alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Radio Komunikasi /
??Seputar Informasi Frequensi dan bankom perjalanan darat ??
4.33 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009841394/seputar-informasi-frequensi-dan-bankom-perjalanan-darat

Seputar Informasi Frequensi dan bankom perjalanan darat

emoticon-Add Friend (S)Permisi Momod / rakkuser / Kaskus / pengguna radio komunikasi se indonesia emoticon-Add Friend (S)


for data :
??Seputar Informasi Frequensi dan bankom perjalanan darat ??


emoticon-Army (S)Trit ini di buat untuk memudahkan informasi seputar Cruiser bagi Rakkuser / kaskuser / dan pengguna Dunia Maya,
sharing tujuan, sharing perjalanan , sharing alokasi freq daerah di seputaran rakkuser / cruiser yang bisa di gunakan berkomunikasi antar rakkuser / pengguna Rakom, atau sharing Freq monitoring bantuan di daerah masing2 yang bisa di gunakan, dan sharing seputar posko penting RAPI/ORARI/PAGUYUBAN/INSTANSI emoticon-Army (S)


dengan adanya trit ini di harapkan Rakkuser / Cruiser menjelajah dengan lancar aman dan bisa ber 10-25 dengan teman2 di area hingga sampai tujuan nantinya dengan selamat .
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace





jika tidak keberatan silahkan sharing di bawah ini:
[ Nama - CallSign / ID ] = ............................
[ Dari / Tujuan ]...........= ............................ ke ...........................
[ Tgl Berangkat / Jam ]..= .................... jam : ...................
[ Tgl Pulang / Jam ].......= .................... jam : ...................
[ Rute Perjalanan ]........= ............... - ............... - ............... -............... -
[ Frekwensi ]................= ..............
[ Informasi Lainnya ]......= .................................................. ..........


Mdh2an Data tersebut ada manfaat utk :
> Para Cruiser bisa saling berkomunikasi selama diperjalanan utk sekedar ngobrol, silaturahim / kopdar atau saling bertukar informasi yang berkaitan dengan perjalanan tsb.
> Para Cruiser bisa saling koordinasi utk bisa berangkat/pulang cruising bareng.
>berangkat selamat sampai tujuan selamat dan pulang selamat .
> Untuk yang tidak ikut mudik, bisa membantu memantau / memberi informasi yang diperlukan pada frekwensi.





for Update :
silahkan bagi yang mau mengisi data tar-update bisa di isi dan di check di link ini

http://goo.gl/Ke1Atq





.
Diubah oleh ft2800
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 25

hiystorycal in this thread :

for data :
??Seputar Informasi Frequensi dan bankom perjalanan darat ??

hiystorycal in this thread :

trit ini pada awalnya di peruntukan bagi user ID Radio Komunikasi Kaskus di saat Peak Session Lebaran ,untuk di kondisikan/di kordinir mudik bersama

dan Ide trit ini berawal dari IDe Om Rubenk ,saat di freq 143480,- dan di sambut oleh adit ( jZ09IYY ) dan krisanputih ( JZ09JCJ ) dan saya ( JZ09JCH ) berusaha mewujudkan ide tersebut dengan membuat trit seperti ini,.

lambat laun berkembang dan tidak di sangkat trit ini melebihi harapan Rakkus dengan banyaknya pengguna Rakom yang memantau trit ini

berbagai masukan dari momod Paijo dan sesepuh Abah Sas ( JZ09SAS )
tirt ini mengalami metamorphosis hingga berganti 3x judul


semoga trit ini berguna bagi Rakkkus / kaskuser / dan pengguna Maya lainnya ,saat membutuhkan informasi jalan melalui kecintaan kita terhadap Frequensi dan Rakom nya












Happy Reading and Posting
emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)






.

rekapan freq pantura/pansel dari Rakkus'er

Great ww -------seputaran malang ----------143.480 input 140.190
reret -----------seputaran Gombong ---------142.470Mhz dan 143.470Mhz

Spoiler for update dari great ww:


Spoiler for jatim:

Spoiler for traderbule:


Spoiler for JZ09HJJ:


Spoiler for konaichi:


Spoiler for kinxkonx89:


Quote:


ini bisa di gunakan menggunakan 10-28
Diubah oleh ft2800
Pagi...
Rencana mau mudik ke Gombong, tapi belum tau pastinya kapan, untuk wilayah Gombong kab.Kebumen silahkan tune di 142.470Mhz dan 143.470Mhz

info selanjutnya menyusul


untuk coverage line mobile daerah timur Kebumen daerah barat sampai Buntu dsk dan diluar itu akan di koordinasikan dengan Bankom tetangga demi kenyamanan berkomunikasi
Post ini telah dihapus oleh

Frekuensi Repeater RAPI dan Non RAPI

Frekuensi Repeater RAPI dan Non RAPI
INPUT OUTPUT GELOMBANG VHF
Spoiler for JABAR:

Spoiler for JATENG:

Spoiler for D.I.Y.:

Spoiler for JATIM:



Spoiler for LUAR JAWA (REPEATER & CALL FREKWENSI):
Untuk daerah jawa timur bisa memantau pada frekuensi berikut:

1. 143.550 Mhz input 140.200 Mhz (duplex -155) - RAPI Daerah 13 Jawa Timur, JZ 13 ZBZ, coverage hampir seluruh wilayah jawa timur plus sebagian wilayah bali dan Jawa Tengah bagian timur.
2. 143.480 Mhz input 140.190 Mhz (duplex -329) - Rapi Arema Indonesia, coverage sementara hanya wilayah kota Malang saja.
3. 143.330 Mhz input 142.050 Mhz (duplex - 128) - Bromo 1, coverage hampir seluruh jawa timur dan sebagian jawa tengah dan bali
4. 143.760 Mhz input 140.780 Mhz (duplex -298) -Bromo 2, coverage hampir seluruh jawa timur dan sebagian jawa tengah dan bali.
5. 143.520 Mhz - RAPI Wilayah Kota Malang sementara Direct
6. 142.560 Mhz input 140.560 Mhz - RAPI Lokal Tumpang - coverage wilayah kota dan kabupaten malang, blitar, tulungagung

Lainnya banyak, tapi ane ga pernah masuk jadi ga begitu hafal ... seperti 140.050, 142.780, 142.830 ...

untuk ane, mudiknya ke kota Nganjuk, kalo tidak salah frekuensi lokal di 143.600 dan untuk Kediri di 143.150
Spoiler for ORARI Daerah 1 Banten:


Spoiler for \tORARI Daerah 0 Jakarta:
\t
\t \t \t

Spoiler for \tORARI Daerah Jawa Barat:

\t \t \t

Spoiler for \tORDA 2 Jateng:


Spoiler for \tORDA JATIM 3:

\t \t \t
\t \t \t

Spoiler for \tBALI:

\t \t \t

\t
Spoiler for SUMATERA:



*di kutib dari blog momod paijo dan gugel
Post ini telah dihapus oleh

Testimoni Rakkus'ers seputar rekapan

rekapan freq
seputaran Jawatimur

143.480 input 140.190 ------------------seputaran malang
143.550 Mhz input 140.200 Mhz (duplex -155) - RAPI Daerah 13 Jawa Timur, JZ 13 ZBZ, coverage hampir seluruh wilayah jawa timur plus sebagian wilayah bali dan Jawa Tengah bagian timur.
143.330 Mhz input 142.050 Mhz (duplex - 128) - Bromo 1, coverage hampir seluruh jawa timur dan sebagian jawa tengah dan bali
143.760 Mhz input 140.780 Mhz (duplex -298) -Bromo 2, coverage hampir seluruh jawa timur dan sebagian jawa tengah dan bali.
143.520 Mhz - RAPI Wilayah Kota Malang sementara Direct
142.560 Mhz input 140.560 Mhz - RAPI Lokal Tumpang - coverage wilayah kota dan kabupaten malang, blitar, tulungagung

Regen 2 ( coverage Jatim Bag Timur, Bali )
142.530 Mhz input 143.530 Mhz output ( duplex - 100 )
BONSAY ( coverage Jatim Bag. Timur, Madura )
146.200 Mhz input 146.800 Mhz output ( duplex - 60 )
FR by
Padepokan ( coverage Bondowoso, Situbondo, Madura ? )
141.080 Mhz input 147.890 Mhz output ( duplex - 681 )

Lokal Bondowoso
- 143.250 Mhz
- 144.250 Mhz
- 144.600 Mhz ( biasanya untuk racing nih )

Pantura
Frekuensi yang biasa ane pantau :
Cikampek - Cirebon : rx 141.110, tx 149.110
Cirebon - Pekalongan : rx 143.120, tx 142.050
Pekalongan - Brebes : rx 143.600, tx 142.050

149.110. ane baru bisa masuk kalo dah km 52 tol cikampek. sampe ajibarang, indramayu.




seputaran jateng

142.470Mhz dan 143.470Mhz -----------seputaran Gombong
rpu 149700 dup +450---------------- titik nol di lereng sumbing,

Quote:


under contruction
akan di update
buat kaskuser memiliki
informasi freq silahkan posting
Post ini telah dihapus oleh
Quote:


143.550 Mhz (RAPIDA Jatim) memang saat ini terbilang yang paling kuat pancaran dan coverage area nya ..

cuman ya resikonya itu... sering diganggu oleh oknum yang ga jelas...
plus kadang banyak sekali interference yang masuk ...

Freq Update

Spoiler for REPEATER NON RAPI:


Spoiler for CALL FREKWENSI RAPI:
HA HA HA HA ...

ya pasti mudik dong... tapi paling juga ga lama..
kemaren temen2 offroader ada yang mo bikin acara abis lebaran mo offroad ke Bali ...
cuman ane masih bingung jadwalnya .. ga ada libur tambahan soalnya..
blon lagi ntar bisa dipecat jadi anak / suami kalo sampe lebaran tetep keluyuran aja ...
Post ini telah dihapus oleh
Post ini telah dihapus oleh

tips Berkendara jauh

Senin, 22 Agustus 2011 - 11:59:25 WIB

Bagikan

Diposting oleh : Operator RTTMC 1
Kategori: Umum - Dibaca: 7 kali


Jakarta -
Pemerintah sudah memperingati untuk tidak mudik ke kampung halaman dengan sepeda motor, namun sepertinya tahun ini masih banyak pemudik menggunakan kendaraan tersebut dengan alasan ebih murah dan gampang.
Apalagi data Kementerian Perhubungan menunjukkan, motor masih menjadi moda favorit para pemudik. Nah, jika memang akan menggunakan motor, pemudik harus menyiapkan diri dan kendaraan agar selamat di jalan.

Apa saja yang harus disiapkan? Berikut kiat-kiat dari PT Triangle Motorindo produsen motor Viar, untuk pemudik yang akan menggunakan sepeda motor.

Sebelum berangkat: Pastikan Surat surat kendaraan (STNK) dan SIM masa berlakunya masih lama. Bila masa berlakunya habis akan membuat konsentrasi pengendara terpecah.

Periksa kondisi motor meliputi (cek kondisi mesin, oli, periksa kelayakan lampu depan dan lampu rem. Periksa kelayakan roda belakang dan depan bila sudah tipis segera diganti, karena kita tidak bisa prediksi cuaca di perjalanan. Siapkan jas hujan usahakan jas hujan celana dan baju 2 pieces (celana dan baju).

Bila Anda pemula atau pertama kali melakukan perjalanan mudik alangkah baiknya banyak bertanya kepada teman-teman mengenai suasana dan keadaan yang akan dilalui nanti termasuk kapan harus istirahat dan di mana istirahat yang baik. Tanyakan juga situasi perjalanan harus di perhatikan dan diwaspadai.

Ketika di perjalanan: Sebelum perjalanan Anda lebih baik berdoa karena berdoa mental kita akan tetap tinggi dan siap dalam menghadipi perjalanan panjang ini. Jangan lupa memperhatikan kondisi pengendara seperti: Menggunakan pakaian dan jaket yang nyaman dipakai (jangan pakai jaket yang sempit atau pun terlalu longgar). Pada saat perjalanan pastikan badan Anda sehat/kondisi badan fit.

Taati peraturan lalu lintas/road safety.
Menyalakan lampu kendaraan pada siang/malam hari Jangan membawa barang berlebihan dan ataupun diletakan dekat bagian depan dekat stang, karena akan mempengaruhi manuver kendaraan.

Jangan paksa kemampuan diri dan kendaraan diatas kemampuan rata-rata rekomendasi. Jangan mudah terbawa emosi terhadap pengendara lainnya sehingga mengendarai motor dengan balapan. Bila mengendarai kendaraan dalam kondisi puasa atur ritme perjalanan, bila kondisi panas dan lelah jangan ragu untuk istirahat.

Isi bensin kembali di SPBU terdekat walaupun kondisi penunjuk bensin berada di posisi seperempat mendekati habis, karena kita tidak tahu seberapa jauh lagi pom bensin di depan kita.

Buat perjalanan mudik Anda sebagai perjalanan 'seolah-olah' rekreasi yang menyenangkan sehingga badan dan pikiran akan selalu rileks.


tips lain dari kaskuser yang HT
by islamholic
Post ini telah dihapus oleh

tips dari pantura community

salah satu keuntungan jalan darat memakai mobil sendiri adalah kita bisa mampir2 diberbagai tempat, mengajak keluarga/saudara/teman. Jadikan perjalanan anda sebagai tujuan bukan sebagai cara untuk mencapai tujuan, mirip ya tapi beda sekali maknanya, dengan menjadikan perjalanan sebagai tujuan sama dengan anda menikmati perjalanan itu sendiri, apapun kejadian selama dalam perjalanan akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi anda dan keluarga. Dalam kesempatan ini ane mau mencoba membuat/ mengumpulkan tips (dari berbagai sumber) agar perjalanan mudik tahun ini akan lebih bermakna, tidak stress, kemrungsung, dan tidak dapat dinikmati.

pertama-tama persiapkan kendaraan anda :

lakukan perawatan/cek kendaraan, sebelum dipakai perjalanan (di bengkel lbh disarankan) karena mengetahui kondisi sejak dini kendaraan anda sangatlah bermanfaat , hal2 yg perlu dicek :
-cek air radiator, tutupnya, adakah kebocoran dan siapkan cadangannya
-air wiper, cek karet wiper
-accu, periksa air aki, cek strumnya msh bagus (klau perlu ganti)
-oli mesin, oli matic, oli transmisi
-busi, filter udara, filter bensin
-minyak rem, kampas rem
-lampu2, lampu utama, sein, lampu kabut
-skring2 cadangan yg sesuai
-ban, tapak ban, tekanan ban (disesuaikan dg berat muatan/beban)
-ban serep
-tool kit (dongkrak, kunci roda dll)
-kaki2 (shockbreaker, tie rod, bushing
-ac, radio, tape, dvd dll
-p3k...jangan lupa kipas tangan siapa tau kena macet n di matiin mesinnya dll

hal2 diatas sangatlah penting disini ane mau mengupas lebih dalam pada ban, karena hal ini yg paling agak istimewa karena kerjanya tidak seperti biasa (pemakaian sehari-hari) mengingat perjalannan mudik biasanya di tambah dg beban muatan yg berlebihan :d, tekanan angin bisa di cek di manual book/disamping panel pintu, sesuaikan, karena beban muatan bertambah bisa menambah 4 psi. Misalnya normalnya 30 psi + 4 jadi 34 psi. Tak kalah penting cek tapak ban, klau sdh tipis wajib diganti, tanda2 ban harus diganti mobil sulit dikendalikan, tidak dapat mencengkeram dengan baik, butuh waktu lama berhenti saat pengereman. Jangan lupa bawa ban serep yg sdh disesuaikan dengan ban lainnya. Ingat ya, mesin mati mobil gak bisa jalan, ban gundul membahayakan dan dapat mengakibatkan kematian baik diri sendiri maupun orang lain.

Yang mungkin perlu dibahas tentang audio/video hal ini sangat lah perlu diperhatikan untuk media hiburan dan informasi, disaat macet radio lbh penting jadinya, untuk mencari jalur2 alternatif

kedua kenali penumpang anda.:

biasanya saat mudik penumpang yg dibawa cukup banyak (semampu mobil) bila perlu jika muat se rt bakalan diangkut semua :d
kenalilah penumpang anda, dari usia, balita, anak2 atau orang tua. Berapa orang yg bisa nyopir (merangkap sopir cadangan) hal ini penting jika nantinya memutuskan mau lwt jalur alternatif dll, sebaiknya di sesuaikan dg kenyamanan dan daya muat mobil. Mengenal penumpang sangatlah penting karena dalam perjalanan panjang dan padat serta macet (biasanya begitu pas mudik) perjalanan jadi kurang nyaman dan tingkat stres akan tinggi. Keperluan masing2 penumpang juga sangat berbeda, persiapkan sebaik mungkin, suka muntah, beser, dll. Penumpang juga sangat bekaitan erat dengan barang bawaan. Nah yang satu ini sepertinya hal wajib yg harus dibawa saat mudik, disini perlu kejelian memilah dan memilih apa2 yg perlu dibawa dan bagaimana menyusunnya agar tidak mengganggu kenyamanan.
Susunlah barang2 bawaan yg akan diturunkan ditempat tujuan (gak di-bongkar2 biasanya oleh2 he he he)di tempat yg paling dalam, atau di roof rack, sdgkan yg sering dibongkar dpt ditempatkan ditempat yg mudah dijangkau, tas2 bawaan sebaiknya dipisah yg untuk anak2 dg yg lainnya, jangan lupa sesuaikan dg daya muat dan daya angkut kendaraan. Jangan mengepak pakaian sekeluarga dalam satu koper besar.

ketiga peta/rencana perjalanan :

sekarang jaman semakin canggih bawalah gps, peta (bisa diminta di pintu2 tol) atau gps manual (turun dari kendaraan, trus tanya ke orang )jangan lupa perhatikan rambu2 jalan biar gak kesasar
rencanakan perjalanan anda kapan berangkatnya, makan dimana, istirahat dimana dg segala kemungkinan perobahannya...
Bangunlah aura kegembiraan dan kebahagiaan dalam perjalanan, klau waktu biasa mungkin dpt ditempuh 8 – 10 jam saat mudik bisa jadi 1 – 2 hari, balita rewel atau yg tua2 beser. Dalam hal ini anda harus super duper sabar, buatlah semenarik mungkin perjalanan anda, siapkan mental anda sehingga perjalanan anda benar2 having fun :d

untuk pemilihan jalan sian/malam

aman, nyamannya perjalanan mudik sangat ditentukan persiapan pemilihan waktu berangkat. Plus minus jalan siang/malam sangatlah tergantung kesiapan anda pada prinsipnya waktu biologis anda bagaimana biasanya siang kan, jadi bila jalan malam berarti anda berusaha merobahnya, penyesuaian fisik semacam ini butuh waktu, beda klau anda biasa ngalong :d

plus nya jalan siang:

Sesuai waktu biologis anda;
jarak pandang anda jauh, luas;
dapat pemandangan yg indah;
namanya juga jalan jauh mungkin ada hal2 yg emergensi pecah ban, dll;
rambu jelas terlihat;
gampang cari jalur alternatif; dll

minusnya :

Banyak pasar tumpah;
panas (apalagi klau macet), silau dg matahari;
rame, sepeda motor, becak, dll

plusnya jalan malem :

Jalananan relatif sepi, nah ini juga bisa jadi minusnya karena pengemudi lain juga menganggap hal yang sama.
Gak ada pasar tumpah, motor, orang nyebrang, becak dll.

Minusnya jalan malam:

Waktu jam istirahat tubuh anda;
pandangan pengemudi dibatasi oleh pencahayaan lampu utama;
efek jenuh membuat pengemudi merasa monoton karena jalanan sepi;
timbulnya rasa ngantuk;
faktor tehnis ban bocor dll

keempat makan :

kesalahan terbesar yang umum terjadi adalah merusak jadual makan keluarga. Anak-anak akan rewel jika jadwal makannya jadi tidak teratur. Begitu anak mulai rewel kenyamanan perjalanan pasti terganggu. Urusan makan selama perjalanan tetap menempati prioritas utama. Sebab untuk dapat menikmati mudik anda sekeluaraga butuh energi dan sumber tenaga adalah makanan.

Bawalah makanan2 kecil yg padat kalori, sprti roti, kue, juga susu dan buah2an. Kadang2 anak enggan makan karena sdg menikmati hal2 baru dg membawa bekal dari rumah tubuh anak masih dapat energi, sekalipun jadual makan berobah. Resiko pergeseran jadual makanan memang tak terelakkan, penerapan jadual makan seharusnya lebih fleksibel, biasakan minum air putih atau jus buah agar tidak dehidrasi serta makanan berserat.

Karena mudik masih dalam suasana puasa dan banyak yang masih berpuasa, dan tantangan yang dihadapi bukan hanya lapar dan dahaga saja diperlukan pula konsentrasi dan emosi, sementara konsentrasi berhubungan dengan otak, sedangkan masukkan otak adalah gula dan oksigen, kurang gula n oksigen menjadikan kurang konsentrasi dan kantuk, oleh karena itu waktu sahur haruslah diperhatikan, makanlah banyak serat, gizi , sayuran, buah klau perlu susu, makanan yg berair bagus karena tantangannya nantinya yg dihadapi cuaca panas , ac selain itu usahakan karbohidrat yg lama dicernanya, jangan bubur dan sepageti dan sebangsanya yg cepat kenyang tapi cepat lapar pula.

kelima dalam perjalanan :

nah sampailah kita dalam perjalanan, dilapangan,,,,jangan lupa patuhi aturan dan rambu2 lalulintas “safety first” , seperti di awal jadikan perjalanan ini sebagai tujuan.

Bila menghadapi kendala2 silahkan berimprovisasi, memang rencana sdh matang tapi dilapangan belum tentu sesuai dengan yang diharapkan disinilah seninya, bagaimana kita dapat mengatasi masalah dengan mencari solusi yang tepat. Baiklah ane mau mencoba menyajikan sebagian kecil saja kendala2, mudah2 an bisa membantu.

Macet segera cari tau penyebab macet nya, hal ini akan dapat memprediksi berapa lama macetnya akan teratasi, misalnya karena pasar tumpah beda dg macet karena kecelakaan maupun penyempitan jalan, berapa panjangnya dll.
Carilah jalan alternatif bila macetnya kemungkinan lama bisa lwt gps, gps manual atau ikuti travel2 (biasanya mereka paham dengan jalur tikus) bus dll.

Stress, nah yang satu ini paling banyak terjadi nanti saat mudik,,,usahakan tetap tabah, bisa berhenti ditempat peristirahatan, tempat wisata, atau klau waktu macet coba keluar mobil dan lihatlah betapa banyaknya mobil2 dari berbagai merek yang ada dijalur anda (banyak cara ngatasinya)

macet ???? Jangan lupa botol mineral untuk buang air, malukan kencing di samping mobil klau siang hihihi...untuk wanita bisa ember kecil yg bisa ditutup jangan lupa isi pempres anak2 (biar kayak tukang sulap)
tongkrongin : pantura cruiser community @ kaskus

sekian dulu ya mudah2an bermanfaat

persiapan kondisi fisik pengendara anda

Senin, 22 Agustus 2011 - 12:05:05 WIB

Bagikan

Diposting oleh : Operator RTTMC 1
Kategori: Umum - Dibaca: 2 kali


Jakarta -
Musim mudik sudah di depan mata. Selain kondisi fisik pengendara, yang perlu diperhatikan adalah kondisi mobil yang akan menyertai perjalanan mudik. Bagaimana persiapannya? Head of Product & Price Division, PT Proton Edar Indonesia Robby Prakoso mau berbagi tips dalam menyiapkan kendaraan untuk perjalanan jauh.

Safe and Save Driving pun diperlukan agar kendaraan bisa digunakan secara maksimal. Safe and save Driving ini terbagi dalam 3 bagian persiapan mengemudi (Prepare Driving), Selama perjalanan (During Driving), dan terakhir Apa yang dilakukan pengendara setelah sampai tujuan (After Arrived). "Misalnya pada posisi badan disaat mengemudi, pengendara saya sarankan untuk memposisikan badan kurang lebih 75 derajat di saat berkendara, atau mungkin untuk pengendara yang telah mengganti pelek dengan ukuran yang lebih besar disarankan untuk mengganti kepada ukuran semula. Karena ini juga bisa membuat kendaraan lebih boros," ujar Robby.

Persiapan Mengemudi (Prepare Driving). Cek kendaraan anda Bengkel Resmi secara tertib sesuai jarak tempuh 10.000 km atau sesuai Owner Manual. Cek kendaraan secara rutin dan sebelum dipakai luar kota dari sisi:
1. Oil system ( Engine, Transmission, Power steering, Brake and Clutch).
2. Cooling System (radiator & reservoir, kerja Fan/ kipas pendingin).
3. Wheel & Tire (Alignment, kondisi Wheel & Ban: ketebalan dan tekanan angin)
4. Setelah anda berada di dalam kendaraan : Setel kaca spion dalam dan luar agar pandangan jelas dan tidak terhalang.
5. Setel posisi tempat duduk (Jarak antara tangan dengan setir sudut 75 derajat, dan posisi kaki dengan pedal serta posisi ketinggian setir terhadap pengemudi agar pandangan bebas).
Pasang sabuk pengaman sebelum menjalankan kendaraan.

6. Engine on dan cek fungsi indikator di panel instrument / dashboard. Set up Hand Phone, GPS atau Peta jika tersedia sesuai tujuan. Selama perjalanan (During Driving) :

Aman dan Sehat Tips Aman: 1. Posisi pengemudi saat mengemudi : - Posisi tangan terhadap setir : 9 lewat 15 – jalan lurus (Straight). - Posisi tangan terhadap setir : 10 lewat 10 – jalan sudut < 90 derajat (Chicane). - Posisi tangan terhadap setir : 12 lewat 30 – jalan sudut > 90 derajat (hairpin). - Posisi kaki terhadap pedal : Posisi di pedal dan di foot rest.

2. Jaga kecepatan kendaraan : dalam kota dan luar kota (jaga batas kecepatan minimal).
3. Mematuhi jalur dan marka jalan : terutama pada kondisi jalan macet.
4. Penggunaan sabuk pengaman dan jika ada anak menggunakan baby seater.
5. Cara membawa kendaraan:Kecepatan dan Putaran mesin (Sinkronisasi Speed vs Rpm). Perlambatan (Engine Brake) dan Percepatan (Gradually & smooth).
6. Menghadapi banjir : cek airduct, tahan putaran mesin serta test rem.
7. Jadwal istirahat : jaga waktu tidak melebihi 3 jam & olahraga ringan/ peregangan.
8. Konsumsi : bawalah minuman Mineral water non soda, buah, makanan ringan
9. Perlengkapan perjalanan : P3K, Payung, Jacket, Topi dan tool kit.
10. Silahkan berkunjung ke POSKO Mudik PROTON untuk santai sejenak. B. Tips Hemat BBM Kendaraan dalam kondisi prima – Perawatan berkala & Uji Emisi sesuai periode. Rencanakan route perjalanan – Hindari rute yang berpotensi macet. Kendaraan yang fungsional – hindari barang yang berat dan aksesoris kurang bermanfaat. Sesuaikan tekanan ban dan sudut keselarasan roda – sesuai standard pabrikan. Pemanasan mesin kendaraan yang efektif – temperatur mesin ideal. Menyiasati kondisi jalan – mengatur sesuai kontur jalan (Stop & Go, UP & DownHill). Gunakan Fitur Effisiensi – Mode di Transmisi, pantau tekanan pedal gas. Bila di mesin anda terdapat Average or Current Fuel Consumption dan Cruise control. Gunakan bahan bakar yang sesuai spesifikasi. Menjaga putaran mesin ( Rentang Torsi Maximum mesin) – perpindahan gigi. Menjaga Kecepatan kendaraan dan jarak dengan kendaraan di depan (Convoy & Passing). Setelah sampai tujuan Cek kembali kondisi kendaraan setelah perjalanan,

meliputi : Body, engine, transmission , brake, undercarriages, ban dan velg. Periksa dan apakah ada kemungkinan penggantian spareparts / material. Cuci kendaran bagian luar dan dalam. Lebih baik lakukan detailing terhadap body. Dapat dilakukan rotasi roda termasuk balancing & spooring jika ada kelainan. Jika diperlukan bawa kendaraan kembali ke Bengkel.
Quote:


mudik jg ga jauh2 om... paling ke cerbon doang...
mau bawa rakom, tapi ga tau buat apaan...
pengennya sih bisa monitor jalur lalin, tapi ga tau frekwensi emoticon-Hammer2 emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 25


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di