alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010663449/pesona-sabang-memaksa-kami-kembali
Pesona Sabang, Memaksa Kami Kembali
Setelah Juli 2011 solo trip ke Sabang ( Sabang Juli 2011 - red ). Maka tanggal 16 September 2011 saya kembali ke Sabang. Dengan beberapa teman naik sepeda motor dari Banda Aceh. Tak banyak memang yang dapat saya ceritakan disini, karena pada dasarnya, semua kembali pada pendapat masing-masing orang bagaimana sebenarnya pesona Sabang.

Sebelum naik ke kapal, 3 buah kendaraan sepeda motor sudah terisi bahan bakar dengan full. Tak lupa beli 3 bungkus nasi telur @ 9K (mahal ya).
Karena menunggu kawan yang sedang Jumatan, dengan harap cemas menanti di depan pintu masuk kapal. Setelah kedatangannya beli 3 tiket untuk motor @21,5K dan 5 tiket orang dewasa @18,5K total 157K.

Spoiler for makan siang di kapal:


Spoiler for makan siang di kapal:


Sial memang turun dari kapal harus nambal ban. Keluar lagi uang 15K.

Lepas dari tanjakan curam menuju kota, singgah sejenak sekedar berfoto ria. Dari sini kita bisa melihat laut luas sebenarnya. Sayang malah asik bereksis ria.

Spoiler for numpang nampang:


Sampai di kota, istirahat sejenak di taman depan kantor walikota Sabang. Lanjut ke Sabang Fair, menikmati bebatuan yang dihantam ombak.

Spoiler for Sabang Fair :


Spoiler for Sabang Fair :


Bercengkrama sejenak di dekat meriam Belanda ditemani baso goreng 5K.

Spoiler for Sabang Fair :


Setelah hunting hunting penginapan, ternyata tidak cocok harga. Langsung saja bergerak ke Gapang menjelang matahari menghilang.
Disini kami mendapatkan penginapan 300K selama 2 malam. Dengan kamar mandi di dalam dan bisa untuk 5 orang. Karena kasur cukup besar, dan ada bed tambahan.

Spoiler for JROEH Bungallow:


Spoiler for JROEH Bungallow:


Di foto tersebut, berjajar dari kiri, adalah bungalow tempat kami menginap. Di tengah ada toko merchandise, di sebelah kanan adalah warung makan. Strategis, ya ini lah yang kami cari. Selain berada langsung di tepi pantai Gapang, di halaman ada kursi dan meja tempat bersantai ria di tepi pantai. Dan ada ayunan pantai untuk bermalas malasan.


Spoiler for ayunan:


Hari sudah gelap, cocok memang kalau langsung makan malam. Di warung sebelah seporsi nasi goreng biasa plus telur harganya 10K dan kopi n*scaf* 4K segelas. Jadi total untuk 5 orang kena 70K. Tak banyak yang dilakukan malam itu, hanya duduk santai menatap pantai.

Pagi memaksa mata untuk beranjak dari peraduan.

Spoiler for Gapang:


Spoiler for Gapang:


Kalau agan agan mau Diving, bisa naik kapal ini.

Spoiler for Gapang:


Kalau untuk sewa boat ke Pulau Rubiah dari Gapang 300K untuk pulang pergi. Kita bisa menentukan kapan berangkat dan kapan akan dijemput. Di Rubiah kita bisa snorkling dengan pemandangan yang menakjubkan (kata orang sih).
Dari Iboih harga sewa boat 200K.

Sarapan pagi kami cari di luar Gapang, hanya 500m dari pintu masuk Gapang ke arah Tugu 0KM. Nasi Gurih dengan telur seharga 8K, kami beli hanya 4bungkus dengan niat pengiritan dan tak lupa beli kopi khas Aceh 5K.

Spoiler for Kedai Kopi:


Spoiler for sarapan pagi :


Spoiler for ngopi dulu:


Setelah ngopi, berangkat ke Tugu 0KM Indonesia, dan isi bensi 2 liter 12K.

Spoiler for Tugu 0KM :


Spoiler for 0KM :


Spoiler for Dari 0KM :


Disini ketemu sama pengunjung lain berasal dari Jakarta. Ngobrol ini itu, akhirnya kami jalan bareng.

Spoiler for kawan baru :


Spoiler for Dari 0KM :


Tak disangka babi penghuni datang, di trip pertama saya nantikan tak kunjung tiba. Sekarang tak diundang, dia datang sendiri.

Spoiler for Babi di 0KM :



Hari beranjak siang, kami putuskan ke pos tentara di bawah untuk sejenak menatap keunikan tulisan "LUSA AKU MATI". Pos penjagaan dengan senjata laras panjang.

Spoiler for pos penjagaan :


Baru bergerak ke Iboih,
Spoiler for Foto dari Lius:


Spoiler for Iboih:


Spoiler for Iboih Bening:


Spoiler for Kapal Kaca:


Spoiler for Kapal Kaca:


Spoiler for Kapal Kaca:


Dengan kapal ini kita bisa keliling sambil menikmati indahnya pesona laut tanpa harus snorkling. Kami memutuskan untuk snorkling di Gapang saja, jadi bisa simpan barang barang di bungalow. Sekarang jumlah kami 7 orang, dan akan bertambah lagi beberapa orang lagi mungkin, karena ada beberapa kawan yang akan menyusul ke Sabang. Kami putuskan menyewa 6 alat snorkling, @10K dan 6Jaket pelampung @15K. Seharusnya per item itu 15K di Opung (panggilan kepada si bapak yang merentalkan alat snorkling di depan bungalow kami). Beliau cukup ramah, dan kami bisa memakai alatnya sepuas puasnya. Dengan ini kami asumsikan, bahwa kami bisa bergantian memakai alat sampai sore. Dan benar saja kawan dari Banda Aceh ada yang menyusul, jadi prediksi kami tepat, dan bisa menghemat.

Spoiler for snorkling:


Spoiler for snorkling :


Sejenak melepas lelah, kami berkenalan dengan Luca, dia wisatawan dari Venezia, Italy yang bekerja di UK. Berangkat dari UK ke Kualalumpur dan terbang langsung ke Banda Aceh. Cerita ini cerita itu, tentang suasana disana dan disini, menarik memang.

Spoiler for with Luca:


Spoiler for with Luca:


Kami bertemu dengan kawan yang kemarin bertemu dengan kami di kapal, scooterist juga ternyata. Saling lihat scooter yang kami bawa.

Spoiler for scooter:

Ternyata banyak traveler adventure yang datang, mungkin karena sedang ada event Sabang Regatta International 2011. Tapi maaf saya tak akan membahas hal tersebut disini emoticon-Smilie.

Spoiler for bergaya di depan mobil IOF:


Spoiler for bergaya di depan mobil IOF :


makan siang kali ini kawan ada yang turun ke kota, beli nasi 4 bungkus @9K, kalau sebelumnya kami minta air putih di warung sebelah. Kali ini kami beli 5K di warung tersebut juga. Karena malu beli makan di luar masa minta minum di kedai tersebut emoticon-Malu (S)

Sore datang dan kami berangkat lagi ke Tugu 0KM. Ingin menikmati sunset. Tapi apa daya, awan menyelimuti matahari di ufuk barat.

Spoiler for :


Makan malam kami kembali ke Bungalow. Di warung sebelah kami tawar makan nasi goreng tanpa telur. Dijanjikannya 6K per porsi. Tapi entah kenapa tetap disajikan dengan telur. Akhirnya kami hanya disuruh membayar 9K per porsi.
Duduk di tepi pantai sampai hampir jam 9 malam. Ada sinyal lampu dari laut ke darat. Kami pikir ini adalah sinyal lampu peserta Sabang Regatta. Kami datangi dermaga buatan di Gapang, dan ternyata benar kapal Thailand. Tapi tak bersandar di dermaga. Ada sedikit rasa kecewa karena tak bisa melihat dari dekat, sedangkan suasana malam begitu pekat. Dan aneh tak bisa dipungkiri memang, di dermaga, lampu sorot masih tergeletak di lantai. Jadi tadi lampu balasan yang kami lihat dari dermaga, bukanlah lampu yang sudah terpasang di tiang, melainkan masih di lantai. Sekitaran jam 10 kami kembali ke bungalow. Ditemani kopi 3 gelas (12K) dan 2 bungkus besar kacang (14K), menemani malam berpayungkan temaram bulan.
Jam 11an, terlihat lampu di dermaga terpasang satu tiang, dan hampir jam 1 dini hari lampu sudah terlihat 2 di tiangnya masing masing. Sampai subuh menidurkan kami di tepi pantai. Ketika terbangun di pagi buta, kami beranjak menuju Pelabuhan Balohan guna kembali ke Banda Aceh. Sempat diguyur hujan di Minggu pagi. Muncul pelangi sayang kamera mati (low battery). Sebelumnya beli nasi gurih 9K sebanyak 4 bungkus. Dan kembali bayar tiket dengan total 157K.

*nanti foto foto lainnya akan di aplot setelah jaringan internet berjalan dengan lancar emoticon-Malu (S)
Jumat 16 September 2011
Tiket dewasa 18,5 K x 5 orang = 92,5K
Tiket sepeda motor 21,5K x 3 unit = 92,5K
Total Tiket = 157K

3 Bungkus nasi =27K
Tambal Ban = 15K
Baso Goreng = 5K
Penginapan 2 malam = 300K
Makan Malam 5 porsi = 50K
Kopi 5 gelas = 20K

Sabtu 17 September 2011
Nasi Gurih pagi 4 bungkus = 32K
Kopi = 5K
Bensin 2 liter = 12K
Alat snorkling (seharusnya 150K) share budget sama kawan dari Jakarta = 100K
Nasi 4 bungkus = 36K
Air Mineral = 5K
Makan Malam 5 porsi = 45K
Kopi = 12K
Kacang 2 bungkus = 14K

Minggu 18 September 2011
Nasi Gurih 4 bungkus = 36K
Tiket Kapal = 157K.

TOTAL = 1028K (sorry kalo salah itung)
Dibagi 5 orang jadi lumayan dah emoticon-Big Grin
om2 kilometer nol ada tugunya ga?emoticon-EEK!:
Quote:Original Posted By cabolaki
om2 kilometer nol ada tugunya ga?emoticon-EEK!:


Ada Om, di trip pertama ane rasanya ada pict nya.
Nanti deh disini ane aplot versi Jilid 2 nya,
lagi ngadat nih gak bisa aplot
idigile DC nya gak nahan euy.. emoticon-Belo
kapan ya saia bisa kesana emoticon-linux2
pulang saya, kita kesana lagi ya kk emoticon-Embarrassment
masih ada air terjun sabang, gunung merapi sabang, sama pemandian air panas (kalo masih ada) yang belum kk datangin,, rasanya blm lengkap kalo blom jelajahin smua yang ada di sabang emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Ir.AgusMuchsoni
idigile DC nya gak nahan euy.. emoticon-Belo
kapan ya saia bisa kesana emoticon-linux2


ayo ke Sabang kaka emoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By vhar_char
pulang saya, kita kesana lagi ya kk emoticon-Embarrassment
masih ada air terjun sabang, gunung merapi sabang, sama pemandian air panas (kalo masih ada) yang belum kk datangin,, rasanya blm lengkap kalo blom jelajahin smua yang ada di sabang emoticon-Big Grin


siap kaka, masih penasaran nih sama air terjunnya emoticon-Smilie
om Prinx jalan-jalan lagi emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By jilid
om Prinx jalan-jalan lagi emoticon-Matabelo


ada Om Niku, ane jadi emoticon-Malu
Quote:Original Posted By PriNx
ayo ke Sabang kaka emoticon-Angkat Beer


kalo waktu & keuangan mendukung sih pengen banget gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Ir.AgusMuchsoni
kalo waktu & keuangan mendukung sih pengen banget gan emoticon-Big Grin


amin gan, semoga cepat bisa merasakan alam Sabang.
wisata di Anoi Itam, Sabang juga asih gan emoticon-Big Grin
sebelah timurnya sabang emoticon-Big Grin

KM 0 memang keren
pemandangan laut Hindianya luas banget
lega rasanya mata melihat lautan luas emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

nantik kalo ada fieldtrip ke sabang kabar2i ya gan
pengen ikutan fieldtripnya juga

soale baru 2 kali nyebrang ke Sabang emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By Mr..DAY
wisata di Anoi Itam, Sabang juga asih gan emoticon-Big Grin
sebelah timurnya sabang emoticon-Big Grin

KM 0 memang keren
pemandangan laut Hindianya luas banget
lega rasanya mata melihat lautan luas emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

nantik kalo ada fieldtrip ke sabang kabar2i ya gan
pengen ikutan fieldtripnya juga

soale baru 2 kali nyebrang ke Sabang emoticon-Embarrassment


Iya Bang, penasaran daerah Anoi Hitam, kemarin langsung balik.
Waktu kemarin mepet banget.
Quote:Original Posted By PriNx
Iya Bang, penasaran daerah Anoi Hitam, kemarin langsung balik.
Waktu kemarin mepet banget.


keren tempatnya
walaupun ga sebagus dan seramai Gapang & Iboih
pesona alamnya ga kalah bagus emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

cocok buat berkemah emoticon-thumbsup:

kabari lagi bang kalo ada plan ke Sabang
kali aja bisa ikutan emoticon-Kaskus Banget
Quote:Original Posted By Mr..DAY
keren tempatnya
walaupun ga sebagus dan seramai Gapang & Iboih
pesona alamnya ga kalah bagus emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

cocok buat berkemah emoticon-thumbsup:

kabari lagi bang kalo ada plan ke Sabang
kali aja bisa ikutan emoticon-Kaskus Banget


wah mantap tuh kalo bisa dipake berkemah
terakhir ngemping di Sare.
Ok Bang, nanti kalo ke Sabang lagi dikabari deh
mantap neh info nya komplit gan, dari ongkos kapal smp pnginapan emoticon-Toast
cuman ada satu yg mengganjal di ane gan, kira2 kalau kita menuju sabang diakhir2 tahun kata nya lagi musim ombak2 besar sm angin kencang ya gan emoticon-Confused:
kira2 ada kapal yg berangkat gak ya? info plis gan emoticon-Request
Quote:Original Posted By veston
mantap neh info nya komplit gan, dari ongkos kapal smp pnginapan emoticon-Toast
cuman ada satu yg mengganjal di ane gan, kira2 kalau kita menuju sabang diakhir2 tahun kata nya lagi musim ombak2 besar sm angin kencang ya gan emoticon-Confused:
kira2 ada kapal yg berangkat gak ya? info plis gan emoticon-Request


Kalau keberangkatan kapal memang bergantung pada cuaca gan.
Kalau cuaca baik, pasti berangkat. Seperti kemarin 11 September 2011 pelayaran dihentikan karena cuaca buruk. Berdoa saja cuaca baik gan emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By PriNx
Kalau keberangkatan kapal memang bergantung pada cuaca gan.
Kalau cuaca baik, pasti berangkat. Seperti kemarin 11 September 2011 pelayaran dihentikan karena cuaca buruk. Berdoa saja cuaca baik gan emoticon-Angkat Beer


iya gan, smoga aja semua nya baik2 saja, Amin..
gan, ntar kalau ada trip ke sabang ajak2 ane ya emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By veston
mantap neh info nya komplit gan, dari ongkos kapal smp pnginapan emoticon-Toast
cuman ada satu yg mengganjal di ane gan, kira2 kalau kita menuju sabang diakhir2 tahun kata nya lagi musim ombak2 besar sm angin kencang ya gan emoticon-Confused:
kira2 ada kapal yg berangkat gak ya? info plis gan emoticon-Request


Biasa nya akhir tahun itu musim Angin Barat, yah lumayan lah ombak nya, klo' bisa berangkatnya pagi biasa klo' pagi keadaan laut lebih teduh.

Agan Prinx ayo ke Pasir Putih, Bango, hemm mana lagi ya ? Oh ya coba keliling Sabang by boat pasti beda banget "feel" nya jika lewat darat. lebih mannntafff...

Agan Prinx rajin banget share tentang Sabang, 2 thumps upp (ane kasih lebih jadi 4 deh, minjam jempol nya Om Prinx ya) Wakakkkkkkk....
emoticon-Ngakak jalan-jalan ke Sabang yokkkss emoticon-Ngacir2 emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By veston
iya gan, smoga aja semua nya baik2 saja, Amin..
gan, ntar kalau ada trip ke sabang ajak2 ane ya emoticon-Embarrassment



ok Om

Quote:Original Posted By ranup
Biasa nya akhir tahun itu musim Angin Barat, yah lumayan lah ombak nya, klo' bisa berangkatnya pagi biasa klo' pagi keadaan laut lebih teduh.

Agan Prinx ayo ke Pasir Putih, Bango, hemm mana lagi ya ? Oh ya coba keliling Sabang by boat pasti beda banget "feel" nya jika lewat darat. lebih mannntafff...

Agan Prinx rajin banget share tentang Sabang, 2 thumps upp (ane kasih lebih jadi 4 deh, minjam jempol nya Om Prinx ya) Wakakkkkkkk....
emoticon-Ngakak jalan-jalan ke Sabang yokkkss emoticon-Ngacir2 emoticon-thumbsup


Nanti gan kalau ada dana lagi, pengen sih ke Pulau Nasi, tapi belum dapat info yang valid emoticon-Malu (S)
×