alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sejarah Pesawat Komersial Boeing 747-400
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008831458/sejarah-pesawat-komersial-boeing-747-400

Sejarah Pesawat Komersial Boeing 747

misi agan2 ane numpang share informasi yang mungkin berguna buat agan2 sekalian emoticon-I Love Kaskus

agan tau kan pesawat Jumbo Jet Boeing 747- 400


Spoiler for boeing 747-400:


Spoiler for :


Spoiler for spesifikasi:


Spoiler for kabin:


Spoiler for kabin:


Spoiler for kokpit:


nah ini pecinta game Flight Simulator di kaskus bikin repaint pesawat gan emoticon-I Love Kaskus
Spoiler for pesawat kaskus:

Spesifikasi:

Panjang \t:70,7 m \t76,25 m
Lebar \t:59,6 m \t68,45 m
Tinggi \t:19,3 m \t19,35 m
Luas sayap \t:511 m² \t541 m²
Berat bersih :162,4 ton \t180,8 ton
Berat maksimum untuk terbang :340,2 ton \t412,8 ton
Kecepatan maksimum :967 km/h \t917 km/h
Jarak maksimum :9.040 km \t15.000 km
Kapasitas kargo :170,6 CBM (5 palet + 14 LD1s) \t158,6 CBM (4 palet + 14 LD1s)
Contoh mesin :4 × Pratt & Whitney JT9D masing masing dengan gaya 209 kN \t4 × General Electric GE NX 2B76 masing masing dengan gaya 296 kN
Krew Kokpit :Tiga.Dua


Boeing 747 lahir pada waktu industri udara era 60-an sedang maju pesat. Era pesawat komersil pada waktu itu, dijuarai oleh Boeing 707 yang telah membuat satu revolusi di dalam perjalanan udara jarak jauh dan merealisasikan konsep "Kota Global". Pada waktu itu, Boeing sudah pun mengkaji pesawat yang besar untuk memenangi kontrak dari Tentara Amerika Serikat tetapi kalah kepada Lockheed C-5 Galaxy. Pan Am, klien setia Boeing pada waktu itu, meminta Boeing membuat sebuah pesawat penumpang yang besar, 2 kali ukuran Boeing 707. Maka, pada tahun 1966 Boeing mengeluarkan satu garis panduan mengenai konfigurasi pesawat penumpang yang akan dinamakan Boeing 747. Pan Am memesan 25 buat seri 747-100. Pada mulanya, desain pesawat ini adalah pesawat dua tingkat penuh atau 'double decker' tetapi karena masalah evakuasi pesawat ketika keadaan darurat, ide ini diganti menjadi sebuah pesawat berbadan lebar.

Ketika itu, Boeing 747 diperkirakan akan digantikan oleh pengangkutan supersonik. Maka Boeing membuat ulang Boeing 747 supaya dapat diubah menjadi pesawat kargo, untuk berjaga-jaga apabila permintaan bagi versi penumpang akan menurun suatu hari nanti dan hanya versi kargo yang mampu bertahan. Maka kokpit pesawat itu dipindahkan ke dek atas agar moncong pesawat dapat dibuat untuk dibuka menjadi satu pintu kargo. Pada mulanya dek atas digunakan untuk kelas pertama dan lobi/bar tetapi saat-saat ini dek itu biasanya digunakan sebagai tempat duduk ekstra. Dengan perkiraan penjualan hanya sebanyak 400 unit, 747 mampu bertahan dari kritik-kritik dan pada tahun 1993 sebanyak 1000 pesawat berhasil dibuat.

Perakitan 747 adalah satu proses yang rumit. Hal ini disebabkan karena Boeing tidak mempunyai bangsal pesawat yang cukup besar untuk menampung pesawat-pesawat itu. Maka, perusahaan ini terpaksa membuat satu pabrik di Everett, Washington, dimana pabrik tersebut menjadi pabrik terbesar yang pernah dibuat. Pratt and Whitney pula pada waktu itu membangunkan satu mesin turbofan yang cukup besar, JT9D, untuk Boeing 747. Maka, untuk keselamatan dan kemampuan terbang, Boeing 747 dibuat dengan 4 sistem hidrolik untuk keadaan darurat, kontrol permukaan yang terpisah, berbagai macam 'stuctural redundancy' dan 'flaps' yang kompleks yang membolehkan 747 digunakan pada landasan biasa.

Pada mulanya, banyak perusahaan penerbangan yang ragu terhadap Boeing 747. Waktu itu, pesaing Boeing, McDonnell Douglas dan Lockheed, sedang membuat pesawat berbadan lebar dengan tiga mesin yang dinamai 'trijet', yang lebih kecil dari 747. Malahan kebanyakan perusahaan penerbangan merasa bahwa 747 terlalu besar untuk penerbangan jarak jauh dan dengan itu mereka berinvestasi pada proyek 'trijet'. Terdapat juga keraguan akan kemampuan 747 untuk beroperasi dengan infrastruktur lapangan terbang ketika itu.

Satu lagi isu yang diangkat oleh perusahan penerbangan adalah penggunaan bahan bakar. Ini karena penggunaan bahan bakar pesawat 'trijet' lebih rendah dari pesawat empat jet dan perusahaan penerbangan tentunya lebih cenderung memilih biaya bahan bakar yang rendah. Isu ini telah menghantui Boeing pada 1970.

Bagaimanapun, Boeing telah berjanji untuk mengantar 747 kepada Pan Am, dalam masa kurang empat tahun, Boeing perlu membuat dan menguji pesawat itu. Dalam tempo yang singkat ini, proses pembangunan membuat mereka yang terlibat dalam proyek ini berkerja dalam keadaan yang sangat menekan dan mereka ini disebut sebagai 'The Incredibles'. Biaya yang tinggi untuk pembangunan pesawat ini dan pembinaan infrastuktur di Everett merupakan satu pertaruhan bagi Boeing dan keberhasilan perusahaan ini bergantung kepada keberhasilan 747. Boeing hampir gulung tikar pada tahun 1970. Namun, Boeing memenangi pertaruhan ini pada akhirnya dan Boeing memonopoli pengangkutan berbadan lebar selama 35 tahun. Kedatangan Airbus A380 memecah rekor Boeing.



Pesawat ini juga pernah ngalamin kecelakaan gan emoticon-Turut Berduka

* Lufthansa Penerbangan 540, Nairobi, 1974
* Musibah Tenerife, Bandara Tenerife, 1977
* Air-India Penerbangan 855, Laut Arab, 1978
* British Airways Penerbangan 9, Jakarta, 1982
* Avianca Penerbangan 011, Madrid, 1983
* Air-India Penerbangan 182, Samudra Atlantik, 1985
* Japan Airlines Penerbangan 123, Tokyo, 1985
* South African Airways Penerbangan 295, Samudra Hindia, 1987
* China Airlines Penerbangan 358, Taiwan, 1991
* Penerbangan kargo El Al 1862, Amsterdam, 1992
* Philippine Airlines Penerbangan 434, Okinawa, 1994
* TWA Penerbangan 800, Long Island, 1996
* Saudi Arabian Airlines Penerbangan 763, Delhi, 1996
* Korean Air Penerbangan 801, Guam, 1997
* Singapore Airlines Penerbangan 006, Taipei, 2000
* China Airlines Penerbangan 611, Kepulauan Penghu, 2002


Spoiler for boeing:


sekian gan thread dari ane,maju terus penerbangan indonesia emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-Kiss emoticon-Kiss
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Sejarah Pesawat Komersial Boeing 747-400

dalem pesawat keliatannya nyaman banget ya gan... maklum ane gag pernah naek pesawat emoticon-Malu
yaahh, gagal pertamax deh :'(
Quote:


Ini bukan Boeing 747-400 gan, ini Boeing 747-100
Quote:


yang ini Boeing 747-8, generasi terbaru dari Boeing 747
Quote:


maap gan cuma berbagi info emoticon-Smilie emoticon-Angkat Beer
Quote:


hafaL banget gan...?
ayo ramaikan thread ane gan emoticon-I Love Kaskus
Quote:


Keren gan pict Boeing 747-8. Ane baru liat ini.
Thanks for sharing.
jadi pengen naek nih pesawat emoticon-Mewek
Info yang menarik.. emoticon-I Love Kaskus

kalo bisa tambahan pidio sama info Boeing di Indonesia ya gan
Quote:


Boeing 747-400 di Indonesia cuma ada 5 gan, 3 punya Garuda Indonesia (PK-GSG, PK-GSH dan PK-GSI) dan 2 punya Lion Air (PK-LHF & PK-LHG)

Garuda Indonesia :

Sejarah Pesawat Komersial Boeing 747-400

Lion Air:

Sejarah Pesawat Komersial Boeing 747-400
Quote:


ane cuma meluruskan info gan, hehe....emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Post ini telah dihapus oleh
weq weq weq

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
wah,,,keren,,,ane jadi ngidam punya tu pesawat gan emoticon-Frown
hmmm..coba baca dulu ane gan emoticon-Cool emoticon-Matabelo
punya lion air katanya dipake ke JED ya gan? tapi kok tiap kali ane lewat CGK selalu ngeliat ada 2dua nya ya? apa ga terbang lagi ke JED atau dikurangin frekuensi nya?
ettt dach apaan tuch juragan emoticon-Belo
Sejarah Pesawat Komersial Boeing 747-400
Quote:


denger2 gosip nya, 747nya Garuda mau diganti pake 777-200 atau 777-300 bener ga tuh ya?
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di