alexa-tracking

10 pahlawan minangkabau ( Sumatera Barat)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008476735/10-pahlawan-minangkabau--sumatera-barat
10 pahlawan minangkabau ( Sumatera Barat)
10 pahlawan minangkabau ( Sumatera Barat)



1. Agus Salim

Spoiler for agus salim:

Pada tahun 1915, Salim bergabung dengan Sarekat Islam (SI), dan menjadi pemimpin kedua di SI setelah H.O.S. Tjokroaminoto.Peran Agus Salim pada masa perjuangan kemerdekaan RI antara lain:anggota Volksraad (1921-1924),anggota panitia 9 BPUPKI yang mempersiapkan UUD 1945, Menteri Muda Luar Negeri, Kabinet Sjahrir II 1946 dan Kabinet III 1947, pembukaan hubungan diplomatik Indonesia dengan negara-negara Arab, terutama Mesir pada tahun 1947, Menteri Luar Negeri Kabinet Amir Sjarifuddin 1947, Menteri Luar Negeri Kabinet Hatta 1948-1949 Di antara tahun 1946-1950 ia laksana bintang cemerlang dalam pergolakan politik Indonesia, sehingga kerap kali digelari "Orang Tua Besar" (The Grand Old Man).

2. M. Hatta

Spoiler for M. Hatta:


Uploaded with ImageShack.us[/IMG]


Dr.(H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta (populer sebagai Bung Hatta, lahir di Fort de Kock (kini Bukittinggi), Sumatera Barat, 12 Agustus 1902 – meninggal di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun) adalah pejuang, negarawan, dan juga Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Ia mundur dari jabatan wakil presiden pada tahun 1956, karena berselisih dengan Presiden Soekarno. Hatta dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Bandar udara internasional Jakarta menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasanya sebagai salah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia.


3. M. Yamin

Spoiler for M. Yamin:


Pada tahun 1932, Yamin memperoleh ijazahnya dalam bidang hukum di Jakarta. Ia kemudian bekerja dalam bidang hukum di Jakarta sehingga tahun 1942. Karier politiknya dimulai dan beliau giat dalam gerakan-gerakan nasionalis. Pada tahun 1928, Kongres Pemuda II menetapkan bahasa Indonesia, yang berasal dari bahasa Melayu, sebagai bahasa gerakan nasionalis Indonesia. Yamin meninggal dunia di Jakarta dan dikebumikan di Talawi, sebuah kota kecamatan yang terletak 20 kilometer dari ibu kota Kabupaten Sawahlunto, Sumatera Barat.


4. H.R. Rasuna Said

Spoiler for H.R. Rasuna Said:

H.R. Rasuna Said adalah seorang muda yang mempunyai kemauan yang keras dan berpandangan luas. Awal perjuangan beliau dimulai dengan beraktivitas di Sarekat Rakyat sebagai Sekretaris cabang dan kemudian menjadi anggota Persatuan Muslim Indonesia (PERMI). Beliau sangat mahir dalam berpidato yang isinya mengecam secara tajam ketidak adilan pemerintah Belanda, sehingga beliau sempat ditangkap dan dipenjara pada tahun 1932 di Semarang.


5. Siti Manggopoh

Spoiler for Siti Manggopoh:

Siti Mangopoh adalah pejuang wanita dari desa kecil terpencil di Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Dilahirkan bulan Mei 1880, pada tahun 1908 melakukan perlawanan terhadap kebijakan ekonomi Belanda melalui pajak uang (belasting).


6. Sutan Syahrir

Spoiler for Sutan Syahrir:

Selain menceburkan diri dalam sosialisme, Syahrir juga aktif dalam Perhimpunan Indonesia (PI) yang ketika itu dipimpin oleh Mohammad Hatta. Di awal 1930, pemerintah Hindia Belanda kian bengis terhadap organisasi pergerakan nasional, dengan aksi razia dan memenjarakan pemimpin pergerakan di tanah air, yang berbuntut pembubaran Partai Nasional Indonesia (PNI) oleh aktivis PNI sendiri. Bersama Hatta, keduanya rajin menulis di Daulat Rakjat, majalah milik Pendidikan Nasional Indonesia, dan memisikan pendidikan rakyat harus menjadi tugas utama pemimpin politik.
“ \t"Pertama-tama, marilah kita mendidik, yaitu memetakan jalan menuju kemerdekaan," katanya. \t”


7. Tan Malaka

Spoiler for Tan Malaka:

Tan Malaka atau Ibrahim gelar Datuk Tan Malaka (lahir di Nagari Pandam Gadang, Suliki, Sumatera Barat, 19 Februari 1896 – meninggal di Desa Selopanggung, Kediri, Jawa Timur, 16 April 1949 pada umur 53 tahun) ia dikenal sebagai tokoh revolusioner yang legendaris. Dia kukuh mengkritik terhadap pemerintah kolonial Hindia-Belanda maupun pemerintahan republik di bawah Soekarno pasca-revolusi kemerdekaan Indonesia. Walaupun berpandangan sosialis, ia juga sering terlibat konflik dengan Partai Komunis Indonesia (PKI). Pada tahun 1949 tepatnya bulan Februari Tan Malaka hilang tak tentu rimbanya, mati tak tentu kuburnya di tengah-tengah perjuangan bersama Gerilya Pembela Proklamasi di Pethok, Kediri, Jawa Timur.


8. Tuanku Imam Bonjol

Spoiler for Tuanku Imam Bonjol:

Tuanku Imam Bonjol (lahir di Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat, Indonesia 1772 - wafat dalam pengasingan dan dimakamkan di Lotak, Pineleng, Minahasa, 6 November 1864), adalah salah seorang ulama, pemimpin dan pejuang yang berperang melawan Belanda dalam peperangan yang dikenal dengan nama Perang Padri di tahun 1803-1838. Oktober 1837, Tuanku Imam Bonjol diundang ke Palupuh untuk berunding. Tiba di tempat itu langsung ditangkap dan dibuang ke Cianjur, Jawa Barat. Kemudian dipindahkan ke Ambon dan akhirnya ke Lotak, Minahasa, dekat Manado. Di tempat terakhir itu ia meninggal dunia pada tanggal 8 November 1864. Tuanku Imam Bonjol dimakamkan di tempat pengasingannya tersebut.


9. Ilyas Karim

Spoiler for Ilyas Karim:

Ilyas Karim, lahir di Padang, Sumbar pada tahun 1927. Ia merupakan salah satu dari dua orang pengibar Sang Saka Merah Putih pada saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tangal 17 Agustus 1945. Sebagai tentara, Ilyas pernah diterjunkan di sejumlah medan pertempuran di berbagai daerah, termasuk ditugaskan sebagai pasukan perdamaian di Libanon dan Vietnam. Pada 1979, Ilyas pensiun dengan pangkat letnan kolonel. Kehidupannya mulai suram, karena dua tahun kemudian dia diusir dari tempat tinggalnya di asrama tentara Siliwangi, di Lapangan Banteng, Jakpus. Sejak saat itu hingga saat ini dia tinggal di pinggir rel KA.

miris ane ngeliat nya gan....
coba bandingin dengan "pahlawan2" di senayan yang cuma ngabisin uang rakyat.... hmmmm... emoticon-I Love Indonesia


10. Haji Abdul Malik Karim Amrullah (buya Hamka)

Spoiler for buya Hamka:

Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan julukan HAMKA, yakni singkatan namanya, (lahir di desa kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat, 17 Februari 1908 – meninggal di Jakarta, 24 Juli 1981 pada umur 73 tahun) adalah sastrawan Indonesia, sekaligus ulama, dan aktivis politik. Hamka pernah menerima beberapa anugerah pada peringkat nasional dan internasional seperti anugerah kehormatan Doctor Honoris Causa, Universitas al-Azhar, 1958; Doktor Honoris Causa, Universitas Kebangsaan Malaysia, 1974; dan gelar Datuk Indono dan Pengeran Wiroguno dari pemerintah Indonesia.

terima kasih para pahlawanku, semoga kalian tak kecewa melihat negara hasil perjuanganmu ini.... emoticon-I Love Indonesia

SUMBER


bagi agan2 yang iso boleh dunk emoticon-Blue Guy Cendol (L) ....
bagi yang belun bantu emoticon-Rate 5 Star ya ....
kalau kurang berkenan jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)
wahh, makasih pisan gan dah bikin trit pahlwan dari SUMBAR,
secara ane orang padang, tapi ga tau pahlawan yang berasal dari daerah minangkabau tersebut,
btw nice share gan emoticon-Big Grin
emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus
ternyata banyak pahlawan dari sumatra barat ya ! emoticon-thumbsup emoticon-I Love Indonesia
KASKUS Ads
Quote:


mudah2an bermanfaat gan...
sepi amat yak....!!!

emoticon-Sundul: emoticon-Sundul:
langang
wew.... keren.... i love sumbar gan...
hidup pahlawan terima kasih atas jasamu emoticon-Peluk
gambarnya gak kluar gan emoticon-Frown
kok pictnya d apus gan?...
tapi keren juga gan...mantab.......emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Spoiler for Numpang Cari Rejeki ya gan:
gk ada picnya tuh gan.... belom sempat liat....:haha
tampilin pict nya gan..
emoticon-thumbsup


minang di kebo :D
yiah...
trus fotonya koq engga muncul yah
kagak demen gw gan emoticon-Stick Out Tongue but boleh kok gan
10 pahlawan minangkabau ( Sumatera Barat)
Nice inpoh gan, ane kagum sama mereka semua,
ane berharap bakal ada penerusnya, amin. emoticon-2 Jempol
ane bantu sundul ya gan.
emoticon-Sundul:emoticon-Sundul:


emoticon-I Love Indonesia

emoticon-I Love Kaskus
salut ma pahlawan kita,orang yg paling berpengaruh dalam kemerdaekaan bngsa indonesia
Quote:

dah ada pic. nya tuh gan, kmaren susah bgt upload nya....
orang awak gitu loh....
emoticon-Big Grin
Mantap Gan,,
ane bantu sundul..
emoticon-Sundul:emoticon-Sundul:emoticon-Sundul: