alexa-tracking

10 Tips Mengawetkan Baterai Laptop

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008489564/10-tips-mengawetkan-baterai-laptop
Thumbs up 
10 Tips Mengawetkan Baterai Laptop
semoga jd HT emoticon-SmilieNO REPOST YA GAN emoticon-Smilie
nih buktinya :

Spoiler for bukti:


Berikut adalah 10 tips mengawetkan baterai laptop

1. Ketika laptop baru dibeli, baterai-nya masih kosong. Laptop tidak boleh langsung digunakan sekalipun charge listrik terpasang. Laptop harus dimatikan dulu, di-charge selama antara 4-8 jam hingga lampu indikatornya menunjukkan full charge (biasanya lampu indikator charge akan berwarna hijau).

2. Jika Anda tidak sedang presentasi tetapi sedang bekerja rutin dengan laptop dikantor, lepaskan baterai laptop dan gunakan listrik langsung. Jika baterai terpasang, charge juga terpasang dalam banyak kejadian akan menyebabkan baterai cepat bocor. Walaupun laptop modern sering memiliki sirkuit yang memastikan baterai tidak digunakan bila charge terpasang, tapi suhu panas juga mempersingkat masa pakai baterai. Ingat, baterai laptop digunakan hanya ketika listrik tidak dapat digunakan langsung.

3. Pastikan untuk mengkonfigurasi pengaturan baterai laptop Anda dengan tepat. Aturlah periode Sleep laptop Anda agar memungkinkan Anda untuk menonaktifkan layar dan hard disk setelah jangka waktu tertentu komputer tidak digunakan. Tentukan periode ini sesingkat mungkin untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

4. Nonaktifkan Bluetooth dan WiFi ketika tidak diperlukan. Ketika Anda menonton film, atau mengetik dokumen dan Anda tidak perlu online, menonaktifkan perangkat nirkabel. Hal ini akan membantu menghemat daya, sebab konsep Bluetooth dan WiFi adalah mengirim dan menerima signal walaupun Anda tidak menyadarinya dan ini menghabiskan daya. Lebih parah lagi jika keuda fitur ini Anda aktifkan ditempat yang sama sekali tidak ada signal.

5. Kurangi mengkonfirasi layar terlalu terang. Disatu sisi layar lumayan terang adalah baik karena tulisan lebih jelas, tetapi disisi lain makin terang layar makin banyak daya yang digunakan.

6. Sejalan dengan tip sebelumnya, Anda harus menonaktifkan screen saver. Terutama ditujukan untuk mencegah layar agar tidak terbakar, screen saver mengkonsumsi daya jauh lebih tinggi karena CPU aktif dan kartu video dan layar digunakan juga. Ini sama dengan menonton video pada laptop.

7. Selain menonaktifkan Bluetooth dan perangkat nirkabel, juga melepaskan setiap perangkat eksternal ketika tidak diperlukan. Sebuah USB atau mouse nirkabel, memory stick USB, harddisk eksternal atau kartu PCMCIA yang tidak sedang digunakan pada laptop harus dilepas. Anda harus paham, semua perangkat tadi menggunakan daya dari laptop Anda.

8. Periksa juga program startup Anda dan program aktif dan menutup program yang tidak perlu. Program-program startup yang terlalu banyak akan menyebabkan laptop loading lama. Loading lama akan membutuhkan banyak memory virtual sehingga terlalu banyak menggunakan akses hard disk.

9. Jika Anda ingin mendengarkan musik, gunakan headset dan bukan speaker. Karena speaker laptop kecil maka walaupun volume musik sudah maksimal tetapi suara tidak maksimal diteling Anda. Jika volume Anda naikkan maka penggunaan daya juga bertambah besar.

10. Update BIOS dan driver. Produsen komputer melakukan perbaikan software mereka sepanjang waktu untuk memperbaiki cara hardware digunakan. Memperbarui Bios akan memastikan bahwa Anda memiliki versi terbaru dan memberikan kompatibilitas maksimum dengan penghematan daya semua fitur sistem operasi. Hal yang sama berlaku untuk driver perangkat keras. Driver mengendalikan semua aspek dari perangkat keras, termasuk mode penghematan daya hardware.
Thanks gan buat tipsnya. Kebetulan ane baru beli laptop baru, soalnya baterai yang lama udah rusak, padahal belum 1 tahun udah rusak emoticon-Hammer2
wah nice info nih
bagus buat ane yang mau beli laptop emoticon-I Love Kaskus
Quote:


Apa malah nggak bikin laptop cepet rusak gan? Soalnya pengalaman temen ane yang sering lepas baterei, ketika dipasang baterei jadi gak ke detect...
ane dulu kalo mau pake colok ,ane lepas baterainya..
emang lebih awet,tapi waktu ane beli laptop lagi,penjualnya malah bilang mending tetep di pasang baterai nya..
karena kalo ga gitu katanya listrik bakal langsung kena motherboard terus menerus & bisa ngerusak..
yang boneng yang mana yak gan ? emoticon-Bingung
wah,
nice inpoh gan emoticon-2 Jempol

sebagian besar udah ane jalanin ko emoticon-Shakehand2
10 Tips Mengawetkan Baterai Laptop
wah makasih ya gan tipsnya emoticon-Shakehand2
emoticon-Kagets ane mesti pasang batre + listrik kalo lagi make, pantes ga awet emoticon-Cape d...
nice inpoh...gud jub!!!!!




10 Tips Mengawetkan Baterai Laptop
good thread gan

Kunjungi juga thread ane
Dr Joseph Bell- The Real Sherlock Holmes
kalo ane cukup di balanced aja..








rwidanto40 Was Here!
Quote:


ane jg pernah baca trit tentang mitos copot batre ntu,
yg ane baca di trit itu sih, ternyata salah klo lepas batre sambil charge.
harusnya tetap dipasag aja batrenya, karna walaupun kita lupa nyabutnya (keterusan) laptop punya indikator ato apa namanya yg bisa menghentikan pemasukan listrik ntu..
emoticon-Smilie
10 Tips Mengawetkan Baterai Laptop
Bener gan emoticon-2 Jempol
Bluetoothnya dimatiin aja kalau nggak dipakai emoticon-thumbsup
bolee di cobbaa
thanksk infonyaaa...
emoticon-2 Jempol
nice share gan emoticon-Angkat Beer

sebagian udah ane jalaninemoticon-Big Grin
emoticon-2 Jempol ... ijin copas materi ya bro.. buat tambahan bahan bacaan..
oh ya,.. warna kuning diganti dunk.. gak keliatan tuh...
wowo mantab nih tipsnya
tp sayang tulisannya kok diwarnai kyk gitu sih emoticon-DP
Quote:
nice tips gan, ane coba ya emoticon-Ngacir
thx infonya... iya nih....laptop ane baterenya dah jebol nampaknya.... nanti mo ane ganti dan terapin tipsnya,,,
×