alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008782820/share-mahabharata--versi-india
[Share] Mahabharata _ Versi India
Sebelumnya, saya mohon maaf atas keberanian saya membuat Thread ini, meski penuh kekurangan dalam pengetahuan, pemahaman dan wawasan, mencoba untuk share kepada para sesepuh dan keluarga besar Forbud

Spoiler for Posisi Mahabharata dalam kitab Hindu:
Sesuai dengan Thread, kita akan membahas & sharing secara lebih mendalam tentang Mahabharata, epos besar Hindu, sampai saat ini masih menjadi perbedaan pendapat, apakah kisah ini merupakan sejarah yg benar2 terjadi, atau hanya mitos atau malah berada diantara keduanya. Sejarah yang diilustrasikan dengan mitologi untuk kepentingan tertentu ( penjabaran Veda ) untuk menarik minat pendengar dan pembacanya.

Namun Thread ini tidak bertujuan untuk membahas apa yang telah disampaikan diatas, tujuan utama Thread ini hanyalah sharing agar wawasan kita bertambah dengan saling melengkapi.

Mungkin nanti ada yang akan membandingkan dengan kisah versi wayang, menurut saya alangkah baiknya jika perbandingan tersebut tidak bertujuan mencari superioritas diantara keduanya ( Versi India dengan Versi Wayang ) karena kita sama2 mengetahui kisah dalam pewayangan mengadaptasi Mahabharata India dengan beberapa penyesuaian dan tambahan agar cocok untuk konsumsi kita yag berada di Nusantara, bersyukurlah kita kepada para leluhur kita sehingga kisah Mahabharata dalam kekimpoi dan lakon wayang masih bisa kita nikmati sampai saat ini


Mengapa di Forum Budaya ?

Kita ketahui bersama, bahwa kisah Mahabharata mempengaruhi Budaya Nusantara, secara kasat mata bisa kita liat pengaruhnya dalam bidang seni, Mahabharata memberi inspirasi dalam seni patung, ukir, lukis ,Tari dsb nya
Bagi Umat Hindu di Nusantara sesuai dengan posisi Mahabharata dalam kitab2 Hindu bisa dibayangkan seberapa besar pengaruh kisah ini pada kehidupan mereka.

Quote:
namun apabila momod dan rekan2 disini menilai Thread ini tidak pantas, dan memerlukan moderasi, dengan kerendahan hati saya bisa menerimanya
MAHABHARATA

Kisah Besar ini tidak ada yang tau pasti kapan disusun namun dari Literatur yang ada kisah ini di atributkan kepada Rishi Vyasa sebagai penyusunnya, adalah Vyasa menyusun Kisah ini setelah Perang Kurukshetra berakhir dengan penobatan Yudhishthira serta pelaksanaan Aswamedha yajna dan keputusan sesepuh kuru untuk menjadi sanyasin, peristiwa musnahnya para Yadawa di Prabhasa Tirtha mendorong Pandava untuk menjalani kehidupan sebagai Sanyasin setelah menobatkan Parikshit.
Janamejaya putra dari Parikshit mendengarkan kisah ini dari Rishi Vaisampayana murid dari Vyasa setelah pelaksanaan Sarpayajna. Lalu kisah percakapan mereka itulah yang di ceritakan kembali oleh Ugrasrava ( Sauti ) putra Lomarshana kepada para Rishi di hutan Naimisha saat Saunaka melaksanakan sebuah Yajna selama 12 Tahun
kisah ini diceritakan kembali dalam bentuk lisan sama halnya dengan Veda ( Sruti ) dan Smrti lainnya yang diturunkan dari Guru ke Shisya (parampara) dari generasi ke generasi secara Lisan , dari pencerita satu ke pencerita lainnya, sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi beberapa variasi Cerita yang kita dapati sekarang ini.
Bentuk tertulis dari Mahabharata sendiri diperkirakan selesai disusun pada pemerintahan Dinasti Gupta di India ( sekitar 400 BCE )
Kapan kisah ini masuk ke Indonesia apakah berbarengan dengan berkembangnya Hindu di Indonesia ? namun satu hal yg perlu dicatat adalah upaya penyusunan kisah ini dalam bentuk kakimpoi pada masa pemerintahan raja Dharmawangsa Teguh (991-1016 M) cukup memberikan kita gambaran bahwa Mahabharata sudah dikenal pada masa itu.


Mungkin banyak yang belum tahu bahwa dalam masing-masing Parva terdapat parva kecil atau upa parva yg berisi satu atau lebih kisah, selain itu dalam Parva juga terbagi atas beberapa babak atau section
Berapa jumlah upa-parva ini pun masih terdapat variasi, antara 98 sub parva sampai dengan 100, perbedaan ini juga sama halnya dengan Harivamsa, apakah bagian dari Mahabharata atau merupakan epic tersendiri, mengingat isi nya adalah suplemen dari Mahabharata

saya sendiri sampai saat ini, karena keterbatasan saya belum menemukan sampai 100 upa parva tersebut, siapa tau sesepuh & rekan2 disini nanti ada yg nambahin :maho


berikut 18 Parva dengan Upa parva nya yg berhasil saya himpun dari beberapa sumber, tentu saja ke depan akan ada perbaikan serta tambahan, bila ada sumber baru diperoleh serta masukan dari rekan2 di forum ini


I. Adi Parva

1.Anukramanika Parva
2.Parva Sangraha
3.Paushya Parva
4.Pauloma Parva
5.Astika Parva
6.Adivansavatarana Parva
7.Sambhava Parva
8.Jatugriha-daha Parva
9.Hidimba-vadha Parva
10.Baka-vadha Parva
11.Chaitraratha Parva
12.Swayamvara Parva
13.Vaivahika Parva
14.Viduragamana Parva
15.Rajya-labha Parva
16.Arjuna-vanavasa Parva
17.Subhadra-harana Parva
18.Harana-harika Parva
19.Khandava-daha Parva


II. Sabha Parva

1.Sabhakriya Parva
2.Lokapala Sabhakriya Parva
3.Bajasuyarambha Parva
4.Jarasandha-Badha Parva
5.Digvijaya Parva
6.Rajasuyika Parva
7.Arghyaharana Parva
8.Sisupala-Badha Parva
9.Dyuta Parva
10.Anudyuta Parva


III. Wana Parva

1.Aranyaka Parva
2.Kirmirabadha Parva
3.Arjunabhigamana Parva
4.Kairata Parva
5.Indralokagamana Parva
6.Nalopakhyana Parva
7.Tirtha-Yatra Parva
8.Jatasura-BadhaParva
9.Yaksha-Yuddha Parva
10.Nivata-Kavaoha-Yuddha Parva
11.Ajagara Parva
12.Markandeya Samasya Parva
13.Draupadi-Satyabhama Samvada Parva
14.Ghosha-Yatra Parva
15.Draupadi-harana Parva
16.Pativrata-Mahatmya Parva
17.Kundala-harana Parva
18.Aranya Parva


IV. Virata Parva

1.Pandava Prabesha Parva
2.Samaya-palana Parva
3.Kichaka-badha Parva
4.Goharana Parva
5.Vaivahika Parva


V. Udyoga Parva

1.Sainyodyoga Parva
2.Sanjaya Yana Parva
3.Prajagara Parva
4.Sanat-Sujata Parva
5.Yana Sandhi Parva
6.Bhagavat Yana Parva
7.Karna-Vivada Parva
8.Saina-Niryana Parva
9.Uluka Dutagamana Parva
10.Rathatiratha Sankhana Parva
11.Amba-upakhyana Parva


VI. Bhishma Parva

1.Jamvu-Khanda Nirmana Parva
2.Bhumi Parva
3.Bhagavat-Gita Parva
4.Bhishma-vadha Parva.


VII. Drona Parva

1.Dronabhisheka Parva
2.Sansaptakabadha Parva
3.Abhimanyu-badha Parva
4.Pratigya Parva SECTION
5.Jayadratha-badha Parva
6.Ghatotkacha-badha Parva
7.Drona-badha Parva
8.Narayana-astra Proyoga Parva


VIII. Karna Parva

1.Karna Parva


IX. Salya Parva

1.Salya Vadha Parva
2.Hrada-pravesa Parva
3.Gadayuddha Parva


X. Sauptika Parva

1. Sauptika Parva

XI. Stree Parva

1.Jalapradanika Parva

XII Santi Parva

1.Rajadharmanusasana Parva
2.Apaddharmanusasana Parva
3.Mokshadharma Parva

XIII. Anusasana Parva

1.Anusasanika parva
2.Swargarohanika parva

XIV. Aswamedha Parva

1.Aswamedhika parva
2.Anugita parva

XV.Asramavasika Parva

1.Asramavasa Parva
2.Putradarsana Parva
3.Naradagamana Parva

XVI. Mausala Parva

1.Mausala Parva


XVII. MahaPrasthanika Parva

1.Mahaprasthanika Parva


XVIII. Svargarohanika Parva

1.Svargarohanika Parva



Next ..... uraian singkat masing2 upaparva
mudah2an bisa segera diposting ....... coz buanyak banget yg musti di baca emoticon-Sorry
ijin book mark ya mbah TS emoticon-Big Grin
menyimak ya gan ts emoticon-shakehand
ikut menunggu.. bersama sespuh yang lain emoticon-I Love Indonesia (S)
Ah.... akhirnya muncul juga threadnya bli Sakradeva... emoticon-Big Grin

ikut menyimak dipojokan bli plus numpang nampang di pejwan... sapa tau berguna nanti tuk index... emoticon-Embarrassment

emoticon-linux2
ldi lanjut gan
dan mulai dibuat versi indonesia sejak abad 15-16, sepertinya.

Adi Parva

Adi Parva


1.\tAnukramanika Parva

Adi Parva diawali dengan kedatangan Sauti murid Lomarshana di hutan Naimisha dimana para Rishi berkumpul dalam sebuah yajna selama 12 Tahun yang diselenggarakan oleh Rishi Saunaka , para Rishi meminta Sauti untuk menceritakan kisah Bharata yang disusun oleh Vyasa, sebagaimana diceritakan kembali oleh Rishi Vaisampayana ( murid Vyasa ) kepada Maharaja Janamejaya ( putra Parikshit ) saat menyelanggarakan Sarpa yajna.
Disini diceritakan pula tentang keinginan Vyasa untuk menyusun kisah yg didalamnya berisi rangkuman pengetahuan Veda beserta cabang2 nya, serta seluruh pengetahuan yang ada di bumi, namun beliau tidak menemukan orang yang tepat untuk menulisnya.
Vyasa pun menghadap Brahma sang Pitamaha untuk memohon petunjuk, oleh Brahma Vyasa disarankan untuk meminta kepada Ganesa agar berkenan menuangkan pemikiran Vyasa dalam sebuah kitab.
Ganesa menyanggupi permohonan Vyasa dengan syarat pena nya tidak boleh berhenti menulis, Vyasa sendiri mengajukan syarat Ganesa hanya boleh menulis apabila sudah memahami (secara komprehensif) apa maksud /makna dari ucapan Vyasa, mereka berdua pun sepakat. Demikianlah kisah Mahabharata ini mulai disusun dalam bentuk puisi.

[Share] Mahabharata _ Versi India

Anukramanika Parva juga memuat ringkasan dari sebagian kisah Mahabharata dimulai dari dari keputusan Pandu untuk berlibur ke hutan setelah menaklukan beberapa wilayah, namun terkena musibah ( kutukan ) karena membunuh sepasang rusa ( penjelmaan sepasang brahmana ), Pandu meminta kepada kedua istrinya untuk meneruskan garis keturunannya, maka di undanglah para Deva yaitu : Dharma, Vayu, Sakra dan Asvin.
Para Putra pun tumbuh dalam lingkungan Petapa dan Ashram dalam asuhan kedua Ibu mereka, di didik oleh para Brahmana di hutan tersebut sebagai Brahmacari.
( setelah kematian Pandu dan Madrim ) para Brahmana membawa Kunti dan Pandava kepada Dhritarashtra.
Para sesepuh dan orang bijak senang dengan Kehadiran Pandava ; kemurnian Yudhishthira, Ketabahan dan kekuatan Bhima, Keberanian Arjuna , kepatuhan dan perhatian Kunti serta kerendahan hati Nakula dan Sahadeva

Kisahpun bergulir beberapa waktu kemudian saat Arjuna memenangkan Swayamvara Draupadi dengan “mengalahkan” para Raja dan Pangeran. Lalu penaklukan Arjuna terhadapan beberapa wilayah dan suku yang diawali oleh Pembunuhan Jarasandha raja Magadha atas petunjuk Vasudeva kepada Yudhishthira serta dukungan Bhimasena dan Arjuna , sehingga Rajasuya bisa diselenggarakan.
Duryodhana yang turut ambil bagian dalam upacara tersebut (sebagai penerima hadiah dan upeti ) menyaksikan kemakmuran dari Pandava yang berlimpah harta Benda dan kekuasaan serta Istana megah yang dibangun oleh Asura Maya, membuat Duryodhana Iri dan benci, apalagi saat ‘ musibah’ yang dialaminya di Sabha Istana ,ejekan Bhimasena di hadapan Vasudeva membuat Duryodhana dibakar amarah.

Lalu berlanjut pada permainan dadu (sehingga Pandava di asingkan ke hutan ), kedatangan Vasudeva (sebagai duta perdamaian ) yg berakhir dengan kemarahan dan ketidakpuasan Vasudeva. Namun Dhritarasthra tidak mampu mencegah sengketa yang terjadi, permainan dadu dan semua ketidakadilan Kaurava selama ini di abaikan, meskipun para sesepuh seperti Vidura, Bhishma, Drona dan Kripa putra Saradwata telah mengingatkan dan menasehati berkali kali. Dia membuat para Kshatriya saling membunuh satu sama lain dalam perang Dahsyat yang terjadi.


Dhritarashtra meratapi dan menyesali terjadinya perang antara Pandava dan Kaurava yang menyebabkan kehancuran bagi Kshatriya dan kekalahan di pihak Kaurava, kepada Sanjaya diapun berkeluh kesah.

Quote:
Karena kebodohan dan buta ( terhadap kebenaran ) dia membiarkan Duryodhana tumbuh dalam kebodohan dan membiarkan terjadinya permainan dadu yang dilakukan karena Duryodhana iri dan tidak mampu mengungguli kejayaan dan kemakmuran Pandava.

Dhritarashtha menyebutkan beberapa perstiwa yang membuatnya putus asa dan tiada harapan untuk keberhasilan ( Kaurava ? ) ; antara lain
Arjuna memenangkan Swayamvara Draupadi, pernikahan Subhadra dengan Arjuna yang mempererat hubungan Pandava dengan Khrishna dan Balarama

Peristiwa Terbakarnya hutan Khandava, dimana Arjuna bertarung menghadapi Indra dan yang bermaksud mencegah Agni membakar Khandava.

Selamatnya Kunti dan Pandava dari rumah kardus atas pertolongan Vidura. Berlanjut pada dukungan Kshatriya Panchala terhadap Pandava.

Terbunuhnya Jarasandha oleh Bhima serta penaklukan wilayah dan suku oleh Pandava sehingga berhasil melakukan Rajasuya.

Peristiwa penghinaan terhadap Draupadi di ruang Sabha dalam permainan dadu dimana Dushsashana bermaksud melucuti Draupadi. Kekalahan Yudhisthira oleh Putra Saubala dengan taruhan Kerajaan dan pembuangan ke hutan.

Pengasingan Yudhisthira beserta saudaranya diikuti oleh para brahmana kehutan, lalu kisah pertarungan Arjuna dengan Tryambaka (Mahadeva) yang menganugerahkan Pasupata, disusul anugerah senjata dari Indra dan para Deva saat Arjuna belajar di kediaman Indra.
Kisah Pertempuran Arjuna memusnahkan para Kalakeya dan keturunan Pauloma ( golongan Asura )

Bhima dan Pandava yang lain disambut sendiri oleh Vaisravana ( Kubera ) saat mengunjungi tempat yang tidak bisa dicapai oleh manusia biasa .

Duryodhana menjadi tawanan Gandharva saat melakukan Ghosayatra yang akhirnya dibebaskan oleh Pandava. Kisah Yudhisthira yang di uji oleh Dharma yang menyamar menjadi Yaksha dan berhasil memuaskan Dharma.

Kegagalan dari Kaurava menemukan penyamaran Pandava dan Draupadi sewaktu berada di Virata. Keberhasilan Arjuna mengalahkan pasukan Kaurava yang dipimpin oleh para sesepuh disusul dengan pernikahan Abhimanyu dengan Uttara.

Yudhisthira berhasil menghimpun kekuatan pasukan 7 Akshauhini dan meminta Khirshna sebagai duta perdamaian, namun Duryodhana dan penasehatnya justru bermaksud menawannya.
Cerita Rishi Narada bahwa Khrishna dan Arjuna adalah Nara dan Narayana yang ditemuinya di Brahmaloka
Anugerah dari Bhisma Drona, Kripa atas kemenangan Pandava dan keputusan Karna yang tidak akan bertarung selama Bhishma masih bertarung.
Saat Arjuna yang kembali mengangkat Senjata setelah disadarkan oleh Khrishna ( Bhagavad Gita ) , dan dimulainya Perang Kurukhsetra.
Bhishma yang tidak membunuh satupun Pandava tapi berjanji membunuh 10.000 Pasukan / pahlawan kereta setiap hari. Akhirnya dijatuhkan dalam pertempuran oleh Arjuna dengan menjadikan Sikhandi sebagai pelindung sehingga terbaring di ranjang panah.

Saat Drona yang menggunakan berbagai macam Vyuha ( pagelaran / strategi perang ) tidak membunuh salah satu pemimpin utama dari Pasukan Pandava, keberhasilan Arjuna mengalahkan pasukan Samsaptaka, kehebatan Abhimanyu menembus Formasi tempur ( Cakra Vyuha ) yang dijaga sendiri oleh Drona berakhir dengan tewasnya Abhimanyu yang dikeroyok oleh para Maharatha Kaurava.

Sumpah Arjuna untuk membunuh Saindhava ( Jayadratha ), serta penghancuran pasukan Kaurava Yuyudhana, serta tidak dibunuhnya Bhima oleh Karna setelah berhasil ditundukkan.
Tewasnya Saindhava oleh Arjuna meskipun telah dilindungi oleh Drona , Kritawarma, Asswathama, Karna dan Kripa.
Terbunuhnya Ghatotkhaca oleh Sakti Indra atas taktik dari Khrishna untuk melindungi Arjuna dari Karna.
Dhristadyumna melakukan pelanggaran dengan membunuh Drona yang tengah bermeditasi, setelah mendengar kematian Putranya.
Selamatnya Pandava dan Pasukannya dari Narayana Astra yang dilepas oleh putra Drona.
Peristiwa mengerikan dimana Bhima meminum darah sepupunya tanpa ada seorang pun yang mampu mencegah, disusul tewasnya Karna oleh Arjuna, terbunuhnya Shalya oleh Yudhisthira, Putra Saubala tewas di tangan Sahadeva.
Duryodhana yang sendirian beristirahat di Danau didatangi oleh para Pandava, berakhir dengan pertarungan Gada yang membuat Duryodhana terjatuh.

Pembantaian Aswatthama dibantu Kritawarman dan Kripa pada Para Panchala dan Putra Draupadi, lalu dikejar oleh Bhima disusul oleh Arjuna dan Khrisna serta Pandava yang lain, Aswatthama bertarung melawan Arjuna mengunakan Brahmasirsa, namun dicegah oleh Narada dan Vyasa, gagal menarik senjatanya, Aswatthama malah mengarahkan pada seluruh keluarga Pandava, sehingga bayi dalam kandungan Uttara pun terkena. Aswatthama dikutuk oleh Khrishna dan dipaksa menyerahkan permata di dahinya.

Dan dari perang besar tersebut hanya menyisakan sepuluh orang, tiga dari Kaurava dan tujuh dari Pandava.


Sanjaya putra Gavalgana pun mencoba menenangkan Dhritarashtha yang menangisi kematian putranya.




2.\tSangraha Parva


Parva ini berisi ringkasan secara garis besarnya terhadap masing masing parva dan sub parva yang terkandung dalam keseluruhan kisah Mahabharata.
Jadi tidak akan saya tulis karena akan mengakibatkan pengulangan pada parva dan upaparva berikutnya


3.\tPaushya Parva


Berkisah tentang Rishi Utanka murid dari Rishi Veda yang mendapat tugas dari istri gurunya untuk meminta anting anting Permaisuri dari Raja Paushya sebagai ‘guru Daksina’
Rishi Utanka berhasil memperoleh anting anting tersebut, namun dalam perjalanan menuju rumah gurunya, anting-anting dicuri oleh Naga Takshaka. Utanka pun mengejar sang Naga sampai ke dunia bawah, berkat bantuan Indra dan Agni, Utanka mengancam akan menghanguskan kediaman para Naga jika Takshaka tidak mengembalikan anting2 tersebut.
Takshaka pun takut lalu mengembalikan anting2 sang Rishi, Utanka tiba di rumah sang Guru sesuai dengan waktu yang dijanjikan, mempersembahkan anting2 kepada istri gurunya, sambil bercerita tentang kisah perjalanannya kepada sang Guru.
Setelah guru Daksina terbayarkan, Utanka pergi ke Hastinapura menemui Raja Janamejaya, mengingatkan Sang Maharaja tentang kematian Maharaja Parikshit akibat gigitan Takshaka, sang Rishi menyarankan Maharaja Janamejaya untuk melakukan upacara Sarpa Sastra.



Next .... 4.\tPauloma Parva
Izin menyimak gan TS emoticon-shakehand
emoticon-linux2






[Share] Mahabharata _ Versi India[Share] Mahabharata _ Versi India

Adi Parva

4.\tPauloma Parva

Parva ini bercerita tentang keluarga Bhrigu, sorang Rishi yang diciptakan oleh Brahma dari api upacara yajna Varuna, Rishi Brighu ini menurunkan keturunan Brighu yang mulia, menguasai Veda dan cabang cabangnya dihormati Indra dan para Devata serta orang orang suci lainnya, keturunan Brighu disebut Bhargava ( dan kita tau, Parasurama disebut juga Bhargava, karena beliau lahir dari garis keturunan ini ).

Rishi Brighu mempunyai istri bernama Pauloma , seorang putri yang cantik jelita dan terkenal memiliki pativrata yang teguh.
Pada sutu hari saat sang Rishi pergi membersihkan diri kesungai, datang seorang Rakshasa ke Ashram beliau, melihat Pauloma tengah mempersiapkan Yajna harian di dekat Api pemujaan. Terpesona melihat kecantikan dan aura Putri, Rakshasa yang juga bernama Pauloma itu bertanya kepada Agni ( Api Pemujaan ).
Agni menjawab bahwa wanita cantik itu adalah istri dari Rishi Brighu, Pauloma ( Rakshasa ) tidak puas dan kembali bertanya pertanyaan yang sama berkali kali namun jawaban Deva Agni tetap sama, sampai akhirnya Rakshasa Pauloma marah

“ engkau adalah Deva yang menjadi saksi dari setaip kejadian dan upacara, engkau seharusnya tau, bahwa Pauloma ( istri Brighu ) telah memlih aku sebagai kekasihnya, dia adalah istri ku dan milikku, tetapi ayahnya mengawinkan dia dengan Brahmana itu. Jadi katakanlah wahai Agni siapa wanita tersebut ?

Deva Agni pun bimbang, dia adalah saksi agung jadi tidaklah benar jika memberikan jawaban yang tidak jujur, namun jika dia berkata sebenarnya maka kemarahan Rishi Brighu akan menimpanya. Rakshasa Pauloma terus mendesak, akhir Agni menjawab

“ wanita ini memang memilihmu terlebih dahulu sebagai kekasihnya, tetapi dihadapanku Pauloma (Istri Brighu ) melangsungkan perkimpoian dengan Brahmana Brighu, jadi menurut Veda dia adalah istri dari Brighu “

Mendengar kesaksian Agni, Rakshasa Pauloma berubah wujud menjadi babi hutan lalu melarikan Pauloma, wanita tersebut tak bisa membela diri, hanya bisa menjerit dan menangis, tetesan airmatanya di sepanjang jalan berubah menjadi aliran sungai. Pauloma saat itu tengah mengandung Putra Brighu, yang mengetahui apa yg menimpa ibunya, bayi dalam kandungan itupun lahir, badannya bersinar gemilang memancarkan energy yang luar biasa, dengan tatapan matanya dalam sekejap Rakshasa Pauloma berubah menjadi Abu.
Brahma yang melihat semua itu, menghibur Pauloma, sungai yang terbentuk dari tetesan air mata Pauloma diberi nama Vadhusara sedangkan putra yang baru lahir tersebut bernama Chyavana.

Brighu pun tiba ditempat itu dan melihat istri dan anaknya, menanyakan apa yang terjadi, Pauloma menceritakan awal mula kenapa dia dilarikan oleh Rakshasa Pauloma, timbul kemarahan sang Rishi, beliaupun mengutuk Agni bahwa sang Deva akan menjadi pemakan segala baik yang suci maupun yang kotor.

Agni memberikan alasan bahwa beliau berkata yang sebenarnya, dan dia tidak berbohong karena perannya sebagai saksi agung, namun Agni tidak mengutuk balik Rishi Brghu akan tetapi menarik diri dari dunia ini, sehingga Para Rishi dan Mahluk dunia tidak bisa melangsungkan Yajna karena tidak adanya Api pemujaan.

Karena tidak adanya Yajna selama beberapa lama, terjadi kekacauan di Tribhuana, para Deva dan Rishi pun menghadap Brahma.
Brahma memanggil Agni, dan memberi tahu bahwa kutukan Brighu pasti terjadi namun akibat dari kutukan tersebut ( Agni menjadi pemakan segala ) tidak akan mempengaruhi kemurnian Agni, beliau tetap suci dan tidak ternoda, mendengar sabda Brahma Agni pun setuju untuk hadir kembali dalam Api pemujaan dan upacara suci dan wujud lain yang berguna bagi TriBhuana.

---------------
Kisah kembali pada keturunan Brighu yang bernama Ruru putra Pramati yang bertunangan dengan Pramadvara putri angkat Sthulakesha, Pramadvara adalah putri Raja Gandharva Viswavashu dengan Menaka ( apsara ).
Suatu hari saat Pramadvara bermain dia digigit ular dan meninggal, Ruru pun meratap dan berduka, atas saran petunjuk utusan Svarga dan Raja Gandharva Viswavashu yg telah menghadap Dharmaraja ( Yama , Dewa kematian ) Ruru bias menghidupkan Pramadvara kembali dengan memberikan setengah hidupnya ( Ruru ). Pramadvara pun bisa bangkit kembali, sehingga mereka menikah dan bahagia.

Waktu pun berlalu, suatu hari Ruru pergi ketengah hutan untuk melalukan tapa, ditengah jalan beliau bertemu dengan ular bernama Dundhuba, Ruru bermaksud membunuhnya, namun Dundhunba mencegahnya, dia berkata bahwa wujudnya ularnya akibat kutukan, dulu Dundhuba adalah seorang brahmana bernama Sahasrapat, karena menggoda temannya Rishi Kaghama yang tengah melakukan Agni hotra, Sahasrapat menakuti nakuti Kaghama denga ular palsu yg terbuat dari rumput, maka dia dikutuk menjadi ular dan kutukannya berakhir setelah dia bertemu dengan Ruru seorang Rishi agung keturunan Brighu.

Dundhuba berubah kembali ke wujud aslinya, lalu bertanya mengapa Ruru bermaksud membunuhnya ketika berwujud ular, Ruru menceritakan karena peristiwa yang menimpa Pramadvara dia bersumpah untuk membunuh setiap ular yang dia temui.
Dundhuba berkata, adalah keliru bila Ruru punya niat seperti itu, karena bangsa ular tidaklah sama , sifat mereka berbeda, lagipula membunuh ( menghilangkan nyawa ) bukanlah tindakan yang patut diambil oleh Brahmana, karena Brahmana harusnya berjiwa lembut,mempelajari Veda dan melakukan Yajna, tugas melakukan penghancuran ( membunuh …. ) adalah bagian dari tugas Khsatriya, Dundhuba memberikan contoh, bagaimana Brahmana Astika menyelamatkan ular dari Upacara Sarpa Sastra Raja Janamejaya.
Ruru pun ingin tahu lebih lanjut kisah tersebut, tapi Dundhuba menghilang dan berpesan agar Ruru menanyakan kisah tersebut kepada ayahnya, Rishi Pramati.

Next 5. Astika Parva
Quote:
Quote:Original Posted By sudutvijaya
ijin book mark ya mbah TS emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By prabuanom
menyimak ya gan ts emoticon-shakehand


Quote:Original Posted By dharmawartha
ikut menunggu.. bersama sespuh yang lain emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By ccck
Ah.... akhirnya muncul juga threadnya bli Sakradeva... emoticon-Big Grin

ikut menyimak dipojokan bli plus numpang nampang di pejwan... sapa tau berguna nanti tuk index... emoticon-Embarrassment

emoticon-linux2


Quote:Original Posted By capcay666
ldi lanjut gan


Quote:Original Posted By BKIlusi
Izin menyimak gan TS emoticon-shakehand
emoticon-linux2

[Share] Mahabharata _ Versi India[Share] Mahabharata _ Versi India




thanks untuk perhatiannya
mohon masukannya dong emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By hmahadera
dan mulai dibuat versi indonesia sejak abad 15-16, sepertinya.


mungkin maksudnya versi wayang ya ?
coz jaman Teguh Dharmawangsa udah dibuat salinannya dilanjut oleh sang Menantu yakni Raja Airlangga
wah mantaaabs ni gan, ni baru versi lengkap nya emoticon-Big Grin

lanjuut trus emoticon-Ngacir
mantap mbah monggo di lanjut....
Quote:Original Posted By sakradeva
Sesuai dengan Thread, kita akan membahas & sharing secara lebih mendalam tentang Mahabharata, epos besar Hindu, sampai saat ini masih menjadi perbedaan pendapat, apakah kisah ini merupakan sejarah yg benar2 terjadi, atau hanya mitos atau malah berada diantara keduanya. Sejarah yang diilustrasikan dengan mitologi untuk kepentingan tertentu ( penjabaran Veda ) untuk menarik minat pendengar dan pembacanya.

Namun Thread ini tidak bertujuan untuk membahas apa yang telah disampaikan diatas, tujuan utama Thread ini hanyalah sharing agar wawasan kita bertambah dengan saling melengkapi.

Mungkin nanti ada yang akan membandingkan dengan kisah versi wayang, menurut saya alangkah baiknya jika perbandingan tersebut tidak bertujuan mencari superioritas diantara keduanya ( Versi India dengan Versi Wayang ) karena kita sama2 mengetahui kisah dalam pewayangan mengadaptasi Mahabharata India dengan beberapa penyesuaian dan tambahan agar cocok untuk konsumsi kita yag berada di Nusantara, bersyukurlah kita kepada para leluhur kita sehingga kisah Mahabharata dalam kekimpoi dan lakon wayang masih bisa kita nikmati sampai saat ini




sebagaimana juga telah telah di ketahui bersama bahwa jalan cerita ato tokoh2 tambahan [carangan?] dalam pewayangan juga masih banyak perbedaan pendapat, apakah nyata atau tidak, dan saya setuju dengan yang anda bold diatas. saya rasa dengan adanya trit ini akan melengkapi dan menyempurnakan trit pewayangan yang di asuh kangmas prabuanom.
jika saya ada salah2 kata mohon dikoreksi ... dan ijinkan saya duduk menyimak dengan seksama emoticon-Peace emoticon-shakehand rahayu
Quote:Original Posted By newyorkarto
sebagaimana juga telah telah di ketahui bersama bahwa jalan cerita ato tokoh2 tambahan [carangan?] dalam pewayangan juga masih banyak perbedaan pendapat, apakah nyata atau tidak, dan saya setuju dengan yang anda bold diatas. saya rasa dengan adanya trit ini akan melengkapi dan menyempurnakan trit pewayangan yang di asuh kangmas prabuanom.
jika saya ada salah2 kata mohon dikoreksi ... dan ijinkan saya duduk menyimak dengan seksama emoticon-Peace emoticon-shakehand rahayu


Terima kasih
saya sangat senang kita punya pemahaman dan cara pandang yang sama atas Thread ini.
...............................................
memang bener dalam trit2 nya, Kangmas Prabu banyak juga menuliskan versi India dari cerita/ lakon wayang tertentu.
jadi saya pikir alangkah lebih bagus klo Versi India nya dibuatkan Trit tersendiri, untuk mempermudah rekan2 untuk share dan tambah wawasan.

tuk kangmas Prabu, mohon maaf jika apa yg nanti saya posting ternyata sudah pernah diposting di Trit2 nya Kangmas meski dengan bahasa dan kalimat yg berbeda emoticon-Peace
Quote:Original Posted By diskusi.umum2
Gentleman tidak pernah takut mendengar suara kebenaran.
Di seluruh dunia ini, kitab suci apakah yang masih murni terjaga keasliannya, sesuai bahasa asalnya, tidak terdistorsi kata per kata apalagi dipalsukan, dihafal oleh segenap penganutnya?
Jawab: HANYA Al Qur an. Selain itu, sudah TERDISTORSI.
Seluruh pakar sejarah SEPAKAT.
Di seluruh dunia ini, Pembawa kitab suci manakah yang tercatat LENGKAP sejarah & keajaibannya, sehingga paling LAYAK untuk dijadikan pegangan?
Jawab: HANYA Nabi Muhammad SAW. Selain itu, catatannya sudah tidak lengkap / hilang / dibelokkan oleh orang2.
Di seluruh dunia ini, agama apa sajakah yang sejak awal munculnya memelihara sistem transmisi sabda2 nabinya, berdasarkan jumlah periwayat & kredibilitasnya, sehingga menutup peluang terjadinya pemalsuan kitab suci?
Jawab: HANYA Islam. Selain itu, tidak ada.
Semua kitab suci selain Al Qur an, sudah TIDAK JELAS siapa-siapa saja pembawanya, penulisnya, konteks bahasa asalnya dsb, artinya: rawan BIAS atau PEMALSUAN.
Renungkanlah, hal-hal tsb adalah tanda bahwa Tangan Tuhan telah menjaga satu-satunya agama yang diridhoiNYA, yaitu ISLAM.
Semua nabi2 adalah Islam: Baik nabi Adam, Musa, Isa/Yesus, Sidharta Gautama, para rsi pembawa agama hindu, zarathustra pembawa zoroaster, dang hyang semar pembawa kapitayan di jawa, dsb. Hanya saja, ajaran2 mereka sudah TERDISTORSI sedemikian rupa, atau dipalsukan tangan2 jahil. Tinggal ISLAM yang dibawa nabi terakhir Muhammad SAW lah yang masih murni & Tuhan berjanji akan menjaganya sampai kiamat nanti.
Sambutlah suara kebenaran itu, jika ingin selamat dunia-akhirat.


salah kamar ente, request delete post emoticon-Mad (S)
Quote:Original Posted By sudutvijaya
salah kamar ente, request delete post emoticon-Mad (S)

Disemua kamar juga postingannya kayak gitu
Kayaknya memang niat banget pengen SARA deh
Quote:Original Posted By marcell groove

Disemua kamar juga postingannya kayak gitu
Kayaknya memang niat banget pengen SARA deh


oke di walik dolo emoticon-Peace