alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010452336/share-mengamankan-file-pribadi-dengan-truecrypt
Inspiratif 
[Share] Mengamankan file pribadi dengan Truecrypt
PERHATIAN: BUKAN IKLAN BUKAN SIHIR

SEBELUM MENCOBA CARA INI, LAKUKAN BACKUP DATA PENTING ANDA, ATAU SETIDAKNYA LATIHAN DENGAN MENGGUNAKAN FILE YG TIDAK PENTING. KERUSAKAN/KEHILANGAN APAPUN TIDAK MENJADI TANGGUNG JAWAB PENULIS.

Apakah ente mempunyai file yg ter-amat sangat penting hingga membutuhkan cara khusus agar file ente tidak jatuh ke tangan yg salah?,
Spoiler for ???:

Atau apapun itu, ente membutuhkan program Truecrypt.

Ya!, Truecrypt bukan program yg hanya sekedar "menyembuyikan" suatu file/folder, namun benar-benar meng-enkripsi setiap bit data. kelemahan dari kebanyakan program yg "meyembunyikan folder" tertentu adalah bahwa folder-nya memang tersembunyi tapi itu selama programnya berjalan, jika komputer di boot dengan OS lain, atau dengan bantuan program pendeteksi file tersembunyi, maka folder yg tersembunyi tadi akan kelihatan.

:: BERANGKAT BOSS! ::

Ada banyak opsi untuk penggunaan TC, ane akan tunjukin beberapa hal dasar diantaranya. Secara garis cara kerja TC adalah menciptakan sebuah file/partisi yg akan berperan sebagai Brankas tempat file yg akan ente simpan. silahkan ente pilih salah satu dari 2 metode berikut:
Spoiler for FILE:

Spoiler for PARTISI (flashdisk, Hd external, dll):


:: CARA MEMBUKA BRANKAS ::

untuk membuka, ente membutuhkan programnya,

★ ★ jalankan TC, pilih Select File... jika sebelumnya ente menggunakan metode File, atau Select Device... jika sebelumnya ente menggunakan metode Partisi. cari dan open file/partisi TC yg sebelumnya ente buat.

★ ★ selanjutnya pilih salah satu dari sekian banyak drive letter (C: D: E: F: G:...), double klik pada salah satu-nya.

★ ★ selanjutnya masukkan password yg sebelumnya ente buat.

★ ★ jika benar, coba lihat ke dalam mycomputer/computer, akan hadir sebuah drive baru, drive inilah yg akan ente gunakan untuk menyimpan data-data ente. layaknya seperti drive lain, ente bisa jg memformat, defrag, atau yg lain-nya terhadap brankas (drive virtual) ini.

:: CARA MENUTUP BRANKAS ::

Brankas (drive virtual) ente akan tertutup secara otomatis jika ente melakukan shutdown, restart dan logoff komputer ente, atau bahkan jika tiba-tiba windows crash atau mati lampu, jadi data ente akan tetap aman walaupun sebelumnya ente telah membuka brankasnya.

untuk menutup secara manual brankasnya, pada jendela utama TC, pilih drive yg telah terpilih sebelumnya, lalu tekan Dismount. coba perikasa mycomputer, drive yg tadinya ada akan hilang, dan data ente pun akan aman.

Sekian. Opsi dan Fungsi dari Truecrypt lainnya (mungkin) segera menyusul... emoticon-Big Grin

Ngakak 
Video, Info & Tips

youtube-thumbnail


Truecrypt gratis, malahan opensource, jadi ente bisa menikmati tanpa perlu keluar uang sepeser pun. Jika punya rezeki berlebih, sebaiknya beramal dengan men-Donasi ke situs resminya, demi menghargai kerja keras para pengembangnya.

Truecrypt dibuat Multiplatform, windows, linux, mac. jadi ente bisa membuka brankas dari linux yg sebelumnya dibuat di windows. dan hal serupa lainnya.

Truecrypt tersedia baik yg Portable maupun yg di install.

Jika ente menggunakan metode file, file brankas tersebut juga akan terlihat seperti file lain pada umumnya, bisa dicopy, atau bahkan dihapus!, jadi perlakukan secara khusus file (brankas) ini. mengubah isi badan file 1 bit saja dapat menghancurkan keseluruhan isi brankas!. ente bisa me-rename file sesuka hati, atau menyamarkannya dengan memberi extensi file video, misalnya "test.avi", sehingga orang akan mengira ini video yg rusak (karena tentu saja walaupun tipe-nya AVI, ini bukan file video, player manapun pasti error)

Jika ente menggunakan metode partisi, coba lihat mycomputer/computer, akan ada sebuah drive yg seperti rusak, ditandai ketika hendak dibuka akan meminta format. tenang, itu wajar, karena partisi (yg merupakan brankas rahasia) tidak memiliki informasi yg valid tentang type filesystemnya sehingga windows menganggapnya "rusak/belum diformat". yg jadi masalah adalah jika ente/ orang lain tidak sengaja memformat partisi tadi, maka data ente akan rusak sepenuhnya!, untuk mencegah hal ini sebaiknya ente menghilangkan drive "spesial" ini dari daftar, cara nya adalah menghilangkan huruf drivenya. toh TC tidak melihat partisi melalui huruf drive-nya, melainkan melalui "layout" partisinya.

Jika ente menggunakan metode partisi, sebaiknya tidak melakukan "bedah partisi" seperti resize, buat partisi baru, dll pada partisi yg bersebelahan dengan partisi brankas ente, karena dikhawatirkan akan merusak informasi brankas yg terletak di awal dan akhir partisinya. karena bagaimanapun, partisi brankas ente "terlihat" seperti partisi yg "lagi nganggur" oleh semua program kecuali oleh program TC sendiri.

Jika ente menggunakan metode partisi, sebaiknya melakukan Backup volume header, tujuannya agar jika suatu saat nanti partisi ente tiba-tiba tidak dikenali TC sebagai partisi brankas karena suatu hal, ente bisa me-restore informasi partisi brankas ente.


Info, Tips dan kelupaan lainnya segera menyusul... emoticon-Big Grin

#

:: Tips dari agan spartacruz ::

Quote:Btw, kalo ada yg buat brangkas basis folder dan gamau foldernya diutak atik, ane saranin rubah privilege nya aja. Kalo dirubah jadi read only kebanyakan orang udah paham emoticon-Big Grin

Kalo udah dirubah privilege nya, mau delete dobel klik copy rename segala macem juga gabakal bisa emoticon-Big Grin

Tinggal klik kanan > properties > klik tab privilege(kalo ane gak salah emoticon-Hammer2) > trus rubah deh biar semua user gak bisa "akses" kecuali system emoticon-Big Grin

Ngakak 
Tambahan

.:: Hidden Volume ::.

Spoiler for Contoh Kasus:

Caranya:
★ jalankan TC, pilih Create Volume, create an encrypted file container, dan pilih Hidden TrueCrypt Volume.

★ pilih Normal mode, lalu tentukan nama dan tempat dimana file brankas akan disimpan. lalu tentukan algoritma enkripsi yg digunakan, lalu besarnya file brankas ente.

★ selanjutnya tentukan password, lalu file system apa yg akan digunakan (disarankan FAT). jika sudah, klik format. ente sudah bisa melakukan pengisi an data yg tidak penting ke dalam brankas, namun Hidden volume sebenarnya belum dibuat,klik next untuk melanjutkan.

★ lanjutkan dengan algoritma enkripsi Hidden Volume, ukuran-nya, password, dan filesystem. jika sudah klik format. Exit.

cara untuk partisi dengan Hidden Volume Kurang lebih sama.

PERHATIAN!
saat melakukan pengisian data ke Outer Volume, Hidden Volume berpotensi untuk rusak karena data yg masuk dapat menimpa (overwrite) data yg tersimpan di lokasi Hidden Volume, untuk mencegah hal ini, selalu lakukan hal ini saat mengisi data di Outer Volume:

disaat ente memasukkan password untuk membuka outervolume, sebelum menekan OK, pilih Mount Options..., lalu klik centang pilihan Protect Hidden Volume --- , lalu masukkan password untuk Hidden Volume dibawahnya. lalu klik OK, dan OK. jika benar, akan ada informasi yg keluar bahwa Hidden Volume sedang dilindungi.

.:: Mengganti Password ::.

jalankan TC, pastikan file/partisi brankas ente sedang tidak di mount (brankas sedang dibuka), klik select file.../select device... sesuai tempat brankas ente berada, klik Volume tools..., change volume password...

isikan password lama pada bagian atas, lalu password baru pada bagian bawah, klik OK, setelah itu akan ada sekumpulan angka/huruf (hex) yg gunanya adalah "seeder" hash ente nantinya, jika tidak mengerti apa ini klik saja continue, tunggu sebentar,.. (atau mungkin agak lama,.. tergantung) dan selesai.

.:: Backup Volume Header ::.

seperti yg ane bilang sebelumnya, sebaiknya menyimpan backup volume header, file ini akan diperlukan jika suatu-waktu file brankas ente tidak dikenali truecrypt karena suatu hal.

jalankan TC, pastikan file/partisi brankas ente sedang tidak di mount (brankas sedang dibuka), klik select file.../select device... sesuai tempat brankas ente berada, klik Volume tools..., backup volume header..., OK, masukkan password brankasnya.

selanjutnya pilih the volume contain a hidden volume jika brankas ente menggunakan metode Hidden Volume, jika tidak pilih the volume does not contain a hidden volume. klik yes, lalu tentukan dimana file backup di save. OK.

PERHATIAN!
saat ente mem-backup, ingat baik-baik password brankas ente, jika setelah backup ente melakukan pergantian password, maka saat ente me-restore backup nantinya, maka password nya akan kembali menjadi password saat melakukan backup, bukan lagi password yg telah ente ganti. ngerti maksudnya kan?
saya lebih suka yang file, karena kalau harddisknya diganti, atau flassh disk nya dipindah, filenya tinggal dicopy....

thanks

Ngakak 

Tambahan, yg lain segera menysul,.. emoticon-Sundul:

emoticon-Sundul Up

Alternative pakai Gizmo

Kadang repot juga kalau kita ga mau 1 partisi di encript

alternatifnya pakai gizmo, kita bisa bikin virtual HD dengan ekstensi .gdrive terserah mau ukuran berapa

terus pilih encript, masukkan password

mount dengan gizmo dan pindah file yang mau diamankan ke virtual hd

saran ane bikin file virtual hd sesuai kategori file

ini linknya

http://arainia.com/software/gizmo/download.html
meluncur ke tekape Gan, izin sedott dulu emoticon-Ngacir
nice share Gan
Quote:Original Posted By meong87
PERHATIAN: BUKAN IKLAN BUKAN SIHIR

SEBELUM MENCOBA CARA INI, LAKUKAN BACKUP DATA PENTING ANDA, ATAU SETIDAKNYA LATIHAN DENGAN MENGGUNAKAN FILE YG TIDAK PENTING. KERUSAKAN/KEHILANGAN APAPUN TIDAK MENJADI TANGGUNG JAWAB PENULIS.

Apakah ente mempunyai file yg ter-amat sangat penting hingga membutuhkan cara khusus agar file ente tidak jatuh ke tangan yg salah?,

Spoiler for ???:

Atau apapun itu, ente membutuhkan program Truecrypt.

Ya!, Truecrypt bukan program yg hanya sekedar "menyembuyikan" suatu file/folder, namun benar-benar meng-enkripsi setiap bit data. kelemahan dari kebanyakan program yg "meyembunyikan folder" tertentu adalah bahwa folder-nya memang tersembunyi tapi itu selama programnya berjalan, jika komputer di boot dengan OS lain, atau dengan bantuan program pendeteksi file tersembunyi, maka folder yg tersembunyi tadi akan kelihatan.

BERANGKAT BOSS!

Ada banyak opsi untuk penggunaan TC, ane akan tunjukin beberapa hal dasar diantaranya. Secara garis cara kerja TC adalah menciptakan sebuah file/partisi yg akan berperan sebagai Brankas tempat file yg akan ente simpan. silahkan ente pilih salah satu dari 2 metode berikut:

Spoiler for FILE:


Spoiler for PARTISI (flashdisk, Hd external, dll):


CARA MEMBUKA BRANKAS

untuk membuka, ente membutuhkan programnya, jalankan TC, pilih Select File... jika sebelumnya ente menggunakan metode File, atau Select Device... jika sebelumnya ente menggunakan metode Partisi. cari dan open file/partisi TC yg sebelumnya ente buat.

selanjutnya pilih salah satu dari sekian banyak drive letter (C: D: E: F: G:...), double klik pada salah satu-nya.

selanjutnya masukkan password yg sebelumnya ente buat.

jika benar, coba lihat ke dalam mycomputer/computer, akan hadir sebuah drive baru, drive inilah yg akan ente gunakan untuk menyimpan data-data ente. layaknya seperti drive lain, ente bisa jg memformat, defrag, atau yg lain-nya terhadap brankas (drive virtual) ini.

CARA MENUTUP BRANKAS

Brankas (drive virtual) ente akan tertutup secara otomatis jika ente melakukan shutdown, restart dan logoff komputer ente, atau bahkan jika tiba-tiba windows crash atau mati lampu, jadi data ente akan tetap aman walaupun sebelumnya ente telah membuka brankasnya.

untuk menutup secara manual brankasnya, pada jendela utama TC, pilih drive yg telah terpilih sebelumnya, lalu tekan Dismount. coba perikasa mycomputer, drive yg tadinya ada akan hilang, dan data ente pun akan aman.

Sekian. Opsi dan Fungsi dari Truecrypt lainnya (mungkin) segera menyusul... emoticon-Big Grin

emoticon-I Love Indonesia

Bagi-bagi ilmu ane yg laen ada disini gan
http://www.kaskus.co.id/search.php?d...&starteronly=1


Quote:Original Posted By meong87
Truecrypt gratis, malahan opensource, jadi ente bisa menikmati tanpa perlu keluar uang sepeser pun. Jika punya rezeki berlebih, sebaiknya beramal dengan men-Donasi ke situs resminya, demi menghargai kerja keras para pengembangnya.

Truecrypt dibuat Multiplatform, windows, linux, mac. jadi ente bisa membuka brankas dari linux yg sebelumnya dibuat di windows. dan hal serupa lainnya.

Truecrypt tersedia baik yg Portable maupun yg di install.

Jika ente menggunakan metode file, file brankas tersebut juga akan terlihat seperti file lain pada umumnya, bisa dicopy, atau bahkan dihapus!, jadi perlakukan secara khusus file (brankas) ini. mengubah isi badan file 1 bit saja dapat menghancurkan keseluruhan isi brankas!. ente bisa me-rename file sesuka hati, atau menyamarkannya dengan memberi extensi file video, misalnya "test.avi", sehingga orang akan mengira ini video yg rusak (karena tentu saja walaupun tipe-nya AVI, ini bukan file video, player manapun pasti error)

Jika ente menggunakan metode partisi, coba lihat mycomputer/computer, akan ada sebuah drive yg seperti rusak, ditandai ketika hendak dibuka akan meminta format. tenang, itu wajar, karena partisi (yg merupakan brankas rahasia) tidak memiliki informasi yg valid tentang type filesystemnya sehingga windows menganggapnya "rusak/belum diformat". yg jadi masalah adalah jika ente/ orang lain tidak sengaja memformat partisi tadi, maka data ente akan rusak sepenuhnya!, untuk mencegah hal ini sebaiknya ente menghilangkan drive "spesial" ini dari daftar, cara nya adalah menghilangkan huruf drivenya. toh TC tidak melihat partisi melalui huruf drive-nya, melainkan melalui "layout" partisinya.

Jika ente menggunakan metode partisi, sebaiknya tidak melakukan "bedah partisi" seperti resize, buat partisi baru, dll pada partisi yg bersebelahan dengan partisi brankas ente, karena dikhawatirkan akan merusak informasi brankas yg terletak di awal dan akhir partisinya. karena bagaimanapun, partisi brankas ente "terlihat" seperti partisi yg "lagi nganggur" oleh semua program kecuali oleh program TC sendiri.

Jika ente menggunakan metode partisi, sebaiknya melakukan Backup volume header, tujuannya agar jika suatu saat nanti partisi ente tiba-tiba tidak dikenali TC sebagai partisi brankas karena suatu hal, ente bisa me-restore informasi partisi brankas ente.


Info, Tips dan kelupaan lainnya segera menyusul... emoticon-Big Grin


lebih banyak kerugian menggunakan enkripsi selain dapat memenuhi isi harddisk jika file backup-annya rusak maka nggak bisa didecrypt lagi...

Use for your own risk = gunakan dan tanggung sendiri akibatnya...
sebenarnya mau nyoba juga tapi masih seram emoticon-Takut (S)
ini bisa bikin banyak password dalam 1 hardisk gak? misalnya kita bikin password utk folder A,B,C...gitu, dengan password yg berbeda
ternyata masih ada trit ane yg "selamat" dari migrasi kaskus emoticon-Big Grin,

Quote:Original Posted By monoarchi


lebih banyak kerugian menggunakan enkripsi selain dapat memenuhi isi harddisk jika file backup-annya rusak maka nggak bisa didecrypt lagi...

Use for your own risk = gunakan dan tanggung sendiri akibatnya...


emoticon-Nohope duh gan, jng di quote tritnya bulat2, jadi panjang scrolling nya...

yg namanya resiko pasti ada. ente nyimpan uang di bank atau di lemari baju sama2 beresiko.

Quote:Original Posted By kumbang.malam
sebenarnya mau nyoba juga tapi masih seram emoticon-Takut (S)
ini bisa bikin banyak password dalam 1 hardisk gak? misalnya kita bikin password utk folder A,B,C...gitu, dengan password yg berbeda


TC bukan program kayak gitu gan, gak bisa mem-password folder. cara kerja TC dengan membuat "wadah" tempat file yg mau diamankan.

kalo takut, kan bisa di coba pake file yg gak penting dulu.
mau tanya lagi nih...di google ane juga blm nemu jawabannya:

-misalnya kita udah bikin brankas dgn type file/folder...tapi suatu saat kita mau ubah ke type partisi (mau bikin partisi sbg brankas),,bisa gak?

-ini kan utk buka brankas,harus ada program TC yg udah diinstal,,,
gimana kalau besok2 TC update versi..apakah bisa utk membuka brangkas yg kita bikin menggunakan program TC versi sebelumnya/beda versi?

-mengubah isi badan file 1 bit saja dapat menghancurkan keseluruhan isi brankas! << ini maksudnya gimana gan? gak boleh mengedit file yg ada dalam brankas tsb??

kalau diliat2,,,type partisi lebih banyak "pantangannya" ya,,,,kalau besok2 kelupaan ngilangin drive spesialnya n malah terklik format,bisa musnah semua atau malah terbikin partisi baru emoticon-Ngakak (S)
-cara ngilangin drive brankas dari daftar tsb gimana gan? emoticon-Malu

sorry banyak tanya...hehehe emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By kumbang.malam
mau tanya lagi nih...di google ane juga blm nemu jawabannya:
sorry banyak tanya...hehehe emoticon-Sorry


gpp banyak nanya emoticon-Big Grin pepatah mengatakan, "malu bertanya, sesat di akhirat" emoticon-Big Grin

1. secara langsung gak bisa. ente harus memindahkan datanya secara manual dulu kalo mau di pindah ke tipe partisi.

2. aman kok, kalo ada update TC terbaru pasti langsung ane install, gak pernah ada masalah sama brankas ane yg tipe partisi yg ane buat 3 taon yg lalu. (malah ane udah lupa dulu buat nya pake versi berapa emoticon-Big Grin)

3. bukan isi nya. kalo isinya di ubah gak ada masalah sama sekali. tapi Badan brankasnya. misalnya ente buat yg tipe file ukuran 100 MB, trus ente kurang kerjaan file brankas yg 100MB ini ente edit. dijamin rusak isinya. oya, me"rename" file brankas tidak masalah, rename tidak mengubah badan brankas.

4. mau ngilangin drive? ketik diskmgmt.msc di menu run. klik kanan partisi yg mau di ilangin, pilih change drive letter..., pilih remove , yes. ok.

latihan aja dulu pake file yg gak penting, kalo udah terbiasa baru di "seriuskan" emoticon-Big Grin ane udah pake dari jamannya xp gak pernah bermasalah. emoticon-Big Grin
sip ne buat kondom para kolektor
ijin sedot gan
waktu mau bikin brankas,,setelah isi passwor,muncul ginian,maksusdnya gimana tuh n pilih apa bagusnya? yes atau no? emoticon-Malu (S)
Spoiler for trycyp:
Quote:Original Posted By KamenRider123
waktu mau bikin brankas,,setelah isi passwor,muncul ginian,maksusdnya gimana tuh n pilih apa bagusnya? yes atau no? emoticon-Malu (S)
Spoiler for trycyp:


YES aja, biasanya ane selalu yes.
sukses juga prakteknya dgn drive percobaan...
tapi setelah semua selesai,ada file yg tertinggal di drive tempat kita memformat drivet tsb..itu boleh dihapus gak? soalnya pasti akan mengundang kecurigaan orang emoticon-Ngakak
Spoiler for try22:
Quote:Original Posted By KamenRider123
sukses juga prakteknya dgn drive percobaan...
tapi setelah semua selesai,ada file yg tertinggal di drive tempat kita memformat drivet tsb..itu boleh dihapus gak? soalnya pasti akan mengundang kecurigaan orang emoticon-Ngakak
Spoiler for try22:


maaf, dr tadi ane mikirin maksud ente kok gak ngerti ya... emoticon-Big Grin mungkin karena laper nih emoticon-Big Grin

file yg ente maksud itu apa ya??? setau ane gak ada file yg tertinggal... emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By meong87


maaf, dr tadi ane mikirin maksud ente kok gak ngerti ya... emoticon-Big Grin mungkin karena laper nih emoticon-Big Grin

file yg ente maksud itu apa ya??? setau ane gak ada file yg tertinggal... emoticon-Bingung (S)


mungkin itu yg disebut file badan brankas ya emoticon-Ngakak (S)
barusan ane delete,ternyata brankasnya juga hilang dan ukuran drive kembali seperti semulaemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By KamenRider123


mungkin itu yg disebut file badan brankas ya emoticon-Ngakak (S)
barusan ane delete,ternyata brankasnya juga hilang dan ukuran drive kembali seperti semulaemoticon-Ngakak


ooo, itu toh, ane kira apaan emoticon-Big Grin

ya itu file brankas ente, isi file rahasia ente sebenarnya didalam file tadi, supaya bentuknya gak mencurigakan, ente bisa kok menyamarkan jadi file video misalnya. tinggal tambah .avi aja dibelakang namanya emoticon-Big Grin tapi jng harap bisa diputar, kan bukan video emoticon-Big Grin
Gan, kalau kita instal TC Nya di drive C dan brankasNya ngambil dari drive C trus kita instal ulang windows apakah nanti brankasNya lenyap terformat.