy mau di rampas di jalan untung sy teriakin rampok, tuh DC kabur.. lha takute kl sepi... gimana


laporin ke polisi perbuatan tidak menyenangkan;

klo pake kekerasan fisik plus dengan pasal penganiayaan

dan juga sepertinya harus ke kantor tu leasing buat meluruskan kenyataan yang ada
kalau ingin menutup usaha yang ada SIUP dan TDP gimana ya? katanya harus ke pengadilan, benar atau tidak? kalau benar harus kepengadilan dan usahanya saya tutup tapi tidak saya urus di pengadilan apakah tidak apa2?
terima kasih
w3ah, harus lewat sini ya? maap, baru tau. ok ane copy aja pertanyaan ane yg udah tlanjur di trit...
(ASK) kewenangan eksekusi barang jaminan HT/hipotik oleh pengadilan agama
permisi, nubi mohon ijin untuk bertanya.

jika dalam perikatan/akad murobahah dengan bank syariah, misalnya beli rumah, apakah ada pengikatan barang jaminan (SHM rumah)? jika ada, dengan pengikatan apa? apakah dengan hipotik?

selanjutnya, jika terdapat sengketa, dalam UU nomor 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah klo gak salah ingat, persengkataan syariah merupakan ranah/kewenangan absolut pengadilan agama (cmiiw). nah, seberapa jauh kekuasaan pengadilan agama, apakah sebatas memutus perkara atau apakah pengadilan agama juga berhak/berwenang melakukan eksekusi terhadap barang jaminan yang diikat hipotik tersbut?

terimakasih atas penjelasan dari rekan2 oom2 dan tante2 pengasuh n senior di forum melek hukum emoticon-Big Grin

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=11292178

Hukum yg ada dalam sebidang tanah

Selamat siang agan2 ahli hukum.
Di saat seseorang membeli sebidang tanah, hukum apa yang melekat di dalamnya?
Karena di satu sisi, ada sebidang tanah yg dimiliki oleh beberapa orang.
Selain itu, sepertinya ada hukum2 lain yg mengatur tentang surat2 kepemilikan tanah.

Mohon bimbingannya.
Quote:Original Posted By D.I.O
akte nikah ato perjanjian kimpoi harus dibuat sebelun terjadi perkimpoian hal ini untuk menghindari adanya sengketa harta bawaan dan harta..

untuk solusi mgkn bawah ane tau emoticon-Stick Out Tongue


wah. bearti ade dari sang suami mempunyai hak untuk meminta bagian dari rumah tersebut dunk gan ? emoticon-No Hope
Quote:Original Posted By lovitachan
wah. bearti ade dari sang suami mempunyai hak untuk meminta bagian dari rumah tersebut dunk gan ? emoticon-No Hope


ane bantu dikit y gan......betul mnrut bro dio akte nikah ttg harta kekayaan tu dibuat sblm nikah......krn ga dibuat berarti harta mereka b2 sebelum+sesudah nikah menjadi harta bersama mereka berdua......so adiknya minta bagian???.......ingat ntuh dh jadi harta bersama....masalah siapa yg beli gk jd masalah, tetap jadi harta bersama....maw harta itu hadiah dr orang,dibeliin org(dlm hal ini mgkn pake duit ortu)kl aktanya atas nama suami/istri ya....itu harta bersama mereka.....

jadi dah jelas adiknya dari suami ga bakal bisa dapet bagian....karena ia org luar dri pernikahan mereka.....dan ia tak berhak atas harta bersama milik suami/istri......kcuali si suami ngasih dalam bntuk hibah/hadiah(krn kasian..... emoticon-Blue Guy Peace )

skian dr kami....maaf2 klo da yg salah....mgkn nanti bs dikoreksi klo ad yg sala ma bro hukumonline.....moga2 bisa membantu
Quote:Original Posted By AlucA2d
Selamat siang agan2 ahli hukum.
Di saat seseorang membeli sebidang tanah, hukum apa yang melekat di dalamnya?
Karena di satu sisi, ada sebidang tanah yg dimiliki oleh beberapa orang.
Selain itu, sepertinya ada hukum2 lain yg mengatur tentang surat2 kepemilikan tanah.

Mohon bimbingannya.


hak kebendaan gan.....jlasin dulu masing2 pihak hak2nya apa aja???