Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008602343/pencak-silat-pagar-nusa-digelar-man-2-tulungagung
Pencak Silat Pagar Nusa Digelar MAN 2 Tulungagung
Tulungagung - Kegiatan pencak silat antar pelajar dan pondok pesantren Pagar Nusa (PN) digelar MAN 2 Tulungagung. Acara yang digelar di kota penghasil batu marmer ini diikuti 181 peserta dari 18 kontingen.

Seluruh peserta akan bertanding di MAN 2 Tulungagung selama tiga hari, mulai 15 hingga 17 Mei 2011. Pembukaan ditandai penyematan tanda peserta dilanjutkan tabuh gong oleh Wakil Bupati (Wabup) Moh Athiyah.

Kapolres Tulungagung, AKBP Agus Wijayanto yang saat itu turut hadir mengingatkan, perhelatan invitasi pencak silat PN diharapkan menjadi ajang silaturrahmi.

"Jadikan pertandingan pencak silat semacam ini sebagai ajang silaturrahmi bukan ajang untuk berkelahi. Lewat kegiatan ini, kami berharap PN berperan aktif menjaga keamanan wilayah Tulungagung," kata Kapolres, Minggu (15/5/2011).

Sementara Wabup Moh Athiyah membenarkan, sesuai namanya PN merupakan perguruan pencak silat yang didirikan untuk memagari Nahdlatul Ulama (NU) dan Bangsa.

"PN harus memagari NU dan Bangsa Indonesia. Jangan sampai Pagar Nusa berubah jadi Pagar Rusak," kata Wabup.

[url]http://surabaya.detik..com/read/2011/05/16/093807/1640400/596/pencak-silat-pagar-nusa-digelar-man-2-tulungagung[/url]

Pencak Silat Pagar Nusa Digelar MAN 2 Tulungagung

begini dong bikin acara yang bagus anak muda jaman sekarang
selain untuk olahraga prestasi dan kan juga melestarikan budaya bangsa
awas lho kalau dan jangan sampai pencak silat di klaim sama malaysia
baru tahu rasa

77 orang yang view
tapi tak satu pun kasih koment
tenang gan nanti kalau pencak silat di klaim sama malaysia yang seperti agan takutkan pasti deh pada ribut dan kasih koment
berita kayak begini memang tred kuburan habis
pencak silat PN itu cuma diajarin sama kalangan internal ya? kok gak pernah denger sih?
Quote:Original Posted By Colchian
pencak silat PN itu cuma diajarin sama kalangan internal ya? kok gak pernah denger sih?


tdk gan stau ane juga di ajarkan di luar pondok pesantren NU
kalau tdk salah guru besarnya PN itu alm GUS MAKSUM
orang hebat dan wibawah di kalangan NU

http://bdofi2.blogspot.com/2010/04/s...us-maksum.html


Pencak Silat Pagar Nusa Digelar MAN 2 Tulungagung
bagus lah kegiatan positif, sehat, sambil melestarikan kebudayaan daerah.

Thumbs up 

jaya terus budaya Indonesia
Quote:Original Posted By PedoBear.
bagus lah kegiatan positif, sehat, sambil melestarikan kebudayaan daerah.


ya benar gan ane baca berita di kaskus 2 hari ini
isinya para pelajar yang yang banyak melakukan hal2 yang
diluar norma2 agama dan masyarakat ketimuran
mulai boking hotel coret2 dll
mau jadi apa pelajar kita
lestarikan terus budaya indonesia,,,
jangan sampai hilang di telan perkembangan Zaman,,,
ho'oh gan.. Di daerah jawa timur perguruan ini bener2 membumi
di tempat ane ada yg namanya cak dor (ya persis yg dijelaskan agan ts, ada kontingen, pelatih, ulama+umara, keamanan, dll), event beladiri yg diadakan warga nu.. Dijamin yg suka darah segar pasti terpuaskan
maklum gan.. Di desa kalo ga diadain kayak gini bakalan ada genk, preman, dan tindakan kriminil yg mengatasnamakan perguruan.
Hebatnya lg gan, walau smpe berdarah2, dibawah panggung te2p bs guyon, rokokan, ngopi, tukeran nocan :
sesuai dg kepanjangan silat, yaitu silaturrahmi Pencak Silat Pagar Nusa Digelar MAN 2 Tulungagung
Quote:Original Posted By isze
ho'oh gan.. Di daerah jawa timur perguruan ini bener2 membumi
di tempat ane ada yg namanya cak dor (ya persis yg dijelaskan agan ts, ada kontingen, pelatih, ulama+umara, keamanan, dll), event beladiri yg diadakan warga nu.. Dijamin yg suka darah segar pasti terpuaskan
maklum gan.. Di desa kalo ga diadain kayak gini bakalan ada genk, preman, dan tindakan kriminil yg mengatasnamakan perguruan.
Hebatnya lg gan, walau smpe berdarah2, dibawah panggung te2p bs guyon, rokokan, ngopi, tukeran nocan :
sesuai dg kepanjangan silat, yaitu silaturrahmi Pencak Silat Pagar Nusa Digelar MAN 2 Tulungagung


di atas panggung lawan, di bawah panggung teman itu sih yang saia pernah denger waktu ada pencak dor di lirboyo dulu dan semua bukan tentang siapa yang terkuat, wong hadiahnya cuman nasi 1 piring
Quote:Original Posted By meressapi
di atas panggung lawan, di bawah panggung teman itu sih yang saia pernah denger waktu ada pencak dor di lirboyo dulu dan semua bukan tentang siapa yang terkuat, wong hadiahnya cuman nasi 1 piring


Pencak Silat Pagar Nusa Digelar MAN 2 Tulungagung

wah kalau ada beginiana asik loh ane mau nonton

nonton live adu silat emangnya kapan aja gan acara beginianan di adakan ane kan di surabaya jadi kalau ke lirboyo kediri lumayan dekat
bukan kayak smackdown kalau ini real
ini kegiatan positif lah,,,
apa lagi kan d daerah,,
kalau bs d perbnyak aja kgiatan yg sperti iniPencak Silat Pagar Nusa Digelar MAN 2 Tulungagung
Quote:Original Posted By meressapi
di atas panggung lawan, di bawah panggung teman itu sih yang saia pernah denger waktu ada pencak dor di lirboyo dulu dan semua bukan tentang siapa yang terkuat, wong hadiahnya cuman nasi 1 piring


masih ada gak ya pencak dor di Lirboyo?,dulu kalo yang naik panggung pake jimat atau isian pasti ketahuan sama alm. Gus Maksum & disuruh menanggalkan dulu,kalau gak mau gak boleh ngikut...
Bagus gan tuh kegiatan positif banget... sambil melestarikan kebudayaan kita... silat tradisional kita gak kalah hebat kok sama beladiri luar.. jangan sampe silat tradisional kita diambil sama negara tetangga sebelah
Quote:Original Posted By baretta98
masih ada gak ya pencak dor di Lirboyo?,dulu kalo yang naik panggung pake jimat atau isian pasti ketahuan sama alm. Gus Maksum & disuruh menanggalkan dulu,kalau gak mau gak boleh ngikut...


waduh ada aturan kayak beginia
jadi benar2 adu silat bukan adu ilmu ya
damn ane di surabaya kok malah tdk pernah tau
jadi malah penasaran mau lihat
ayo siapa yang tau event ini di adakan lagi
Quote:Original Posted By sazabi75
Pencak Silat Pagar Nusa Digelar MAN 2 Tulungagung

wah kalau ada beginiana asik loh ane mau nonton

nonton live adu silat emangnya kapan aja gan acara beginianan di adakan ane kan di surabaya jadi kalau ke lirboyo kediri lumayan dekat
bukan kayak smackdown kalau ini real

wah lupa saia trakhir nonton waktu gus maksum masih sugeng
sekarang udah jarang saia maen ke kediri. lebih mirip Ultimate Fighting Championshipn daripada smack down
Quote:Original Posted By baretta98
masih ada gak ya pencak dor di Lirboyo?,dulu kalo yang naik panggung pake jimat atau isian pasti ketahuan sama alm. Gus Maksum & disuruh menanggalkan dulu,kalau gak mau gak boleh ngikut...

masih keknya, tapi saia lupa bulan apa, coz itu acara tahunanya lirboyo keknya pas harlahnya kalo gaksalah
Quote:Original Posted By meressapi
wah lupa saia trakhir nonton waktu gus maksum masih sugeng
sekarang udah jarang saia maen ke kediri. lebih mirip Ultimate Fighting Championshipn daripada smack down

masih keknya, tapi saia lupa bulan apa, coz itu acara tahunanya lirboyo keknya pas harlahnya kalo gaksalah


PENCAK DOR


pencak dor atau yang di dalam bahasa indonesia berarti tarung bebas adalah sebuah tradisi dari perguruan pencak silat GASMI yang di populerkan oleh pendirinya yaitu ALMAGHFURLAH GUS MAKSUM JAUHARI, dahulu sabung bebas ini dia adakan di halaman pesantren Lirboyo yang diikuti oleh santri- santri sebagai salah satu hiburan bagi santri untuk mengalihkan kepenatan belajar dipesantren.


Dari lirboyo kemudian berkembang keseluruh penjuru negri seiring dengan perkembangan organisasi pencak silat Pagar Nusa yang kebetulan ketuanya adalah beliau sendiri, pencak dor ini menjadi ajang adu kekuatan fisik dan mental bagi para pendekar-pendekar karna dalam acara ini tidak ada aturan yang baku, para pendekar bebas mengeluarkan jurus apapun, tendangan atau pukulan tidak dibatasi, boleh mengenai bagian tubuh manapun, meskipun terkesan sadis tapi jarang ada yang sampai terluka parah meskipun mereka kena tendang dan pukul karena disekeliling panggung yang di buat berukuran 2x4 meter dan tinggi 2 meter ini telah di kelilingi pagar ghaib yang sengaja dipasang oleh para guru-guru besar pagar nusa.

Dan Sekarang pencak dor ini sudah menjadi tradisi bagi WARGA GASMI, yang harus dilestarikan keberadaannya sebagai identitas bangsa.

http://pagarnusagasmikismantoro.blog...encak-dor.html



ini waktu di Genggong kediri
wah ane benar2 ketinggalan
Quote:Original Posted By PedoBear.
bagus lah kegiatan positif, sehat, sambil melestarikan kebudayaan daerah.


Quote:Original Posted By ridhokamil
jaya terus budaya Indonesia


Quote:Original Posted By zentai
Bagus gan tuh kegiatan positif banget... sambil melestarikan kebudayaan kita... silat tradisional kita gak kalah hebat kok sama beladiri luar.. jangan sampe silat tradisional kita diambil sama negara tetangga sebelah


ternyata masih banyak orang di indonesia yang cinta sama budaya indonesia
kirain ini tread bakal sepi ternyata banyak juga yang apresiasi
terimah kasih semu juragan
wah...keren neh pagar nusa...

setelah gus ma'shum wafat, pamor pagar nusa memang sempat tenggalam. mudah-mudahan pagar nusa yang sekarang dikomandani abah fuad menjadi lebih tenar dan bermanfaat lagi bagi umat, masyarakat, bangsa dan negara, khususnya bagi NU....
Quote:Original Posted By LHZ
wah...keren neh pagar nusa...

setelah gus ma'shum wafat, pamor pagar nusa memang sempat tenggalam. mudah-mudahan pagar nusa yang sekarang dikomandani abah fuad menjadi lebih tenar dan bermanfaat lagi umat, masyarakat, bangsa dan negara, khususnya bagi NU....


lho ketuanya sekarang abah fuad toh
kirain abah suhar billah
wah ane ketinggalan berita ini
×