alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010892255/keindahan-taman-nasional-karimunjawa---jepara
Keindahan Taman Nasional Karimunjawa - Jepara
Quote:
ALHAMDULILAH PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH SWT,,DAN TERIMA KASIH KEPADA MIMIN,CO-MIN ,MOMOD DAN SELURUH KASKUSER DAN ANTIK CREW YG MENDUKUNG THREAD INI
MENJADI HOT THREAD
KE #3 ANE

Spoiler for HT#3 :



Spoiler for chekrepost:


Keindahan Taman Nasional Karimunjawa - Jepara

Keindahan Taman Nasional Karimunjawa - Jepara
"Create thread by leodiscjoki"
Keindahan Taman Nasional Karimunjawa - Jepara

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
SEBELUMNYA

Quote: BANTU RATE DOLO YA GAN
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star



Keindahan Taman Nasional Karimunjawa - Jepara


SEJARAH ASAL NAMA KARIMUNJAWA


Quote:
Sunan Nyamplungan merupakan tokoh cerita rakyat yang menarik tentang terjadinya nama Kepulauan Karimunjawa. Sunan Nyamplungan yang mempunyai nama asli Amir Hasan adalah putra Sunan Muria. Perkembangan kehidupan Amir Hasan dari kanak-kanak sampai dewasa selelu dimanjakan oleh Nyai Sunan Muria, walaupun perilaku Amir Hasan sehari-hari cenderung nakal. Melihat hal yang tidak menguntungkan terhadap diri Amir Hasan, Sunan Muria selalu menanamkan jiwa kedisiplinan dengan mengajarkan dasar-dasar agama Islam yang kuat, namun Amir Hasan cenderung pada kenakalan dan kemanjaannya sehingga menjadikan Sunan Muria dan Nyai Sunan Muria memutuskan untuk menitipkan Amir Hasan kepada pamannya, yaitu Sunan Kudus dengan harapan asuhan Sunan Kudus dapat diterima dan kelak menjadi orang yang baik dan soleh.

Selama dalam asuhan Sunan Kudus, Amir Hasan sudah mulai menunjukkan perubahan menjadi pemuda yang baik dan sangat taan melaksanakan ajaran/perintah Sunan Kudus. Melihat perkembangan yang demikian, Amir Hasan kemudian dikembalikan kepada Sunan Muria karena Sunan Kudus sudah merasa cukup membimbing dan mengajari berbagai ilmu khususnya mendalami ajaran agama Islam.

Setelah menerima laporan dari Sunan Kudus, Sunan Muria menjadi sangat bahagia karena anaknya mau mematuhi ajaran orang tua, k emudian untuk melatih dan mencobanya diperintahkan oleh Sunan Muria agar Amir Hasan pergi ke salah satu pulau yang kelihatan dari puncak gunung Muria seperti kremun – kremun dengan desertai 2 orang abdi untuk menemani dan diberi

bekal 2 biji buah nyamplung untuk ditanam dan berbagai macam barang antara lain : Mustaka Masjid yang saat ini masih ada dalam komplek makam beliau. Perjalanan Amir Hasan yang memakan waktu lama dengan menyebrang laut itupun akhirnya sampai di tempat yang dituju di sebuah pulau , kemudian Amir Hasan menetap disana dan pulau ini kelak bernama KARIMUNJAWA.

Pulau yang terlihat kremun – kremun dan masih merupakan kawasan kepulauan jawa , dipakai sebagai tempat tinggal Amir Hasan, terdapat beberapa pohon nyamplung, maka sampai sekarang masyarakat menyebut Amir Hasan dengan nama “ SUNAN NYAMPLUNGAN “


LEGENDA JEPARA

Quote:
LELE TIDAK PUNYA PATIL
Melihat putranya tidak dirumah maka Nyai Sunana Muria menanyakan kepada Sunan Muria dan diberi jawaban bahwa Amir Hasan disuruh pergi dari rumah menuju kesebuah pulau yang berada disebelah utara Pulau Jawa, maka Nyai Sunan menjadi terkejut dan mohon ijin untuk nyusuk guna memberi bekal dijalan.
Teringat akan makanan kesukaan putranya yaitu pecel lele, maka dibawakan pecel lele oleh Nyai Sunan dengan dengan harapan untuk membarikan kesenangan dalam perjalanan. Namun setelah dipantai ternyata Amir Hasan dan kedua abdinya sudah berlayar dilautan, maka oleh sang ibu pecel lele itu lalu dibuangke laut.
Bungkusan pecel lele tersebut terbawa ombak dan atas kehendak Tuhan mengikuti perjalanan Amir Hasan sampai pula dipulau yang dituju oleh Amir Hasan. Ikan – ikan lele yang berada di Karimunjawa semuanya tidak mempunyai patil, area ini sekarang dikenal dengan nama Legon Lele yaitu di bagian timur dari Pulau karimunjawa.


Quote:SIPUT BOLONG
Pada waktu Nyai Sunan Muria membewakan pecel lele saat menyusul putranya ke Pantai Jepara, juga dimasakan oleh beliau makanan kesukaan Amir Hasan yang lain, yaitu makanan siput.
Rasa kecewa Nyai Sunan Muria yang tidak berhasil menyusul putranya yang berangkat menuju Karimunjawa dilampiaskan beliau dengan melemparkan pecel lele dan makanan siput tersebut ke laut.
Sama halnya dengan masakan pecel lele maka masakan siput ini pun terdampar di perairan Karimunjawa yaitu di legon lele ini memiliki cirri khas yaitu punggungnya bolong (berlubang) dan terkenal dengan nama “SIPUT BOLONG”.


Quote:ULAR BUTA
Diriwayatkan pada waktu Amir Hasan yang kemudian dikenal dengan nama Sunan Nyamplungan telah sampai di Karimunjawa, maka beliau memasuki daratan mencari tempat yang sesuai untuk kepentingannya guna memperdalam ajaran agama Islam dan sekaligus mengembangkanya.

Pada suatu ketika beliau sedang berjalan ternyata ada seekor ular yang bertubuh pendek dan berwarna serta sangat berbisa mencoba untuk menggigit beliau namun ternyata tidak mempan. Akibat dari peristiwa itu Sang Sunan menjadi marah dan mengutuk ular tersebut menjadi buta, karena dianggap menggigit sembarang orang.
Sampai sekarang jenis ular ini yang dikenal dengan nama “ULAR EDOR” matanya buta, umumnya tidak mampu untuk bergerak di siang hari.


Quote:
KAYU DEWA DARU
Apabila kita berkunjung ke Makam Sunan Nyamplungan yang terletak di puncak gunung Karimunjawa sebelah utara, maka di pintu gerbang akan kita jumpai dua pohon yang sangat besar dan oleh masyarakat dikenal sebagai “KAYU DEWA”.
Menurut kepercayaan masyarakat yang saat ini masih diyakini, bahwa kayu dewadaru ini masih dikeramatkan dan mempunyai khasiat tersendiri, yaitu barang siapa menyimpan kayu tersebut di rumah, maka yang menyimpan akan terhindar dari ancaman pencuri / orang yang akan bertindak jahat.

Kayu dewadaru ini apabila diletakkan di air, tidak terapung seperti jenis kayu lain akan tetapi kayu tersebut akan tenggelam serta setiap orang tidak berani membawa kayu dewadaru keluar pulau Karimunjawa, karena takut akan bahaya yang akan menimpa di perjalanan.


Quote:KAYU SETIGI
Di atas telah disebutkan bahwa pada saat itu Karimunjawa masih berupa hutan belantara yang belum pernah dijamah oleh tangan manusia. Disana banyak terdapat berbagai tanaman yang tumbuh dan hewan/ binatang liar yang ganas dan salah satunya adalah jenis ular edor.

Konon pernah dikisahkan bahwa ketika Amir Hasan (Sunan Nyamplungan) mengadakan perjalanan di hutan, di tengah-tengah perjalanan beliau digigit seekor ular berbisa, namun ternyata gigitan ular tersebut tidak mampu melemahkan kekuatan Sunan Nyamplungan. Setelah terkena gigitan itu Sang Sunan menjadi marah dan bersabda sambil menunjuk ke arah ular dengan memegang tongkat kayu setigi. Akibat dari sabda Sunan, sang ular menjadi rabun.
Catatan khusus : kayu setigi akan tenggelam ke dasar yang paling bawah bila dimasukkan air dan bisa pula menyerap bisa/racun binatang.


Quote:
KAYU KALIMASADA
Selain kedua jenis kayu tersebut yaitu kayu dewadaru dan kayu setigi, masih ada jenis kayu lain yang sama-sama mempunyai tuah dan legenda kayu ini disebut dengan kayu Kalimasada. Memang pada masa keberadaan Sang Sunan di Karimunjawa banyak kejadian/peristiwa mitos yang sulit dipahami dengan akal dan pikiran layaknya manusia biasa. Ada yang berpendapat bahwa kayu tersebut juga dapat digunakan oleh orang-orang pintar dengan cara memasukan do’a/mantra sesuai dengan keinginan masing – masing.


Quote:
POTENSI KHUSUS KARIMUNJAWA
Taman Nasional Laut Karimunjawa termasuk wilayah Kabupaten Jepara, yang terdiri dari 1 kecamatan, 3 desa dan 27 pulau (5 pulau berpenghuni, 22 pulau kosong) terdiri dari beberapa suku, adapun jarak Jepara Karimunjawa adalah 48 mil laut.

DAYA TARIK KHUSUS BAGI WISATAWAN
Taman Nasional Laut Karimunjawa mwmang memiliki daya tarik tersendiri dan sangat cocok untuk “Wisata Bahari”. Berbagai daya tarik yang unik bisa kita temukan antara lain :
- Panorama laut yang indah bagai telaga warna dengan gugusan kepulauan yang tersebar sejauh mata memandang. Disertai jernihnya air laut yang belum tercemar (terkena polusi).


Bersambung Ke Bawah
Keindahan Taman Nasional Karimunjawa - Jepara
Keindahan Taman Nasional Karimunjawa - Jepara

TESTIMONIAL KEREN PART II
Quote:Original Posted By uink123
ane pernah tedampar di KARJAW gan selama 13 hari emoticon-Berduka (S)
rencana ikut paket yg cuma 3 hari malah jadi 13 hari gan,ada enaknya ada ngga nya..
enaknya pas terdampar jadi sangat berkesan gan,ane nginep di rumah warga asli sana,warga asli sana baik2 banget gan..


ane saranin kesana jangan bulan desember,januari,februari lagi musim angin barat..ntar ga bisa balik kaya aneemoticon-Blue Guy Peace

disana ga ada atm,ga ada bank,listrik cuma dari jam 6 sore sampe jam 6 malem.

wisata ke karjaw masih terjangkau penginapan cuma 45rebu,makan nasi pecel di alun2 cuma 3rebu emoticon-Cape d... (S)

tapi keindahannya emang MANTAF GAN!! masih bener2 virgin tuh pantai...

nih foto ane pas disana
Spoiler for "pict":

Spoiler for "pict":

Spoiler for "pict":




Quote:Quote:Original Posted By gaikokujin
Gan numpang share foto yah emoticon-Big Grin

tuh Karimun Jawa emang keren, lebih tepatnya keren di bawah lautnya....juara dh untuk bawah laut...

Keindahan Taman Nasional Karimunjawa - Jepara

Quote:Original Posted By getaboshi
Mau share ah foto ane waktu ke sana bulan Juli lalu emoticon-Malu (S)

Spoiler for karjaw vacation:


Ini makanan khasnya, lontong kurubyuk. Manteb nih rasanya, asem2 pedes emoticon-2 Jempol

Spoiler for uenak tenan:


FYI, ane ke sana ber-12, nginepnya di homestay cuman 180rb/malam, jadi kenanya cuman 15rb/orang per malamnya emoticon-Big Grin Rumahnya bersih kok, lumayan nyaman lah. Untuk makannya sih sekitar 10rb sekali makan. Itu 10rb udah dapet nasi, ikan/cumi, sayur sama es teh lho emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By cua14
share foto ane waktu kesana gan....kalo berkenan sih taro peki wan...
Spoiler for "underwater1":

Spoiler for "underwater2":

Spoiler for "underwater3":

Spoiler for "underwater4":


emang keren gan.gak nyesel deh ke karimun jawa.tapi perjalanannya mayan melelahkan




KE INDAHAN ALAM JEPARA


Quote:Quote:
Spoiler for jepara:

Spoiler for jepara:

Spoiler for jepara:

Spoiler for jepara:

Spoiler for jepara:

Spoiler for sunset:

Spoiler for alam laut jepara:

Spoiler for hiu jepara:

Spoiler for pantai jepara:

Spoiler for wisatawan di jepara:

Spoiler for penyu jepara:

Spoiler for diving:

Spoiler for diving jepara:

Spoiler for hiujepara:

Quote:Original Posted By uink123
ane pernah tedampar di KARJAW gan selama 13 hari emoticon-Berduka (S)
rencana ikut paket yg cuma 3 hari malah jadi 13 hari gan,ada enaknya ada ngga nya..
enaknya pas terdampar jadi sangat berkesan gan,ane nginep di rumah warga asli sana,warga asli sana baik2 banget gan..


ane saranin kesana jangan bulan desember,januari,februari lagi musim angin barat..ntar ga bisa balik kaya aneemoticon-Blue Guy Peace

disana ga ada atm,ga ada bank,listrik cuma dari jam 6 sore sampe jam 6 malem.

wisata ke karjaw masih terjangkau penginapan cuma 45rebu,makan nasi pecel di alun2 cuma 3rebu emoticon-Cape d... (S)

tapi keindahannya emang MANTAF GAN!! masih bener2 virgin tuh pantai...

nih foto ane pas disana
Spoiler for "pict":

Spoiler for "pict":

Spoiler for "pict":

page one boleh gan emoticon-Blue Guy Peace




Quote:
Transportasi ke Karimun Jawa

KAPAL CEPAT DARI SEMARANG
Anda ingin Ke Karimunjawa ? Dari Semarang, Anda Bisa pergi ke Karimunjawa melalui Pelabuhan Tanjung Emas dengan menggunakan kapal cepat. Perjalanan dari Semarang ke Karimunjawa sekitar 3,5 – 4 jam

KAPAL DARI JEPARA
Jika Anda memilih pergi ke Karimunjawa dari Jepara, Anda dapat melalui Pelabuhan Kartini. Anda bisa memilih menggunakan kapal cepat, pada hari senin minggu pertama dan minggu ke 3 ( 2,5 jam ) atau anda bisa juga menggunakan kapal Fery Muria yang lebih murah dari Jepara.

PESAWAT
Selain itu, bagi Anda yang memiliki cukup dana, ada pesawat kecil dg kapasitas 6 orang di Bandara Ahmad Yani Semarang dapat disewa menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan (salah satu pulau di Karimunjawa yang sekarang sudah menjadi satu dg pulau karimunjawa yg di hubungkan dg sebuah jembatan). Dengan pesawat, Anda dapat melihat keindahan Karimunjawa dari atas sebelum mendarat di lapangan terbang yang ada di Karimunjawa. Perjalanan dengan pesawat membutuhkan waktu sekitar 30 menit, ongkos carter pesawat ini pada saat kami menulis per jam $ 1,750,00 ( minimal carter 2 jam)
Menikmati keindahan pulau ini dan merasakan ketenangannya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. nikmati perjalanan ke karimunjawa pilih waktu yang tepat dan cuaca yang bersahabat sehingga Anda dapat leluasa menjelajah dan menikmati kepulauan Karimunjawa. Nikmati pesona keindahan alam di Karimunjawa.

Quote:[center]Bagaimana ANTIK BUKAN THREAD INI
MAKA DARI ITU BANTU emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star DOLO
DAN emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya
Sekian dolo Thread ini Ane Buat ,Semoga Bermanfaat


This Thread Supported By
Keindahan Taman Nasional Karimunjawa - Jepara
emoticon-army:Click Banner For Visit Markas ANTIKemoticon-army:

sumber 1
sumber2

—leodiscjoki™

Quote:KUNJUNGI JUGA THREAD ANE YG GA KALAH ANTIK

[MENGEJUTKAN] 11 Teknologi YG Mendekati KE Punahan

Inilah Pembuat BlackBerry Yang Juga Tokoh di Industri Film[AMAZING]*HOT THREAD*

Berkunjung ke Pulau Galápagos, Situs Warisan Dunia UNESCO*new thread*


[WoW ANTIK]Monster Monster Laut Di Dunia Yang Berhasil Di temukan


Galery Foto Unik yang Bukan Editan Photoshop

Inilah Tujuh Keajaiban Dunia di Negeri China yang Terbagi Dalam Dua Masa

[MENGEJUTKAN] 11 Teknologi YG Mendekati KE Punahan


Quote:
Jangan Lupa Cendol nya ya gan emoticon-Toast

emoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marah

Quote:untuk info lebih lanjut mengenai KarimunJawa, bisa ditanyakan ke lounge regional Jepara
DI SINI CLICK AJA


Keren banget niih Karimunjawa ane rencana mau kesana thn depan, moga2 jadi
wah...memang keren banget gan emoticon-Matabelo
wow.. emoticon-Matabelo
tiada habisnya memang keindahan INDONESIA.. emoticon-Rate 5 Star
wah, mirip trit ane yg dulu HT nih emoticon-Big Grin

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=8053816

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Pinkfrog01
Keren banget niih Karimunjawa ane rencana mau kesana thn depan, moga2 jadi

amin gan ane doain jadi
Quote:Original Posted By habibmaster.Jr
wah...memang keren banget gan emoticon-Matabelo

mantab gan
Quote:Original Posted By afif44
wow.. emoticon-Matabelo
tiada habisnya memang keindahan INDONESIA.. emoticon-Rate 5 Star

bner gan ga ada abisnya
Quote:Original Posted By islamholic
wah, mirip trit ane yg dulu HT nih emoticon-Big Grin


serupa tapi taksama gan
yg penting tidak repost emoticon-Big Grin
thx dah mampir om

leodiscjoki
keren bgt nih ,
jadi ngilerrr nih ,
kpn ya kesanah ? emoticon-Matabelo
wah , ada ikan hiu gan emoticon-Takut (S)
dan pemandangannya emoticon-2 Jempol
kl dari cepu/blora baiknya lewat jepara or semarang ya kl mau ke pulaunya.
mencari suasana ternyaman dan biaya terhemat nih..

...........

emoticon-Sundul Up
jernih banget itu airnya emoticon-Matabelo

pengen asli kesana
wuih ad legenda nya juga ya? emoticon-Belo
keren gan emoticon-Rate 5 Star
waaah ane pengen banget ke karimun jawa gan, blom ada duit tapi emoticon-Big Grin
wah manteb banget yak karimun jawa indah2 tempatnya emoticon-2 Jempol
indahnya emoticon-Belo
ada hiu dan penyunya nya juga ya
klo gak salah banyak rusa disana juga ya gan ?
Keindahan Taman Nasional Karimunjawa - Jepara

ini keren banget gan emoticon-Belo emoticon-Belo emoticon-Belo
^
aseli om keren banget potonya emoticon-Wowcantik
Quote:Original Posted By JomZ
indahnya emoticon-Belo
ada hiu dan penyunya nya juga ya
klo gak salah banyak rusa disana juga ya gan ?


ada gan

leodiscjoki
wow indah banget gan emoticon-Matabelo pengen kesana deh
×