Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010697177/freeportkontrak-kami-sudah-adil-untuk-indonesia-jangan-diutak-atik-lagi
Ngakak Freeport:Kontrak Kami Sudah Adil Untuk Indonesia, Jangan Diutak-atik lagi
Quote:Freeport Tolak Kontraknya 'Diutak-atik' Pemerintah
Wahyu Daniel - detikFinance

Share Tweet

Freeport:Kontrak Kami Sudah Adil Untuk Indonesia, Jangan Diutak-atik lagi


Jakarta - Pihak PT Freeport Indonesia menolak renegosiasi kontrak yang akan dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Perusahaan tambang dan emas ini merasa kontraknya sudah cukup adil bagi pemerintah Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh General Superintendent Corporate Communications PT Freeport Indonesia Ramdani Sirait kepada detikFinance, Selasa (27/9/2011).

"Kami yakin bahwa kontrak kami cukup adil bagi setiap pihak dan menghasilkan kontribusi cukup besar bagi pemerintah, jika dibanding dengan negara penghasil utama bahan tambang lainnya di dunia," tutur Ramdani.

Dia menegaskan, Freeport akan tetap menghormati dan mematuhi ketentuan dari kontrak karyanya.

"Kami telah menjalankan kegiatan operasi kami di Indonesia dengan berhasil selama lebih empat dasawarsa, dan berharap dapat terus meraih keberhasilan lebih lanjut untuk waktu yang lebih lama lagi," jelas Ramdani.

Menurutnya, sesuai kontrak karya yang tengah berlaku sejak Desember 1991, kontribusi Freeport kepada pemerintah Indonesia mencapai lebih dari US$ 12 miliar.

"Pemerintah secara konsisten menunjukkan itikadnya untuk menghormati semua kontrak yang ada," katanya.

Saat ini memang dalam kontrak karya Freeport, jumlah royalti yang diberikan kepada pemerintah Indonesia adalah 1%.

Sedangkan dalam aturan royalti pertambangan pada Peraturan Pemerintah (PP) No.45/2003 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku, royalti emas ditetapkan sebesar 3,75% dari harga jual kali tonase.

Dalam laporan keuangan Freeport 2010 yang dikutip detikFinance diperlihatkan jumlah cadangan emas Freeport mencapai sekitar 35,5 juta ounces dan terbesar adalah dari tambang di Papua yang mencapai 33,7 juta ounces.

Freeport di tambang Papua menguasai 90,64% saham. Tambang Grasberg di Papua merupakan tambang emas dan tembaga terbesar di dunia.

Dalam laporan keuangannya di 2010, Freeport menjual 1,2 miliar pounds tembaga dengan harga rata-rata US$ 3,69 per pound. Kemudian Freeport juga menjual 1,8 juta ounces emas dengan harga rata-rata di 2010 US$ 1.271 per ounce.

Di 2011, Freeport menargetkan penjualan 1 miliar pounds tembaga dan 1,3 juta ounces emas.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pemerintah akan melakukan renegosiasi kontrak pertambangan kepada seluruh perusahaan tambang di Indonesia tak terkecuali Freeport.

Ada beberapa kewajiban yang akan ditekankan pemerintah dalam kontrak baru pertambangan yaitu mulai dari pembagian royalti, kewajiban memproses di dalam negeri, perpanjangan/perluasan kontrak, aturan divestasi saham, dan lain sebagainya.

Bahkan pemerintah juga mengarahkan soal kewajiban alokasi distribusi produk tambang ke dalam negeri atau domestic market obligation (DMO).

(dnl/qom)
[url]http://finance.detik..com/read/2011/09/27/064055/1730998/4/freeport-tolak-kontraknya-diutak-atik-pemerintah?f9911033[/url]


yah, adil itu relatif, tergantung dari siapa yg dapat bagian dan siapa yg tidak

Spoiler for yg merasakan keadilan ala freeport:


Spoiler for yg tidak setuju dengan pak ramdani:
VOC abad 21 emang paling bisa kalau ngomong ...
kalau udah merasa ADIL tentu situ tidak bakal ngotot bikin merah papua
adil mbahmu, kalau emang adil, di papua udah keren abis,, disna aja masih banyak orang yang kekurangan,... dasarr maling
Adil tapi tidak transparan sama aja bohong pak.
Pembodohan publik nich.
kalo gak mau di utak atik, ya .... di nasionalisasi aja
tpi apa berani ya si kbo
Penjajahan di jaman modern ga liat keadaan sekitar mister??
berani ganggu freeport bakal dilaporin majikan/tuan besar

sudah terbukti kedaulatan negeri ini hanya sebatas teritori saja
adil apanya ya...?
adil buat siapa....?
harus renegosiasi ulang....!!!
ujian untuk calon presiden berikutnya ialah kemauan untuk menasionalisasi freeport..
wahhh parah, cuma 1%,,kecil banget ya',,adil apaan liat aja masyarakat asli nya, pada makin berkembang gak,,miris kalo liat segitu besar kekayaan Indonesia tapi keuntungan terbesarnya lari ke luar negri, kalau udah habis kontrak mereka ninggalin lubang yang gedenya amit2 buat warisan penduduk aslinya,, kasian Indonesia CMIIW
HUGO... HUGO... WE NEED YOU HERE! NATIONALIZED FREEPORT ASAP!!

adil kan kata ente pak ..tu jelas ga sesuai uu yang menyebutkan 3,75 % :
disinilah jelas perbedaan antara Kebo dengan Hugo Chaves
warisan orde baru ya gini..
perjanjian kontrak karya yang sampai 90 taun..
tembaga..emas..semuanya dijarah...damn you freeport
adil dari hongkong
'tembagapura', pura-pura tembaga taunya emas murni terbaik
tanggung kalo cuma negosiasi, sekalian nasionalisasi aja
cuma 1 persen, kirain yang punya wilayah setidaknya dapat 10 persen Freeport:Kontrak Kami Sudah Adil Untuk Indonesia, Jangan Diutak-atik lagi
mendingan diambil alih aja sama pemerintah indonesia

tapi jangan dikorup juga..
bangsa indonesia selama ini tidak mengetahui isi perjanjian secara detail, jadi bisa saja dikibulin,,