alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011232116/10-tsunami-terbesar-dalam-sejarah
10 Tsunami Terbesar dalam Sejarah
10 Tsunami Terbesar dalam Sejarah
Delapan ribu tahun lalu, sebuah gunung api menyebabkan salju longsor di Sisilia dan terjun bebas ke laut. Gelombang berkecepatan 200 mil per jam itu memicu tsunami penghancur yang menyebar di seluruh laut Mediterania.

Tidak ada catatan sejarah mengenai kejadian tersebut. Yang ada hanya catatan geologis, tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa tsunami yang sempat terjadi tersebut lebih tinggi dari gedung tingkat 10.

Ada beberapa tsunami yang paling merusak dan tercatat dalam sejarah.

1 November 1755, setelah gempa bumi kolosal menghancurkan Lisbon, Portugal dan pegunungan di Eropa, orang menyelamatkan diri dengan menggunakan perahu. Namun Tsunami akhirnya menyusul. Peristiwa mengerikan secara bersamaan tersebut membunuh lebih dari 60 ribu orang.


27 Agustus 1883, letusan gunung Krakatau memicu terjadinya tsunami yang menenggelamkan 36 ribu orang Indonesia yang berada di pulau Jawa bagian barat dan utara Sumatera. Kekuatan gelombang mendorong 600 ton blok terumbu karang menuju tepi pantai.

15 Juni 1896, gelombang setinggi 30 meter, disebabkan oleh gempa bumi menyapu pantai timur Jepang. Sebanyak 27 ribu orang menjadi korban.

1 April 1946, tsunami April Fool, dipicu sebuah gempa yang terjadi di Alaska, membunuh 159 orang, kebanyakan berada di Hawaii.

9 Juli 1958, diingat sebagai tsunami terbesar yang pernah dicatat oleh masa modern, Gempa di Teluk Lituya Alaska disebabkan oleh tanah longsor yang awalnya dipicu oleh gempa bumi berskala 8,3 skala richter. Gelombang sangat tinggi, tetapi karena wilayah tersebut relatif terisolasi dan kondisi geologinya unik maka tsunami tidak menyebabkan banyak kerusakan. Tapi hanya menenggelamkan satu perahu dan membunuh dua orang pelaut.

22 Mei 1960, salah satu gempa besar yang tercatat manusia terjadi di Chile sebesar 8,6 skala richter, menciptakan tsunami yang menerjang pantai Chile dalam waktu kurang dari 15 menit. Gelombang setinggi 25 meter membunuh 1500 orang di Chile dan Hawaii.

27 Maret 1964, dikenal sebagai gempa bumi Good Friday Alaska, dengan kekuatan sekitar 8,4 skala richter menggulung dengan kecepatan 400 mil per jam tsunami di Valdez Inlet dengan ketinggian 67 meter, membunuh lebih dari 120 orang. Sepuluh orang yang menjadi korban di kota Crescent, di utara California, yang sempat menyaksikan gelombang setinggi 6,3 meter.

23 Agustus 1976, sebuah tsunami di barat daya Filipina membunuh 8 ribu korban gempa bumi.

17 Juli 1998, sebuah gempa berkekuatan 7,1 skala richter menyebabkan tsunami di Papua Nugini yang membunuh 2200 orang dengan sangat cepat.

26 Desember 2004, gempa kolosal dengan kekuatan 9,1 dan 9,3 skala richter mengguncang Indonesia dan membunuh 230 ribu jiwa, sebagian besar karena tsunami. Gempa tersebut dinamakan sebagai gempa Sumatera-Andaman dan tsunami yang terjadi kemudian dikenal sebagai tsunami lautan Hindia. Gelombang yang terjadi menimpa banyak belahan dunia lain, sejauh hingga Nova Scotia dan Peru.

source:http://www.sayakasihtahu.com
emoticon-Takut
jadi teringat sunami aceh







This Comment created By Mazena
© 2011 All Right Reserved
™

OWNER PROGRAM MAHIR 17 BAHASA INTERNASIONAL DALAM 1 MINGGU
10 Tsunami Terbesar dalam Sejarah 1 minutes ago via kaskus 10 Tsunami Terbesar dalam SejarahLike This Coment |10 Tsunami Terbesar dalam SejarahAdd Friend
wah seram juga kalo ampe tsunami aceh terulang emoticon-Takut
ane pikir yang di aceh aja tsunami yang parah
yang tinggal di pesisir pantai harus selalu waspada
ternyata paling gede itu tsunami aceh ya gan.? emoticon-Turut Berduka




Quote:

Quote:Original Posted By Diosaurus
ane pikir yang di aceh aja tsunami yang parah


sama gan

gw kira cuman di aceh aja tsunami terbesar sepanjang sejarah
emoticon-Takut semoga gak terjadi lg gan
ane dari Aceh gan, tepatnya banda aceh , ngeri banget suasana aceh waktu gempa & tsunami nya , jadi kota mati emoticon-Berduka (S)
semoga ga terjadi lagi gan...amin
waduhhh serem amat
emoticon-Takut
btw, skr srg terjadi tsunami di mana2. coba bayangkan, jika tsunami menimpa dirimu sendiri gmn?
dua di antaranya kena Indonesia semua gan emoticon-Turut Berduka
230 ribu jiwa yang tewas di aceh? emoticon-Matabelo
ihhh serem ya emoticon-Takut

mudah''an ga terjadi lg
Semoga kita tetap waspada ya gan, karena bencana itu bisa datang kapan saja
emoticon-Berduka (S)
Memilukan bgt emng gan emoticon-Turut Berduka emoticon-Traveller
ane yang ingetnya cuma tsunami di aceh gan
ngeri banget






10 Tsunami Terbesar dalam Sejarah
message originally posted by ohasanoe