alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Budaya /
Sejarah pantai Parangtritis,Yogyakarta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009062134/sejarah-pantai-parangtritisyogyakarta

Sejarah pantai Parangtritis,Yogyakarta

Spoiler for apa:

[spoiler=apa]Sejarah pantai Parangtritis,Yogyakarta[spoiler=apa]
Pantai Parangtritis, adalah sebuah pantai di pesisir Samudra Hindia yang terletak kira-kira 27 kilometer sebelah selatan kota Yogyakarta.Parangtritis merupakan objek wisata pantai yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Depok, Baron, Kukup, Krakal, dll. Sebenarnya di wilayah pesisir selatan Jogja terdapat sekitar 13 obyek wisata pantai yang semuanya memiliki pesona wisata. Namun entah mengapa Parangtritis yang menempati urutan pertama dalam angka kunjungan wisata, dibanding pantai-pantai lainnya. Mungkin dikarenakan Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung – gunung pasir yang tinngi di sekitar pantai, dimana gunung pasir tersebut biasa disebut gumuk.
Kepercayaan masyarakat setempat tentang legenda Nyi Roro Kidul juga dengan sendirinya melahirkan pesona tersendiri sehingga mampu menyedot jumlah wisatawan lebih besar dibanding pantai-pantai lainnya. Ada kepercayaan unik di Parangtritis. Boleh percaya boleh tidak bahwa memakai pakaian berwarna hijau di Parangtritis bisa membawa petaka. Menurut kepercayaan masyarakat setempat warna hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul, sehingga dikhawatirkan yang memakai baju / kaos hijau akan diseret ombak ke laut karena dikehendaki oleh sang penguasa laut selatan. Adapun kebenarannya, wallahu alam bishawab.
Nama Parangtritis mempunyai sejarah tersendiri. Syahdan, jaman dahulu kala seseorang pangeran bernama Dipokusumo yang melarikan diri dari Kerajaan Majapahit datang ke daerah tersebut untuk melakukan semedi. Ketika melihat tetesan-tetesan air yang mengalir dari celah batu karang, ia pun menamai daerah ini menjadi parangtritis, dari kata parang yg artinya batu dan tumaritis yang bisa diartikan sebagai tetesan air.Banyak sisi menarik apabila kita berwisata ke Parangtritis. Pemandangan alamnya yang indah tentu saja yang menjadi sajian utama. Untuk menikmatinya, kita bisa sekedar berjalan kaki menyusuri pantai. Atau jika nggak mau capai kita juga bisa menyewa jasa bendi yang akan mengantar kita melewati rute serupa. Selain bendi ada pula tawaran menunggang kuda untuk menjelajahi pantai.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
ane suka pantai itu gan, indah lho..hehe,,memang penuh kemistisan
oiya, deket2 situ ada pantai depok tempat kuliner makanan laut, enak lho gan, cobain deh, sama ada pantai parangkusumo. emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


iya gan,yogyakarta kn penuh tempat wisata pantai yg indah gan
emang bagus & bernuansa mistis

tapi sayang sekarang kesannya kotor, karena ulah2 manusia yg ga mau menjaga kebersihan & keasriannya emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)
dulu pas di jogja klo mau ke paris selalu malem... subuh dah balik
jadi ga tau siangnya gmn emoticon-Hammer
Quote:


iya gan,ane juga kecewa gan
ane pernah ksna gan tempatnya indah n bagus ya gan,
Ane lom pernah,,gak jadi kesana,katanya gak boleh pakai baju hijau ya.. Alasannya.,emoticon-Takut
Sejarah pantai Parangtritis,Yogyakarta
Sori double post :Peace
Sejarah pantai Parangtritis,Yogyakarta
Quote:


kata siapa gan g boleh pake baju hijau
toh ane ke sana pake baju hijau gpp emoticon-shakehand
TS : Nyai Roro Kidul sama Kanjeng Ratu Kidul beda gk emoticon-Bingung
Quote:


hehehehe lha beda maksud dan tujuan emoticon-Big Grin
Quote:


maksude pripun mbah ?
hehehe
Quote:


gk boleh pke baju partai emoticon-Malu (S)

Quote:


kebanyakan faktor ghaibnya atau faktor alamnya mbah yang menelan jiwa? emoticon-Bingung (S)
baguslah yang pake baju ijo ga kenapa'' emoticon-Big Grin
ane juga pernah kesana seh tp dulu dah lama.
sekarang gimana yah keadaan alamnya...?
Quote:

woo ngono to
wes,,nungguni pembabarane mbah samin
Quote:


emang kenapa ya masemoticon-Bingung
Quote:


iya donk gan....maen2 ksni lg gan....
Quote:


sama aja itu gan,,,cuma sebutannya aja yg beda
Quote:


Quote:


kmren2 ad yg bilng beda deh,,tp lupa sapaemoticon-Nohope

uda ahh balik k pantai lg biar ga ootemoticon-Nohope
emoticon-Peace
emoticon-Sundul Up
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di