alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Domestik /
[FR+PICT] Menjelajah Keindahan Sumatera Utara, Bandung, Dan Lampung
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010928936/frpict-menjelajah-keindahan-sumatera-utara-bandung-dan-lampung

[FR+PICT] Menjelajah Keindahan Sumatera Utara, Bandung, Dan Lampung

Hallo agan dan sista, saya kali ini mau share pengalaman solo backpacking saya ke Sumatera Utara dan Bandung beberapa waktu yang lalu. Perjalanan ini dilakukan saat bulan puasa tepatnya tanggal 6 Agustus 2011.

Rute perjalanan kira-kira seperti ini: Surabaya-Medan-Bandung-Jakarta-Lampung-Jakarta-Surabaya

Dari Surabaya ke Medan tentu dong saya menggunakan jasa maskapai kesayangan para backpacker, apalagi kalau bukan AirAsia. Tiket Surabaya-Medan sekali jalan cuma 250.000 yang saya beli dua bulan sebelum keberangkatan.

Oh ya gan, biar nggak bandwidth killer nanti nggak semua foto saya tampilkan disini. yang saya tampilkan hanya beberapa saja, banyak banget soalnya.. emoticon-Big Grin

6 Agustus 2011

Pagi-pagi setelah sahur mata udah nggak bisa tidur lagi.. Sekitar jam setengah 7 saya udah berangkat ke Bandara Juanda dengan mata yang masih sepet karena ngantuk. Penerbangan saya dijadwalkan pada pukul 08.40. Sampai di bandara langsung print boarding pass karena udah check in online dan kemudian ke ruang tunggu buat tidur.. Nggak lama kemudian udah ada panggilan boarding.. emoticon-Big Grin

Spoiler for Pesawat AirAsia:


Perjalanan Surabaya-Medan ini ditempuh kurang lebih dalam waktu 3 jam gan. Lumayan lama untuk penerbangan domestik. Di pesawat cuma tidur doang, masih ngantuk abiiss.. emoticon-Big Grin

Sekitar jam 11.30 pesawat udah landing di Bandara Polonia yang seperti bandara tradisional tapi berlabel internasional.emoticon-Shutup (S)

Dari bandara ane naik ojek gan ke Simpang Pos sebuah tempat dimana mobil-mobil angkutan ke Brastagi ngetem. Memang ada sih angkot, cuma ditawarin naik ojek murah cuma 10.000 dan pastinya lebih cepat jadi ya saya ambil tawarannya. Dari Simpang Pos ini saya naik angkutan Sumatera Transport yang berbentuk sejenis elf gitu menuju Kabanjahe ibukota kabupaten Tanah Karo. Kalau agan mau ngetes nyali ya sebaiknya cobain angkutan disini gan.. Nyopirnya gilaaaa... Ugal-ugalan gan.. emoticon-Cape d... (S)
Untuk perjalanan selama 2 jam ongkosnya murah, cuma 10.000 saya sudah sampai di Terminal Kabanjahe.

Dari Terminal Kabanjahe saya masih lanjut naik angkutan lagi, nama angkutannya Sinar Sepadan berupa elf seperti angkutan yang sebelumnya saya naiki. Kali ini tujuan saya adalah ke Merek Situnggaling. Turun di Merek bayar ongkos 6.000 untuk jarak yang nggak terlalu jauh.. Mahalll.. Nah sebenernya saya mau kemana tho? Rahasia dong gan.. Eh nggak ding.. Saya mau ke Air Terjun Sipiso-Piso gan.. Dari Merek masih harus naik becak motor sampai di lokasi air terjun. Kalau agan mau jalan kaki ya nggak apa-apa sih, jaraknya dari pinggir jalan raya cuma 3 km doang gan.. emoticon-Big Grin
Tiket masuk Air Terjun Sipiso-Piso murah gan, cuma 2.500 dan saya sudah bisa menikmati keindahan air terjun tertinggi di Indonesia ini..

Spoiler for Air Terjun Sipiso-Piso:


Kalau udah sampai Sipiso-Piso rugi gan kalau nggak turun ke dasar air terjun. Cuma untuk turun dan naik diperlukan usaha dan tenaga yang cukup gan. Gilaa jauh banget turunnya.. Jalannya juga turun tajem banget.. Kalau turunnya sih gampang-gampang aja gan, cuma pas naiknya bikin pingsan.. emoticon-Big Grin

Selain Air Terjun Sipiso-Piso, dari sini kita juga bisa menikmat indahnya Danau Toba gan. Dalam satu tempat, dua objek sekaligus didapat. Bener-bener top dahh.. emoticon-Big Grin

Spoiler for Danau Toba:


Puas keliling dan melihat indahnya Air Terjun Sipiso-Piso dan Danau Toba saya harus cari penginapan gan karena hari sudah mulai sore. Penginapan terdekat dengan air terjun adalah di Desa Tongging gan yang terletak tepat di tepi Danau Toba. Untuk kesana ada angkot gan, cuma jarang banget. Ane nunggu udah sejam tapi nggak ada juga yang lewat, mungkin karena udah sore juga kali yah.. Mau naik becak motor tapi mahal gan 30.000. Eh kemudian ada truk lewat gan, ya udah saya nebeng truk sampai di Desa Tongging. Sopir dan kernetnya baik banget gan, saya diantar sampai di depan penginapan.

Malam itu saya menginap di Wisma Sibayak-Desa Tongging gan. Harganya murah, cuma 50.000 per malem. Tempatnya lumayan bagus dan enak gan. Mirip sebuah resort yang kecil gitu. Tempatnya asri banget, bahkan di tengah halaman ada sungainya. Dari halaman kita bisa langsung liat ke arah Danau Toba gan. Penginapan ini saya rekomendasikan kalau agan bermalam di Desa Tongging..

Spoiler for Wisma Sibayak:



Lanjut lagi ya gan..


7 Agustus 2011

Pagi-pagi saya hanya keliling-keliling saja di sekitar penginapan Wisma Sibayak yang ada di Desa Tongging tempat dimana saya menginap. Disini bener-bener di desa banget gan, jauh dari mana-mana. Harga makanan juga lumayan mahal, di atas 25.000 per porsi. Yah mungkin karena aksesnya yang sulit dan juga yang kesini kebanyakan malah bule gan..

Setelah agak siang saya check out meninggalkan Wisma Sibayak. Saya kemudian naik angkot L300 reot yang akan membawa saya ke Merek. Cuma bayar 5.000 aja sampai Merek dengan jarak kurang lebih 6 km.. Dari Merek saya menunggu angkutan ke arah Sidikalang yang berada di Kabupaten Diari. Tujuan saya sih sebenarnya ke Pulau Samosir gan, tapi lewat Pangururan. Bukan lewat Parapat seperti halnya orang-orang pada umumnya.. Sebelumnya nanti mampir dulu ke Taman Wisata Iman di Kabupaten Dairi. Menunggu agak lama akhirnya saya dapet juga angkutan elf ke Sidikalang. Jalan dari Merek ke Sidikalang lumayan bagus, kecil tapi mulus.. Tapi ada jembatan rusak yang bikin macet.. Seperti biasa lah sopir angkutannya ugal-ugalan. Bikin eneg perut yang lagi puasa ini. Oh ya kalau agan punya cukup duit, di perjalanan antara Merek dan Sidikalang ini agan akan melewati Resort Taman Simalem gan. Harga tiketnya bikin merinding, 200.000 per orang. emoticon-Big Grin

Spoiler for Jalan ke Sidikalang:


Mendekati Sidikalang jalannya malah tambah jelek dan berdebu gan. Nggak lama kemudian saya udah sampai di gerbang Taman Wisata Iman. Saya berhenti di pinggir jalan karena angkutan nggak masuk ke lokasi Taman Wisata Iman. Bayar 20.000 untuk perjalanan 2 jam ini tadi dari Merek.

Dari pinggir jalan ke lokasi Taman Wisata Iman masih jauh gan, kurang lebih 1 km dan kita harus jalan kaki karena nggak ada angkutan umum yang masuk. Tiket masuk Taman Wisata Iman sendiri cuma 5.000.

Spoiler for Taman Wisata Iman:


Puas jalan-jalan mengelilingi Taman Wisata Iman saya harus segera keluar lagi ke jala raya gan biar nggak kesorean. Kalau udah sore nggak ada angkutan lagi ke Pangururan (Pulau Samosir) soalnya.. Ternyata oh ternyata, walaupun masih jam 2 siang aja udah nggak ada angkutan dari tepi jalan raya tadi ke Pangururan. Saya harus jalan ke Simpang Tiga kurang lebih 1 km gan. Di Simpang Tiga ini banyak angkutan yang lewat ke beberapa kabupaten di Sumatera Utara. Lagi-lagi saya harus nunggu angkutan selama satu jam gan. Susah banget nyari angkutan disini. Angkutannya berupa mobil L300 reot. Isinya cuma 3 penumpang termasuk saya. Ke Pangururan ini lewatnya jalan berkelok-kelok yang ada di kanan kiri cuma padang rumput gan. Nah nantinya akan lewat di Tele, sebuah tempat yang indah untuk menikmati pemandangan Danau Toba. Kalau agan sempat, coba mampir ke Menara Tele. Dijamin TOP pemandangannya..

Spoiler for Menuju Pangururan:


Jam setengah 6 sore saya sudah sampai di Pangururan, sebuah kecamatan yang sekaligus menjadi ibu kota Kabupaten Toba Samosir. Walaupun ibukota kabupaten tapi tetep aja sepi gan..

Spoiler for Pangururan:
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
Karena saya pikir di Pangururan nggak ada tempat yang cukup menarik, jadi saya lanjut lagi naik angkutan ke Tomok. Untungnya masih ada walaupun udah sore. Sampai Tomok pas waktu maghrib gan.. Di Sumatera Utara maghribnya jam 18.42, banding dengan jika saya di Surabaya yang maghribnya jam 17.30. Lebih lama 1 jam 12 menit.. emoticon-Big Grin

Begitu tiba di Tomok saya langsung cari warung makan. Nggak sulit menemukan warung makan muslim gan. Biasanya di warung ada tulisan "Warung Islam" atau sejenisnya. Kalau mau aman sebaiknya ya makan di tempat-tempat tersebut, kalau nggak makan di warung padang.. emoticon-Big Grin

Selesai makan baru deh cari penginapan. Saya dapet Penginapan Roganda dengan harga 80.000 per malam. Kamarnya lumayan sih, ada kamar mandi dalemnya. warna interiornya sangat colorful.. emoticon-Big Grin

Spoiler for Penginapan Roganda Tomok:




8 Agustus 2011

Nah ini saya pagi-pagi jalan-jalan di sekitar penginapan aja gan di Tomok-Pulau Samosir. Lumayan banyak objek-objek menarik di Tomok antara lain Makam Raja Sidabutar, Patung Sigale-Gale, dan Museum Batak..

Spoiler for Sekitar Penginapan:


Spoiler for Museum Batak Tomok:


Spoiler for Patung Menari Sigale-Gale:


Spoiler for Makam Raja Sidabutar:


Spoiler for Makam Raja Sidabutar lagi:


Di Tomok menurut saya sih tempat-tempat wisatanya cuma itu aja gan. Kalau agan punya waktu lebih banyak saya saranin buat ke Tuk Tuk Siadong yang jaraknya nggak jauh dari Tomok. Bisa juga ke Ambarita gan..

Setelah ke objek-objek di atas saya cuma jalan-jalan aja ke Pelabuhan Tomok. Pelabuhan Tomok adalah tempat untuk menyeberang ke Parapat. Frekuensi kapal dari Tomok ke Parapat cukup sering kok, antara 30 menit sampai 1 jam sekali. Kalau agan bawa mobil, naiknya kapal ferry yang setiap hari melayani 5 kali perjalanan..

Spoiler for Tomok:


Spoiler for Pelabuhan Tomok:


Spoiler for Tugu Selamat Datang Tomok:



Selesai jalan-jalan di sekitar Tomok, waktu udah agak siang saya balik ke penginapan dan berkemas gan. Ane kemudian check out dan menyeberang ke Parapat. Yang dipake itu kapal kayu gitu, harga tiketnya juga murah cuma 4.000 saja untuk penyeberangan hampir 1 jam.. emoticon-Smilie

Spoiler for Penyeberangan Tomok-Parapat:


Sampai di Pelabuhan Ajibata saya langsung naik bus arah Pematang Siantar. Jarak Parapat-Pematang Siantar nggak jauh, kurang lebih 50 km yang ditempuh dalam waktu 1,5-2 jam. Ongkos bus-nya 7.000 saja...

Spoiler for Bus Parapat-Siantar:


Nah ini dia yang paling spesial dari Pematang Siantar, apalagi kalau bukan becak motor BSA emoticon-Big Grin

Spoiler for Becak Motor BSA:


Nah selama di Pematang Siantar saya jalan-jalan ke beberapa tempat meliputi Patung Dewi Kwan Im, Museum Simalungun, dan pusat kota..

Spoiler for Patung Dewi Kwan Im:


Spoiler for Museum Simalungun:


Spoiler for Kota Pematang Siantar:


Spoiler for Makan Duren Siantar:


Di Pematang Siantar saya kena apes gan, nginep di Hotel Malinda dekat Terminal Parluasan. Harganya sih murah gan cuma 30.000 permalam tapi hotel ini adalah hotel mesum, bahkan pemiliknya dengan terang-terangan menawarkan diri untuk menemani saya.. emoticon-Cape d... (S)

Spoiler for Hotel Malinda:
9 Agustus 2011

Keesokan harinya saya sudah meninggalkan Pematang Siantar menuju ke Medan gan. Naik Bus Sejahtera dengan harga tiket 15.000. Singkat cerita sekitar jam 12 siang saya sudah sampai di Medan. Di Medan saya langsung mencari penginapan karena akan bermalam satu malam saja disana. Kebetulan saya dapat kamar di Residence Hotel dekat dengan Masjid Raya Medan gan. Harganya pastilah murah, cuma 56.000 permalam untuk Superior Room. yang Standard Room malah cuma 50.000. Hotel ini saya rekomendasikan buat agan yang backpackeran ke Medan..emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for Residence Hotel Medan:


Selama di Medan nggak banyak sih objek yang saya kunjungi. Tercatat saya hanya mengunjungi tiga objek saja, Masjid Raya Medan, Istana Maimun, dan Tjong A Fie Mansion.

Spoiler for Masjid Raya Medan:


Spoiler for Istana Maimun:


Spoiler for Tjong A Fie Mansion:


Malamnya makan malam di Ramadhan Fair Medan 2011 emoticon-Big Grin

Spoiler for Ramadan Fair:


10 Agustus 2011

Di tanggal ini pagi hari saya sudah meninggalkan Medan gan. Tujuan selanjutnya adalah Bandung. Tentu saja masih mengandalkan AirAsia yang cuma ngasih harga 250.000. Perjalanan dari Medan ke Bandung ditempuh dalam waktu kurang lebih 2,5 jam gan..

Spoiler for AirAsia Medan-Bandung:


Sampai Bandung kurang lebih sekitar jam 12 siang. Di Bandung ini saya bingung nyari penginapan murah. Semua referensi yang saya dapat dari forum ini meleset semua harganya..emoticon-Berduka (S)

Akhirnya saya membuka laptop lagi buat nyari info penginapan yang murah (untung bawa laptop plus modem). Dan hari itu saya dapet penginapan murah di Dago Guest House dengan harga 95.000 permalam untuk malam pertama dan 105.000 permalam untuk malam yang kedua. Jadi total untuk dua malam 200.000. Fasilitasnya nggak usah diragukan lagi gan, bagus banget untuk harga segitu. Saya dapet kamar luas (family small room) yang bisa diisi tiga orang, shower dengan air panas, tv kabel, dan AC. Belum lagi ditambah makan sahur..Mantaaapp..

Spoiler for Dago Guest House:
reserved
Mantap Om Wi, saya tunggu lanjutannya ya.
Barangkali bisa jadi referensi ke Sipiso Piso
nice thread. gue rate dah.

info tentang Tanah karo dan tongging nya mantap.
moga bisa makin banyak yg ngasih info dan review.
masak ini tempat wisata lebih beken di bule daripada orang lokal hehe.
wah jadi pengen pergi kesana
Quote:


ditunggu aja om.. lanjutannya masih panjang.. emoticon-Smilie

Quote:


thanks ya gan.. Sumatera Utara emang lebih beken di mata orang bule daripada turis lokal.. emoticon-Smilie

Quote:


segera meluncur kesana om..


posting udah diupdate... emoticon-Big Grin
wew deket kampung ane tuh gan! emoticon-thumbsup
mantaab.... ne cerita perjalanan wisatanya.. bisa jadi spirit utk tambah mencintai negara ini...thanks ganemoticon-Shakehand2
air terjun sipiso2 emoticon-Belo

ane orang medan, tapi jujur belum pernah kesana emoticon-Frown emoticon-Hammer
nice share gan
Keren, juragan! emoticon-thumbsup: Ditunggu lanjutannya.
emoticon-Traveller
wuih keren jadi pengen kesana emoticon-Belo
Quote:


emang kampung ente dimana gan? emoticon-Big Grin

Quote:


thanks gan.. Indonesia memang luar biasa.. emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:


wah sayang sekali gan.. agan harus dateng ke Sipiso-Piso gan.. malu sama bule yang kebanyakan dateng kesana.. emoticon-Big Grin
Quote:


thanks gan.. emoticon-Big Grin

Quote:


sip gan.. udah diupdate.. silahkan dinikmati.. emoticon-Big Grin

Quote:


yuk berangkat.. emoticon-Big Grin


postingan udah diupdate.. silahkan menikmati indahnya sumatera utara.. emoticon-I Love Indonesia (S)
jadi pengen kesana lagi..
ga nyangka rate wisma sibayak 50rb, wktu kesana ane makan ikan bakar di depan wisma sibayak..
bro ke samosir gak sekalian tuh cari danau diatas danau? emoticon-Big Grin
dimana lagi belahan dunia ada yg kayak gitu hehe
widiiiwwwhhhh... mantep gan! jadi inget ane waktu ke medan.. emoticon-Angkat Beer
ane udah pernah mengunjungi itu semua gan,, maklum, kampung ane disana, tapi skrg lagi kuliah di surabaya..
TS nya orang surabaya yah??
kalo mau backpakeran ajak-ajak lagi donk gan..emoticon-Big Grin
ane jadi kangen kampung halaman nih,, udah lama gag pulang..emoticon-Matabelo
Quote:


iya gan, murah banget.. ada dua tipe sih, 50.000 dan 100.000.. cuma beda luas kamar sama perabotnya aja.. emoticon-Smilie

Quote:


sayangnya nggak broo.. malah baru tau ini ane.. mungkin next time emoticon-Big Grin

Quote:


kapan ke medan lagi gan? emoticon-Big Grin

Quote:


iya gan saya di surabaya.. yuk kalo mau gabung, tanggal 16-21 januari 2012 ane mau solo backpacking ke makassar-toraja.. PM aja kalo mau gabung biar ada temen.. emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di