alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009359932/all-about-air-band-listener
saya kadang mendengar di frekwensi 12x.xxx para pilot ngobrol biasa, mulai dari acara nanti setelah landing, besok mau kemana, bagaimana kabar anak istrinya.
ada 2-3 pilot terdengar jelas spt komunikasi amatir.
tdk ada ATC atau tower disitu. pokoknya bener2 ngobrol rilex.
dan sepertinya itu diudara, krn semua terdengar jelas.

itu frekwensi cadangan ya, atau frek khusus?
buat yg penasaran scan aja hehehehe
Quote:Original Posted By mbahpaijo
saya kadang mendengar di frekwensi 12x.xxx para pilot ngobrol biasa, mulai dari acara nanti setelah landing, besok mau kemana, bagaimana kabar anak istrinya.
ada 2-3 pilot terdengar jelas spt komunikasi amatir.
tdk ada ATC atau tower disitu. pokoknya bener2 ngobrol rilex.
dan sepertinya itu diudara, krn semua terdengar jelas.

itu frekwensi cadangan ya, atau frek khusus?
buat yg penasaran scan aja hehehehe


Memang bener ada frekuensi itu. Secara resmi memang ditentukan bahwa terdapat frekuensi yg digunakan sebagai Air-to-Air communication.

Secara umum terdapat 2 frekuensi.

121.50Mhz
Frekuensi ini dipake dalam kondisi darurat kalo-kalo frekuensi utama sama menara pengawas nggak bisa digunakan ato nggak ada respon. Setiap pesawat diwajibkan selalu memonitor frekuensi ini. Jadi kalo ada yang bikin transmisi darurat informasi bisa langsung disampaikan ke pihak yg bertugas.

123.45Mhz
Di frekuensi ini pilot difasilitasi untuk berbagi informasi mengenai cuaca ato operasional lainnya. Ane pernah nangkep 2 pesawat saling komunikasi tentang cuaca di Malang yg waktu itu katanya marginal.

Kalo yg ngobrol2 ringan biasanya mereka punya channel sendiri (Company Frequency).
Beberapa pesawat yg pernah ane denger punya "kata kunci" kalo mau komuikasi di frekuensi itu.
Kalo erlens Cap Kepala Burung biasanya bilang "approach".
Kalo erlens Kucing Angop biasanya bilang "lima-lima".
Tapi ane lupa catet frekuensinya. emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By gil380
Memang bener ada frekuensi itu. Secara resmi memang ditentukan bahwa terdapat frekuensi yg digunakan sebagai Air-to-Air communication.

Secara umum terdapat 2 frekuensi.

121.50Mhz
Frekuensi ini dipake dalam kondisi darurat kalo-kalo frekuensi utama sama menara pengawas nggak bisa digunakan ato nggak ada respon. Setiap pesawat diwajibkan selalu memonitor frekuensi ini. Jadi kalo ada yang bikin transmisi darurat informasi bisa langsung disampaikan ke pihak yg bertugas.

123.45Mhz
Di frekuensi ini pilot difasilitasi untuk berbagi informasi mengenai cuaca ato operasional lainnya. Ane pernah nangkep 2 pesawat saling komunikasi tentang cuaca di Malang yg waktu itu katanya marginal.

Kalo yg ngobrol2 ringan biasanya mereka punya channel sendiri (Company Frequency).
Beberapa pesawat yg pernah ane denger punya "kata kunci" kalo mau komuikasi di frekuensi itu.
Kalo erlens Cap Kepala Burung biasanya bilang "approach".
Kalo erlens Kucing Angop biasanya bilang "lima-lima".
Tapi ane lupa catet frekuensinya. emoticon-Berduka (S)



Kalo ga salah 123.45 itu emang kumpul2 supirnya kepala burung
Nah setau ane kalo erlen singa company frequencynya itu 131.250 atau 131.325
Tapi kadang 123.45 ada macem2 pak sopir nongkrong disitu ga cuma kepala burung aja,macan,srikitiw,jakartalama juga kadang nimbrung disitu buat ngabahas yang sigatnya aga general begitu om,mudah2an bener
Quote:Original Posted By JZ09IYY
Sampe sekarang kuping ane msh susah mencerna apa yg diomongin, selain ngomongnya cepet, kode2 khusus juga ga paham.. emoticon-Mewek


Akan dibahas lengkap di hut rakkus kalo ane bisa hadir ya om hehehe...
Quote:Original Posted By altashar
Akan dibahas lengkap di hut rakkus kalo ane bisa hadir ya om hehehe...


On Alta, yuk dikit2 dibongkar disini dulu... emoticon-Peace
teman-teman, kalo mau cari ht second yg airband dimana yah?
terima kasih
Quote:Original Posted By nganu
teman-teman, kalo mau cari ht second yg airband dimana yah?
terima kasih


ht nya untuk receive doang? atau pingin bisa transmit juga?
sering dengar ini: Alpha November Yankee, Charlie Lima Papa, mike indi uniform di 120.900 (jakarta).
itu suatu tempat. kira-kira dimana ya itu?
oh ya kalau dari jateng tempat ngobrol para pilot jk sedang diudara 128.xx lupa tepatnya. kalau 123.400 itu jogja.
Quote:Original Posted By mbahpaijo
sering dengar ini: Alpha November Yankee, Charlie Lima Papa, mike indi uniform di 120.900 (jakarta).
itu suatu tempat. kira-kira dimana ya itu?
oh ya kalau dari jateng tempat ngobrol para pilot jk sedang diudara 128.xx lupa tepatnya. kalau 123.400 itu jogja.


iya mbah saya juga sering denger "....... direct to alpha november yankee" atau ".... direct to bravo november delta"

masih blom terpecahkan misteri kata2 itu hehehey
Quote:Original Posted By mbahpaijo
sering dengar ini: Alpha November Yankee, Charlie Lima Papa, mike indi uniform di 120.900 (jakarta).
itu suatu tempat. kira-kira dimana ya itu?
oh ya kalau dari jateng tempat ngobrol para pilot jk sedang diudara 128.xx lupa tepatnya. kalau 123.400 itu jogja.


ANY dan CLP itu kode untuk vor-dme (alat navigasi di DARAT)
untuk ahmad yani(bandara semarang) dan cilacap.
lokasi tepatnya bisa liat di
http://www.ourairports.com/airports/...ilot-info.html
dan masih banyak lagi titik2 navigasi yg lain,misal purwo,fando,lasem,bravo alpha dll.
memang lebih asik ndengerin airband kalo tau apa yg diomongin.
lebih asik lagi kalo punya ads-b receiver, jadi bisa tau dmana lokasi pesawatnya.
wewww jadi ingat pernah dikasih peta navigasi udara se indonesia, lengkap dengan titik vor dan lainya. Tar dicari dah.

Kalau purwo= purwodadi? lasem = lasem jepara?
ANY tu ternyata semarang tho ya
halo agan, ane mau tanya paling medasar tentang airband receiver nih, anggap airband termurah aja ya, jarak untuk dapet sinyal pakai antena bawaan berapa KM gan?
mau tau juga kalau merk dan harga airband yg pake batere warung (baca:A*C) untuk jarak 10 km yg jernih apa ya gan? emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By nyuki
ANY dan CLP itu kode untuk vor-dme (alat navigasi di DARAT)
untuk ahmad yani(bandara semarang) dan cilacap.
lokasi tepatnya bisa liat di
http://www.ourairports.com/airports/...ilot-info.html
dan masih banyak lagi titik2 navigasi yg lain,misal purwo,fando,lasem,bravo alpha dll.
memang lebih asik ndengerin airband kalo tau apa yg diomongin.
lebih asik lagi kalo punya ads-b receiver, jadi bisa tau dmana lokasi pesawatnya.


kalo VOR-DME pake kode tiga huruf. misal ANY (semarang), SBR (surabaya), BND (bandung), CLP (cilacap). tapi ada yang lima huruf macem PURWO, MADIN, LASEM, KIDET (jalur pantura) yang sekedar titik navigasi imaginer saja. kebetulan beberapa nama sama dengan lokasinya di darat. tapi bisa saja bukan berarti apa-apa seperti MADIN dan KIDET yang letaknya di tengah laut sebelah utara semarang.

ada lagi rambu NDB di frekuensi sekitar 200 - 300 kHz pake morse. cuma pake dua huruf. misalnya BA (blora), KJ (Karimunjawa), OC (semarang kalo gak salah).

gan nyuki ini yang feed data dari ads-b pribadi ke web [url]www.fr24.com[/url] jadi sekitar SBR bisa keliatan traffic nya. ayo di feed lagi gan. hehehe.
Quote:Original Posted By jivevava


ht nya untuk receive doang? atau pingin bisa transmit juga?


pengen yang bisa transmit gan, buat back up kalo radio utama failed
Quote:Original Posted By nganu
pengen yang bisa transmit gan, buat back up kalo radio utama failed


wah gatau dah selama ini saya punya RX doang hehhey... barangkali temen2 laen ada yg tau..
dengerin airband di 120.900.
hari ini banyak banget pilot yg bilang turbolence emoticon-Big Grin
ada apa ini...
Quote:Original Posted By mbahpaijo
dengerin airband di 120.900.
hari ini banyak banget pilot yg bilang turbolence emoticon-Big Grin
ada apa ini...


120.900 itu Jkt ya mbah kadang saya suka monitor, ternyata nyampe juga kesana ya?
Quote:Original Posted By jivevava
120.900 itu Jkt ya mbah kadang saya suka monitor, ternyata nyampe juga kesana ya?


katanya temen sih pemancarnya 120.9 ada di tangkuban. dulu dari cilacap juga kedenger dua arah om. pake ring-o 3 pipa.
Quote:Original Posted By yb3td
katanya temen sih pemancarnya 120.9 ada di tangkuban. dulu dari cilacap juga kedenger dua arah om. pake ring-o 3 pipa.


ow pake duplex maksudnya om? kalo 125.700 itu dmn ya kenceng sinyal nya sampe kemari
Quote:Original Posted By yb3td
katanya temen sih pemancarnya 120.9 ada di tangkuban. dulu dari cilacap juga kedenger dua arah om. pake ring-o 3 pipa.


airband kayaknya direct.
Kalau RPU di tangkuban perahu pasti saya bisa dengar 2 arah. ini yg saya dengar cuma pesawatnya aja, ATC gak kedengar.
krn pesawat di ketinggian 10KM, maka akan terdengar dari radius yg sangat juauuhh....
CMIIW