Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009262929/sistem-jaminan-sosial-negara-sjsn-perlu-diterapkan
Sistem Jaminan Sosial Negara (SJSN) Perlu Diterapkan
Quote:Original Posted By kompas.com
IDI Desak Pelaksanaan SJSN
Lusia Kus Anna | Sabtu, 21 Mei 2011 | 07:06 WIB


Jakarta, Kompas - Ikatan Dokter Indonesia mendesak agar Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional segera dilaksanakan. Hal itu akan turut memperbaiki sistem kesehatan dan menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan, termasuk mendorong pemerataan tenaga kesehatan.

Hal itu dikemukakan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prijo Sidipratomo seusai meninjau Indomedica Expo 2011, Kamis (19/5).

Dengan adanya SJSN, termasuk jaminan kesehatan, biaya kesehatan akan tertangani sehingga akan mendorong pemerataan tenaga dan pelayanan kesehatan. ”Selama ini susah menempatkan dokter ke daerah lantaran masalah kesejahteraan tidak tertangani,” kata Prijo.

Sekretaris Jenderal IDI Slamet Budiarto mengatakan, SJSN akan menguntungkan rakyat Indonesia karena biaya kesehatan dapat ditekan dengan pengelolaan model asuransi sosial. Tidak perlu lagi ada kekhawatiran pasien tidak dilayani di rumah sakit lantaran masalah biaya.

Sistem rujukan juga lebih mudah berjalan karena semua dikendalikan sistem asuransi sosial. ”Dokter spesialis tidak terlalu berat menangani pasien. Selama ini masyarakat cenderung menemui dokter spesialis jika sakit. Padahal, sekitar 70 persen penyakit dapat ditangani di layanan primer, seperti puskesmas dan dokter keluarga,” kata dia.

Prijo mengatakan, IDI mendorong pelaksanaan SJSN dengan membuat kajian ilmiah, antara lain terkait dampak jika SJSN terlambat diterapkan. ”Indonesia akan menanggung biaya kesehatan lebih besar lantaran ada beban ganda penyakit infeksi dan penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, stroke, dan hati,”ujarnya. (INE)

Sumber : http://health.kompas.com/index.php/r...laksanaan.SJSN


Quote:Original Posted By kontan.co.id
Penerapan SJSN Bisa Berlaku Awal 2011JAKARTA.
Jumat, 18 Juni 2010 | 08:50 oleh Christine Novita Nababan

Desakan untuk segera mengimplementasikan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), terutama jaminan kesehatan nasional, sesuai amanat Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN terus mengalir.

Polemik terkait bentuk Badan Pengelola Jaminan Kesehatan (BPJS) yang rancangan undang-undangnya (RUU) masih digodok di DPR, dinilai bukan sebagai hambatan. Harapannya, SJSN bisa berlaku awal 2011 mendatang.

Pengamat Perasuransian Kesehatan Universitas Indonesia Hasbullah Thabrany mengungkapkan, persoalan terkatung-katungnya pemberlakuan SJSN sebetulnya terletak pada kemauan pemerintah. Selama lebih dari lima tahun setelah UU SJSN ditempatkan dalam lembaran negara, seharusnya BPJS yang ada bisa memperluas cakupan penduduk di sektor formal, jika pemerintah serius.

“Hanya dengan merevisi Peraturan Pemerintah dan Peraturan Presiden tentang Jaminan Kesehatan Nasional yang diamanatkan UU SJSN, perluasan tersebut seharusnya sudah lama berjalan," ujar Hasbullah

sumber : http://investasi.kontan.co.id/v2/rea...laku-Awal-2011



Agan-agan pada tau ga SJSN itu apa?? SJSN itu sistem terintergrasi yang direncanakan untuk menyatukan fungsi dan mekanisme beberapa lembaga jaminan sosial seperti ASPEN, JAMSOSTEK, dsb menjadi satu badan koordinasi. SJSN ini sudah sejak lama dicetuskan, terlebih telah dibuat Undang-Undang tahun 2004 mengenai hal ini. Namun hingga sekarang SJSN belum diterapkan karena mengalami perdebatan dari pihak pemegang-pemegang kepentingan, baik pemda maupun di pusat. Gimana menurut agan??

Tolong dirate ata kasih cendol gan
Wah gimana itu ceritanya gan?? Emang butuh sebenarnya, cuma takutnya malah peluang korupsi makin gede karena semua jenis lembaga sosial jadi satu. ckckck
Quote:Original Posted By twittiesharu
Wah gimana itu ceritanya gan?? Emang butuh sebenarnya, cuma takutnya malah peluang korupsi makin gede karena semua jenis lembaga sosial jadi satu. ckckck



Tapi bagusnya adalah tiap jenis jaminan sosial yang dikeluarkan pemerintah jadi lebih gampang dikontrol sebenarnya gan. Dan KPK bisa lebih mudah melacak adanya korupsi karena ada di dalam satu lembaga. Ane sih dukung banget. Semoga pelaksanaannya benar-benar terlaksana
Apa itu beearti, kita masuk rumah sakit, semuanya sudah ditanggung oleh pemerintah, karena kita sudah ikut atau bayar jaminan sosial?Sistem Jaminan Sosial Negara (SJSN) Perlu Diterapkan
Quote:Original Posted By sucramsonga
Apa itu beearti, kita masuk rumah sakit, semuanya sudah ditanggung oleh pemerintah, karena kita sudah ikut atau bayar jaminan sosial?Sistem Jaminan Sosial Negara (SJSN) Perlu Diterapkan


Dari UU No.40 tahun 2004 tentang SJSN yang ane baca sih seharusnya akan begitu gan. Tapi tetap, jaminan sosial ini akan lebih diperuntukkan untuk kaum miskin dan menengah ke bawah. SJSN sendiri dibuat karena melihat bahwa jaminan sosial yang ada belum ada yang maksimal pelaksanaannya, dan terkesan memang jadi terpisah-pisah. Padahal rakyat ga cuma butuh jaminan tentang dapat pendidikan gratis, tapi juga pelayanan kesehatan, asuransi, dsb.

Denger-denger sistem ini akan mirip sama sistem di luar negeri dengan satu kartu jaminan sosial untuk semua. Jadi dengan satu kartu kita bisa dapet jaminan sosial gratis, mulai dari kesehatan, asuransi, dsb.

Semoga aja bener gan
Quote:Original Posted By storm0


Dari UU No.40 tahun 2004 tentang SJSN yang ane baca sih seharusnya akan begitu gan. Tapi tetap, jaminan sosial ini akan lebih diperuntukkan untuk kaum miskin dan menengah ke bawah. SJSN sendiri dibuat karena melihat bahwa jaminan sosial yang ada belum ada yang maksimal pelaksanaannya, dan terkesan memang jadi terpisah-pisah. Padahal rakyat ga cuma butuh jaminan tentang dapat pendidikan gratis, tapi juga pelayanan kesehatan, asuransi, dsb.

Denger-denger sistem ini akan mirip sama sistem di luar negeri dengan satu kartu jaminan sosial untuk semua. Jadi dengan satu kartu kita bisa dapet jaminan sosial gratis, mulai dari kesehatan, asuransi, dsb.

Semoga aja bener gan

Kita semua berharap seperti itu, dengan tingginya biaya rumah sakit, memang sebaiknya di cover oleh asuransi.
Masalahnya nanti kasihan juga orang yang ga punya jaminan sosial, pasti langsung ditolak berobat.

Mudah2an pemerintah bisa nemuin formula yang bagus. Karena biasanya bagus secara aturan, tapi amburadul di pelaksanaannyaSistem Jaminan Sosial Negara (SJSN) Perlu Diterapkan
Quote:Original Posted By storm0
Agan-agan pada tau ga SJSN itu apa?? SJSN itu sistem terintergrasi yang direncanakan untuk menyatukan fungsi dan mekanisme beberapa lembaga jaminan sosial seperti ASPEN, JAMSOSTEK, dsb menjadi satu badan koordinasi. SJSN ini sudah sejak lama dicetuskan, terlebih telah dibuat Undang-Undang tahun 2004 mengenai hal ini. Namun hingga sekarang SJSN belum diterapkan karena mengalami perdebatan dari pihak pemegang-pemegang kepentingan, baik pemda maupun di pusat. Gimana menurut agan??

Tolong dirate ata kasih cendol gan


UU SJSN 2004, digodok dan disahkan pada masa pemerintahan Megawati. Menurut beberapa sumber, kalo gak salah off the record Ketua DPR Marzuki Ali pernah nyeletuk si SBY kagak mau nerusin karna diteken pas masa Megawati. Ego pribadi juga.

Tapi selain itu, keengganan pemerintah SBY banyak juga disebabkan karena pemerintahannya berhaluan ultra liberal yg sebenarnya bertentangan dgn konsep welfare state yg dicita2kan pendiri bangsa.

Di negara AS sendiri, ada berbagai sistem jaminan sosial. Mencakup kesehatan, pengangguran, dsb. Soalnya dgn sistem ekonomi liberal, yg memang bagus buat persaingan, pasti ada pihak yg lemah yg kalah. Nah pihak yg lemah ini harus dibantu. Bila tidak akan terjadi hukum rimba.

Apalagi kalo ngebandingin ama negara2 Eropa. Jelas kalah. FYI, AS itu negara maju dgn sistem jaminan sosial terjelek lho?

Tanpa ada sistem jaminan sosial, akan banyak terjadi masalah2 sosial. Orang2 hidup buat "survival for the fittest". Akhirnya terjadi korupsi. Orang yg hidup standarpun, berlomba2 buat korupsi karna "buat cadangan biaya kalau sakit". Ortu korupsi "buat biaya sekolah yg bagus anak"

Semua itu karna negara tidak bisa memberikan jaminan buat hidup minimal bagi seluruh warganya
Quote:Original Posted By sucramsonga
Kita semua berharap seperti itu, dengan tingginya biaya rumah sakit, memang sebaiknya di cover oleh asuransi.
Masalahnya nanti kasihan juga orang yang ga punya jaminan sosial, pasti langsung ditolak berobat.

Mudah2an pemerintah bisa nemuin formula yang bagus. Karena biasanya bagus secara aturan, tapi amburadul di pelaksanaannyaSistem Jaminan Sosial Negara (SJSN) Perlu Diterapkan


Nah itu dia gan. Selama ini yang jadi masalah itu inkonsistensi pemerintah di setiap program kerja nya. Awalnya semangat, pertengahan masa pemerintahan mulai loyo, di ujung sih semangat lagi, tapi buat pemilu

Semoga tentang SJSN ini bener-bener dijalanin, termasuk oleh pemerintahan-pemerintahan masa yang akan datang gan.
Quote:Original Posted By MerlinAmbrosius
UU SJSN 2004, digodok dan disahkan pada masa pemerintahan Megawati. Menurut beberapa sumber, kalo gak salah off the record Ketua DPR Marzuki Ali pernah nyeletuk si SBY kagak mau nerusin karna diteken pas masa Megawati. Ego pribadi juga.

Tapi selain itu, keengganan pemerintah SBY banyak juga disebabkan karena pemerintahannya berhaluan ultra liberal yg sebenarnya bertentangan dgn konsep welfare state yg dicita2kan pendiri bangsa.

Di negara AS sendiri, ada berbagai sistem jaminan sosial. Mencakup kesehatan, pengangguran, dsb. Soalnya dgn sistem ekonomi liberal, yg memang bagus buat persaingan, pasti ada pihak yg lemah yg kalah. Nah pihak yg lemah ini harus dibantu. Bila tidak akan terjadi hukum rimba.

Apalagi kalo ngebandingin ama negara2 Eropa. Jelas kalah. FYI, AS itu negara maju dgn sistem jaminan sosial terjelek lho?

Tanpa ada sistem jaminan sosial, akan banyak terjadi masalah2 sosial. Orang2 hidup buat "survival for the fittest". Akhirnya terjadi korupsi. Orang yg hidup standarpun, berlomba2 buat korupsi karna "buat cadangan biaya kalau sakit". Ortu korupsi "buat biaya sekolah yg bagus anak"

Semua itu karna negara tidak bisa memberikan jaminan buat hidup minimal bagi seluruh warganya



Setuju banget ama agan. Emang masa pemerintahan sekarang keliatan banget kebawa arus liberalisnya. Coba, sistem yang menganut kesatuan yang diusung Pancasila, gotong royong, dan lainnya, apa masih keliatan?? susah banget tuh gan.

Dan memang jaminan sosial itu salah satu hal yang sangat vital buat bisa mewujudkan kesejahteraan sosial gan.
rakyat negara lain sudah menikmati itu jaminan sosial,asal gak pake sistem iuran ajaSistem Jaminan Sosial Negara (SJSN) Perlu Diterapkan
Quote:Original Posted By storm0
Agan-agan pada tau ga SJSN itu apa?? SJSN itu sistem terintergrasi yang direncanakan untuk menyatukan fungsi dan mekanisme beberapa lembaga jaminan sosial seperti ASPEN, JAMSOSTEK, dsb menjadi satu badan koordinasi. SJSN ini sudah sejak lama dicetuskan, terlebih telah dibuat Undang-Undang tahun 2004 mengenai hal ini. Namun hingga sekarang SJSN belum diterapkan karena mengalami perdebatan dari pihak pemegang-pemegang kepentingan, baik pemda maupun di pusat. Gimana menurut agan??

Tolong dirate ata kasih cendol gan


Berarti harus dicari siapa yang menghambat.
Tentu mereka punya kepentingan atas ini.
Birokrat memang sering brengsek menghambat program bagus tanpa alasan jelas.
Quote:Original Posted By seindah
rakyat negara lain sudah menikmati itu jaminan sosial,asal gak pake sistem iuran ajaSistem Jaminan Sosial Negara (SJSN) Perlu Diterapkan


dan justru fasilitas sosial tersebut menjadi salah satu penyebab kebangkrutan negara2 tersebut...

terlalu banyak program sosial menyebabkan rakyat menjadi pemalas....

Indonesia sudah terlalu banyak orang yang menuntut hak sebelum menjalankan kewajibannya...

Singapura menjalankan sistem yang sama tapi mewajibkan pekerja untuk menyetor sebagian dari gaji mereka setiap bulan. Dana ini yang dikelola dan digunakan nantinya untuk biaya medis dan pensiun. Kalo ga kerja, ya ga setor dan pastinya ga dapat. Setiap warga negara singapura diberikan account untuk melihat jumlah "tabungannya" secara online. Jumlahnya bervariasi tergantung besarnya setoran mereka per bulan.

Menurut saya ini model terbaik.
Quote:Original Posted By ginnah
dan justru fasilitas sosial tersebut menjadi salah satu penyebab kebangkrutan negara2 tersebut...

terlalu banyak program sosial menyebabkan rakyat menjadi pemalas....

Indonesia sudah terlalu banyak orang yang menuntut hak sebelum menjalankan kewajibannya...

Singapura menjalankan sistem yang sama tapi mewajibkan pekerja untuk menyetor sebagian dari gaji mereka setiap bulan. Dana ini yang dikelola dan digunakan nantinya untuk biaya medis dan pensiun. Kalo ga kerja, ya ga setor dan pastinya ga dapat. Setiap warga negara singapura diberikan account untuk melihat jumlah "tabungannya" secara online. Jumlahnya bervariasi tergantung besarnya setoran mereka per bulan.

Menurut saya ini model terbaik.



Masalah sistem SJSN nya nanti akan bagaiman tergantung nanti hasil godokan parlemen kita akan gimana. Masalah pemberian akun dan pembayaran iuran sih sah-sah aja asal pengawasannya baik. Namun memang bener nih kata temen kita yang satu ini, terlalu banyak yang cuma nuntut hak tapi ga melaksanakan kewajiban. Apakah rakyatnya?? Gue rasa orang-orang di pemerintahan sana juga sama aja, minta hak, kewajibannya engga.


FYI aja nih, denger-denger SJSN kalo ga dibahas tahun ini di rapat paripurna atau ga rapat besar lain. Kemungkinan SJSN akan baru dibahas lagi tahun 2014, saat pemerintahan ganti orang, sesuai dengan aturan penetapan Undang-Undang. Makin lama deh kita ngebahas sistem yang sejatinya diharapkan jadi bantu loncatan perubahan jaminan sosial negara. ckckck
Unsur politisnya gede gan...kita ga tau apa dileburnya jaminan sosial ini bener2 dari rakyat atau kepentingan politis??
Terakhir BPJS sebagai pelaksana SJSN tetep dibagi 2 yang satu menangani JHT dan pensiun yang satu menangani kesehatan ,kematian,kecelakaan...ya itu namanya bukan peleburan, yg namanya peleburan jadi satu tanpa dibagi lagi.

Alasan lain dibentuknya SJSN karena biar semua rakyat merasakan manfaat jaminan sosial, itupun susah karena walaupun jaminan sosial kan harus bayar iuran tiap bulan...nah bagaimana yg ga bayar iuran trus mau dapat jaminan??itu bukan jaminan sosial tapi bantuan sosial...
kalo pemerintah mau nanggung ya ga papa...tapi apa mampu pemerintah nanggung semua iuran rakyat indonesia??

Terus terang yg ane takutin cm unsur politisnya aj baik dari DPR atau pihak pemerintah yg ujungnya rakyat jd korban...Kalo lebur itu lebih baik kenapa nggak, begitupula sebaliknya kalo sekarang udah bagus kenapa dilebur
yg menghambat itu para direktur asuransi,ini kan bisnis besar. Gak cuma disini,di USA aja panjang perjuangannya,barusan aja Obama akhirnya berhasil,yg sempat menunda kedatangannya ke Indonesia wkt itu.Sistem Jaminan Sosial Negara (SJSN) Perlu Diterapkan
jamkesmas, jps, dkknya aja kenyataan di lapangannya berantakan semua
Semoga sjsn segera di terapkan

Tujuan dari berdirinya negara ini kan mensejahterakan rakyatnya

Sjsn ini penting untuk menuju target utama itu ganSistem Jaminan Sosial Negara (SJSN) Perlu Diterapkan
Quote:Original Posted By cavingcrew
Unsur politisnya gede gan...kita ga tau apa dileburnya jaminan sosial ini bener2 dari rakyat atau kepentingan politis??
Terakhir BPJS sebagai pelaksana SJSN tetep dibagi 2 yang satu menangani JHT dan pensiun yang satu menangani kesehatan ,kematian,kecelakaan...ya itu namanya bukan peleburan, yg namanya peleburan jadi satu tanpa dibagi lagi.

Alasan lain dibentuknya SJSN karena biar semua rakyat merasakan manfaat jaminan sosial, itupun susah karena walaupun jaminan sosial kan harus bayar iuran tiap bulan...nah bagaimana yg ga bayar iuran trus mau dapat jaminan??itu bukan jaminan sosial tapi bantuan sosial...
kalo pemerintah mau nanggung ya ga papa...tapi apa mampu pemerintah nanggung semua iuran rakyat indonesia??

Terus terang yg ane takutin cm unsur politisnya aj baik dari DPR atau pihak pemerintah yg ujungnya rakyat jd korban...Kalo lebur itu lebih baik kenapa nggak, begitupula sebaliknya kalo sekarang udah bagus kenapa dilebur
iurannya kan diambil dari pajak yang kita bayar om Sistem Jaminan Sosial Negara (SJSN) Perlu Diterapkan
@ Semua di atas:

Apa yg menghambat implementasi UU ini? Kenapa sudah diundangkan tahun 2004 tapi sampai sekarang belum diefektifkan?
Ada yg tahu secara lebih detail?
Trims.
Quote:Original Posted By wiedstone
@ Semua di atas:

Apa yg menghambat implementasi UU ini? Kenapa sudah diundangkan tahun 2004 tapi sampai sekarang belum diefektifkan?
Ada yg tahu secara lebih detail?
Trims.


Setau ane tuh ditangguhkan karena pemda merasa UU No.40 tahun 2004 ini masih rancu, terutama dari segi penafsiran, dan juga memakan sebagia fungsi dan tugas pemda (dualitas dan ketimpangan). Makanya UU tersebut masih direvisi terus. Entah ini alibi atau apa gan.

Ane baca ini sendiri dari press release Pemerintah Pusat tentang SJSN. Bisa dicari di web gan
×