alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010187890/update-ask-the-coach-teori-perbasketan-fundamental-drill2-dsb
[UPDATE] Ask the Coach :Teori Perbasketan, Fundamental, Drill2 dsb.
Salam Olahraga

Setelah konsultasi dengan momod wallner, ane mencoba merapihkan, dan membuat lagi trit tentang segala teori2 perbasketan, dr mulai filosofi, fundamental, drill2 dan sebagainya, so di trit ini agan2 semua bisa menanyakan segala sesuatu kaya agan bertanya kepada pelatih agan, tentunya yang berkaitan dengan basket dan latihannya ya.

Oke deh sebelum dibuka lapaknya ane kasih index dulu sebagian kumpulan2 trit2 yang berhubungan dengan trit ini :

Basketball Forum Rules
Teori tentang posisi pemain
Tips and Trick Basketball
Cedera di permainan basket
Peraturan Basket-FIBA.com

INDEX isi trit

"I learned my basketball on the playgrounds of Brooklyn. Today, being a playground player is an insult. It means all you want to do is go one-on-one, it means your fundamentals stink and you don't understand the game. But the playgrounds I knew were tremendous training grounds." Lenny Wilkens

" Fundamental tidak sama dengan Skill, Skill dinilai pada saat melakukan Fundamental ketika ada musuh ". Danny Kosasih

Spoiler for PERHATIAN-PERHATIAN:


Spoiler for basketball court:


Filosofi Basketball :

Quote:
  1. Bolabasket adalah olahraga permainan tim, tanpa bermain sebagai tim, tim agan bisa sih memenangkan pertandingan, tapi g akan bisa untuk jadi juara.
  2. Bolabasket adalah olahraga tercepat kedua setelah hoki, artinya butuh fisik yang bagus dibandingkan olahraga lainnya, ada lari nya, ada loncatnya, ada agility nya. Kekuatan tangan, kaki, tubuh sangat diperlukan, jadi intinya seluruh bagian tubuh mesti diperkuat. Fisik no satu gan.
  3. Bolabasket adalah olahraga yang mengeluarkan kalori terbesar kedua setelah olahraga lari, kalori yang terbakar rata2 680/jam, itu juga kalau bener2 bermain basketnya, kalau yg pengen langsing ya bermain basket lah. jadi balik lagi ke fisik ya, gizi dan istirahat juga penting.
  4. Bolabasket adalah olahraga yang pasti selalu ada body contact alias persinggungan tubuh, lo g bisa manja kalau bermain basket, mesti berani ber-adu fisik, jangan lemah, mesti bermain keras (tidak kasar) atau bermain hustle, tidak ada ampun pokonya deh.
  5. Di olahraga bolabasket defense atau pertahanan tim adalah yang paling utama, defense tim yang bagus bisa mengantarkan tim juara, dan tim juara latihannya pasti selalu menitikbertakan pertahanan dibandingkan penyerangan tim.
  6. Setiap tim bolabasket punya karakter yang berbeda, setiap tim mesti menemukan karakternya masing2, individu itu tidak penting, yang paling penting ya tim nya itu sendiri.
  7. Latihan bolabasket hampir sama dengan olahraga lainnya, filosofinya, ya untuk menciptakan sebuah habits, kebiasaan, tanpa kebiasaan hal apapun tidak akan bisa dilakukan dengan baik dan sempurna, 6 x mencoba artinya orang itu baru tau, 60 x mencoba orang itu baru mengetahui, 600 x mencoba orang itu baru mengerti, butuh ribuan x orang bisa melakukan sesuatu hingga menjadi kebiasaan, so jangan banyak mengeluh dgn latihan, untuk juara itu butuh proses.
  8. Sebuah tim basket akan menjadi besar jika unsur2 didalamnya bekerjasama sesuai dengan fungsi2nya masing, tim kepelatihan, manajemen, dan pemainnya itu sendiri. Komunikasi, respect, tanggungjawab, disiplin dan visi misi yang sama, itu lah kunci keberhasilan sebuah tim. Semua orang mempunyai kekurangan, semua orang pasti melakukan kesalahan di dalam tim, kesalahan itu bukan kegagalan, semakin tim memperbaiki kesalahannya, tim itu akan menjadi kuat.
  9. Basket tidak melulu soal kemenangan, ini tentang sebuah karakter, perjuangan, dan hati lo sendiri. Respect yourself, and people will respect on you.



Fundamental Basketball

Quote:
  1. Basic Body Control, yang meliputi footwork, stance, pivot dsb.
  2. Moving without the ball (pergerakan tanpa bola) atau off the ball. Sedikit penjelasannya, di olahraga bolabasket dari 10 orang pemain di lapangan, hanya 1 orang yang pegang bola, alias on the ball, 80 persen kebanyakn off the ball, dari 40 menit waktu permainan, rata2 bola dipegang hanya 4 menit, 36 menit sisanya tanpa bola. so ini fundamental coy, g kalah pentingnya dgn bagian yang lain. Salah satu kunci dari permainan bolabasket ya pergerakan tanpa bola pemain tim tersebut.
  3. Ballhandling a.k.a kemampuan menguasai bola bundar yang berwarna orange itu, seberapa dekat lo kenal ama bola, seberapa sayang lo ama bola, sehingga bola itu pengen nempel terus di tangan, selalu bisa dikuasai, dari mulai struktur bolanya, pergerakannya, berat dan bobot dsb.
  4. Passing & Catching, 2 hal kata kerja, passing dalam bahasa indonesia ya mengumpan, dan catching dalam bahsa indonesia ya menerima, passing g bakalan sempurna kalau g ada yang menerima, kebanyakan pemain basket jago dan sudah hapal tentang maasalah passing, tapi sebenarnya dasar nya yg sempurna yaitu passing & catching, mesti selalu ada 2 orang yg bekerja untuk melakukan hal ini, good passing but bad catching ya percuma, atau sebaliknya.
  5. Dribling, drible sebenarnya fundamental yang paling dasar sekali, orang paling seneng bermain basket awalnya karena drible, memantul2kan bola ke lapangan, meskipun di dalam permainan sesungguhnya, tanpa banyak drible pun sebuah tim bisa membuat skor, bahkan tanpa melakukan drible sekalipun, walaupun begitu dribling adalah fundamental yang sangat penting, kiri kanan mesti jalan ya.
  6. Shooting merupakan fundamental yang sangat susah, susah masuk soalnya, susah dapat ruang kosong juga si, orang yang mau shooting pasti selalu dijaga, dr mulai yg paling gampang yaitu lay up shooting, under basket, medium shoot, 3 point shoot, bahkan free throw aja susahnya minta ampun, padahal cuma melakukan gerakan mengayun bola oleh satu tangan. bahkan seorang Jordan pun telah gagal ribuan x shootingnya.
  7. Rebounding, bukan meluruskan rambut ya, teorinya, karena yang namanya shooting pemain g pernah selalu masuk, pasti selalu ada bola yang mesti di rebound, nah ada fundamentalnya sendiri masalah rebounding itu, tidak sekedar loncat menerima bola yang memantul saja.
  8. Defense, nah ini yang paling penting, fundamental yang g gampang, dan merupakan kunci dari kekuatan sebuah tim, dasar defense sebenarnya ya man to man, sedangakn zone defense itu sudah tahap advance, kebanyakan orang belajar dr zone defense dulu, kemudian ke man to man defense, jadinya membingungkan.
  9. Offense, sebenarnya sebuah kesatuan dari fundamental no 1 sampai 7 si, penjelasannya juga ya itu2 juga, tambah dikit si.
  10. Transisi Offense to Defense, bahasa halusnya, cara bermain setelah kita gagal/berhasil setelah melakukan penyerangan (offense), ini bukan fundamental lag sii, tapi gpp dimasukin ke fundamental lah, supaya tetep jadi kesatuan.
  11. Transisi Defense to Offense, nah ini kebalikannya dari no 10, cara bagimana kita cepat dan reaktif setelah defense kemudian menjadi offense.


dimohon untuk sesepuh untuk ikut membantu ya, ya barangakali mau upload2 video durasi pendek tentang latihan basket.

akhir kata, semoga basket indonesia makin maju, ane jg msih beljar, kalau prakteknya g jago, ya belajar aja dulu teorinya, belajar itu penting.

TOLONG DI RATE 5 YA


Berlanjut ke post #2
Basic Body Control

Apakah itu body control, body control adalah penguasaan tubuh.

Body control itu sendiri meliputi banyak hal, seperti footwork (cara kerja kaki) atau stance (posisi tubuh-tumpuan berat badan).nih lo penjelasannya :
  1. Stance kita di olahraga basket kebanyakannya lutut ditekuk, baik saat offense,maupun saat defense, kaki dilebarkan, tidak menempel kaya baris berbaris, makanya di basket lutut itu sangat penting, otot paha juga.
  2. Footwork, nah kalau footwork itu lebih komplek, ada footwork untuk defense, ada footwork untuk offense, namun dasar stance nya ya seperti yang diterangkan diatas.

  • Pivot : footwork pada saat offense (on the ball), tumpuan pada satu kaki, ada 2 jenis pivot, yang pertama; tumpuan kaki di depan (back pivot), yang kedua ; tumpuan kaki di belakang (front pivot). setiap melakukan pivot, posisi lawan mesti selalu di depan kita, kenapa g boleh membelakangi lawan, karena jika kita membelakangi lawan, kita g pernah tau pergerakan lawan, malah lawan yang keenakan bisa mengontrol pergerakan kita. Kuncinya yaitu kita mesti bisa mengontrol pergerkan lawan.
  • Two step stop : footwork pada saat offense maupun defense, yaitu salah satu cara mengehentikan pergerakan badan kita, caranya ya 2 langkah (2 step) yaitu ; 1, 2 and stop, untuk defense lebih baiknya menggunakan starter step.
  • Jump stop : adalah loncat kemudian berhenti, footwork pd saat offense, salah satu cara untuk menghentikan pergerakan badan kita, langkahnya, jump and stop.
  • Shufle move : footwork pada saat defense, ada 3 hal yang benar mesti dilakukan pd saat shufle move, lead foot first, push step dan back step, lead foot first artinya, kaki pertama yang bergerak adalah kaki yang searah dengan arah bola, analoginya, jika bola bergerak ke arah kiri, maka kaki kiri yang melangkah pertama, bukan kaki kanan, dan kebalikannya. Push step artinya langkah menuju arah pergerakan lawan, menutup pergerakan lawan, hati2 dengan blocking foul, karena push step legal jika kita masih memberikan ruang buat musuh untuk merubah arah pergerakan (sepersekian detik). Back step, artinya melangkah ke belakang agar bisa mengejar langkah musuh. Di basket langkah atau step itu penting, kalah step artinya kalah dalam mengambil posisi yang bagus, dan memberikan ruang untuk musuh. sebaiknya kita selalu mengarahkan pergerakan pemain, karena dengan kita mengarahkan musuh, maka pilihan pergerakn musuh hanya menjadi 1 arah, dari sebelumnya 2 arah, kiri badan kita atau kanan badan kita.
  • Triple threat : dasar untuk body balance banget ni, kita mesti berpikir cepat pada saat defense maupun offense, triple threat artinya jika pemain belum melakukan drible dan memegang bola, selalu ada 3 ancaman, yg pertama, pemain itu akan melakukan drible dan drive, yang kedua pemain itu akan melakukan shooting, yang ketiga pemain itu akan melakukan passing, jika kalian menjadi pemain offense kalian lah penguasa pergerakan itu, kalian lah yang semestinya mendominasi pergerakan, krna keputusan ada di tangan pemain offense, ada 3 kemungkinan lo, dan sebelum kalian melakukan gerakan sesungguhnya kalina bisa melakuan jab, fake, quick pivot dsb, dan jika kalian menjadi pemain defense, kalian mesti sadar, si pemain punya 3 kemungkinan, so dari 3 itu kalian mesti mengurangi kemungkinan2 itu, stop shooting artinya pemain defense mengurangi 1 kemungkinan dr ancaman pemain offense tersebut, kemungkinan yg tersisa ya drible atau passing, dan begitu juga jika kalian melakukan stop passing, pemain offense melakukan ancamannya cm jd 2 kemungkinan, bagimana jika kalian berlima dlm 1 tim melakukan kerjasama untuk menutupi triple threat tersebut, istilah kerennya kalian nantinya melakukan good defense.


Spoiler for "stance":


Spoiler for "triple threat":


Spoiler for "front privot, back pivot":


Spoiler for "jump stop-two step stop":
Moving Without The Ball

Moving Without The Ball = bergerak tanpa bola dengan tujuan bermacam2. Hal ini penting karena hanya 20 persen bola itu dipegang (on the ball) selama pertandingan, dan sisanya 80 persen adalah off the ball, pada saat permainan dari 5 orang pemain offense, 4 orang off the ball, dan 1 orang on the ball, dari 40 menit waktu pertandingan, rata2 off the ball nya 36 menit dan on the ball nya 4 menit, jadi moving without the ball itu lebih penting dibandingkan moving with the ball.

Apakah itu moving without the ball ?? :

  • Create a space, artinya membuat suatu ruang/celah agar posisi kita menguntungkan, supaya kita enak untuk mendapatkan operan atau passing dari teman, pada saat pertandingan ada yang susah kan buat dapatin bola karena posisi kita dijaga terus oleh lawan, nah hal ini terjadi karena pergerakan kita tidak efektif, create a space itu bukan berarti lari dan lari saja sampai kita mempunyai ruang, create a space itu ada dasar2nya.


  1. Cutting (memotong), yaitu gerakan tanpa bola untuk membuat ruang dengan cara memotong bagian lapangan, jadi jika daerah offense itu seperti sebuah kue, maka gerakan cutting itu seolah2 seperti gerakan pisau yang memotong suatu bagian kue, cutting itu ada L-Cut, ada V- cut, ada Back cut, dan ada flash cut, cutting yang benar kuncinya terletak pada perpindahan arah pergerakan yang tiba2, mata selalu tertuju pada bola, dan pergerakan selalu mengontrol pergerakan pemain defense.
  2. Back door, pergerakan pemain offense pada saat pemain defense lengah untuk mengontrol posisi kita, back door yaitu bergerak ke sisi bagian belakang tubuh pemain defense.
  3. Overload ( lebih-menumpuk pemain), biasanya dilakukan pada saat musuh menggunakn zone defense baik itu 2-1-2, 1-2-2, ataupun 3-2, overload intinya adalah pergerakan untuk membuat suatu ruang, dimana pemain offense ditumpukkan di suatu sisi, dengan demikian jumlah pemain offense di sisi itu lebih banyak dr jumlah pemain defense.




  • Screen, adalah gerakan menutup/memblok/menghalangi pergerakan lawan supaya teman kita bisa dapat ruang kosong, atau menjadi longgar penjagaannya. Dasarnya yang namanya screen itu ada 2 macam, dan dari 2 macam itu dibagi2 lagi, berikut penjelasannya :


On the ball screen, artinya kita melakukan screen pada orang yang memegang bola, ada 2 unit offense moving without the ball pada on the ball screen.
  1. Pick and Roll, banyak yang ngerti kan dengan pick & roll, atau masih banyak yang belum ngerti ?, pick and roll penjelasan dengan kata2nya adalah, suatu gerakan screen untuk menutup pemain defense yang menjaga pemain yang memegang bola, pada saat pemain yang memegang bola melewati kita dan pemain bertahannya terhalang oleh kita, pemain yang melakukan screen melakukan gerakan memutar untuk meminta bola, g peduli bola itu dikasih atau tidak, gerakan pick and roll kuncinya terletak pada 2 hal, screen/pick dan roll/memutar.
  2. Pop and Out, perbedaan pick and roll dengan pop and out adalah digerakan setelah melakukan screen nya, pemain yang melakukan screen pada pemain yang memegang bola, setelah pemain yang memegang bola itu lewat, pemain screen melakukan gerakan out, menjauh dari pemain on the ball, biasanya bergerak keluar area 3 point, intinya pemain yang melakukan screen itu bergerak ke arah weak side, supaya pemain yang lain tidak memperhatikan posisinya.


Off the ball screen, artinya kita melakukan screen pada orang yang sama2 off the ball, atau tidak memegang bola, jadi kalau ada 5 pemain offense, 1 pemain memegang bola, nah off the ball screen itu yaitu screen diantar 4 orang yang tidak memegang bola. Off the ball screen dasarnya ada 7 gerakan :

  • Down screen,artinya adalah melakukan screen pada orang yang bermain di low post, misalnya pemain yang berada di posisi wing (sayap, daerah 3 point) melakukan pergerakan screen ke bawah (down) ke posisi low post, supaya pemain low post yang sama2 off the ball bisa keluar dari penjagaan dan membuat ruang kosong untuk menerima bola.
  • Back screen, screen yang biasa dilakukan, back screen artinya melakukan screen pada pemain off the ball juga, dimana pemain defense yang menjaganya tidak mengetahui screen tersebut, jadi back screen dilakukan dari posisi bawah menuju posisi point (parameter luar 3 point).
  • Cross screen, screen yang dilakukan diantara posisi yang berbeda antara di sisi kiri dan kanan, bisanya dilakukan diantara 2 pemain low post, jadi jika down screen dari atas ke bawah, back screen dari bawah ke atas, nah cross screen yaitu dari kiri ke kanan, atau dari kanan ke kiri.
  • Curl screen, screen dilakukan secara berputar, maksudnya pemain yang di screen melakukan putaran ke pemain yang melakukan screen, misalnya si A pemain yang akan di screen, nah si B yang melakukan screen diam berdiri dengan posisi screen, sedangkan si A berlari memutar (curl) mengintari si B.
  • Double screen, screen yang dilakukan oleh 2 pemain secara bersamaan untuk menutup 1 pemain defense, biasanya ada pemain defense yang bagus dalam man to man, nah untuk mengakali nya supaya pemain yang dijaga itu bisa lewat dan mendapatkan ruang, maka dilakukan double screen.
  • Multiple screen, definisinya yaitu screen yang bertahap, pada saat pertandingan, pemain yang akan keluar dari penjagaan di screen oleh 2 orang secara bertahap, pertama oleh orang pertama, dan kedua oleh screener kedua nya. setelah di screen oleh orang pertama, orang yang telah di screen itu di screen lagi oleh screener kedua, tujuannya untuk memberikan ruang kosong yang lebih enak atau open space (ruang kosong not bangku kosong).
  • Screen to screener, artinya melakukan screen kepada orang yang telah melakukan screen. ngerti kan ??


untuk masalah screener dasar nya segitu, nanti saya kasih gambarannya deh, pada saat melakukan screen itu ada hal yang penting yang mesti dilakukan sebagai dasar gerakan, yang pertama pemain yang melakukan screen tidak melakukan gerakan tambahan sehingga menyebabkan foul jadi stance nya juga mesti bener dan kuat , yang kedua pemain yang melakukan screen mesti melakukan kode atau komunikasi sebagai petunjuk bagi pemain yang akan di screen, hal ini biasanya dilakukan dengan gerakan mengangkat tangan, mengangkat tangan kiri, artinya pemain screen akan menutup pergerakan defense di sebelah kiri, dan juga sebaliknya, jadi sebelum screen dilakukan pemain yang di screen sudah tau mesti gerak ke sebelah mana, jadi tidak bingung dan pergeraknnya bisa lebih cepat, namun pemain yang di screen juga mesti punya timing yang tepat kapan saat mulai bergerak, tidak terlalu cepat juga (pemain screen belum melakukan stance malah sudah lari), dan juga tidak lambat, yang ketiga, screen itu akan sempurna jika pergerakan pemain yang di screen benar2 antara shoulder to shoulder (bahu dan bahu) dengan pemain screen, jika pergerakan pemain yang di screen terlalu melebar dengan pemain screen, maka jarak itu lah yang akan menyebabkan pemain lawan bisa melewati screen. ingat ya, shoulder to shoulder.
Spoiler for cutting:


Spoiler for pick & roll:


Spoiler for pop & out:


Spoiler for down screen:


Spoiler for back screen:


Spoiler for cross screen:
mantab nih....
nice sharing....tanpa fundamental yang bener ga akan bener seterusnya

IMHO+CMIIW
Quote:Original Posted By b460r
mantab nih....
nice sharing....tanpa fundamental yang bener ga akan bener seterusnya

IMHO+CMIIW


thx bro, dimohon ikut membantu jg, ikut share jg bro, semakin bnyk nara sumber smkin bagus. emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

fundamental penting banget bro, semestinya sebagian yg saya share ini mulai dipelajarinya sejak SMP, atau bahkan umur 9-12 thn (mini basketball).
Quote:Original Posted By indraolef
thx bro, dimohon ikut membantu jg, ikut share jg bro, semakin bnyk nara sumber smkin bagus. emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

fundamental penting banget bro, semestinya sebagian yg saya share ini mulai dipelajarinya sejak SMP, atau bahkan umur 9-12 thn (mini basketball).


ane coba bantu sebisanya....sambil ngubek2 dus di kamar dulu emoticon-Big Grin
waktu itu pernah minta hard copy buku2 fundamental gitu dari pelatih ane pas kuliah...cuma pas pindahan ga tau tuh pada kemana bukunya emoticon-Hammer2

fundamental sih bagusnya dari usia 9-12 thn...tapi ga ada kata terlambat ...IMHO
makasih agan buat infonya.. emoticon-Big Grin
nanti ane kasih pertanyaan buat agan
Mantap ni trit.. Ane bisa belajar bnyk.. Update trs gan..
emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By b460r
ane coba bantu sebisanya....sambil ngubek2 dus di kamar dulu emoticon-Big Grin
waktu itu pernah minta hard copy buku2 fundamental gitu dari pelatih ane pas kuliah...cuma pas pindahan ga tau tuh pada kemana bukunya emoticon-Hammer2

fundamental sih bagusnya dari usia 9-12 thn...tapi ga ada kata terlambat ...IMHO


bukunya bahasa inggris ya gan?, sekarang udah banyak video nya gan, tapi tetep ane masih gaptek buat nge share nya maklum angkatan pager, yg jual cd/dvd kaya gt jg udah banyak. CMIIW

untuk usia 8-12 thn emang mesti diajarkan fundamental, tapi metode pengajarannya berbeda dgn anak smp/sma, mrka lebih cenderung diajarkan fun/hiburan nya, bahkan ukuran tinggi ring aja di pendekin, bola nya lebih kecil, asal mereka senang dulu deh buat maen basket untuk seumuran segitu, aturan pun dilonggarin, dan kalau ada kompetisi antar SD, aturan FIBA sebenarnya mewajibkan tim penggunaan man to man defense, bayangin jika anak seumur gitu penjagaannya zone defense 2-1-2, yang ada shotnya mesti jarak jauh mulu, dan otomatis banyak g nyampe shootingnya nya dibandingin nyampe nya, ngerusak fundamental shooting jadinya tuh.

Quote:Original Posted By Basketupat100
makasih agan buat infonya.. emoticon-Big Grin
nanti ane kasih pertanyaan buat agan


iya gan sama2, ane jg masih tahap belajar ko, silahkan aja gan tanya2, barangkali saya bisa jawab, kalau g bisa jawab, ane nanti tanya orang yg bisa jawab aja emoticon-Hammer (S)


Quote:Original Posted By Evan Palay
Mantap ni trit.. Ane bisa belajar bnyk.. Update trs gan..
emoticon-Rate 5 Star


iya gan diusahain bisa update trus, kalau materi si banyak, mudah2an waktu ane jg banyak, pantengin aja gan ni trit, kalau punya ilmu, pengalaman, atau hal baru bisa dibagi jg gan disini, sama2 belajar juga.
Spoiler for curl screen:


Spoiler for double screen:


Spoiler for multiple screen:


Spoiler for screen to screener:
Pick & Roll

[youtube]8-8yJJq_Ass&feature=related[/youtube]

[youtube]RgfhuohKTvc&feature=related[/youtube]
nambahin info dikit aja..emoticon-Big Grin
itu multiple screen biasa juga disebut double stagger yang berguna banget buat create open shoot buat seorang shooter..
Quote:Original Posted By ice u get
nambahin info dikit aja..emoticon-Big Grin
itu multiple screen biasa juga disebut double stagger yang berguna banget buat create open shoot buat seorang shooter..


yup betul gan, terimakasih gan atas infonya, ayo gan ikutan share jg tentang ilmu2 basketnya.

Multiple Screen = Double Stagger

[youtube]38MdCEM7upM&feature=related[/youtube]

youtube-thumbnail


sebenarnya pada saat pertandingan, jenis on the ball screen, dan off the ball screen bisa divariasikan secara sekaligus, atau bahkan di mix, variasinya tergantung pelatih dan strategi, pola offensenya bisa diganti dalam itungan detik jika tim nya sudah paham jenis2 screen itu, misalnya strateginya tuh : pick & roll --> down screen --> cross screen, atau cross screen --> double screen --> pick & roll, dsb- dsb, offense yang sering menggunakan screen bagus untuk mengahadapi pola defense man to man, maupun zone defense, namun efektifnya yaitu untuk mengahadapi defense man to man full presure.

[youtube]S92vPIrAFDo&feature=related[/youtube]

[ASK]About Travelling

Ane Tanya Gan
Kan Ane Tuh Dulu Sebelum Liburan Naek Kelas
Bisa Banget Lay Up.......... Nah Stelah Liburan
Ane Suka Banget Traveling...
Stelah Kelamaan Tiap Ane Lay Up Malah Dibilang Traveling


---
The Question Is
Misalnya Ane Baru Di Passing
Trus Langsung Langkah 2x Apakah Traveling?

*Masih Pemula Tentang Basketball Dan Anak - Anaknya
klo baru dapet passing pas ente lngsung langkah ya travelling kecuali ente dribble dlu tu emoticon-Big Grin
CMIIW
Quote:Original Posted By thundermightz
klo baru dapet passing pas ente lngsung langkah ya travelling kecuali ente dribble dlu tu emoticon-Big Grin
CMIIW


Ohh
Soalnya ane liat di NBA gpp tuh..
btw ente ganis bukan ?
Quote:Original Posted By wicakzz
Ohh
Soalnya ane liat di NBA gpp tuh..
btw ente ganis bukan ?


iya gan ane ganis emoticon-Big Grin
kok tau? emoticon-EEK!:
Quote:Original Posted By wicakzz
Ane Tanya Gan
Kan Ane Tuh Dulu Sebelum Liburan Naek Kelas
Bisa Banget Lay Up.......... Nah Stelah Liburan
Ane Suka Banget Traveling...
Stelah Kelamaan Tiap Ane Lay Up Malah Dibilang Traveling


---
The Question Is
Misalnya Ane Baru Di Passing
Trus Langsung Langkah 2x Apakah Traveling?

*Masih Pemula Tentang Basketball Dan Anak - Anaknya


klo lo dipassing saat lo lagi diem trus baru step 2x tanpa dribble itu travel tapi klo lo dapet bola saat lo lari trus lo ambil step lay up itu ga travel..

Thumbs up 

klo lo dipassing saat lo lagi diem trus baru step 2x tanpa dribble itu travel tapi klo lo dapet bola saat lo lari trus lo ambil step lay up itu ga travel.


emoticon-Blue Guy Cendol (S) emoticon-Blue Guy Cendol (S) emoticon-Blue Guy Cendol (S)