alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009234425/lampung-barat-the-origin-of-lampung
Lampung Barat, The Origin of Lampung
Bicara soal potensi wisata, Lampung punya list wisata yang tidak sedikit. Mulai dari keelokan pantai, konservasi flora dan fauna dan juga situs-situs bersejarah.
Lampung Barat yang merupakan asal usul Lampung atau dikenal dengan The Origin of Lampung memiliki pesona alam yang menawan serta Kebudayaan yang unik dan beragam namun masih tersembunyi sehingga tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Di sini saya mencoba untuk menggali dan memperkenalkan Kebudayaan dan Kepariwisataan Lampung Barat;

Lampung Barat, The Origin of Lampung


Quote:
Lampung Barat, The Origin of Lampung
Secara geografis Kabupaten Lampung Barat terletak pada koordinat 4º47’16” – 5º56’42” Lintang Selatan dan 103º35’08” – 104º33’51” Bujur Timur, memiliki Batas Wilayah :

Batas Utara : Provinsi Bengkulu

Batas Selatan : Samudra Hindia

Batas Barat : Samudra Hindia

Batas Timur : Lampung Utara, Lampung Tengah

Luas Wilayah Lampung Barat 4.950 km persegi atau 13,99 % dari luas wilayah Provinsi Lampung, 57 % dari luas wilayah tersebut berupa hutan kawasan dan 43 % sisanya merupakan lahan yang dapat dihuni yang terbagi dalam 14 kecamatan dan 172 pekon.

Penduduk Lampung Barat berjumlah 365.999 jiwa, sebagian besar (71,55 %) hidup dan tinggal di pedesaan. Pada umumnya mereka mengandalkan pertanian dan sebagai mata pencahariannya.


Quote:Pesona Wisata Lampung Barat

Lampung Barat, The Origin of Lampung

Dengan dikelilingi pegunungan Bukit Barisan Selatan, Kabupaten Lampung Barat menawarkan cuaca dan udara yang sejuk. Didukung juga kekayaan ekosistem lembah dan pantai serta kehidupan kemasyarakatannya, Lampung Barat memberi banyak pilihan pada pengunjung untuk menikmati perjalanan.Keragaman objek dan daya tarik wisata yang didominasi alam, diperkaya dengan khasanah seni budaya dan kehidupan kemasyarakatan, menjanjikan beragam kombinasi paket atraksi wisata untuk dieksplorasi. Atraksi utama yang siap dijelajahi adalah :

Wisata Budaya dan Sejarah
Adat Budaya Lampung Barat sangatlah khas, mengingat Lampung Barat merupakan asal usul Lampung atau dikenal dengan The Origin of Lampung.

Di Lampung Barat terdapat Upacara Adat yang sampai saat ini masih dilakukan oleh masyarakat Lampung Barat. Upacara Adat tersebut dilakukan pada saat Menyambut Tamu Agung, Pengangkatan Raja, Pernikahan. Upacara Adat yang dilakukan diantaranya seperti Nyambai Agung, Alam Gemisikh, Upacara adat Pernikahan dan Upacara Pengangkatan Raja.

Ø Situs Purbakala

Spoiler for batu brak:




Ø Makam Gajah Mada

Spoiler for makam gajah mada:


Ø Rumah Tradisioanal di Kenali

Spoiler for rumah adat:


Ø Event Budaya

Pesta Sekura
Spoiler for pesta sekura:


Festival Teluk Stabas
Spoiler for festival teluk stabas:


Kegiatan pada Festival Teluk Stabas meliputi;
Spoiler for arung jeram:


Spoiler for atraksi damar:


Spoiler for layang-layang:


Spoiler for jelajah alam:


Dan masih banyak lagi, seperti Kebut Wisata Liwa, Volley Pantai, Kebut Gunung Pesagi, Pacu Kambing, Muayak, Lomba tari Kreasi, Lomba Lagu Daerah, Lomba Muli-Mekhanai, Olahraga Tradisional Kuda Buta, Kontes Burung Berkicau dan Upih Ngesot.

Ø Desa Wisata Hujung

Spoiler for hujung:



Quote:Wisata Alam

Spoiler for wisata alam:


Dengan dikelilingi oleh Bukit Barisan Selatan dan Gunung Pesagi , Lampung Barat menawarkan cuaca dan udara yang sejuk serta memiliki pesona Alam yang menakjubkan.

Ø Gunung Pesagi
Spoiler for gunung pesagi:


Ø Danau Ranau, Lumbok

Lampung Barat, The Origin of Lampung

Spoiler for danau ranau:



Ø Arung Jeram Way Besai

Spoiler for arung jeram:


Ø Air Terjun Purajaya

Spoiler for air terjun:


Ø Panas Bumi Suoh

Spoiler for panas bumi:
Quote:Wisata Bahari

Sunset Labuhan Jukung

Spoiler for sunset:


Ø Surfing di Pantai Tanjung Setia

Spoiler for tanjung setia:


Ø Pantai Tebakak

Spoiler for tebakak:


Ø Fishing Blue Merlin

Spoiler for blue merlin:


Quote:Wisata Hutan ( Wana Wisata)
Ø Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)

Spoiler for TNBBS:


Wisata Agro
Ø Perkebunan Kopi Robusta

Spoiler for perkebunan:

Hamparan sawah di Way Tenong, Lampung Barat

Lampung Barat, The Origin of Lampung

Lampung Barat, The Origin of Lampung

Lampung Barat, The Origin of Lampung

Quote:SUMBER
SUMBER
SUMBER
SUMBER
SUMBER
SUMBER


UPDATE!!!


Quote:Original Posted By bery94
Lampung Barat, The Origin of Lampung

Lampung Barat, The Origin of Lampung

Lampung Barat, The Origin of Lampung

Lampung Barat, The Origin of Lampung
waw bagus ya
aane kampung nya di kotabumi sama blembangan gan
banyak juga yak tempat wisatanya yang menarik dikunjungi emoticon-I Love Indonesia (S)
Wah, lampung ternyata mantab2 wisata alamnya gan....ane pernahnya baru ke lampung selatan doank....
bangga gua jadi orng lampung.

memang kurang pemasaran aja.

mkanya jarang nongol di TV ne tmpt Wisata.
Quote:Original Posted By gwayne
waw bagus ya
aane kampung nya di kotabumi sama blembangan gan


wah.. kotabumi lumayan deket lah gan dengan lampung barat (liwa)..

Quote:Original Posted By Apeglie
banyak juga yak tempat wisatanya yang menarik dikunjungi emoticon-I Love Indonesia (S)


iya, banyak sekali

Quote:Original Posted By darkxirer
Wah, lampung ternyata mantab2 wisata alamnya gan....ane pernahnya baru ke lampung selatan doank....


lampung selatan baru gerbangnya gan, mampir2 ke ujung paling barat provinsi lampung..

Quote:Original Posted By cekingsS
bangga gua jadi orng lampung.

memang kurang pemasaran aja.

mkanya jarang nongol di TV ne tmpt Wisata.


iya gan..

memang kurang dalam hal promosi..

padahal potensi besar. emoticon-Frown
Quote:Original Posted By b168ear
,,,

emoticon-Sundul Up

Spoiler for gigi hiu:



pantai pegadungan @ teluk kelumbayan - lampung

emoticon-Angkat Beer
Lampung barat emang keren bgt terutama pantainya...Tapi sayang letaknya terlalu jauh dari Ibukota provinsi yang membutuhkan waktu 1 hari sendiri untuk ke Liwa, selain itu transportasi yg nyaman jg masih sangat kurang...sehingga masih kurang diminati pengunjung dari luar lampung...
keren gan.emoticon-2 Jempol
kampung ane tu.emoticon-Malu
Quote:Original Posted By b168ear


wow.. emoticon-thumbsup:

Quote:Original Posted By handyamarha
Lampung barat emang keren bgt terutama pantainya...Tapi sayang letaknya terlalu jauh dari Ibukota provinsi yang membutuhkan waktu 1 hari sendiri untuk ke Liwa, selain itu transportasi yg nyaman jg masih sangat kurang...sehingga masih kurang diminati pengunjung dari luar lampung...


iya gan.. tapi itu gak mengurangi minat orang2 kok gan..
fyi: di sana (tepatnya di krui) ada bandara perintis, tapi ane gak tau udah jadi apa blm..

Quote:Original Posted By zaid23
keren gan.emoticon-2 Jempol
kampung ane tu.emoticon-Malu


wah.. iya gan, kampung anda memang keren.. emoticon-Big Grin
sip gan, tapi terlalu jauh sama tempat ane, butuh 3-5 jam untuk sampe kesono emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By arievkeceng
sip gan, tapi terlalu jauh sama tempat ane, butuh 3-5 jam untuk sampe kesono emoticon-Ngakak


tempat ente emang dimana gan??

emang itu yg jadi kendala..
bandar lampung
buka thread baru aen geh gan
Quote:Original Posted By arievkeceng
bandar lampung


oh, itu mah ane tau gan.. emoticon-Ngakak (S)

kalo dari bandar lampung bisa 6 jam gan..
boleh sundul gak yah? emoticon-Sundul:
Spoiler for wisata sumatra:


Lampung Barat, The Origin of Lampung

Lampung Barat, The Origin of Lampung

Copyright's Lampung Surf
Quote:Potensi Lobster Lampung Barat Berlimpah

Lampung Barat, The Origin of Lampung


Potensi lobster di kawasan perairan Pesisir Lampung Barat, Provinsi Lampung berlimpah, sehingga mampu mencukupi permintaan lobster ke luar daerah, kata pejabat berwenang.

"Potensi lobter di laut pesisir sangat berlimpah, dan mampu memberikan pendapatan bagi nelayan setempat, selain itu potensi perikanan tersebut belum terkelola maksimal, sehingga menjadi peluang investasi jangka panjang," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung Barat, Nata Djudin Amran, di Liwa, Selasa.

Dia menjelaskan, nelayan mampu mendapatkan lobster sesuai dengan permintaan pasar.

Menurut dia, potensi perrikanan pesisir berlimpah itu memberikan peluang usaha bagi masyarakat untuk menekuninya.

"Nelayan di daerah ini masih menggunakan alat tangkap sederhana dalam memburu lobster, sedangkan untuk budid aya pengembangnannya belum dilakukan, sebab pengembangan tersebut membutuhkan asupan dana tidak sedikit," kata dia.

Nata menyebutkan, rata rata nelayan mampu mendapat lobster mencapai 15 hingga 20 kilogram lebih, jumlah tersebut akan meningkat bila kondisi perairan membaik.

Lampung Barat memiliki kekayaan laut berlimpah, dimana didalamnya terkandung potensi perikanan yang mampu menjadi pasokan lauk bagi masyarakat.

Salah sektor yang menjadi unggulan di Kabupaten Lampung Barat adalah sektor perikanan. Dengan Kondisi fisik lingkungan laut memungkinkan di perairan pesisir Lampung Barat sangat cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan terumbu karang dan populasi berbagai macam ikan salah satunya lobster.

Sebagian besar potensi laut tersebut, kata dia, baru 30 persen tergarap, padahal melihat potensi alam cukup besar itu, menjadi peluang bagi daerah tersebut untuk mengembangkannya, akan tetapi keterbatasan dana menjadi hambatan potensi laut tersebut belum terkelola.

Diakuinya bahwa potensi lobter di kawasan Persisir Lampung Barat belum dikembangkan menjadi sarana pengembangan budidaya, sehingga tingginya permintaan lobster di pasaran hanya mengandalkan penangkapan nelayan di laut saja.

Permintaan lobster asal Pesisir Lampung Barat cukup tinggi, dalam sepekan agen ikan mampu mengirimkan delapan kwintal lebih, yang berhasil dikumpulkan dari nelayan di beberapa wilayah di kawasan pesisir.

Harga lobter bervariasi tergantung dari jenisnya, untuk lobster jenis batik dan bambu mencapai Rp270 ribu per kilogram, sedangkan untuk lobter jenis mutiara mencapai Rp340 ribu per kilogram

Hasil tangkapan lobter nelayan biasa didistribusikan untuk wilayah Jakarta, Bandarlampung dan beberapa wilayah di Pulau Jawa.

Sementara, salah satu nelayan pesisir Tengah, Lampung Barat, Sukron (37) mengatakan, memburu lobter tergolong susah tergantung dengan kondisi alam.

"Bila cuaca sedang baik, maka mencari lobter cukup mudah, tetapi sebaliknya bila cuaca sedang tidak bersahabat, nelayan hanya mendapatkan beberapa ekor lobter saja," kata dia.

Dia menuturkan, mencari udang lobster menguntungkan selain lobster belimpah, harga jualnya tinggi.

Nelayan itu menjelaskan, permintaan lobster akan melonjak bila mendekati BUlan Ramadhan yang diikuti pula dengan meningkatnya harga lobster.

"Saya berharap agar pemerintah memprogamkan pembudidayaan lobster pada masyarakat nelayan, sehingga dengan pengembangan tersebut tingkat hidup nelayan dapat meningkat," katanya.(*)
(ANT-049/A035)

sumber