Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010825106/penjual-ipad-tidak-dapat-disalahkan-update-mengenai-kasus-ipad
penjual iPad tidak dapat disalahkan! update mengenai kasus iPad
Kasus Jual iPad, Jaksa Abaikan Permendag


» Randy dan Dian pada saat menjalani persidangan
Nur Farida Ahniar, Sukirno | Rabu, 5 Oktober 2011, 16:42 WIB

VIVAnews - Setelah Randy dan Dian terkena kasus jual beli iPad yang tidak memiliki buku manual berbahasa Indonesia, kini giliran Calvin alias Winoto dan Charlie Sianipar terkena kasus yang sama.

Juru Bicara Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Gunarto, mengatakan, dari kasus iPad yang terjadi, seharusnya mereka tidak layak untuk disalahkan. Karena, dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 19 tahun 2009 yang memuat produk-produk telekomunikasi yang diharuskan melampirkan petunjuk penggunaan berbahasa Indonesia.

"Ini menimbulkan keprihatinan kita bahwa kelihatannya jaksa tidak mau melihat Permendag ini," kata Gunarto dalam konferensi pers usai diskusi yang melibatkan pihak penyidik kepolisian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, akademisi, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia dan Gabungan Elektronika (Gabel) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu, 5 Oktober 2011.

Menurut Gunarto, dalam kasus penjual iPad ini, terdapat kesalahan dalam memaknai aturan yang ada. Jaksa, lanjut Gunarto, menjerat penjual karena melanggar Pasal 62 ayat (1) pengganti Pasal 8 ayat (1) huruf J Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Berdasarkan pasal tersebut, pelaku dijerat karena tak memiliki buku manual berbahasa Indonesia.

Padahal, Gunarto menjelaskan, dalam pasal tersebut disebutkan juga harus mengacu kepada ketentuan perundangan yang ada yaitu Permendag Nomor 19/2009 mengenai Pendaftaran Petunjuk Penggunaan (Manual) dan Kartu Jaminan/Garansi Purna jual.

Dalam aturan Permendag ini, kata Gunarto, produk ipad belum termasuk dari daftar 45 produk telekomunikasi yang diwajibkan melampirkan petunjuk manual berbahasa Indonesia.

"Dalam diskusi tadi memperlihatkan jaksa tak melihat aturan ini, tapi langsung menginduk pada pasal delapan," kata dia.

Hal ini terjadi, kata Gunarto, karena sebelumnya pernah ada kasus yang sama dan telah memiliki ketetapan hukum, dan penjualnya tak melakukan banding. Sebenarnya, Gunarto mengatakan, pihaknya mengapresiasi siapa pun yang menggunakan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 itu untuk melihat kasus ini.

Berdasarkan survei yang dilakukan BPKN, penggunaan UU Perlindungan Konsumen masih amat minim. BPKN pernah melakukan survei di 28 kota besar di Indonesia yang kemudian hasilnya 23 kota di antaranya, tanpa menyebutkan kota mana saja, pengadilan negeri di kota tersebut tidak pernah menggunakan Undang-Undang Perlindungan Konsumen dalam upaya menyelesaikan kasus sengketa konsumen.

Sementara itu, Koordinator Penelitian dan Pengembangan BKPN, Eni Suhaeni Bakri menyatakan, seharusnya dalam menyelesaikan kasus seperti ini, diharapkan semua pihak mengedepankan pertimbangan sosiologis dan etika, sehingga penggunaan hukum pidana hanya menjadi upaya terakhir menyelesaikan kasus ini.

"Salah satu contoh lainnya ialah jika ada suatu perusahaan yang mencantumkan kalimat 'barang yang dibeli tidak boleh ditukar atau dikembalikan' pada struk pembayaran itu pun bisa terjerat aturan hukum," kata Eni.

Hal ini terjadi, Eni melanjutkan, karena kalimat itu melanggar Pasal 18 ayat 1, yang menyatakan pelaku usaha tak boleh mencantumkan klausal baku di setiap dokumen dan ini bisa dibawa ke pengadilan.

Ini juga berarti, saat ini waktu yang tepat bagi pemerintah untuk menyempurnakan kembali ketentuan yang mengatur masalah label maupun manual untuk produk telematika seperti iPad untuk mengantisipasi salah arti aturan seperti yang terjadi saat ini. "Hubungan pelaku usaha dan konsumen juga harus dijaga kepastian hukumnya," kata dia. (art)

Link beritanya:

http://us.wap.vivanews.com/news/read/252942-kasus-jual-ipad--pengadilan-abaikan-permendag penjual iPad tidak dapat disalahkan! update mengenai kasus iPad
Semua pihak sudah menyatakan bahwa para penjual iPad gak bersalah
Kenapa kepolisian dan kejaksaan masih memaksa gini sih?

Mereka gak memandang kemendag ama kemkominfo sebagai instansi pemerintah yang resmi kali ya?
Heran sungguh heran.. penjual iPad tidak dapat disalahkan! update mengenai kasus iPad
mohon dilepas pak polisi....
sudah jelas ada aturannya.....
ane kmren sempet baca juga d berita,,jawaban polisi nya konyol baget dah ...itu kan di UU ditulis harus ada buku manual bahasa indonesia dalam bentuk cetak atau media lain..nah ada yg nunjukin softcopy manual nya dalam bahasa indonesia..jawaban penyelidiknya "saya gak tau soal itu,,sy hanya menjalankan perintah atasan" kwkwkwkwkwkkww
memang serba susah hukum di Indonesia. yang jelas malah jadi burem dah
peraturan 1.polisi tidak bisa disalahkan. Pasal2. Kalo polisi salah lihat pasal no1.... Jadi mana bisa polisi salah gan??? "buka mata ini nyata hanyavdi indonesia.... Hehehehe maap kalo nubie lancang....

Kalopun emang maksa suruh ada petunjuk penggunaan dalam bahasa indonesia!!

Bagi yang punya iPad 1 atau 2 dan belum tau:

Selain dapat didonlot di official apple web dengan link dibawah ini:

http://support.apple.com/id_ID/manuals/

Petunjuk Penggunaan iPad berbahasa Indonesia itu ternyata sudah built-in di dalamnya

[SIZE="6"]Caranya:

1. Pergi ke menu Setting
2. Pilih menu General
3. Pilih menu International
4. Pilih menu Language
5. Ubah Language ke pilihan bahasa Indonesia
6. Setelah itu pergi ke Safari
7. Teken Bookmark di menu Safari
8. Scroll ke paling bawah disitu langsung ada menu Petunjuk Penggunaan iPad



Intinya cuma satu..capeeee deeeeee

minta cendol sekalian kalo berkenan dan merasa info ini berguna

gambar2nya:

1. Pergi ke Settings - pilih General - pilih International - pilih Languange - pilih Bahasa Indonesia

penjual iPad tidak dapat disalahkan! update mengenai kasus iPad

2. Setelah langkah pertama suxes - pergi ke Safari - pilih bookmark di atas kiri - lihat di menu bookmark paling bawah

penjual iPad tidak dapat disalahkan! update mengenai kasus iPad

3. tekan Petunjuk Penggunaan iPad akan muncul di bawah ini

penjual iPad tidak dapat disalahkan! update mengenai kasus iPad
jadi para penjual ipad yg ditahan itu msh lom dibebaskan?? ane ga ikutin perkembangan kasus mereka.
Itu kan pulishit naitnya mau meres doank

Tapi keburu ke blow-up yah sekalian deh nyari pasal karet

Eben-eben.... ckckck





Anda Sering Lupa Password? Atau Bingung Nyari Password Yang Aman? Pakai Aplikasi Ini Gan. GRATIS!!
inilah indonesia ...
hukumnya tidak jelas..
pak polisinya rakus duit aja sih di indonesia jd gini deh..
biasa proyek beginian mah maenannya jaksa, hakim, pulisi, n pengacarat
selama masih bisa diporotin, kasus diperpanjang terus
Wew.. Donlot trz cetak aja panduan nya sblm jualan ipad.. Susah amat.. penjual iPad tidak dapat disalahkan! update mengenai kasus iPad
kalo polisi dan jaksa mengakui ketidakjelasan kasus ini..
berarti si ipad yang udh disita dan dibagi bersama itu harus dikembalikan masih dalam keadaan bersegel dong?
Quote:Original Posted By AreM823
Semua pihak sudah menyatakan bahwa para penjual iPad gak bersalah
Kenapa kepolisian dan kejaksaan masih memaksa gini sih?

Mereka gak memandang kemendag ama kemkominfo sebagai instansi pemerintah yang resmi kali ya?
Heran sungguh heran.. penjual iPad tidak dapat disalahkan! update mengenai kasus iPad


lebih tepat nya karena MALU....dan ogah mengakui kalo udah salah make pasal
Quote:Original Posted By AreM823
Semua pihak sudah menyatakan bahwa para penjual iPad gak bersalah
Kenapa kepolisian dan kejaksaan masih memaksa gini sih?

Mereka gak memandang kemendag ama kemkominfo sebagai instansi pemerintah yang resmi kali ya?
Heran sungguh heran.. penjual iPad tidak dapat disalahkan! update mengenai kasus iPad


jangankan kemendag ataupun kemkominfo... presiden aja udah kaga diturutin...

no vbot ah...
hukum bisa di maenin di negara kita ini, jangan heran gan klo ada polisi ma jaksa begitu.. pasti tar ujung2 nya pemerasan tuh
Quote:Original Posted By JaketItem
lebih tepat nya karena MALU....dan ogah mengakui kalo udah salah make pasal


pinter ente gan..kl salah pake pasal biasanya mereka diturunin jabatannya
masi percayakah anda dengan penegak hukum indonesia?
barang buktinya banyak yang hilang loh....

kasihan.....