alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011219367/persiapan-menghadapi-sensus-pajak-nasional-bagi-orang-pribadi
Persiapan Menghadapi Sensus Pajak Nasional bagi Orang Pribadi
Persiapan Menghadapi Sensus Pajak Nasional bagi Orang Pribadi



Sehubungan dengan program Sensus Pajak Nasional yang sedang gencar dilaksanakan, maka dengan ini kami ingin berbagi informasi mengenai persiapan dalam menghadapi Sensus Pajak untuk Orang Pribadi.



Petugas sensus pajak akan melakukan teknik wawancara (tetapi seringkali kita hanya diminta isi formulir dan akan diambil lagi dalam beberapa hari)sesuai dengan sejumlah data/pertanyaan yang telah tercantum dalam Formulir Isian Sensus (FIS). FIS yang akan digunakan untuk mengumpulkan data dari orang pribadi menggunakan formulir FIS-DJP.01 (terlampir)



Dokumen Yang Harus Dipersiapkan Dalam Menghadapi Sensus Pajak Bagi Orang Pribadi


1 KTP atau identitas lainnya seperti Paspor atau KITAS
2 Kartu NPWP
3 Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (apabila sudah PKP)
4 Kartu/Nomor Pelanggan PLN
5 SPT Tahunan PPh (hanya perlu mengingat tahun terakhir penyampaian SPT).
6 SPPT PBB
7 Nama dan identitas pemilik bangunan lokasi sensus, apabila status responden sebagai pihak yang menyewa bangunan tersebut
8 Data penghasilan kotor per bulan atas seluruh penghasilan yang diterima responden



Tips Menghadapi Sensus Pajak Nasional


1 Petugas sensus selalu dilengkapi dengan Surat Tugas yang diterbitkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak daerah setempat dan Surat Pemberitahuan Pelaksanaan SPN. Mintalah untuk diperlihatkan Surat Tugasnya.
2 Petugas sensus selalu mengenakan rompi dan topi yang bertuliskan sensus pajak nasional, tanda pengenal (name tag).
3 Dalam satu tim sensus pajak pasti ada orang dari Pegawai Negeri Sipil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan memiliki tanda pengenal dari DJP.
4 Apabila masih meragukan tim sensus yang datang, maka segera telepon ke Kantor Pelayanan Pajak daerah setempat atau ke Kring Pajak 500200.
5 Pertanyaan yang diajukan oleh petugas sensus hanya sebatas yang ada dalam Formulir Isian Sensus (FIS) dan tidak akan lebih dari itu.
6 Jangan sekali-kali memberikan fotokopi dokumen-dokumen yang diminta, karena petugas sensus hanya bertugas mewawancara dan mengumpulkan data dari hasil wawancara. Tidak ada data fisik yang harus dikumpulkan petugas sensus.
7 Hasil wawancara akan dituangkan dalam FIS, setelah selesai wawancara, responden diminta untuk menandatangani FIS. Sebelum menandatangani, telitilah kembali apakah isian dalam FIS telah sesuai dengan hasil wawancara.
8 Petugas sensus dibekali dengan stiker SPN, setelah sensus selesai, mereka akan menempelkan stiker ini sebagai tanda telah dilakukan sensus.





Sekian, terima kasih.

Dept Pajak

Persiapan Menghadapi Sensus Pajak Nasional bagi Orang Pribadi

nahhh selain pnya kewajiban membayar pajak. jgn lupa nihhh yang 1 ini.
untuk bekal hari akhir.. emoticon-Malu (S)

Keutamaan Sedekah


Ust Muhammad Arifin Ilham
Bersedekah dianjurkan dalam Islam. Bersedekah bukan hanya memiliki aspek ritual, tapi juga makna sosial yang sangat tinggi nilainya. Karena dengan sedekah, akan dapat menolong dan meringankan beban orang-orang yang hidup dalam kemiskinan dan kekurangan. Dengan sedekah, dapat menjalin ikatan kasih sayang antara orang kaya dengan yang miskin. Dengan sedekah, akan mengurangi kecemburuan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Banyak sekali ayat-ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentang perintah dan anjuran bersedekah. Di antaranya adalah firman Allah,
,,Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata, Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shaleh? '. " (Q.S. Al-Munafiqun (63): 10)
Dalam ayat lain Allah juga berfirman, "Kamu sekalian tidak akan memperoleh kebaikan (pahala), kecual menafkahkan (memberikan) apa yang kalian cintai" (Q. S. Ali Imran (3): 92)
Di antara rahasia dan keutamaan orang yang rajin bersedekah, yaitu sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis,

"Orang yang pemurah itu dekat dari Allah, dekat dari manusia, dekat dari surga dan jauh dari neraka. Adapun orang yang kikir, maka jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga dan dekat kepada neraka (siksaan Allah). " (H.R. Tirmidzi clan Baihaqi)

Karena dekat dengan Allah, maka orang yang rajin berinfak itu akan dicintai oleh Allah. Begitu juga, karena dia dekat dengan manusia dengan berbuat baik kepada mereka, maka dia akan dicintai sesama manusia.

Hikmah lain dari aktivitas bersedekah, yaitu dapat memadamkan murka Allah dan menolak kematian yang buruk (su'ul khatimah), sebagaimana yang diriwayatkan dalam sebuah hadis, "Sesungguhnya shadaqah itu dapat memadamkan murka Allah dan dapat menolak cara mati yang buruk. " (H.R. Tirmidzi, lbnu Hibban, lbnu 'Adi, clan Baihaqi)

Selain itu, shadakah merupakan amaliah yang tidak akan terputus pahalanya, walaupun orang yang melakukannya telah meninggal dunia. Secara zhahir, orang yang bersedekah mengeluarkan harta benda yang dimilikinya. Akan tetapi, percayalah, harta ¬benda tersebut akan kembali kepadanya, baik cepat maupun lambat dengan tambahan yang berlipat-lipat. Dengan demikian, orang yang bersedekah itu sebenarnya bukan rugi, tapi mendapat keuntungan yang besar.

“ Barangsiapa diberi Allah harta dan tidak menunaikan zakatnya kelak pada hari kiamat dia akan dibayang-bayangi dengan seekor ular bermata satu di tengah dan punya dua lidah yang melilitnya. Ular itu mencengkam kedua rahangnya seraya berkata, "Aku hartamu, aku pusaka simpananmu." Kemudian nabi s.a.w. membaca firman Allah surat Ali Imran ayat 180: "Dan janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka bahawa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi."
(Hadis Riwayat: Imam Bukhari)

semoga bermanfaat emoticon-Malu (S)
dan INGAT GANNN

Persiapan Menghadapi Sensus Pajak Nasional bagi Orang Pribadi
naiz info ganh emoticon-thumbsup
ane masih lama perpanjang KTP nya ..emoticon-Big Grin
nais thread emoticon-thumbsup:
baca dulu ya gan ...emoticon-Smilie
emoticon-linux2







Persiapan Menghadapi Sensus Pajak Nasional bagi Orang Pribadi
originally posted by greenscarletz.
this signature is used to protect the original post from being copied by illegal bot.

Quote:titip lapak ya gan
dan INGAT GANNN

Persiapan Menghadapi Sensus Pajak Nasional bagi Orang Pribadi



semoga bermanfaat emoticon-Malu (S)
PLEASE !! JANGAN SALAH SANGKA DULU
MASUK http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=11219102
Quote:Original Posted By Riosentosa
PLEASE !! JANGAN SALAH SANGKA DULU
MASUK http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=11219102


emoticon-Sundul Gan (S) semoga bermanfaat....
nice info gan
makasih gan emoticon-Big Grin Persiapan Menghadapi Sensus Pajak Nasional bagi Orang Pribadi
info keren nih gan, thanks yak emoticon-Angkat Beer
mari kita bayar pajak gan
wah ane kurang paham gan
orang taat bayar pajak tapi pajaknya di korupsi emoticon-Malu (S)