Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010624345/bus-layang-akan-gantikan-monorel
Bus Layang Akan Gantikan Monorel
Quote:
VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan teknologi bus dengan sistem layang (elevated) untuk menggantikan teknologi monorel yang sudah dipastikan batal dilanjutkan. Rencananya, pembangunan akan dimulai awal 2012 dan ditargetkan selesai 2014.

"Haltenya di atas, penumpang naik turun pakai tangga," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono.

Menurut dia, ada empat keuntungan jika bus menjadi moda transportasi pengganti monorel. Misalnya, pemerintah daerah tak perlu membuat manajemen baru dan bisa melanjutkan manajemen Badan Layanan Usaha Transjakarta, serta meminimalisir panjang jalur transit yang harus dilalui orang.

Selain itu, sistem pengganti ini juga dapat memperluas jangkauan pelayanan jaringan sehingga bisa lebih optimal dan meringankan beban pusat kota dari pergerakan untuk singgah.

Nantinya bus layang yang akan dibangun akan menggunakan jalur melingkar (loop line). Berbeda dengan jalur bus Transjakarta saat ini yang menggunakan sistem radial (menyebar). "Karena efektifitas sistem jaringan kendaraan maupun orang apabila konfigurasi jaringan mengadopsi radial dan loop line," jelasnya.

Rencananya akan disediakan sebanyak 50 unit bus gandeng masing-masing dengan kapasitas 180 orang untuk mengantikan monorel. "Headway [jarak antar bus] kurang lebih 3 menit," kata dia.

Sedangkan untuk tarif diperkirakan berkisar Rp6.000 hingga Rp8.000, tetapi mekanisme subsidi juga akan digunakan seperti Transjakarta saat ini. Diprediksi jalur melingkar ini bisa mengangkut sekitar 45.000 penumpang per hari. "Dari analisis peramalan 20 tahun mendatang diperkirakan ada pertumbuhan signifikan mencapai 218.565 penumpang per hari pada 2035," kata dia.

Pristono menyatakan, ada 160 pilar kolom pier yang sudah dibangun untuk koridor hijau monorel dipergunakan untuk konstruksi jalan untuk bus layang ini. Saat ini sedang ada pengkajian mendalam kekuatan struktur tiang monorel.

"Untuk dua arah, pilar monorel yang diperlukan ada yang perlu ditambah kekuatan strukturnya. Yang semula dimensi 1.200x1.600 menjadi 1.600x2.00," tuturnya.

Tiang-tiang monorel ini rencananya akan dipakai membangun 16 titik halte dengan jalur melingkar. Di antaranya ada 12 titik yang akan menjadi titik transfer ke koridor lain dan stasiun kereta api.

Halte-halte yang akan dibangun di antaranya Polda, SCBD, Bank Niaga, Bunderan Senayan, Gelora Bung Karno, Plasa Senayan, Palmerah, Pejompongan, Karet, Sudirman, Setiabudi Utara, Kuningan Madya, GOR Sumantri Casablanca, Kementerian Kesehatan, Kuningan Timur, dan Satria Mandala.

Karena pembangunan monorel sudah mangkrak selama lebih dari tujuh tahun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menghentikan pembangunan monorel. Alasannya, jika diteruskan investasi yang dibutuhkan untuk mengambil alih proyek terlalu mahal.

Selama ini investasi pembangunan yang dibutuhkan menggunakan biaya dari PT Jakarta Monorel. Belum ada satu rupiah pun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) keluar untuk pembangunan moda transportasi yang masih masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah 2011-2030.

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, jika sudah berjalan biaya operasionalnya pun terlalu tinggi. "Subsidi yang diberikan bisa lebih banyak dari 13 koridor bus Transjakarta mencapai Rp400 miliar. Ini kan tidak seimbang," kata dia di Balaikota DKI Jakarta.

Guna menggantikan moda transportasi Light Rapid Transit (LRT) monorel ini, Pemerintah Provinsi memutuskan menggunakan moda Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta. "Pokoknya bus, bus layang atau apa namanya yang tidak berbasis rel," katanya.

Fauzi menambahkan di beberapa negara sebenarnya sudah ada teknologi bus yang lebih canggih bernama oban. Ada jalur khusus di mana ban akan dicantelkan dengan mesin penggerak samping. Teknologi ini lebih maju, tetapi bukan jenis ini yang akan digunakan di Indonesia.


Sumber

Kalau jadinya kaya di Cina ini bagus juga.
Spoiler for Bus layang di Cina:


Masalahnya tiang yang ada kan kecil-kecil. Harus dibesarkan lagi, bakal makan badan jalan dong, jangan-jangan cuma wacana terus batal lagi.
Spoiler for tiang monorel:
Alhamdulillah, ini yg gw impikan, transjakarta ga lewat lampu merah, ga ada yg lalu lalang manusia yg ga tau diri. jgn tiba2 ada pengendara motor muncul aja .

bus gandeng semua kalo ga salah deh

gpp kan diperbesar, pemerintah terlalu sayang yg namanya pengendara motor dan mobil. nanti tuh pemerintahnya kalo da maju , tuh motor dan mobil di anak tirikan dengan cara BBM nya dimahalin, parkir mahal
Heemm .... kita liat aja nTar gan jadinya gimana

jadi apa enggak ??
solusi bagus, asal jangan mentah di tengah jalan aja kayak monorel
memangnya kalo sistem kereta layang lebih mahal dari bus layang?saya rasa dari kapasitas penumpang yg bisa diangkut dan pemakain bahan bakar bukannya lebih hemat dgn kereta ya?juga bukannya lebih cepat dgn kereta?yg saya ga tau,dari segi perawatan apakah murahan bus?
itu adalah kebijakan pemerintah disana,

yang jadi masalah jika ada motor yang melanggar jalan disitu



busway saja, jalurnya banyak dilanggar baik motor maupun mobil
Takutnya motor, mobil atau angkot lain bisa nyasar ke jalan layang situ....
asal jangan cuma jadi wacana dan ganti gubernur ganti kebijakan kayak sekarang

keren jga cina, dipisahin, jlan layangnya khusus transportasi massal, jdi gak nyerobot yg ada.. klo bner bang kumis mo kek diatas n terbukti lbih baik lgi ane dkung deh..

asal gak omdo/wacana n gak pake lama.. kek yg ini 7taun cuma tiang doang .. inget jakarta stucknya kpan, jdi jgn makan blasan taun ye bangun gini doang ..

satu lagi jgn salah makan, pake energi murah yg terbarukan biar gak jdi beban..



Bus Layang Akan Gantikan Monorel
klo ini solusi dengan perhitungan yang benar2 mapan, kita tunggu aja jadinya 2014 klo tetep bangkar yah apa mo dikata
Quote:Original Posted By hujantelahreda
Heemm .... kita liat aja nTar gan jadinya gimana

jadi apa enggak ??


ikutan gan

kira2 jadi ga ya
Semoga nggak cuma sekedar wacana, untuk nutupin kegagalan penerapan monorel.

sehingga nggak menjadi proyek percuma yang ngabisin tenaga, dana en ngerusak lingkungan.

maju terus pak..
pinter bgt dah bikin proyek, proyek maning proyek maning. Dulu waterway keblinger, bukannya sungai nya dl d bersihin dah d taroin perahu, ujung2nya proyek gagal monorel setali tiga duit, cuma mimpi tinggi. Busway udah ga d tingkatin playanannya. Kotor, sumpek, panas, lama nunggu. Mending angkotway aja dah, metroway, kopajaway.
Quote:Original Posted By Z0mby
memangnya kalo sistem kereta layang lebih mahal dari bus layang?saya rasa dari kapasitas penumpang yg bisa diangkut dan pemakain bahan bakar bukannya lebih hemat dgn kereta ya?juga bukannya lebih cepat dgn kereta?yg saya ga tau,dari segi perawatan apakah murahan bus?


Kayanya masalah monorel itu di operasinya yang terbatas. Kalau ada masalah di satu kereta, kereta yang lain gak bisa nyalip gak seperti bus. Bus juga bisa memanjangkan trayeknya gak cuma di jalur layang doang jadi penumpangnya bisa lebih banyak.
Selain itu monorel juga butuh jaringan listrik yang prima, sedang bus bahan bakarnya bisa berbagai pilihan bisa gas, biodiesel atau BBM biasa.
semoga bukan solusi yang asal ngomong......
horeee...ada proyek monumen baru lagi
wah bagus banget tuh yg di cina bisa gak yak beneran terjadi di indonesia...
Horeee.......proyek baru..............
Sabetan baru.............................


Ntar ganti gubernur mandek lagi.........
Mubazir banget dana yg dihamburin buat monorel.... Pada ga dapet upeti yaa jaman SUtiyoso ...
bang kumis tau kalo sebentar lagi pemilhan gubernur baru DKI Jakarta,,,, jadi die pengen bikin janji-janji lagi...... busway aja pembagunannya engap-engapan gimana ini.....
gan masalahnya ane takut ketinggian gimana nih.. hiks2
×