alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Lampu Senter / Flashlight /
☚ ☚ ☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛ ☛ ☛
4.47 stars - based on 15 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009188274/q---tanya-jawab-seputar-senter

☚☚☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛


" Gan senter merk ini bagus gak? Gan enaknya beli senter apa? Gan senter ane kok begini ya? "








Dari pada membikin trit baru, pertanyaan - pertanyaan umum yg berhubungan dengan persenteran seperti di atas dan pertanyaan yang sejenis, silahkan ditanyakan di sini.



Peraturan / RULES:



1. Jangan tanya: senter apa yang murah tapi bagus? Ga perlu buang - buang waktu tanya pertanyaan seperti ini, karena jawabannya gak ada. Yang ada senter yang murah tapi standart kualitas dan performanya.

2. Selalu gunakan SPOILER bila postingan mengandung gambar.

3. Copy Paste salah satu format dibawah ini kalau mau menyakan tentang senter. Buat yang pusing ama detail silahkan copas yang simple, buat yang suka detail silahkan copas yang detail.

Spoiler for Simple:


Spoiler for Detail:


4. Bagi yang melanggar, postingan langsung di delete tanpa pemberitahuan. Dua kali melanggar banned sementara, Tiga kali melanggar banned selamanya.





☚ ☚ ☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛ ☛ ☛



Quote:



Quote:

Diubah oleh njet212
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 410
Simple Guide How To Choose Flashlight



Recommended Seller



☚ ☚ ☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛ ☛ ☛

☚ ☚ ☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛ ☛ ☛

☚ ☚ ☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛ ☛ ☛



Quote:



Quote:





Senter Zoom / Flood to Throw
Senter yang paling tidak direkomendasikan bagi mayoritas flashaholic. Yang masih awam dengan senter biasanya senang dengan fitur ini, namun pada umumnya bagi mereka yang sudah mulai mengerti senter akan merasa bahwa senter zoom useless dan tidak enak. Beamnya untuk flood terlalu bulat patternya ( tidak soft ) dan untuk beam zoom ( focus ) terlalu focus ditengah dan tidak ada side spillnya. Driver yang digunakan rata2 di senter flood to throw juga tidak efisien dan ga jelas. So saya ga akan banyak menjelaskan karena tidak recommended.




Senter dengan batere 1 X AA / 1 X AAA
Senter dengan format batere single AA / AAA pada umumnya memiliki diameter head antara 1 – 3 cm. Dengan ukuran head tersebut dan reflector yang tidak terlalu dalam senter ini sangat pas untuk keperluan EDC karena baterenya umum dijual di toko – toko dan penerangan jarak dekat. Untuk senter single AAA biasanya lebih banyak digunakan sebagai keychain flashlight ada juga yang didesign dengan fitur pocket clip. Beberapa senter AA juga ada yang didesign untuk digunakan di gantungan kunci, namun saya pribadi lebih suka pake senter AAA untuk gantungan kunci karena ukurannya relatif kecil dan lebih pas dibandingkan senter AA.

Untuk User interface saya lebih menyarankan senter dengan user interface tanpa memory mode, karena dengan tidak adanya memory kita akan selalu ingat dimana senter akan selalu menyala dalam mode defaultnya baik low firts atau high first.

Jarak efektif sinar umumnya 10-20 meter

Summary: Senter single AA / AAA cocok untuk: EDC, Backup Light, Keychain Light




Senter dengan batere 1 x CR123
Senter dengan format batere single AA / AAA pada umumnya memiliki diameter head antara 3 - 4 cm. Saya sendiri kebanyakan memilih senter dengan format batere single CR123 untuk EDC karena ukurannya tidak terlalu panjang dan lebih powefull dibanding senter AA / AAA. Variasi LED yang digunakan pada saat ini XPG, XPG-2, XML. Namun banyak diskusi yang mengatakan baterenya susah dicari namun buat saya hal itu bisa diatasi. Banyak senter dengan format single CR123 yang bisa menggunakan batere rechargeable, saya sendiri punya 4 RCR123 untuk makanan senter saya. Senter dengan format single CR123 memiliki kegunaan yang lebih luas dibanding AA / AAA diantaranya backup light, tactical light, EDC light, keychain light. Untuk keychain light ini balik ke preferensi masing – masing karena walaupun ukurannya lebih pendek dari senter AA / AAA namun bodynya lebih gemuk. Karena variasi design reflector yang beragam saya lebih merekomendasikan senter ini untuk yang pertama kali ingin membeli senter yang berkualitas.

User interface yang saya rekomendasi tetap maximal 3 mode tanpa memory ( untuk EDC, car light, back up EDC ) dan max 2 mode, High first, hidden Strobe ( untuk Tactical light, back up tactical )

Jarak efektif sinar sangat bervariasi antara 20 meter – 60 meter.

Summary: Senter single CR123 cocok untuk: EDC, Backup Light, Keychain Light




Senter dengan batere 1 x 18650
Guide ini kurang lebih berlaku juga untuk format senter 2 x CR123. Senter dengan format batere single 18650 pada umumnya memiliki diameter head yang sangat bervariasi. Kelebihan format single 18650 adalah runtime yang paling lama diantara format single cell lainnya. Penggunaanya juga luas mulai dari EDC, general use, tactical light, back up light. Bagi yang ingin membeli senter dengan format 18650 saya menyarankan untuk membeli sekaligus 2 buah batere 18650 karena batere ini relatif tidak umum dijual dibandingkan batere AA / AAA / CR123. Beberapa design senter 18650 masih pas untuk dikantongi dan beberapa kurang pas karena ukurannya yg panjang dan diameter head yang lebar dan gemuk.

User interface yang saya rekomendasikan maximal 3 mode ( non tactical use , maximal 3 mode plus strobe, sos atau beacon ( bike light ) dan instant akses to high mode atau always start high dengan hidden strobe dengan momentary switch ( tactical use )

Jarak Efektif: 30 – 120 meter

Summary: Senter single18650 cocok untuk: EDC, Backup Light, General Use, Outdoor, Bike Light




Senter dengan batere multi AA / AAA
Senter dengan format batere multi AA / AAA pada umumnya memiliki diameter head yang beragam. Disini saya batasi senter dengan penggunaan batere 2 x AA / 4 x AA / 2 x AAA. Penggunaan senter dengan batere lebih 4 X AAA / AA menurut saya terlalu ribet karena kita harus menyiapkan terlalu banyak batere, lebih baik langsung membeli senter dengan format batere 2 x CR atau single 18650 atau multi 18650.
Senter dengan batere 2 x AA / 2 x AAA dengan konfigurasi batere pararel penggunaanya juga luas mulai dari general light, car light, backup light, tactical light. Output yang dihasilkan 2 X AAA / 2 X AA kurang lebih sama dengan senter single CR123 namun dengan batere yang lebih mudah didapatkan dimana – mana. Namun ukuran senter ini lebih panjang dari senter single CR123 dimana umumnya kurang nyaman untuk dikantongi, lebih pas untuk holster carry, ditaruh di rumah ataupun ditaruh di mobil.
Senter dengan batere 4 x AA atau 3 x AA dengan konfigurasi batere seri lebih powerfull lagi sinar yang dihasilkan dan runtime yang lebih lama. Biasanya senter ini cocok untuk penggunaan outdoor dimana senter diharuskan mempunyai runtime yang panjang.

User Interface yang direkomendasikan max 4 brightness level dengan fitur hidden sos dan strobe ( untuk senter 3 x AA / 4 x AA ) dan max 3 brightness level tanpa SOS dan Strobe ( untuk senter 2 x AA dan 2 x AAA non tactical), Max 2 brightness level instant akses high mode atau always start high dengan hidden strobe plus forward switch ( Tactical Use )

Jarak efektif: 30 – 100 meter ( untuk 3 x AA atau 4 AA ) dan 15 – 50 meter ( untuk 2 x AA / 2 x AAA )

Summary: Senter multi AA / AAA cocok untuk: EDC, Backup Light, General Use, Outdoor, Tactical Light




Senter dengan batere multi 18650
Saya lebih rekomen senter multi 18650 dengan format 2 x 18650 dengan konfigurasi pararel atau lebih dari 2 x 18650 dengan konfigurasi seri. Karena ukurannya yang besar senter dengan format multi 18650 cocok digunakan untuk outdoor, tactical light. Sinar yang dihasilkan sangat buas untuk format 4 x 18650 dan runtime yang sangat panjang diantara semua tipe konfigurasi batere.

User interface yang saya rekomendasikan high first atau instant akses high mode dengan max 2 mode plus hidden strobe dengan momentary switch ( Tactical Use ) dan max 4 mode dengan hidden strobe / sos ( untuk outdoor )

Jarak Efektif: 100 – 400 meter

Summary: Senter multi 18650 cocok untuk: Tactical Use / Outdoor


Quote:



Diubah oleh njet212

1.) Gan senter ini ama senter ini terang mana? Liat jawabannya dimari:
Beam Shot perbandingan berbagai merk senter ( thanks to G0ldy )
http://fonarik.com/test/indexen.php

2.)Apakah senter merk Police itu bagus, worth ga sih?
Gak rekomend gan, senter junk sangat tidak worth walaupun harganya murah. Pengalaman user yang memakai senter Police:

Quote:

Quote:


3.) Kode W pada senter police artinya apa? apakah watt?
Kode W pada senter police hanyalah seri aja, tidak ada hubungannya dengan watt. Orang awam mengasumsikan W pada senter police sebagai watt dan ini salah besar, pabrikan senter police sepertinya sengaja menggunakan kode W pada senter police untuk membingungkan konsumen yang awam. Sudah jelas dengan marketing seperti ini pabrikan senter police tidak jujur dan kalau sudah seperti termasuk spek lumen dan lain sebagainya pasti juga tidak jujur. Jauh - jauh dari senter police kalau anda ingin uang yg anda keluarkan sepadan dengan senter yang anda beli.

4.)Pengetahuan tentang jenis batere yg umum di Indonesia

☚ ☚ ☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛ ☛ ☛
☚ ☚ ☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛ ☛ ☛



Berikut jenis - jenis batere yg umum dan bisa di dapatkan di Indonesia

  • Batere AAA, AA, C, D Alkaline ( voltasenya 1.5V, hampir disemua toko jual batere alkaline )
  • Batere AA,AAA Primary Lithium ( voltasenya 1.5V, hanya ditoko - toko tertentu misalnya toko kamera, c1rcle K, carefour )
  • Batere CR123, CR2 ( voltasenya 3V, hanya ditoko - toko tertentu misalnya toko kamera, c1rcle K, carefour )
  • Batere Rechargeable (Nimh) Sanyo Eneloop, batere charge AA/AAA paling recommended buat senter ( voltasenya 1.2V hanya tersedia di toko" tertentu / dikaskus juga banyak yg jual )

Quote:

☚ ☚ ☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛ ☛ ☛
alkaline bocor di dalam device saya

Ada hal yg perlu diperhatikan kalaupun nantinya jadi beli senter yg pake format batere AA. Sangat tidak disarankan mengisi senter dengan batere alkaline dan meninggalkannya di dalam senter agan yg harganya ratusan ribu -jutaan dalam waktu yg cukup lama.

Karena alkaline ini rawan sekali bocor dan kalau terjadi kemungkinan besar merusak komponen di dalam senter ( bisa rusak permanen ). Ane menjumpai banyak orang yang salah kaprah dengan istilah alkaline. Biasanya orang" mengasumsikan klo alkaline itu merk batere ( ABC alkaline ). Sebenarnya alkaline itu ada nama chemistry yg digunakan di dalam sebuah batere, jadi umumnya batere AA/AAA/C/D merk ABC, energizer, everyday yg biasa kita jumpai di toko - toko / minimart semuanya menggunakan chemistry alkaline.

Cara liat tipe batere itu alkaline / lithium cukup mudah gan, dikemasannya biasanya ditulis tipe chemistry baterenya apakah itu alkaline / lithium. Liat gambar dibawah ya untuk jelasnya ( klik gambar untuk memperbesar dan memperjelas tampilan ).
☚ ☚ ☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛ ☛ ☛ ☚ ☚ ☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛ ☛ ☛

Alkaline sendiri kurang cocok dipake di high output flashlight karena voltase pada alkaline tidak kuat menangani current draw tinggi yg biasa ada di high output flashlight. Efeknya kalau dipakai disenter yg high output, senter bakal cepet drop sinarnya.

Jenis batere umum yg cocok dipake di high output flashlight hanyalah batere Nimh / Lithium yg kuat untuk menangani tugas ini. Dan lagi kelebihan lithium VS alkaline ada di umur batere (self life ) dan daya tahannya.
  1. Batere Nimh LSD ( Sanyo Eneloop ) varian terbaru mempunyai self life 3 tahun ( varian terbaru ) dan 1 tahun ( varian yg lama ). Batere Sanyo Eneloop juga lebih aman ditaruh di dalam senter karena jarang sekali ditemui repot / kasus batere Eneloop bocor di dalam senter.
  2. Apabila batere disimpan dalam jangka waktu yg lama dan tidak digunakan sama sekali, alkaline rata2 berumur 3-5 tahun VS Lithium rata2 berumur 10-15 tahun. Dan juga Lithium jarang bocor seperti alkaline ( aman ditaruh di dalam senter ).
  3. Dari segi daya tahan, batere lithium pada umumnya mempunyai kapasitas yg lebih banyak dari batere alkaline. Dengan kata lain, senter yg diisin pake batere lithium pada umumnya nyalanya lebih lama dibanding senter yg disini batere alkaline.

5.) Apa itu Mc Clicky, bedanya ama clicky apa ?
Mc.Clicky = merk clicky yg dibikin oleh si don ( pembuat senter mc.gizmo )
Nambah dikit yah. Clicky biasa (Surefire maupun Solarforce) itu beban maksimumnya itu sekitar 3 ampere. Jadi dipakai untuk Cree XM-L, MC-E, Seoul P7 itu biasanya masih tidak apa-apa. Tapi begitu memakai drop-in extreme seperti triple xp-g, quad xp-g, sst-90 maka clicky pada solarforce itu langsung turun ke medium mode / low mode. Sedangkan pada z59 saya nggak berani mencoba karena ada beberapa peringatan bisa rusak kalau lebih dari 3 Ampere (melted sebagai bagian dari proteksi short circuitnya Surefire).
McClicky itu merupakan ciptaan McGizmo dan sekarang dioutsource-kan ke offshore (nggak disebutkan China, Taiwan) dan itu sebetulnya rated untuk 4A, 12V, 10.000 click link Tapi pada kenyataannya Mcclicky dipakai pada setup triple/Quad/Septa XP-G masih sanggup mengalirkan arus sampai 9,8A tapi dengan resistensi yang cukup besar.

Dulu ada juga memunculkan alternatif lain yaitu Kroll Switch (dari Judco) yang rated 10A, 14V. Tapi sayang kurang populer karena Judco tidak membuatkan adapter untuk Surefire Z41 (tailcap paling populer saat itu).
Spoiler for contoh body yang memakai kroll switch - yang tengah:


Sekarang ini yang lagi naik daun untuk arus besar itu Fettie Switch. Udah dibongkar bersama ama bro jayamakmur waktu itu, ternyata isinya memakai IC, jadi arusnya bisa sampai 25A itu tidak melalui clicky mechanism sama sekali, tetapi melalui IC. IC-nya sendiri mendapat power dari batere CR2016 (rated bisa untuk 10 tahun)

6.)Gan apa sih bedanya Cool White, Neutral White ama Warm White?
Bedanya ada di color renderingnya dan lumen. Warm White mempunyai color rendering yang lebih tinggi dibandingkan Neutral White dan Cool White namum lumen / cahaya yang dihasilkan lebih rendah dibanding Cool White dan Neutral White ( asumsi di drive dengan arus yang sama ). Beamshot Cool White VS Neutral White VS Warm White bisa dilihat disini:

Spoiler for Cool White vs Neutral White vs Warm White:

Diubah oleh njet212
Resever For Update
Diubah oleh njet212
gan kalo maglite itu range spotlightnya berapa meter yaa???
@Taqy21:

Maglite yg mana dulu nih gan? ane punyanya cuman Mini Maglite LED 2 x AA, nanti kalau udah gelap ane coba ukur kira - kira thrownya brp jauh.

Btw beda design reflector, beda ukuran head ( kepala senter ), beda led beda juga jangkauan maximalnya ( throw ) gan.
Quote:


thanks for the tips entar ane praktekin dah di lapangan entar malem
Post ini telah dihapus oleh
Post ini telah dihapus oleh
nanya apa ya jadi bingung, gara2 ngebet pejwan emoticon-Ngakak
oya, Romisen RC-A4 boleh di isi batere max brp Volt gan?
agan masteremoticon-Malu
mau nanya dong

Mau nanya Senter yang bagus tuh di liat dari apanya ya?emoticon-Bingung (S)
apakah dari Keterangannya, kejauhannya, atau merknya?
sama minta saran Senter yang lumayan buat orang yang budgetnya 250 rebu apa ya?emoticon-Big Grin
ada yang tau mengenai senter yang bisa dibawa nyelam hingga kedalaman +/- 40m dan pake LED? dulu di raja ampat pemilik resort nemenin aku nyelam, dia bawa senter kecil warna hitam tapi sinarnya terang banget, lupa nanya nama dan mereknya
Quote:


kalo ane sih "terang" dan "jarak tembak" plus "daya tahan"nya ... merk no. 2 emoticon-Big Grin
Quote:


kira2 berapa terang & Jauh rata2 yang bagus gan?
Quote:


ijin nyimak juragan.
Quote:


emoticon-EEK!:
temen ane ada yg punya tuh
tapi dia belinya di singapura
harganya sekitar 300 ribuan
tau deh yg jual di jakarta dimana
lampu senter jd koleksi ya emoticon-Embarrassment
Quote:


Yg modelnya kayak nitecore Extreme dan baterenya CR123 itu? dari specnya sih bilang bisa pake batere max 4 V.

Quote:


Susah juga sih njawab ini gan, soalnya bagus itu relatif dan banyak factor pendukung yg menjadikan senter itu bagus. Misalnya ada yg suka senter itu cuman 1 mode aja, ada yg suka 3 mode aja, ada yg suka senter format 1 x aa karena gampang cari baterenya, ada yg suka senter format 1xCR123 karena outputnya dan ukurannya, ada yg bilang bagus karena suka dengan merk tertentu dll

Tapi umumnya senter yg bagus itu failure ratenya rendah ( gak gampang error / rusak ), coatingnya HA III ( hard anodized ) atau yg lebih tinggi lagi coating pake cerakote.

Klo senter bagus menurut ane sendiri:

  • Rate failure rendah ( atau zero ).
  • Max 3 mode tanpa disco mode ( disco mode = strobe, SOS ).
  • Senter yg baterenya pake CR123 ( buat EDC ) dan senter yg baterenya pake AAA ( buat gantungan kunci ).
  • Trus yg paling penting, marketingnya produk senternya gak terlalu berlebihan atau biasa dikenal dengan sebutan overrated.


Dari pengalaman ane make senter selama ini, ane selalu jawab buat budged 250rb ane selalu saran ITP A3. Ada juga senter" budget spt romisen, ultrafire dls. Dan ane pernah denger, klo senter ultrafire pun banyak beredar klonengannya di pasar.


Quote:


Wah banyak gan klo senter warna item, Ultrafire contohnya juga ngeluarin senter yg warnanya item emoticon-Hammer

ane sendiri nggak hobi diving, jadi rada kurang familiar dengan senter diving. Tapi ada satu merk senter diving buatan spain yg pake LED merknya Barbolight. Coba di check apa betul barbolight punya senter yg agan maksudkan.

Quote:


Jauh dan terang gak bisa dijadikan patokan senter itu bagus apa gak gan. Kalau jauh dan terang itu tinggal balik ke kebutuhannya apa dulu. Misalnya, klo cuman butuh senter buat liat lubang kunci di waktu malam, kita kan gak perlu beli senter yg terangnya 1000 lumen emoticon-Cool


Quote:


Wah klo masyalah laser ane kurang tau, klo emang mau bener" laser yg bagus harus imprott dari negerinya uncle sam

http://www.wickedlasers.com/

senter mini

kalo pengen yang ukurannya mini tapi lampunya terang bali yang apa yah gan??
trus kira2 yang jualan online di mana yah??
hehehe newbie sihhh...
emoticon-Bingung
wickedlasers.com itu China based di Shanghai. Ati-ati aja sih kalau beli barang disana karena saya sendiri juga beli spyder arctic III baru 1 bulan tiba-tiba mati.

CNI 500mW green laser termasuk kelas IIIB-IVA, jadi biasanya udah sekitar USD250 - 300 untuk yang bagus.


Quote:

Udah dijawab tuh ama Bro Njet212 : ITP

atau kalau pingin hasil modifikasi, liat bro jayamakmur jual senter kecil kelas 1AA tapi modded 500 lumen pake Cree XML
Halaman 1 dari 410


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di