alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008775118/share-quotprogram-internsipquot-pendidikan-dokter
Poll: Apakah agan SETUJU dengan pelaksanaan "Program Internsip"?

This poll is closed - 29 Voters

View Poll
SETUJU; menurut ane "Program Internsip" lebih banyak keuntungannya buat ane. 31.03% (9 votes)
TIDAK SETUJU; menurut ane "Program Internsip" lebih banyak kerugiannya buat ane. 68.97% (20 votes)
[share] "program internsip" pendidikan dokter
emoticon-Shakehand2

emoticon-I Love Indonesia Halo bro n sis semua. emoticon-I Love Indonesia

emoticon-Shakehand2

ane pengen share sedikit tentang "Program Internsip" buat mahasiswa Program Pendidikan Dokter yang menjalankan sistem KBK.


emoticon-I Love Kaskus

ini ane kutip beberapa informasi tentang "Program Internsip"


1. INFORMASI UMUM
Quote:Original Posted By wzni_pradana


Ini dasar dilaksanakannya internship (Permenkes 299/MENKES/PER/II/2010) kalo mau nyedot:
http://www.hukor.depkes.go.id/up_pro...0Internsip.pdf

ini wajib untuk lulusan KBK seperti kita.emoticon-Mewek

kalo mau ambil ppds harus lulus internship dulu gan...
ini alurnya:
Spoiler for alur:


lamanya internship 1 taun, dalam 1 taun itu harus udah mencapai kriteria kompetensi2 yang uda ditentukan. kalo belum, bisa diperpanjang jadi lebih dari 1 taun. (tapi ane ga nemu keterangan ini bisa jadi kurang dari 1 taun apa engga. mungkin bawah ane tau..emoticon-Big Grin)

Spoiler for kriteria kompetensi & sistem evaluasi:


penjelasan2 ini ada di buku pedoman pelaksanaan internship gan.
uda punya kan?
kalo belum punya pm aja ntar ane kirimin. haha. emoticon-Stick Out Tongue

kalo soal pengalaman dan kesulitan2, trus dapet biaya berapa besarnya, nunggu penjelasan dibawah ane deh...
ane ikut mantau dulu..emoticon-I Love Kaskus


2. dari situs Depkes

Spoiler for ane kutip dari situs depkes:


3. Soft Launching dari Konsil Kedokteran Indonesia emoticon-Turut Berduka
Spoiler for dari Konsil Kedokteran Indonesia:



emoticon-I Love Kaskus

buat bro n sis yang "TELAH", "SEDANG" dan "AKAN" mengikuti "Program Internsip" ini :

silakan berbagi informasi, pengalaman dan tips disini.

emoticon-I Love Kaskus

maaf kalo masih berantakan informasinya. emoticon-Shakehand2
[share] "program internsip" pendidikan dokter

!!! "WACANA" internsip tahun 2013 !!! "wacana" BELUM TENTU jadi kenyataan lo y

emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka

Quote:Original Posted By dibyo11031
halo semuanya...akhirnya ane tadi pagi tanggal 2 juli sama senior2 dan mahasiswa lainnya ketemuan sama prof. mulyohadi, ketua komite kedokteran internship indonesia.[share] "program internsip" pendidikan dokter

nah, akhirnya juga semuanya jadi jelas rekan2 sekalian, tentang bentuk internship ke depannya...

ane kasi garis besarnya dulu ya rekan2...kalo nanti ada yang mau ditanyain, silahkan lewat sini aja, atau kalo mau,ane kasi cp-nya Prof Mulyohadi itu.

oke, jadi begini....

1. internship sampai tahun 2011 akan berlangsung selama 1 tahun, dengan perincian 8 bulan di RS tipe C dan 4 bulan di puskesmas.[share] "program internsip" pendidikan dokter

-beruntung banget kalo bisa internship tahun ini, paling lambat 2012 deh... kenapa? soalnya tadi kami dikasi tau, tentang rencana peraturan panjang masa internship menjadi 2 TAHUN!!! yak...2 tahun sodara2....[share] "program internsip" pendidikan dokter

-KOK BISA 2 TAHUN???!!! BA***AT!!![share] "program internsip" pendidikan dokter (gw juga gedeg banget dengernya...apalagi angkatan gw jelas kena bro...) soalnya begini...program internship di indonesia mengacu pada standar pelayanan medik internasional, dimana di negara2 lain, paling pendek masa internshipnya 2 tahun. Nah di sini mau diterapkan seperti itu. jadi andaikata peraturan itu gol di tahun 2011, maka implementasinya akan dirasakan oleh dokter2 yang akan internship di tahun 2013...makin lama lah gw kimpoi...[share] "program internsip" pendidikan dokter

-perinciannya gimana 2 tahun itu? jadi kita 1 tahun di RS tipe C, terus setelah dinyatakan lulus sama supervisor kita, maka kita dikembalikan ke komite internship, setelah itu ada yang namanya PENEMPATAN DINAS selama 1 tahun di RS yang ditentukan oleh komite, atau di RS Militer untuk yang sudah masuk wamil, atau di institusi medis lain yang membiayai peserta internship tsb (misal calon dosen-->dikembalikan ke institusi untuk ditempatkan di RS pendidikannya)

2. Di RS tipe C nanti, kewenangan kita adalah sebagai dokter umum penuh. Masih diawasi, tapi tidak seperti pas di koass, karena kita sudah bertanggung jawab secara etik, moral dan medikolegal. jadi kalo pasien mati di tangan kita ya tanggung jawab kita sendiri sekarang, bukan tanggung jawab konsulen lagi.

3. selama mengikuti internship, komite internship melalui Kemenkes akan memberikan BIAYA BANTUAN HIDUP yang besarnya Rp1.200.000,-/bulan[share] "program internsip" pendidikan dokter. akan ditransfer langsung ke rekening tiap peserta, dan biasanya dibayar untuk 3 bulan ke depan (jadi 3 bulan sekali kita gajian)

- 1,2juta!!!! mana cukup!!!! ya gitu deh brombaksismasomtante...alasannya tetep klise...pemerintah tidak punya cukup dana untuk membiayai secara wajar...(kuliah lama2...upah sama aja kaya buruh pabrik...)[share] "program internsip" pendidikan dokter

- terus kita dapet uang jasa atas tindakan kita nggak nanti??? tergantung kebijakan direktur RS yang kalian tempati, tapi tadi Prof Mulyohadi dengan entengnya bilang kalo kompensasi atas jasa kita tsb TIDAK berbentuk uang, misalnya dengan memberikan fasilitas rumah dinas, laukpauk, dsb...BRENG**K!!![share] "program internsip" pendidikan dokter

- kalo kita dapet di papua, dapet ongkos nggak bro??? DAPET...

4. TIDAK ADA JATAH CUTI!!!! yang ada hanya ijin. Jadi buat rekan2 semua yng jagoan home sick, silahkan aja deh kesel sekesel2nya...
- jadi ijin boleh? boleh, tapi nanti dibayar di belakang...jadi waktu internship lu nambah...lu ijin 3 hari, ya lu nambah 3 hari di belakang, temen2 lu dah cau balik ke kota...hahahahhaa (mirip bayar utang puasa deh kalo yang masih nggak dong...)

- kalo gw (cewe) mau ngelahirin gimana??? ya tetep diitung ijin...jadinya nggak dapet cuti melahirkan...abis melahirkan lu ijin sebulan, ya bayar sebulannya di belakang...[share] "program internsip" pendidikan dokter

5. Nah...nanti, mengikuti peraturan yang di nomer 1, internship bakalan dibuat 2 jalur, yaitu:
a. jalur ikatan dinas: ini jalur umat kebanyakan. lu gak bisa milih lu bakal ditempatin dimana, kecuali lu punya alasan yang bener2 meyakinkan sehingga lu nggak bisa jauh2 dari kota. yang ngebiayain negara (uang bantuan hidup, terus uang transport) jadi nanti lu disuruh ngebayar balik ke negara dengan mengabdi lagi setaun setelah internship...jadinya 2 taun lu internship bakalan di RS tipe C mulu... dan nggak bisa milih bakalan dimana lu ditempatin. Jalur ini cocok buat rekan2 yang udah malu minta uang sama bonyok...

b. jalur mandiri: berbahagialah lu-lu semua yang bokap-nyokapnya tajir, masih nggak malu minta duit ke mereka atau dibiayain militer gara2 masuk wamil, sama dibiayain institusi (pemda, fakultas dll) soalnya bakalan ada jalur ini. Di jalur ini, negara NGGAK bakalan ngasi BBH (biaya bantuan hidup yang 1,2jt tadi) ke lu, sebagai gantinya, lu BOLEH milih mau ditempatin di mana, tapi nggak bebas juga...
misalnya dari 100 RS tipe C yang bakalan dijadiin lokasi internship, ada 10 yang bebas lu pilih...jadi nggak bisa serta merta lu milih RS punya pemda yang kebetulan misalnya bokap lu bupati. well at least lu boleh milih...

- tadi kata lu 2 taun, terus yang taun keduanya gw tetep boleh milih kalo ikut jalur mandiri?? BOLEH!!! terus nanti yang dibiayain sama militer bakalan dikembalikan ke RS tentara, yang sama fakultas dikaryakan di RS pendidikan mereka. (bener2 diperah abis kita...sapi perah aja masih mending deh...)


6. Selama mengikuti program internship, lu NGGAK BOLEH nyambi jadi; dokter jaga di klinik 24jam, nggantiin dokter yang liburan, nggak boleh buka praktek pribadi, dan kegiatan2 lain yang menyangkut praktik kedokteran. adalah ILEGAL kegiatan2 spt itu. Bakalan berhadapan sama MKDKI lu...hiiiiiyyyyy....[share] "program internsip" pendidikan dokter

7. Pengalaman menjalani internship BISA dimasukkan sebagai pengalaman kerja. jadi bisa masuk CV lu nanti.

8. TIDAK ADA PERBEDAAN ANTARA LULUSAN FK NEGERI SAMA SWASTA!!!...gak usah bawa2 almamater disini...sengsara bareng deh kita...ok!!![share] "program internsip" pendidikan dokter


kayanya segitu dulu deh yang bisa gw jabarin...sok kalo mau nanya...

mau tanya langsung ke yang bertanggung jawab juga boleh...
kalo mau nanya email sama nope Prof Mulyohadi, PM gw aja yak!!!

emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka

BEBERAPA testimoni. Untuk lengkap, silakan menyimak 'SEMUA HALAMAN DI TRIT INI"

emoticon-I Love Kaskus emoticon-Shakehand2 emoticon-I Love Kaskus

ini ane kutip pengalaman agan2 yg sedang internsip :

1.
Spoiler for agan superblitz:


2.
Spoiler for agan .dokter.:


3.
Spoiler for IceGlacier:


4.
Spoiler for agan calmdown:


5.
Spoiler for agan Erepyon:


6.
Spoiler for evys:

7.
Spoiler for agan yanwilliam:

Peraturan & Daftar Penghuni

PERATURAN :

1. Dilarang menjelek-jelekkan teman sejawat lain.

"Perlakukan teman sejawat seperti agan ingin diperlakukan."

2. kita disini saudara, saling berbagi , saling melengkapi.
"tak kenal maka tak sayang", oleh karena itu tolong perkenalkan diri dulu disini.

3. dilarang meninggalkan iklan dalam bentuk apapun.

sangsi: teguran tertulis --> bata --> BAN ID



DAFTAR PENGHUNI :

1. nakedSNAKE >> FK-UB 2007
2. fallenangel22 => Steven >> FK-UAJ 2008
3. superblitz => firdaus >> FK-UI
4. wzni_pradana >> FK-UB 2007
5. hollowfict => felix >> FK-UAJ 2008
6. junettheone => FK-UMY 2005
7. dibyo11031 => dibyo >> FK-Trisakti 2007
8. dr.Sneaker => FK-UMM 2006
9. arnaz2000id => arnaz >> FK-UNPAD 2001
10. phi_potter => FK-UNSRI 2008

(Lanjutan) beberapa testimoni

emoticon-I Love Kaskus emoticon-Shakehand2 emoticon-I Love Kaskus

8.
Spoiler for evys:


9.
Spoiler for superblitz:

10.
Spoiler for agan fendy4all:

11.
Spoiler for agan bebeklonia:

12.
Spoiler for agan fendy4all:

13.
Spoiler for agan axiopropeller:

14.
Spoiler for agan marol87:

15.
Spoiler for sis nare:

16.
Spoiler for agan drkam21:

Spoiler for drkam21:

17.
Spoiler for arcobaleno:

18.
Spoiler for ianfandi:

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :
Salam kenal agan2 semua emoticon-Shakehand2

Ane Firdaus, lulusan FKUI 2010.

Sekarang lg menjalankan program internsip, sudah hampir 8 bulanan. Thx to TS nakedSNAKE atas inisiasinya memulai trit ini emoticon-thumbsup:.


InsyaAllah nanti akan ane coba share lengkap hal2 seputar internsip. Mudah2an bisa menambah bekal dan wawasan agan2 yg akan menjalani internsip nantinya. Tapi maaf, blm bisa ane share skrg krn ane mau offline krn ada keperluan lain, skrg absen dulu aja ya emoticon-Smilie. Begitu OL lagi nanti ane langsung posting. emoticon-Blue Guy Peace

emoticon-I Love Indonesia

Pendapat pribadi sejawat2 disini --> no offense : perbedaan itu indah :D

keuntungan :
siapa yg gak kena internsip, beruntung banget tuh emoticon-Matabelo

kerugian:

1. "program internsip" = kita udah dapet gelar "dokter" tapi uang saku masih minta ke orang krn harus internsip dulu. (sebulan dikasi 'upah' Rp 1.200.000,-?? yakin cukup??)
2. "program internsip" = kebanyakan gaji di rapel tiga bulan sekali
2. "program internsip" = PTT dengan "upah" rendah (kalo pengen nabung, PTT dulu y emoticon-Big Grin, kalo pengen sengsara = internsip ajaemoticon-Big Grin)
4. "program internsip" = "dokter" yang gak boleh buka praktik sendiri emoticon-Big Grin (dokter apa koas y ini? emoticon-Big Grin)
3. "program internsip" = menggantikan pekerjaan dokter tempat kita internsip (dokternya bisa liburan, padahal harusnya dokter tsb membimbing kita emoticon-Cape d...)

Spoiler for curcol TS:


Spoiler for curcol agan fallenangel22:


Spoiler for curcol agan dr.SAP:


Spoiler for curcol agan Briana:

Spoiler for agan dr.SAP:

Spoiler for agan dr.Ardian:

Spoiler for :

Spoiler for :
Quote:Original Posted By superblitz
Salam kenal agan2 semua emoticon-Shakehand2

Ane Firdaus, lulusan FKUI 2010.

Sekarang lg menjalankan program internsip, sudah hampir 8 bulanan. Thx to TS nakedSNAKE atas inisiasinya memulai trit ini emoticon-thumbsup:.


InsyaAllah nanti akan ane coba share lengkap hal2 seputar internsip. Mudah2an bisa menambah bekal dan wawasan agan2 yg akan menjalani internsip nantinya. Tapi maaf, blm bisa ane share skrg krn ane mau offline krn ada keperluan lain, skrg absen dulu aja ya emoticon-Smilie. Begitu OL lagi nanti ane langsung posting. emoticon-Blue Guy Peace

emoticon-I Love Indonesia


asik.... ditunggu cerita2nya bang...emoticon-Big Grin

absen dulu.. ane Wisni, dari FKUB 2007 (sama kayak oom soni :maho... emoticon-Big Grin )
Quote:Original Posted By superblitz
Salam kenal agan2 semua emoticon-Shakehand2

Ane Firdaus, lulusan FKUI 2010.

Sekarang lg menjalankan program internsip, sudah hampir 8 bulanan. Thx to TS nakedSNAKE atas inisiasinya memulai trit ini emoticon-thumbsup:.


InsyaAllah nanti akan ane coba share lengkap hal2 seputar internsip. Mudah2an bisa menambah bekal dan wawasan agan2 yg akan menjalani internsip nantinya. Tapi maaf, blm bisa ane share skrg krn ane mau offline krn ada keperluan lain, skrg absen dulu aja ya emoticon-Smilie. Begitu OL lagi nanti ane langsung posting. emoticon-Blue Guy Peace

emoticon-I Love Indonesia


sip bro...
ditunggu info2 yang pentungnya ya bro =)
reserved

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :
Quote:Original Posted By fallenangel22


sip bro...
ditunggu info2 yang pentungnya ya bro =)

kalo agan punya temen fk yg ngaskus, diajak maen kemari aja. emoticon-Big Grin[share] "program internsip" pendidikan dokter
Quote:Original Posted By nakedSNAKE
kalo agan punya temen fk yg ngaskus, diajak maen kemari aja. emoticon-Big Grin[share] "program internsip" pendidikan dokter


sip bro....ni trit harus rame biar bnyk infonya hehehe emoticon-Big Grin
reserved
Quote:Original Posted By nakedSNAKE
emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul Up[share] "program internsip" pendidikan dokter


abis ini nambah 1 anggotanya bro emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By fallenangel22
abis ini nambah 1 anggotanya bro emoticon-Big Grin


oke gan. ditunggu ya emoticon-Big Grin
alooo... yuhuuu... hehehe
daftar dunk
nama:felix
temen steven hehehe fkuaj 08 hehehe
TS numpang nyimak n nyerap ilmu y btw minta buku ny dunk ntr gw PM d
tak bantuin nyundul aah
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
Quote:Original Posted By hollowfict
alooo... yuhuuu... hehehe
daftar dunk
nama:felix
temen steven hehehe fkuaj 08 hehehe
TS numpang nyimak n nyerap ilmu y btw minta buku ny dunk ntr gw PM d


emoticon-Shakehand2
welkam gan.

di FK agan mulai angkatan berapa yg ada internsip?[share] "program internsip" pendidikan dokter
Quote:Original Posted By nakedSNAKE
emoticon-Shakehand2
welkam gan.

di FK agan mulai angkatan berapa yg ada internsip?[share] "program internsip" pendidikan dokter


di FK saya n bro hollowfict lom ada bro...
mgkn 2004 n 2005 yang baru lulus ini, tp klo ga berarti ya mulai angkatan 2006

klo bro sendiri gimana??

Peraturan & daftar penghuni

PERATURAN :

1. Dilarang menjelek-jelekkan teman sejawat lain.

"Perlakukan teman sejawat seperti agan ingin diperlakukan."

2. kita disini saudara, saling berbagi , saling melengkapi.
"tak kenal maka tak sayang", oleh karena itu tolong perkenalkan diri dulu disini.

3. dilarang meninggalkan iklan dalam bentuk apapun.

sangsi: teguran tertulis --> bata --> BAN ID[share] "program internsip" pendidikan dokter

DAFTAR PENGHUNI :

1. nakedSNAKE >> FK-UB 2007
2. fallenangel22 => Steven >> FK-UAJ 2008
3. superblitz => firdaus >> FK-UI
4. wzni_pradana >> FK-UB 2007
5. hollowfict => felix >> FK-UAJ 2008
6. junettheone => FK-UMY 2005
7. dibyo11031 => dibyo >> FK-Trisakti 2007
8. dr.Sneaker => FK-UMM 2006
9. arnaz2000id => arnaz >> FK-UNPAD 2001
10. phi_potter => FK-UNSRI 2008[share] "program internsip" pendidikan dokter