alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008831156/ciri-ciri-dvdrom-dvdrw--keping-dvd-rusak-share
Poll: Apakah merk mesin DVDRW/DVDROM yg pernah agan gunakan dan terbukti awet?

This poll is closed - 32 Voters

View Poll
LiteON 40.63% (13 votes)
Pioneer 28.13% (9 votes)
Samsung 9.38% (3 votes)
LG 25.00% (8 votes)
SONY 9.38% (3 votes)
Asus 15.63% (5 votes)
Plextor 3.13% (1 votes)
BENQ 3.13% (1 votes)
Smile 
== Ciri-Ciri DVDROM/DVDRW + keping DVD rusak (share) ==

pindah ke http://kask.us/g41nE



mohon maaf om min dan mod kalau thread ane ini dirasa kurang bermanfaat.
cuma basic ane bikin thread ini adalah pengalaman pribadi ane ketika jadi seller DVD patch editan.


awalnya dulu ane pernah menjumpai buyer yang komplain masalah DVD yang tidak terbaca oleh DVDROM buyer. karena masih "blo'on" dan baru di dunia DVD maka ane langsung ganti kirim DVD baru tanpa tanya kenapa gak kebaca. Pas dikirim ke-2 kali ternyata tetap tak terbaca di DVDROM buyer. nah lho??! emoticon-Hammer

akhirnya ane beli 3 DVDRW merk Pionner + LiteON + LG untuk test hasil burning-an ane emoticon-Big Grin plus burning di kecepatan 6x/8x jadi dipastikan DVD baik-baik saja sebelum dikirim dan mampu terbaca di rata-rata DVDROM yg ada di pasaran.
berawal dari situ juga ane banyak mencari tahu ciri-ciri DVDROM/DVDRW yang rusak atau gagal berfungsi dengan "semestinya".


ini HAL SEPELE namun seringkali dilupakan oleh orang. buktinya ane search di KASKUS belum ada yg bahas ciri-ciri DVDROM rusak.
== Ciri-Ciri DVDROM/DVDRW + keping DVD rusak (share) ==


padahal pengetahuan ini penting bagi beberapa golongan, misal newbie spt ane emoticon-Hammer, seller/buyer dvd, orang yang mau install OS tapi pakai DVDROM jadul, pembeli DVDROM/DVDRW second, dan orang yang mau klaim garansi DVDROM/DVDRW yang baru saja dibeli tapi menunjukkan ciri-ciri DVDROM rusak emoticon-Smilie


CIRI-CIRI DVDROM/DVDRW RUSAK :
  1. Tidak mampu membaca keping DVD secara sempurna, atau "not responding" jika dipaksakan untuk membaca file dari DVD.
  2. Putaran motor dynamo kencang tapi keping DVD tidak terbaca. Tanda optic DVDROM atau DVDRW lemah sehingga motor menaikkan RPM berusaha mengimbangi optic yg lemah tersebut.
  3. Putaran motor dynamo DVDROM/DVDRW tersendat-sendat, kadang terdengar berputar kencang tapi kadang lambat disertai lampu indikator berkedip cepat. Sehingga pembacaan data dari keping DVD tidak optimal.
  4. DVDRW seringkali membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya jika dipakai burrning, atau bahkan sering GAGAL di tengah-tengah proses burning.
  5. DVDRW hanya bisa membaca CD tetapi tidak mampu membaca keping DVD. Juga salah satu tanda optic lemah.
  6. DVDRW bisa digunakan untuk membaca CD/DVD tetapi tidak bisa digunakan untuk burning.
  7. Kerusakan pada motor dynamo dimana motor sudah tidak mampu memutar keping CD/DVD sama sekali.
  8. DVDROM/DVDRW tidak bisa terbuka sama sekali. Hanya kedip-kedip tapi tidak bisa di eject meskipun di dalamnya tidak ada CD/DVD yang nyangkut.



AKIBAT DVDROM/DVDRW yang rusak :
  1. Keping DVD menjadi baret dikarenakan putaran motor yang kencang untuk mengimbangi optic yang lemah.
  2. Gagal install game tertentu dengan kondisi sering berhenti / NOT RESPONDING di tengah-tengah proses baca/copy data dari cd/dvd.
  3. Gagal install OS (windows) karena data ada yang tidak terbaca sempurna dari keping CD/DVD ketika proses instalasi. Bisa jadi malah ter-install tapi corrupt karena tidak semua data dari cd/dvd windows tercopy sempurna ke hardisk emoticon-Hammer
  4. Pastinya tidak baca keping CD/DVD.
  5. Bisa baca keping CD atau DVD tapi gak mampu dipakai copy file ke hardisk.
  6. Gagal burning atau error di tengah proses burning.



PENYEBAB RUSAKNYA DVDROM/DVDRW :

  1. PSU kurang memberi daya kepada motor DVDROM/DVDRW sehingga motor bekerja "extra keras" dan pastinya umurnya jadi pendek.
  2. Kurang daya juga menyebabkan proses burning menjadi tidak stabil. Karena itu gunakan PSU yang pure dan berkualitas. Gak cuma mainboard/prosesor/hardisk/RAM yang makan listrik. DVDROM/DVDRW jg makan listrik emoticon-Big Grin
  3. Sering dipakai untuk menonton film baik itu DVD original maupun bajakan karena optic bekerja terus menerus selama kita nonton (ini trouble umum pengguna CDROM/CDRW/DVDROM/DVDRW). Bayangin aja buat burning yg cm 15menit aja si motor/optic DVDROM jadi panas, apalagi buat nonton film 1jam 30menit. Pastinya cepet koit si optic atau motornya emoticon-Hammer2
  4. Sering dipakai burning CD/DVD, biasanya ada batas maksimum berapa keping CD/DVD yang mampu di burn oleh mesin DVDRW.
  5. Suhu kamar lembab sehingga ada kemungkinan korslet atau optic berjamur.
  6. Seringkali buka DVDROM/DVDRW tapi lupa nutup sampai pagi sehingga debu masuk dan menutup optic.
  7. Kurang dirawat / jarang dibersihkan DVDROM-nya. Minimal cek kalau pas buka DVDROM dan bersihkan jika memang ada debu.
  8. Kabel SATA atau power tidak tertancap dengan baik atau kendor. Bisa menimbulkan korsleting atau kurang daya ketika baca data dari keping CD/DVD.
  9. DVDROM sering dipaksa membaca keping CD/DVD yang sudah baret/berjamur/bernoda dimakan usia emoticon-Takut



===================================


CIRI-CIRI KEPING DVD RUSAK :
  1. Ada baret atau garis halus.
  2. Ada noda hitam atau coklat tua di piringan CD/DVD.
  3. Ada noda putih atau berjamur di kepingan CD/DVD.
  4. CD/DVD sedikit bengkok karena tertekan oleh sesuatu yg tidak rata dalam jangka waktu lama.
  5. Pecah atau retak (ini nenek-nenek juga tau emoticon-Hammer).
  6. Ketika mau dibaca oleh DVDROM/DVDRW terdapat tulisan "cyclic redundancy check error".



AKIBAT KEPING DVD yang rusak :
  1. Data tidak bisa terbaca oleh DVDROM.
  2. Jika dipaksa membaca DVD yang bernoda/berjamur/baret maka siap-siap DVDROM/DVDRW agan yang akan ikut rusak. emoticon-Takut
  3. Jika sudah dirasa tidak layak pakai sebaiknya buang keping CD atau DVD agan karena jika dipaksa untuk dibaca juga mengurangi kemampuan optic DVDROM/DVDRW untuk membaca/menulis data.



PENYEBAB KEPING DVD menjadi rusak :
  1. Defect atau cacat pabrik, cirinya keping CD/DVD itu kosong (new/baru) tapi jk dimasukkan ke dalam mesin DVDROM/DVDRW tidak terbaca sama sekali seolah-olah tdk ada CD/DVD-nya. Keping seperti ini wajib dibuang karena tdk bisa dipakai burning.
  2. Disimpan di tempat yang tidak layak (lembab) sehingga cepat berjamur.
  3. Diletakkan sembarangan misal di lantai, di meja yang banyak debu, di gantung emoticon-Hammer.
  4. Bagian dvd yang untuk dibaca oleh optic sering dipegang-pegang tangan sehingga noda menempel di lapisan tersebut yang bila tidak segera dibersihkan bisa menyebabkan jamur/noda permanen.



HAL YANG RANCU MENGENAI KEPING DVD "RUSAK"

Seringkali kita katakan keping DVD yang rusak padahal optic kita yang lemah atau motor dari DVDROM kita sdh dimakan umur. Bukan pembelaan diri sbg seller lho emoticon-Big Grin
Yang jelas jika CD/DVD tidak terbaca datanya akan ada tulisan : "cyclic redundancy check error" yang muncul ketika kita memasukkan keping CD/DVD yang error.

Quote:
The most common time you will see the cyclic redundancy check error message is when trying to read data from a damaged CD or DVD. Just before it appears, your CD/DVD drive will probably grind and whirl away - your PC may also become a little slugglish.

SUMBER : http://www.softwarepatch.com/tips/cy...edundancy.html


Jika "not responding" atau gagal copy file di tengah jalan padahal CD/DVD terbaca oleh DVDROM, artinya optic/motor dynamo kita yang lemah karena beberapa penyebab di atas yang telah ane jelaskan. Bukan pada keping CD/DVD.






demikian share dari ane yang newbie ini. semoga bisa bermanfaat dan jika ada yang ingin menambahkan silahkan gan, karena semua yang ane cantumin di atas adalah murni pengalaman pribadi dan ada juga diambil dari beberapa sumber. jadi pastinya banyak kekurangan dan butuh kritik dan saran dari para mastah dan user di sub hardware emoticon-Shakehand2

reserved buat update

TAMBAHAN BUAT INFO
"CYCLIC REDUNDANCY CHECK ERROR"


Quote:Original Posted By kutipan artikel

Cyclic Redundancy Check (CRC) adalah pesan kesalahan yang muncul di layar komputer setiap kali PC Anda membaca data yang korup. CRC, pada dasarnya mendeteksi kesalahan pada file yang sedang dibaca oleh PC Anda. Pesan error ini biasanya terjadi ketika PC anda mencoba untuk membaca data dari media penyimpanan yang rusak, seperti harddisk, CD atau DVD. Ketika data sedang ditransfer ke PC, Cyclic Redundancy Check memastikan bahwa data dengan berbagai kesalahan tidak mencapai tujuan yang ditentukan. Ini adalah alasan mengapa sebuah CD rusak tidak bisa disalin ke komputer Anda. Ingat, pengelolaan data merupakan bagian penting untuk menjaga sistem anda dalam jangka panjang.

Banyak sekali, kemungkinan kotoran pada CD atau DVD yang menyebabkan kesalahan CRC. Pembersihan media penyimpanan ini dengan menggunakan kain lembut sering memecahkan masalah. Sebuah sisir CD atau kertas label pada disk juga dapat menjadi masalah. Hal ini karena goresan atau label menyebabkan proses pembakararan disk tidak benar. Sebagian dapat dibakar tapi sebahagian lagi tidak dapat di bakar. Untuk mencari informasi dari disk yang rusak, ada aplikasi software yang berguna dalam hal ini yaitu recover tool. Ini adalah alat yang memulihkan kehilangan data seperti gambar digital dari CD dan DVD rusak.

Masalah hardware

Jika kesalahan CRC masih ditampilkan bahkan setelah menjalankan disc pembersih, maka kemungkinan besar masalah adalah pada hardware. Anda perlu memeriksa CD dan DVD drive dan bersihkan secara teratur dengan menggunakan pembersih lensa disk. Cari tahu apakah perangkat ini berfungsi dengan benar. Menggantikan CD / DVD room dengan yang baru akan memecahkan masalah. Kadang-kadang, koneksi dari DVD dan CD drive yang rusak dapat mengganggu fungsi perangkat.
...............

SUMBER = http://dunovteck.wordpress.com/2011/...eck-error-crc/



Apa beda -R, +R, dan RW ?

Saat in hampir semua CD/DVD writer sudah bisa menulis dan membaca semua jenis format DVD. Hal ini ditandai dengan adanya logo DVD±RW. Sehingga jika ada logo tersebut, harusnya tidak ada masalah ketika kita memilih jenis -R atau +R. Mengenai penjelasan tanda ini sebagai berikut :

1) Arti huruf R pada keping CD/DVD
R : tanda ‘R’ sendiri merupakan singkatan dari Recordable. Disini disk dapat digunakan untuk menyimpan data dan sebaliknya jika tidak ada tanda R, maka tidak bisa menyimpan.


2) CD/DVD-R
-R : Tanda Minus baik CD/DVD merupakan single session disk. Artinya kita tidak dapat menambahkan data lain jika sudah di gunakan, meskipun masih ada sisa penyimpanan. Kadang ada media yang bisa melakukan penyimpanan Multi session di disk jenis -R ini, tetapi hasilnya tidak semua media mampu membacanya, kadang hanya session pertama yang terbaca atau tidak ada sama sekali.

3) CD/DVD+R
+R : Tanda Plus ditujukan untuk Multisession, artinya kita dapat menggunakan space kosong yang masih tersedia di disk. Setiap session baru dapat ditambahkan di session yang sudah ada atau membuat session baru. Sebagai bonus, ketika session baru disimpan, dapat memerintahkan untuk “menghapus” session yang lama. Hapus ini maksudnya memerintahkan media player untuk mengabaikan isi datanya.

4) keping CDRW/DVDRW
RW : merupakan singkatan dari ReWritable, artinya disk ini menggunakan material khusus sehingga datanya dapat dihapus kemudian digunakan untuk menyimpan data baru atau dapat juga di tumpuk dengan data lain. Ada batasan tertentu seberapa banyak (kali) penghapusan data bisa dilakukan.


Selain itu DVD+R mempunyai beberapa kelebihan, seperti misalnya lebih akurat pada kecepatan tinggi dibanding DVD-R, kemudian juga manajemen error yang lebih baik, serta hasil burning (penyimpanan) data mempunyai tingkat kerusakan yang lebih kecil.
Melihat perbedaan diatas, maka DVD+R mempunyai keunggulan dibanding DVD-R, sehingga biasanya harganya pun lebih mahal dan mempunyai beberapa keunggulan. Tetapi karena DVD-R lebih dulu hadir ( 5 tahun ) daripada DVD+R, maka format ini kadang yang sering digunakan (lebijh mendukung media player lama).

SUMBER : S I N I



Spoiler for optional update:
Keren kk.. emoticon-thumbsup

Nice inpo ya gan..

ane ctrl+s yaah.. bermanfaat banget gan buat kedepannya.. emoticon-Big Grin
wah manteb nih
tapi kalo boleh request ane minta maksimal umur dari setiap vendor dong emoticon-Peace
soalnya ane punya 3 biji dari 3 vendor berbeda pasti selalu rusak di bagian buka-annya jadi harus pake jarum bukanya
2 diantara 3 dvd rom umur paling muda tapi optic udah ga bisa baca emoticon-Frown
Quote:Original Posted By ramatkj
Keren kk.. emoticon-thumbsup

Nice inpo ya gan..

ane ctrl+s yaah.. bermanfaat banget gan buat kedepannya.. emoticon-Big Grin



makasi gan... silahkan di CTRL+D kok di CTRL+S? emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By qbank.cool
wah manteb nih
tapi kalo boleh request ane minta maksimal umur dari setiap vendor dong emoticon-Peace
soalnya ane punya 3 biji dari 3 vendor berbeda pasti selalu rusak di bagian buka-annya jadi harus pake jarum bukanya
2 diantara 3 dvd rom umur paling muda tapi optic udah ga bisa baca emoticon-Frown


ane dari dulu fanatik di 3 merk aja gan bt DVDROM/DVDRW yaitu Pioneer, LG dan LiteON emoticon-Malu

karena selama ane pakai 3 merk tersebut merasa puas dengan harga dan ketahanan-nya. LiteON dan LG paling murah dibanding Pioneer tapi soal ketahanan usia masih lebih awet Pioneer (harga di kota ane beda 60rb, lebih mahal Pioneer pastinya).

cm price vs performance dapet lah si LG dan LiteON ini. kalo ane pribadi LiteON lebih unggul usianya dikit dibanding LG jika dipakai burning.
uji coba dengan kemampuan burning lebih "banyak" siapa antara 3 merk tersebut di dapat hasil rata-rata sbg berikut (ane soalnya beli DVDRW rutin per 2bln, sdh tuntutan kerjaan emoticon-Hammer) :

1. Pioneer sekitar 1200-1250 keping baru lemah optic-nya.
2. LiteON sekitar 1000 keping baru lemah optic-nya.
3. LG sekitar 800-850 keping baru lemah opticnya.


lemah optic disini masuk kriteria yg sdh tidak bisa digunakan untuk BURNING CD/DVD. jadi masih bs digunakan untuk sekedar baca keping CD/DVD. klo bener-bener mati total ane blm pernah gan. ini aja numpuk kayak toko DVDRW ane yg "cuma" bs baca hehehe.. emoticon-Big Grin coz ane butuhnya yg bisa BURNING.


padahal jika merujuk pada "kata si penjual" yg ane anggep pakar di bidang hardware, kemampuan burning tiap optic DVDRW merk apapun sekitar 1800-2000 keping. tp kenyataannya berbeda ketika kita praktekkan lgsg emoticon-Smilie


IMHO : ane dr jaman msh CD-RW dulu krg sreg sama merk samsul :maho atau soni :maho. soalnya dr pengalaman temen2 di UI klo rakit komp dikasih 2 merk itu. br 5-6bln dah koit aja tuh CD-RW yg gak bs baca lah, gak bs burn, error lah, gak bs dibuka, dst. sdgkan CD-RW LiteON ane br koit akhir taun 2007 emoticon-Turut Berduka tapi belinya awal 2004 emoticon-Big Grin
nais info gan emoticon-thumbsup

skalian boleh nanya gak gan? Kalo buat burn game paling bagus pake apa diantara ini:
Verbatim
Kachi
Maxell
Sony

Tolong ya gan emoticon-Big Grin
mau tanya,
gw punya DVD RW,dulu nya bisa buat burn, tp akhir ini gak bisa..
gw burn sie burn nya jalan...ada tulisan complete, trs CD nya keluar otomatis kyk biasanya..tp pas gw liat CD nya,ngk ada ISI sama sekali,pas mau di burn pake CD yg sama ngk bisa karena udah terpakai(padahal ngk ada isi gw liat)..
itu gmn tuh ?
gan minta ijin copas ya gan...
Quote:Original Posted By muniif96
nais info gan emoticon-thumbsup

skalian boleh nanya gak gan? Kalo buat burn game paling bagus pake apa diantara ini:
Verbatim
Kachi
Maxell
Sony

Tolong ya gan emoticon-Big Grin


Paling bagus Verbatim tapi lebih bagus lagi yang Mitsubishi. Verbatim itu satu perusahaan dengan Mitsubishi.

Kalo mau beli Verbatim, beli yang Made in Taiwan. Untuk Mitsubishi semuanya sudah Made in Taiwan. Kelebihan Mitsubishi permukaan atas DVD nya lebih tebal daripada Verbatim dan harganya lebih murah.
Quote:Original Posted By VenVey
mau tanya,
gw punya DVD RW,dulu nya bisa buat burn, tp akhir ini gak bisa..
gw burn sie burn nya jalan...ada tulisan complete, trs CD nya keluar otomatis kyk biasanya..tp pas gw liat CD nya,ngk ada ISI sama sekali,pas mau di burn pake CD yg sama ngk bisa karena udah terpakai(padahal ngk ada isi gw liat)..
itu gmn tuh ?


Pake DVD-RW merk apa ? Coba install ulang drivernya. Kalo pake WIn XP buksa Control panel > System > Hardwares > Device manager > CD/DVD-ROM Drive > Cklik kanan pada DVD-RW nya > pilih Uninstall > kemudian restart .

Sebaiknya coba burn dengan DVD-RW yang bisa di hapus.

Thumbs up 
Tips Merawat CD & DVD Drive

Saat ini saya menggunakan 3 optical drive, 1 DVD-Rom dan 2 DVD-RW :
- Lite-on DVD-Rom IDE SOHD-16P9S umur 7 tahun
- Lite-on DVD-RW IDE LH-18A1P umur 5 tahun
- Lite-on DVD-RW SATA iHAS 324 umur 1 tahun

Semuanya masih lancar untuk baca dan burn DVD & CD. Dibawah ini tip merawat optical drive supaya panjang umur :

1. Jangan gunakan optical drive untuk putar film. Jadikan file film ke file image dengan menggunakan tool untuk buat file image seperti Magic Iso
http://www.magiciso.com/tutorials/mi...c-overview.htm

Untuk tool freeware lainnya bisa download disini :
http://www.raymond.cc/blog/archives/...virtual-drives

2. Saat baca atau copy file dari DVD/CD ke HDD turunkan kecepatan optical drive dengan menggunakan Nero Drive Speed, sebaiknya pilih speed 4x, link download :
http://www.softpedia.com/get/CD-DVD-...iveSpeed.shtml

3. Saat burning DVD/CD selalu gunakan speed 4x. Biar lambat asal selamat.

Bagi yang berkenan boleh minta cendolnya. Thank
nice thread gan,

ane mau tanya nih, ane ada masalah dalam burning dvd, baru2 ini ane ganti dvdrw pioneer S19L 24x.
Nah pas ane coba burning, pas ke 80an% error(sampai 3x percobaan error sama).
Ane burning dari file .iso dengan kecepatan 8x di dvd maxell 16x dengan software Alcohol 120%.
Trus ane komplain sama yang jual dvdrw pioneer, kok baru beli ga bisa burn. Akhirnya di RMA, 2hr kemudian datang DVDRW baru yang sama jenisnya.
Setelah dicoba burning lagi, errornya sama gan. Ane pusing dan stress tuh kok ga bisa burn, mana orderan banyak lagi(jualan dvd juga sm kyk TS).
Ane coba komplain, si toko ga mau ganti lagi karena dia mengganggap dvrw yg dia jual baik2 sj dan pc sy yang bermasalah.
Sampai sekarang(dari awal mei) ane ga burning lagi karena dvdrw suka error saat burn.
FYI, total ane uda 4x ganti dvd dari februari. 1. Pioneer S18L (tahan 2mgg ane balikin ke toko) 2. LiteOn (2mgg, lsg RMA, uda sebulan blum dtg jg yg baru). 3 & 4 yg ane jelasin diatas.

Spoiler for skrinsut error:


trus ane pernah coba tny dikaskus ttg maslah ane. yang gw dapet katanya windows 7 64bit ane yg bermasalah, so solusinya install ulang. cuma syg bgd gan kl harus install ulang emoticon-Frown
2 hari yg lalu ane coba dvdrw ane di pc teman. dan coba burning ternyata lancar jaya gan.

ane bingung banged nih gan, mohon pencerahannya
mantabs, jarang2 ane dapet trid yang bermutu emoticon-thumbsup:

ijin subscribe tridnya. nunggu update-annya
Mantab infonya, Gan emoticon-2 Jempol

punya ane sering dipake nonton DVD drama korea sampai lensanya lemah emoticon-Turut Berduka:
gan yg dimaksud ente tuh ciri2 dvdrom rusak apa dvd-r rusak sih gan? emoticon-Bingung

perlu ditegaskan dvdrom itu alat, atawa biasa disebut optical drive

sedangkan dvd-r keping disc nya.
Quote:Original Posted By cowboymail
makasi gan... silahkan di CTRL+D kok di CTRL+S? emoticon-Ngakak (S)




ane dari dulu fanatik di 3 merk aja gan bt DVDROM/DVDRW yaitu Pioneer, LG dan LiteON emoticon-Malu

karena selama ane pakai 3 merk tersebut merasa puas dengan harga dan ketahanan-nya. LiteON dan LG paling murah dibanding Pioneer tapi soal ketahanan usia masih lebih awet Pioneer (harga di kota ane beda 60rb, lebih mahal Pioneer pastinya).

cm price vs performance dapet lah si LG dan LiteON ini. kalo ane pribadi LiteON lebih unggul usianya dikit dibanding LG jika dipakai burning.
uji coba dengan kemampuan burning lebih "banyak" siapa antara 3 merk tersebut di dapat hasil rata-rata sbg berikut (ane soalnya beli DVDRW rutin per 2bln, sdh tuntutan kerjaan emoticon-Hammer) :

1. Pioneer sekitar 1200-1250 keping baru lemah optic-nya.
2. LiteON sekitar 1000 keping baru lemah optic-nya.
3. LG sekitar 800-850 keping baru lemah opticnya.


lemah optic disini masuk kriteria yg sdh tidak bisa digunakan untuk BURNING CD/DVD. jadi masih bs digunakan untuk sekedar baca keping CD/DVD. klo bener-bener mati total ane blm pernah gan. ini aja numpuk kayak toko DVDRW ane yg "cuma" bs baca hehehe.. emoticon-Big Grin coz ane butuhnya yg bisa BURNING.


padahal jika merujuk pada "kata si penjual" yg ane anggep pakar di bidang hardware, kemampuan burning tiap optic DVDRW merk apapun sekitar 1800-2000 keping. tp kenyataannya berbeda ketika kita praktekkan lgsg emoticon-Smilie


IMHO : ane dr jaman msh CD-RW dulu krg sreg sama merk samsul :maho atau soni :maho. soalnya dr pengalaman temen2 di UI klo rakit komp dikasih 2 merk itu. br 5-6bln dah koit aja tuh CD-RW yg gak bs baca lah, gak bs burn, error lah, gak bs dibuka, dst. sdgkan CD-RW LiteON ane br koit akhir taun 2007 emoticon-Turut Berduka tapi belinya awal 2004 emoticon-Big Grin


bah mantab gan penjabaran pengalamannya
ane kalo lagi rakit pasti dikasih LiteOn
dan baru kali ini dikasi samsung
mudah mudahan awet deh emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By rainy
Paling bagus Verbatim tapi lebih bagus lagi yang Mitsubishi. Verbatim itu satu perusahaan dengan Mitsubishi.

Kalo mau beli Verbatim, beli yang Made in Taiwan. Untuk Mitsubishi semuanya sudah Made in Taiwan. Kelebihan Mitsubishi permukaan atas DVD nya lebih tebal daripada Verbatim dan harganya lebih murah.


paling sering ditemuin verbatim, dan ane baru tau ada merk mitsubishi berhubung mainan ane jauh dari kepingan itu emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By rainy
Saat ini saya menggunakan 3 optical drive, 1 DVD-Rom dan 2 DVD-RW :
- Lite-on DVD-Rom IDE SOHD-16P9S umur 7 tahun
- Lite-on DVD-RW IDE LH-18A1P umur 5 tahun
- Lite-on DVD-RW SATA iHAS 324 umur 1 tahun

Semuanya masih lancar untuk baca dan burn DVD & CD. Dibawah ini tip merawat optical drive supaya panjang umur :

1. Jangan gunakan optical drive untuk putar film. Jadikan file film ke file image dengan menggunakan tool untuk buat file image seperti Magic Iso
http://www.magiciso.com/tutorials/mi...c-overview.htm

Untuk tool freeware lainnya bisa download disini :
http://www.raymond.cc/blog/archives/...virtual-drives

2. Saat baca atau copy file dari DVD/CD ke HDD turunkan kecepatan optical drive dengan menggunakan Nero Drive Speed, sebaiknya pilih speed 4x, link download :
http://www.softpedia.com/get/CD-DVD-...iveSpeed.shtml

3. Saat burning DVD/CD selalu gunakan speed 4x. Biar lambat asal selamat.

Bagi yang berkenan boleh minta cendolnya. Thank


wah hebat liteOnnya sampe 7 tahun
dan nice infonya banget gan emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By tommx31
nice thread gan,

ane mau tanya nih, ane ada masalah dalam burning dvd, baru2 ini ane ganti dvdrw pioneer S19L 24x.
Nah pas ane coba burning, pas ke 80an% error(sampai 3x percobaan error sama).
Ane burning dari file .iso dengan kecepatan 8x di dvd maxell 16x dengan software Alcohol 120%.
Trus ane komplain sama yang jual dvdrw pioneer, kok baru beli ga bisa burn. Akhirnya di RMA, 2hr kemudian datang DVDRW baru yang sama jenisnya.
Setelah dicoba burning lagi, errornya sama gan. Ane pusing dan stress tuh kok ga bisa burn, mana orderan banyak lagi(jualan dvd juga sm kyk TS).
Ane coba komplain, si toko ga mau ganti lagi karena dia mengganggap dvrw yg dia jual baik2 sj dan pc sy yang bermasalah.
Sampai sekarang(dari awal mei) ane ga burning lagi karena dvdrw suka error saat burn.
FYI, total ane uda 4x ganti dvd dari februari. 1. Pioneer S18L (tahan 2mgg ane balikin ke toko) 2. LiteOn (2mgg, lsg RMA, uda sebulan blum dtg jg yg baru). 3 & 4 yg ane jelasin diatas.

Spoiler for skrinsut error:


trus ane pernah coba tny dikaskus ttg maslah ane. yang gw dapet katanya windows 7 64bit ane yg bermasalah, so solusinya install ulang. cuma syg bgd gan kl harus install ulang emoticon-Frown
2 hari yg lalu ane coba dvdrw ane di pc teman. dan coba burning ternyata lancar jaya gan.

ane bingung banged nih gan, mohon pencerahannya


Kalo gitu mungkin DVD-RW Pioneer itu tak compatible dengan Windows 7 64 bit. Waktu coba di pc teman, dia pake Windows apa ?

Install saja Windows yang sama seperti di pc teman itu.
dvd ane gk bisa baca cd-rom gan
Quote:Original Posted By qbank.cool
bah mantab gan penjabaran pengalamannya
ane kalo lagi rakit pasti dikasih LiteOn
dan baru kali ini dikasi samsung
mudah mudahan awet deh emoticon-Big Grin



paling sering ditemuin verbatim, dan ane baru tau ada merk mitsubishi berhubung mainan ane jauh dari kepingan itu emoticon-Embarrassment



wah hebat liteOnnya sampe 7 tahun
dan nice infonya banget gan emoticon-2 Jempol


Coba lihat ke website Mitsubishi :
http://www.mitsubishimedia.com/chi/p...cts/index.html
gan mau tanya ni,gw baru2 ini bli dvd burn inkjet isinya game psp,pas gw masukin ke dvdrw lancar kebaca ,nah pas mau gw copy ke kompi dia macet /not responding..,trus gw ganti dvd lain yg polos gapake inkjet merek maxell dan kachi ,ternyata bisa...trus dvd yg inkjet itu knp ya?sempet gw paksa berkali2 akhirnya bisa dicopy tapi pas proses pengkopian/copying macet di tengah2...tlg minta solusinya donk gan.. == Ciri-Ciri DVDROM/DVDRW + keping DVD rusak (share) ==