alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010934339/tips-wisata-murah-ke-yogyakarta
Thumbs up 
Tips Wisata Murah ke Yogyakarta
Tips Wisata Murah ke Yogyakarta

Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu. Penggalan lirik lagu ini mungkin bagi sebagaian orang sudah tidak asing lagi. Betul, judulnya Malioboro, lagu yang dibawakan Kla Project. Malioboro merupakan salah satu tempat favorit ditengah kota Yogyakarta yang selalu dipenuhi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu tempat tujuan wisata yang populer di Indonesia. Semakin populernya kota ini sebagai tujuan wisata, membuat harga barang serta fasilitas wisata juga melambung. Padahal dulu Yogyakarta dikenal sebagai tempat wisata murah.

Tapi tenang saja, dibawah ini ada beberapa tips agar agan bisa tetap menikmati kekhasan Yogyakarta, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Quote:1. Gunakan kereta api

Jika berangkat dari Jakarta ada beberapa pilihan kereta ekonomi menuju Yogyakarta dengan harga murah. Misalkan dengan menggunakan kereta ekonomi Progo dengan harga tiket Rp 35.000, Anda sudah bisa sampai stasiun Yogyakarta dengan selamat.

Jika berangkat dari Bandung bisa menggunakan kereta Kahuripan seharga Rp 24.000. Mengapa kereta ekonomi? Selain murah, jika berangkat dari arah Jakarta-Bandung perjalanan menggunakan kereta ekonomi juga cukup menghemat waktu karena akan terhindar dari macet.


Quote:2. Berkeliling dengan Transjogja

Selama berwisata di Yogyakarta, banyak pilihan alternatif untuk mengelilingi dan berkunjung ke tempat-tempat wisata. Salah satunya dengan angkutan umum, di Yogyakarta masih banyak bus dalam kota dengan harga terjangkau. Ada juga naik bus transJogja dengan harga tiket Rp 3.000 untuk single trip. Rute bus ini pun melewati beberapa tempat strategis di Yogyakarta.


Quote:3. Penginapan Murah

Di Yogyakarta masih banyak penginapan yang murah, salah satunya di Sosrowijayan. Tempat ini merupakan surganya para backpacker. Lokasi Sosrowijayan merupakan sebuah jalan kecil di daerah Malioboro atau sekitar 200 meter dari Stasiun Tugu. Selain tempatnya strategis, banyak pilihan berbagai hotel dengan tarif murah, mulai dari Rp 50.000/orang/malam.


Quote:4. Memilih makanan

Urusan perut jangan sampai terlewatkan. Dengan uang seratus ribu saja, Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner murah untuk beberapa hari di Yogyakarta. Anda bisa menikmati gudeg basah, sajian kuliner khas kota ini, untuk sarapan seharga Rp 7.000 per porsi lengkap dengan ayam suwir. Anda bisa menemukan penjual gudeg basah, pecel sayur, bubur ayam, soto dan lain sebagainya saat pagi hari di pinggiran Jalan Malioboro.

Untuk makan siang, masih banyak rumah makan di Yogyakarta yang menjual nasi sayur lengkap dengan lauk-pauk dan minuman seharga Rp 7.000 hingga Rp 10.000 per porsi. Nah, pilihan makanan murah akan lebih banyak tersedia saat malam hari.

Siapa yang tak kenal dengan ankringan, sebutan untuk warung tenda khas Yogyakarta. Angkringan menjadi pilihan khas tersendiri untuk wisatawan menghabiskan malam di kota ini. Di angkringan, ada berbagai pilihan minuman untuk menghangatkan badan.


Quote:5. Berbelanja

Untuk berbelanja, Anda tidak usah khawatir kalau kantong Anda tidak kuat. Anda bisa berbelanja di Pasar Beringharjo, surganya belanja khas Yogyakarta. Tetapi Anda harus rela menyelip ke bagian dalam pasar untuk mendapatkan harga miring, mulai dari baju batik, tas, hingga kain-kain motif batik. Kalau ingin membeli aksesoris seperti gelang, pernak-pernik, maupun sandal khas Yogyakarta coba beli di toko grosir, harganya akan lebih murah meskipun Anda membeli eceran.

Quote:6. Hati-hati naik becak di Malioboro

Banyak penarik becak yang menjadi agen dari toko jajanan khas Yogyakarta. Mereka mendapatkan komisi jika penumpangnya berbelanja disana. Bukannya diantar langsung ke tempat tujuan, Anda justru dipaksa mampir ke toko tersebut. Karena itu perjelaslah tujuan Anda kepada sang penarik becak.

Quote:7. Berbagai objek wisata

Banyak objek wisata di Yogyakarta yang bisa dinikmati dengan biaya murah. Sebagian besar objek wisata menawarkan biaya masih kurang dari Rp 5.000, misalnya saja Benteng Vredeburg, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, dan lain-lain.

Quote:Sekedar saran, saat liburan coba cari waktu yang pas dengan diadakannya event budaya di Yogyakarta. Misalnya saat Festival Kesenian Yogyakarta berlangsung, dijamin liburan agan mengesankan. Quote:Ternyata Agan masih tetap bisa berwisata ke Yogyakarta dengan kantung pas-pasan.
emoticon-Traveller Mari berperpetualang ke jogjaemoticon-Traveller
Rute Jalur Trans Jogja

Spoiler for BWK:

Quote:emoticon-Cendol (S)Info Lebih Lanjutemoticon-Cendol (S)
۩ ۩ Backpacker community regional yogyakarta ۩ ۩

emoticon-Kaskus Lovers emoticon-I Love Indonesia emoticon-Kaskus Lovers
emoticon-ToastSemoga Bermanfaatemoticon-Toast
Ayooo ganemoticon-Traveller ke jogja yang istimewa
Quote:Original Posted By SyuKroN
jangan lupa kalo maen kejogja emoticon-Traveller
ikut guyub bersama temen-temen kaskuser jogja di Angkringan Regional Yogyakarta

Quote:Original Posted By qcx
mending di taruh didepan gan, keterangan soal tukang palak makanan ini .
1. hati2 klo makan di malioboro, tanya harga dulu, makanan dan minumannya. memang tidak semua penjual tukang palak, tp untuk amannya aja.

2.oya dibakpia 75 (jl. ks tubun) juga banyak preman nawarin bakpia. klo mo beli langsung ke tokonya ngomong karyawan didalam, jgn mau ditawarin orang diluar.( klo orang jkt biasanya udah tahu orang2 yg jualan model yg kayak gini). itu duatahun yl sih, gatau klo skrg.
3. nambahin tukang becak: ati2 juga ma tukang becak yg nawarin sambil ngejar2(ngikutin) nawarin keliling jogja dgn harga murah, ini yg biasanya si tukang becak lalu mondar mandirin ke tempat2 yg dia dpt duit dr toko. itupun ane ga jelas, apakah nanti klo dia ga dpt duit ntar malah minta tambah. Mau agak aman, klo mau naik becak, tanya ke orang lain dulu, kira2 naik becak habis berapa klo mo ke tujuan tertentu, trus cr becak yg lagi jalan.

ane pernah nonton trans tv, krunya sbg pembawa acara, ke jogja naik K.A, turun di stasiun tugu, sambil bla2-bla2 ke pemirsa, dia lalu mendekati becak yg lg nongkrong di stasiun, tanya klo mo ke malioboro berapa. klo ga salah inget, bapaknya bilang 20rb (pokoknya gw ketawa miris aja, ini tkg becak lagi disyuting malah mahalin), trus naiklah di kru ini, br sbntr krunya tanya, lho ini dah malioboro pak ? dijawab: iya, ama si bapak dijalanin terus ( ga inget ane mpe mana,kayanya mpe gedung agung) (untuk info: stasiun tugu lokasinya boleh dibilang di pangkal jl. malioboro)
selalu ada rindu untuk kembali kesana
yogyakarta
Ane waktu itu Pernah Ke jogja emoticon-Smilie
disana emang enak Tmptnya
Apalagi di malioboro emoticon-Big Grin

Tips ini ane Pergunakan Jika ane Pergi lagi ke Jogja deh emoticon-Big Grin
kalo gg Ke kota" laen emoticon-Big Grin

emoticon-Rate 5 Star
siap dab emoticon-Big Grin wah skr bikin lokal nih saingannya om basir emoticon-Ngacir nanti deh akhir tahun gw coba tipsnya
siap2 jogja jadi hot trit kesekian kalinya \emoticon-Big Grin/
kalo ke yogya gak bakal cukup waktu sehari..
Soalnya tempat wisata nya banyak gan
emoticon-Rate 5 Star
wah boleh juga neh di coba emoticon-Big Grin

gapapa deh ngeteng, yang penting nyampe dan pulang dengan selamat emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By JasaSpredCendoL
siap dab emoticon-Big Grin wah skr bikin lokal nih saingannya om basir emoticon-Ngacir nanti deh akhir tahun gw coba tipsnya

iya ditunggu dijogja ganemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By -=delicious=-
siap2 jogja jadi hot trit kesekian kalinya \emoticon-Big Grin/

ah si agan bs ajaemoticon-Big Grin
trit ini bermanfaat ja ane udh senang kok apa lagi Hot threademoticon-Hammer
jogja emg istimewa ganemoticon-Big Grin
emang mantep lah jogja
apalagi sekarang keknya tambah maju kotanya
jadi kepengen balik lagi ke yogya dah emoticon-2 Jempol
tanggal 28 ini mungkin ane bakal ke jogja Gan....
mengenang awal-awal backpacking, hammer... emoticon-Hammer

di kotanya mungkin cuma sehari, habis itu ane langsung mau ke pantai-pantainya.... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Sosoz
emang mantep lah jogja
apalagi sekarang keknya tambah maju kotanya


tambah maju ke arah mana gan jogjanya?hahahaemoticon-Blue Guy Peace
Pakai kereta emang agak murah kayaknya gan.
Di Jogja pun tarif disana pun gak semahal di kota yang lain.

emoticon-Rate 5 Star











3069626
saya belom pernah ke jogja
jadi pengen emoticon-Frown
Quote:Original Posted By Silence Yue
tanggal 28 ini mungkin ane bakal ke jogja Gan....
mengenang awal-awal backpacking, hammer... emoticon-Hammer

di kotanya mungkin cuma sehari, habis itu ane langsung mau ke pantai-pantainya.... emoticon-Big Grin

wah mantap tuhemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By sempu
saya belom pernah ke jogja
jadi pengen emoticon-Frown

mari gan kejogjaemoticon-Smilie
wah , ane belon pernah ke jogja gan emoticon-Frown

emoticon-Rate 5 Star
Waaaaaw, minggu dpan dah gua brgkat....!!!! Gk pake nunggu Lama' Tips Wisata Murah ke Yogyakarta