alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011264091/gawattanah-papua-telah-terjajah-sejak-1967-warga-indonesia-masukkkkkkkkkkk
Peringatan! 
Gawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkk
Quote:Quote:sejarah

PT. Freeport Indonesia adalah sebuah perusahaan pertambangan yang mayoritas sahamnya dimiliki Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc.. Perusahaan ini adalah pembayar pajak terbesar kepada Indonesia dan merupakan perusahaan penghasil emas terbesar di dunia melalui tambang Grasberg. Freeport Indonesia telah melakukan eksplorasi di dua tempat di Papua, masing-masing tambang Erstberg (dari 1967) dan tambang Grasberg (sejak 1988), di kawasan Tembaga Pura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Sejarah
Peta lokasi Freeport Indonesia

Dahulu di tengah masyarakat ada mitologi menyangkut manusia sejati, yang berasal dari sebuah Ibu, yang menjadi setelah kematiannya berubah menjadi tanah yang membentang sepanjang daerah Amungsal (Tanah Amugme), daerah ini dianggap keramat oleh masyarakat setempat, sehingga secara adat tidak diizinkan untuk dimasuki.

Sejak tahun 1971, Freeport Indonesia, masuk ke daerah keramat ini, dan membuka tambang Erstberg. Sejak tahun 1971 itulah warga suku Amugme dipindahkan ke luar dari wilayah mereka ke wilayah kaki pegunungan.

Tambang Erstberg ini habis open-pit-nya pada 1989, dilanjutkan dengan penambangan pada wilayah Grasberg dengan izin produksi yang dikeluarkan Mentamben Ginandjar Kartasasmita pada 1996. Dalam izin ini, tercantum pada AMDAL produksi yang diizinkan adalah 300 ribu /ton/hari


Quote:Freeport berkembang menjadi perusahaan dengan penghasilan 2,3 miliar dolar AS. Menurut Freeport, keberadaannya memberikan manfaat langsung dan tidak langsung kepada Indonesia sebesar 33 miliar dolar dari tahun 1992–2004. Angka ini hampir sama dengan 2 persen PDB Indonesia. Dengan harga emas mencapai nilai tertinggi dalam 25 tahun terakhir, yaitu 540 dolar per ons, Freeport diperkirakan akan mengisi kas pemerintah sebesar 1 miliar dolar.

Mining In*terna*tio*nal, sebuah majalah per*da**ga*ngan, menyebut tambang emas Free**port sebagai yang ter*be**sar di du***nia.


Quote:perhatikan UUD berikut ini emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Pasal 33 ayat 3 UUD 1945:kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Bukan dikuasai Freeport! Tambang itu 100% adalah milik rakyat. Seharusnya freeport hanya dibayar/digaji atas jasanya menambang saja, bukan memperoleh 99% hasil penjualan emas dsb. Ini berarti sudah bertentangan dengan konstitusi UUD 1945, jadi... ?


catatan penting

Tambang freeport itu sepenuhnya milik masyarakat Papua - bukan milik kita atau Amerika. Hak tersebut milik mereka. Pemerintah Indonesia hanya layak mendapatkan royalties a - dan Freeport Mc moran juga hanya layak mendapatkan profit sebagai kontraktor pertambangan.


dan satu lagi gan emoticon-Mewek
Quote:Serahkan saja tambang emas, perak, dan tembaga di Papua ke BUMN ANTAM bekerjasama dgn rakyat Papua. Toh oleh Freeport juga kita dikibuli. Cuma dikasih 1% oleh mereka sementara mereka dapat 99% emas dan perak. Tak sepadan dgn kerusakan alam yg ditimbulkan. Bangunlah wahai para pemimpin dan rakyat Indonesia. Jangan biarkan Kompeni Freeport menguras emas dan perak Indonesia.

PEMEGANG SAHAM CKCKCKCKC
Quote:Pemegang saham

* Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. (AS) - 81,28%
* Pemerintah Indonesia - 9,36%
* PT. Indocopper Investama - 9,36%



PESAN ANE : Kasihan orang Papua, begitu banyaknya kekayaan mereka, tapi sarana prasarana, infra struktur kehidupan sampai saat ini tetap begitu saja.......coba jika pemerintah kit a ini, didaerah mana saja, sarana, prasarana, infra struktur untuk rakyat dipenuhi...........(mimpi????)
Kalau freeport tetap arogan nggak mau diajak berunding pembagian kekayaan bumi papua secara lebih manusiawi, ya mustahil ada keamanan. DAN JUGA freeport sebaiknya diambil alih aja sama pemerinah....toh selam ini cuma membuat masalah bukan keuntungan bagi negara kita

Quote:Jakarta - PT Freeport Indonesia (Freeport) mengklaim membayarkan royalti dan dividen kepada pemerintah sebesar US$ 2 miliar (Rp 8500/dolar) atau kurang lebih Rp 17 triliun hingga triwulan III-2011. Perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut menganggap setoran itu tertinggi dibanding tahun sebelumnya.

Demikian disampaikan Director Executive Vice president and Chief Administration Officer Freeport Sinta Sirait dalam jumpa pers di kantornya, Kuningan, Jakarta, Selasa (1/11/2011).

"Di Kuartal ketiga, kita sudah menyetor US$ 2 miliar sampai September 2011. Kalau dirupiahkan ini lebih besar daripada tahun lalu yang mencapai Rp 19 triliun," ungkapnya.

Sinta mengatakan untuk pembayaran royalti, perusahaan tambang yang beroperasi di Timika, Tembagapura provinsi Papua tersebut selalu membayar royalti berdasarkan ketentuan kontrak karya yang berlaku.

"Untuk royalti, sampai saat ini, sejak taun 1986 Freeport membayar royalti atas tembaga 3,5% dari penjualan. Untuk emas sebesar 1% dari penjualan, dan untuk perak sebesar 1% atas pejualan," jelasnya.

Dirinya mengaku, pihaknya mengklaim bahwa royalti ini sudah lengkap dibayarkan. Royalti ini secara dominan disumbang dari royalti atas penjualan tembaga yang mayoritas dihasilkan Freeport.

Terkait renegosiasi kontrak karya pertambangan yang dilakukan pemerintah, pihak Freeport masih enggan memberikan keterangan yang mendalam. Sinta menjelaskan, hingga saat ini Freeport masih terus bersikap terbuka untuk membahas masalah tersebut kepada pemerintah.

Sedangkan, terkait situasi dan kondisi saat ini sedang terjadi pemogokan kerja karyawan Freeport yang menuntut kenaikan gaji. Aksi mogok kerja oleh Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia ini telah berdampak terhadap produksi dan pengapalan konsentrat. Ini menjadi alasan Freeport menetapkan status force majeure. Pengumuman kondisi force majeure itu berarti Freeport bisa menghindari denda biasanya karena gagal memenuhi kewajiban sesuai kontrak.

Sekitar 8.000 dari total 23.000 pekerja Freeport telah melakukan pemogokan kerja selama lebih dari 1 bulan di tambang yang berlokasi di Papua. Mereka menuntut kenaikan gaji dan kondisi kerja yang lebih baik.

Produksi emas dan tembaga Freeport dari tambang Grasberg di Papua mengalami penurunan sepanjang kuartal III-2011. Produksi tembaga di Papua sepanjang kuartal III-2011 mencapai 233 juta pounds. Turun 34% dibanding periode yang sama di2010 yang mencapai 358 juta pounds.


sumber

gilaa.. 1% nya saja 19 Triliun.. berarti penghasilan bersih PT Freeport RP. 1900 Triliun/tahun, utang indonesia 1200 triliun.. sampe skrng ga lunas2.. malah mo nambah utang lagi.. coba aja.. selama setahun ato 2 tahun freeport di ambil alih indonesia.. udah deh.. mungkin rakyat papua.. bahkan rakyat indonesia akan sejahtera seluruhnya.. coba aja pemimpinnya mau berpikir sejenak saja..
inilah yg terjadi di papua gan emoticon-Turut Berduka

1. PERANG SUKU!!!
2. Amerika, Australia akan leluasa mengeruk SDA PAPUA
3. Senasib dengan Timorleste, yang ujung2nya masih tergantung dari INDONESIA dalam hal SEMBAKO, BBM dan LISTRIK


Sudah jelas, ini ada keinginan pihak asing memcah NKRI
klo para koruptor masih merajarela, jangan harap freeport milik kita, itu milik amerika dan rakyat papua, kita berkaca pada kejadian di Irak dan Libya, semua kejadian yang menyengsarakan rakyat itu bermula dari budaya korup kita terutama dijajaran birokrasi dan penegak hukum. apapun kerja keras kita, tdk akan berhasil klo penyakit yang satu ini tidak dibereskan. Negara aneh, para koruptor berakting bak seleb, aneh dan menyedihkan.emoticon-Berduka (S)emoticon-Cape d... (S)
ane baru ngerti sekarg knpa disana sring terjadi kerusuhan..ternyata propaganda kaum barat juga..!!kasian warga papua..!! freeport emoticon-fuck2
Gawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkk

Gawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkk
CONNECTED WITHGawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkk
Originally posted by
Gawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkk
Bocahsablenx™
-This post has been made by Bocahsablenx™ copyright reserved ©2011™-


Gawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkk
Gawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkkGawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkkGawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkkGawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkkGawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkk
___________________________________________________________________________________


emoticon-Kaskus Banget
Gawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkkGawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkk
Gawat...........tanah papua telah terjajah sejak 1967 warga indonesia masukkkkkkkkkkk
Quote:Original Posted By Bocahsablenx
[B] ijin nyimak dulu gan emoticon-Shakehand2


oke gan silahkan
KASIAN nih papua emoticon-Berduka (S)
ane nyimak dulu gan............emoticon-Big Grin

Spoiler for ternyata:






Comment By Huntyere4
KOMENTAR ANDA MEMBANTU TS :eup2 emoticon-Sundul:emoticon-Rate 5 Star
wahh parah sepiemoticon-Cape d... (S)
parah.. terjajah di ladang emas dan kolam minyak milik sendiri.. emoticon-Berduka (S)
miris gan..emoticon-Frown
Quote:Original Posted By afif44
parah.. terjajah di ladang emas dan kolam minyak milik sendiri.. emoticon-Berduka (S)
miris gan..emoticon-Frown


kasian dan miris emoticon-Turut Berduka
emoticon-Sundul:
baru tau ane
wogh, ternyata begitu ya, pantas aja sampai sekarang masih terus2an bergejolak
#Prayforpapua emoticon-Ngacir






To be silent is the biggest art in a conversation
emoticon-breakheart emoticon-Frown emoticon-Confused: emoticon-Amazedemoticon-Kiss (S)emoticon-linux
Indonesia telat sadar buat ini gan
emoticon-Mewek
panjang amat gan ceritanya

ijin nyimak dulu deh
emoticon-Sundul Up
sundul gan
Bener banget gan .. Cobaa kalo dipake sama rakyat indonesia bisa berguna sekali .. Dan sampe skrg masih tetep ada tuh freeport emoticon-Peace
jadi gampang klu mau perang dengan amrik
usir aja semuanya dari freeport
karena ini pemasukan devisa amrik sampe 90%
bodohnya bangsa indonesia
wajar saja orang papua minta merdeka, mau gimana lagi, pemerintah kita gak tegas untuk mengusir penjajahan atas harta benda rakyatnya..