alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011158428/tentang-bengkulu-kota-pelajar
Tentang Bengkulu Kota Pelajar
Tentang Bengkulu Kota Pelajar

BENGKULU KOTA PELAJAR

Quote:adalah salah satu jargon walikota saat ini yang digunakan untuk menarik minat masyarakat dalam pemilu yang lalu...
sebuah program yang mulia, dengan tujuan menjadikan para calon penerus bangsa menjadi anggota masyarakat yang cerdas dan dapat mencerdaskan kehidupan bangsa.




Thread ini amb buek untuk memancing pendapat dan pandangan dari sanak2 semua mengenai pelaksanaan dari Program Bengkulu Kota Pelajar yang dicanangkan oleh pemerintah


RULES YANG BERLAKU
1. Silahkan posting segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan bengkulu kota pelajar
2. Silahkan melakukan evaluasi, pendapat dan pandangan sanak berkaitan dengan program ini
3. Silahkan berargumen dan saling berdialog secara sehat dan menjunjung tinggi asas persaudaraan emoticon-Angkat Beer


Quote:
Mari tunjukkan bahwa kita perduli dengan kondisi masyarakat sekitar, dan mari kita berikan bukti bahwa Kaskuser Regional Bengkulu bukanlah sekumpulan manusia tanpa ilmu yang hanya pandai bercuap tanpa makna emoticon-Big Grin
posting pertama dari amb dulu emoticon-Big Grin

Quote:
Radar Bengkulu, Minggu 23 Oktober 2011
Perwal No. 4 Tahun 2011 dan PP RI No.17 tahun 2010 menyatakan larangan bagi setiap sekolah untuk mengadakan kegiatan menjual buku pelajaran dan LKS, larangan memungut uang les dan menjual seragam sekolah.


pada kenyataannya, masih banyak sekolah yang menjual buku, menjual seragam sekolah (dengan motif yg lain dari sekolah lainnya emoticon-Nohope), memungut biaya les.
Alasan yang diberikan adalah adanya desakan dari orang tua siswa karena banyak ortu siswa yang tidak sanggup apabila membeli sendiri, dan memilih untuk membeli secara mencicil dari pihak sekolah.

yang ingin amb review adalah beberapa hal berikut :
1. Bantuan dana dari pemerintah terkait program bengkulu kota pelajar itu apa aja?
2. Mengapa masih diperbolehkan adanya motif seragam yang berbeda dari tiap sekolah padahal seperti kita ketahui, bisa saja ini merupakan motif untuk mendapatkan untung dari tiap2 sekolah karena tidak boleh menjual seragam (merah-putih) ?

silahkan bila ada yang mau komen, terutama yang orang tua ataupun sanaknya berkecimpung di bidang pendidikan...karena amb cukup risau kalau melihat kecenderungan pendidikan dijadikan sebagai lahan bisnis emoticon-Angkat Beer
awalnya sich gratis apalagi waktu baru mau nyalon dan msh menjabat walikota lama kelamaan adik ane bayar jga sekolahnya emoticon-Hammer (S)

manis mulutnya pait ngejalaninnya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Dan.dh1enz
awalnya sich gratis apalagi waktu baru mau nyalon dan msh menjabat walikota lama kelamaan adik ane bayar jga sekolahnya emoticon-Hammer (S)

manis mulutnya pait ngejalaninnya emoticon-Big Grin


sungguh T.E.R.L.A.L.U emoticon-Nohope
keep posting gan : beer:
Kita menantikan janji dari pak kanedi,tapi bagaimana dengan berita yang di muat republika.co.id ini...
Quote:Siswa di Bengkulu Kebingungan, Harus Bayar Rp 3 Juta Untuk Masuk Sekolah
Minggu, 17 Juli 2011 17:11 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU-- Zikaputra (20) salah seorang mahasiswa perguruan tinggi swasta di Kota Bengkulu, kesal luar biasa. Bagaimana tidak, hanya karena Kartu Keluarga (KK) sang adik bukan dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Bengkulu, ia terpaksa harus membayar biaya masuk siswa luar kota sebesar Rp3 juta bagi siswa SMU.

Merasa jengkel dengan peraturan walikota (Perwal) yang mengamanatkan siswa luar kota harus membayar, dan tidak memiliki uang sebesar itu, maka sang adik batal sekolah di salah satu SMU negeri di Kota Bengkulu.

Hingga saat ini Zikputra tidak tahu akan menyekolahkan adiknya kemana karena penerimaan siswa baru (PSB) untuk sekolah negeri di Kota Bengkul telah ditutup. Ia kecewa dengan Perwal yang dia anggap telah menipu masyarakat, pada judul Perwal menyatakan pendidikan gratis tapi pelaksanaannya dipungut bayaran bagi siswa luar kota.

Menjelang ajaran tahun 2011 wali Kota Bengkulu, Ahmad Kanedi mengeluarkan peraturan wali kota, Perwal nomor 4 tahun 2011 yang berjudul pendidikan gratis. Ada dua hal yang menjadi sorotan publik terhadap perwal ini, pertama bagi siswa yang berdomisili di luar Kota Bengkulu dan tidak memiliki (KK) setempat, wajib membayar uang pindah dengan besaran untuk SD Rp1 juta, SMP Rp2 juta, dan SMU Rp3 juta.

Sorotan kedua, perwal mengamanatkan juga bagi siswa luar kota bila hendak bersekolah di Kota Bengkulu maka, nilainya harus dikurangi 2,5.

Guru Besar Universitas Bengkulu, bidang pendidikan, Prof. Sudarwan Danim, mengkritik sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB) Kota Bengkulu yang diskriminatif. Ada dua hal yang menurut saya diskriminatif dalam PSB Kota Bengkulu, dan ini seharusnya tidak terjadi di tengah dunia pendidikan, yang fokus pembangunannya Bengkulu Kota Pelajar," ungkap Sudarwan Danim.

Kedua hal tersebut pertama, adanya pungutan bagi siswa baru SD sebesar Rp1 juta, SMP Rp2 juta, dan SMA Rp3 Juta. Sejumlah ketentuan yang mengatur bolehnya pungutan seperti terlihat pada Bab II Biaya Pendidikan di Sekolah pasal 2 bagian pertama biaya investasi.

Menurut Sudarwan di Indonesia tidak berlaku pajak pendidikan, berbeda dengan beberapa negara lain yang menentukan pajak pendidikan. "Perwal pendidikan gratis tetapi melegalkan pungutan, kan aneh," tambah pengajar Fakultas Keguruan di Universitas Bengkulu ini.

Hal kedua yang ia kritik mengenai adanya pemotongan nilai sebesar 2,5 bagi siswa luar Kota Bengkulu. "Pemotongan 2,5 nilai itu tidak jelas dasar hukumnya, dan tindakan itu tidak benar, pertimbangan akademiknya apa?" tambahnya.

Sementara itu pakar Hukum Universitas Bengkulu Prof. Juanda dengan tegas menyebutkan Perwal No 4 tahun 2011 tentang Pendidikan Gratis jelas telah melanggar Undang-Undang Republik Indonesi (UU RI) tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang tentang Pajak dan Retribusi.

Menurut Juanda, langkah yang dilakukan wali kota terkait pungutan itu, seharusnya berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) bukan dengan dasar Perwal.

"Dibenarkan menggunakan Perwal, jika Perwal itu merupakan perpanjangan dari Perda. Kalau tidak, jelas melanggar Undang-Undang," tegas Juanda.

Penolakan dari beragam pihak semakin banyak saja bermunculan Anggota Komisi III DPRD Kota Nuharman menuturkan, pendidikan gratis adalah pendidikan yang bebas pungutan.

"Kalau masih ada pungutan, bukan gratis namanya, konsep yang diusung Pemda Kota saat ini bukan lagi pendidikan gratis. Karena tidak ada sekolah yang benar-benar gratis. Kalau yang disubsidi hanya siswa miskin, itu namanya pendidikan bersubsidi," ungkapnya.

Sementara untuk pendidikan dasar, lanjutnya, merupakan program nasional, wajib belajar 9 tahun. Anggarannya sudah dialokasikan oleh pemerintah pusat melalui APBN dalam bentuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Artinya selama ini tidak ada yang digratiskan oleh Pemda Kota, kecuali subsidi pendidikan bagi siswa tidak mampu di jenjang pendidikan menengah. Itu pun hingga saat ini belum kunjung dicairkan dananya.

Sekretaris PGRI Kota Bengkulu, Yunan Danim menilai, kebijakan walikota dalam Perwal No 04 Tahun 2011 banyak yang tak berpihak pada guru."Di Perwal baru juga isinya sangat tidak berpihak pada guru. Insentif mengajar dan transport, honor guru piket, wali kelas, pembina OSIS dan lain-lain dilarang. Walaupun itu dari dana komite," bebernya.

Selain itu beberapa pasal juga dinilai rancu. Seperti pada pasal 13 ayat 1, disebutkan LKS (Lembar Kegiatan Siswa) wajib dibuat guru.

Menurut Yunan, hal ini bertentangan dengan ayat 2 yang menyebutkan pendidik dan tenaga kependidikan dilarang menjual LKS. "Tidak mungkin guru membuat LKS untuk diberikan secara gratis. Dari mana uangnya," katanya


SUMBERNYA GAN
ambo sering jgo ngbrol kek anak22 tukang22 semir sepatu, mmg banyak yg putus sekolah krn mmg idak ado duit untuk neruskannyo... mmg la mahal nian nak sekolah kini ko... mano nih janji22 kampanye ko, banyk yg ngomong22 gratis tapi idak sesuai dengan janji... tapi nyatanya masih banyak yg putus sekolah,

samo cerito kawan ko jgo yg kul di ******* nak praktek lapanganyo keluar negri malingsh** sno... biaya ampe 6jeti, kawan jo banyak yg ngeluh kemano kami nak cari duit segitu, ikut apo idak ikut bayar jg...

dari 2 kisah ko menurut ambo sangat belum cocok jadi kota pelajar, jika belum dibenahi & menyesuaikan dengan kondisi masyarakat kito ni
jujur ajo yo gan
Bengkulu belum siap untuk menjadi kota pelajar
karena apo

asumsi dari apid :

dari segi guru masih kurang dalam pengajaran
dari segi murid mereka juga sebenarnya belum siap untuk menjadi "real student" terbukti dengan banyaknya murid yang masih suka mangkir dari sekolah
dari segi fasilitas juga belum memenuhi syarat

itu baru beberapa
ntr pas aku pulang dari kampus tak tambahin

intinya dari pada pemerintah terlalu memaksakan kehendak lebih baik BERTANYA kepada sekolah2 apa saja sarana dan prasarana yang dibutuhkan!!gak usahlah sekolah digratisin cukup berikan saja beasiswa kepada anak2 berprestasi yang gak mampu untuk sekolah


sebenarnya ambo nak usul ke abang2 sekalian supaya kita juga memberikan perhatian dalam bidang pendidikan.tapi mungkin nanti aja gan karena kita juga belum peresmian offlinenya
usahakan peresmiannya dilaksanakan pertengahan - akhir januari karena anak kuliah libur galo
emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By lumudzz
jujur ajo yo gan
Bengkulu belum siap untuk menjadi kota pelajar
karena apo

asumsi dari apid :

dari segi guru masih kurang dalam pengajaran
dari segi murid mereka juga sebenarnya belum siap untuk menjadi "real student" terbukti dengan banyaknya murid yang masih suka mangkir dari sekolah
dari segi fasilitas juga belum memenuhi syarat

itu baru beberapa
ntr pas aku pulang dari kampus tak tambahin

intinya dari pada pemerintah terlalu memaksakan kehendak lebih baik BERTANYA kepada sekolah2 apa saja sarana dan prasarana yang dibutuhkan!!gak usahlah sekolah digratisin cukup berikan saja beasiswa kepada anak2 berprestasi yang gak mampu untuk sekolah


sebenarnya ambo nak usul ke abang2 sekalian supaya kita juga memberikan perhatian dalam bidang pendidikan.tapi mungkin nanti aja gan karena kita juga belum peresmian offlinenya
usahakan peresmiannya dilaksanakan pertengahan - akhir januari karena anak kuliah libur galo
emoticon-Angkat Beer


jadi ingek masa smp dulu
bengkulu kota pelajar diangcang2 pas amb smp kelas 2

tobo ko ngenyik dengan ngomong : Benhkulu Kota Pelacur
emang sih beralasa. tengok ajo tambah banyak lonte di pantai panjang tuh. aponyo emoticon-Nohope
dari postingan diatas, nampaknyo sangat banyak bolong2 di program kebijakan yang sebenarnya mulia ini..

dari posting berita dang iswen, dapat diambik beberapa poin kesemrawutan antara lain :
1. Perwal menyatakan pendidikan gratis tapi pelaksanaannya dipungut bayaran bagi siswa luar kota emoticon-Nohope
2. pemotongan nilai sebesar 2,5 bagi siswa luar Kota Bengkulu <<< maksudnya apaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa emoticon-Bingung (S)
3. Insentif mengajar dan transport, honor guru piket, wali kelas, pembina OSIS dan lain-lain dilarang. Walaupun itu dari dana komite << ketidakberpihakan kepada kesejahteraan tenaga pengajar emoticon-Hammer (S)
4. pasal 13 ayat 1, disebutkan LKS (Lembar Kegiatan Siswa) wajib dibuat guru << guru bikin LKS, trus dijual LKS itu ke siswa, artinya sekolah menjual belikan LKS emoticon-Hammer (S)

dari giegie nampak banyak terjadi siswa putus sekolah karena ketiadaan biaya, entah pemerintahnya yg dak tahu ato pura2 dak tahu emoticon-Frown

dari apid, well....itu baru pandangan apid, tapi bisa dibenarkan juga karena kondisinya di lapangan emang kaya gitu

dari epin....wedew...dari kelas 2 SMP sampe ente kuliah smt 5...berapa taun tu???
Quote:Original Posted By mcdoel
dari postingan diatas, nampaknyo sangat banyak bolong2 di program kebijakan yang sebenarnya mulia ini..

dari posting berita dang iswen, dapat diambik beberapa poin kesemrawutan antara lain :
1. Perwal menyatakan pendidikan gratis tapi pelaksanaannya dipungut bayaran bagi siswa luar kota emoticon-Nohope
2. pemotongan nilai sebesar 2,5 bagi siswa luar Kota Bengkulu <<< maksudnya apaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa emoticon-Bingung (S)
3. Insentif mengajar dan transport, honor guru piket, wali kelas, pembina OSIS dan lain-lain dilarang. Walaupun itu dari dana komite << ketidakberpihakan kepada kesejahteraan tenaga pengajar emoticon-Hammer (S)
4. pasal 13 ayat 1, disebutkan LKS (Lembar Kegiatan Siswa) wajib dibuat guru << guru bikin LKS, trus dijual LKS itu ke siswa, artinya sekolah menjual belikan LKS emoticon-Hammer (S)

dari giegie nampak banyak terjadi siswa putus sekolah karena ketiadaan biaya, entah pemerintahnya yg dak tahu ato pura2 dak tahu emoticon-Frown

dari apid, well....itu baru pandangan apid, tapi bisa dibenarkan juga karena kondisinya di lapangan emang kaya gitu

dari epin....wedew...dari kelas 2 SMP sampe ente kuliah smt 5...berapa taun tu???


itung aja ndiri emoticon-Stick Out Tongue
bener gan kalu masih ada pungutan bukan gratis namanya tu emoticon-Cape d...
"Bengkulu Kota Pelajar" adalah Salah satu Program andalan pemerintah untuk "Pandir" kepada rakyatnya emoticon-Malu
Quote:Original Posted By ambo
"Bengkulu Kota Pelajar" adalah Salah satu Program andalan pemerintah untuk "Pandir" kepada rakyatnya emoticon-Malu


samolah cak ente emoticon-Stick Out Tongue
hanya sebatas jargon untuk menarik hati rakyat emoticon-Big Grin
1 hal yang ambo ingek nian
ambo dulu punyo kawan satu SD di SDN 3 kampung Bali, sekelas
namonyo Amanah Rahmadiah (silahkan googling klo mau tau banyak tentang dio), dio pernah menangin emas buat robot pendeteksi bom di rumania, pertandingan internasional. kakaknyo kuliah di UI kalo idak salah di jurusan matematika ato apo ambo jugo lupo, waktu SD kakaknyo jugo di SD 3 Kampung Bali
yang buek ambo miris. setelah SD dio pindah keluar, dan SMA nyo di kharisma bangsa pada saat dio menangin kejuaraan itu. cubo Bengkulu punya fasilitas yang sangat baik untuk memfasilitasi siswa-siswa seperti Amanah Rahamdia (kami biasanya memanggilnya Ami), ambo yakin dio jugo dak kan keluar untuk bisa sejauh itu..intinya ambo raso masih banyak siswa-siswa lain yang berprestasi yang memilih keluar Bengkulu untuk meraih cita-citanya, karena merasa di pendidikan di Bengkulu dirasakan kurang
yang cak-cak itu kan sebenarnyo aset Bengkulu, harusnya bengkulu jugo pacak ngejaga aset siswa-siswa berprestasi seperti itu
semunya hanya terealisasi di spanduk baliho ajo tapi implementasinya NOL BESAR
kalah besar NOL anak TK samo NOL pemerintah
Quote:Original Posted By lumudzz
semunya hanya terealisasi di spanduk baliho ajo tapi implementasinya NOL BESAR
kalah besar NOL anak TK samo NOL pemerintah



potong generasi,kudeta pemerintah...dari rakyat untuk rakyat oleh rakyat... emoticon-Ngacir
bismillah..

nubi ingin berbicara emoticon-Malu

ambo sebagai pelajar yg masih aktif meraso agak kurang srek kek program

walikota yg satu ko. terbukti di beberapa sekolah masih ad pungutan bebas,

seperti pungutan belajar tambahan, pungutan buku dan lain-lain. padahal

pendidikan adalah program utama kota bengkulu saat ini. tapi masih ad hal2

semacam itu. cubo pikir, program utama kok dk ditangani serius, malah

terkesan main2, berapo dana yg dikucurkan pemerintah untuk pendidikan yg

langsung terasa sampai kek siswa??



itu cumo pandangan nubi emoticon-Malu. silahkan koreksi para sepuh. mohon pencerahan..
Quote:Original Posted By yupza
bismillah..

nubi ingin berbicara emoticon-Malu

ambo sebagai pelajar yg masih aktif meraso agak kurang srek kek program

walikota yg satu ko. terbukti di beberapa sekolah masih ad pungutan bebas,

seperti pungutan belajar tambahan, pungutan buku dan lain-lain. padahal

pendidikan adalah program utama kota bengkulu saat ini. tapi masih ad hal2

semacam itu. cubo pikir, program utama kok dk ditangani serius, malah

terkesan main2, berapo dana yg dikucurkan pemerintah untuk pendidikan yg

langsung terasa sampai kek siswa??



itu cumo pandangan nubi emoticon-Malu. silahkan koreksi para sepuh. mohon pencerahan..


eits, koreksi dikit. bengkulu kota pelajar itu program GUBERNUR (yang dipenjara) dari jaman lonte masih 50k