alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008404397/1769-r3---sub-regional-bengkalis-1769
۩ R3 - Sub. Regional BENGKALIS ۩
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


۩ R3 - Sub. Regional BENGKALIS ۩
۩ R3 - Sub. Regional BENGKALIS ۩
۩ R3 - Sub. Regional BENGKALIS ۩
۩ R3 - Sub. Regional BENGKALIS ۩


Quote:
Asal Usul Nama Bengkalis.
Pada abad ke-15 kerajaan Gasib merupakan kerajaan melayu yang sangat berpengaruh dipesisir timur Sumatera. Pada tahun 1459-1477 kerajaan Malaka disemenanjung Malaya berhasil menaklukkan sepenuhnya kerajaan Gasib pada zaman pemerintahan Sultan Mansyur Syah. Raja Gasib yang bernama Megat Kudu yang dikala itu masih belum memeluk agama islam, dibawah pemerintahan otoritas Kerajaan Malaka, maka diislamkan oleh Sultan Malaka serta diberi gelar Sultan Ibrahim. Belia diangkat menjadi wakil Sultan Malaka pada kerajaan Gasib, yang kemudian menjadi pusat perkembangan agama islam terbesar pada saat itu.

Syahdan, ada seorang sultan dari tanah Melayu yang baru kembali dari Kerajaan Johor, bernama Tuan Bujang atau lebih dipanggil Raja Kecil dengan gelar Sultan Abdul Jalil Rahmatsyah, beliau melarikan diri dari Semenanjung Malaya pada tahun 1722 dan singgah disebuah pulau kecil dibibir Selat Malaka. Kedatangan beliau ini dikarenakan kegagalannya merebut kembali kerajaan Johor setelah melalui pertempuran yang hebat, hal tersebut dikarenakan tidak diakuinya sebagai Sultan yang berkuasa pada saat itu, sehingga memaksanya terusir kepengasingan.

Kepada para pengikutnya yang setia, Sultan Abdul Jalil Rahmatsyah mengungkapkan perasaannya yang sangat kecewa, dikarenakan adanya pengkhianatan orang dalam sampai diusir sehingga membuat hatinya mengkal karena tidak diakui sebagai Sultan Kerajaan Johor yang sah, akan tetapi ia tetap berjiwa besar dan kalis menerima kenyataan pahit ini.

Kata-kata “mengkal” didalam kamus bahasa melayu diartikan sedih, atau berduka, sedangkan kata “kalis” memiliki makna arti kesabaran, ketabahan dan tahan terhadap segala ujian . Kata-kata inilah yang sering didengung-dengungkan untuk menggambarkan kesedihan Sultan Abdul Jalil Rahmatsyah, sehingga dua kata terpatri dan terus diingat oleh pengikut dan pegawal terdekatnya, yang merupakan sebuah ungkapan yang sarat akan makna, sehingga kata mengkal dan kalis ini menjadi buah bibir masyarakat setempat yang mendiami sebuah pulau dimana sebagai tempat pengasingan, sehingga lambat laut pulau kecil itu disebut menjadi Pulau Mengkalis.

Kedatangan Sultan Abdul Jalil Rahmatsyah, disambut oleh pemuka masyarakat setempat yaitu: Batin (Ketua Adat/Panglima) Merbau, Batin Selat Tebing Tinggi dan sejumlah Batin lainnya, dimana beliau ada saat itu mendapat kehormatan dan dukungan serta pengakuan, karena pada dasarnya penduduk Pulau Mengkalis, meyakini bahwa Sultan Abdul Jalil Rahmatsyah atau Tuan Bujang atau Raja Kecil, sesungguhnya adalah seorang Sultan pewaris kerajaan Johor yang sebenarnya, dimana mendapatkan penggulingan kekuasaan (kudeta), fitnah serta perlakuan yang semena-mena sehingga diusir dari tanah kelahirannya disemenanjung Malaya.

Para Batin dipulau dimana Sultan diusir, mengusulkan agar Sultan Abdul Jalil Rahmatsyah mendirikan kerajaan di Pulau Mengkalis. Akan tetapi melalui musyawarah Raja Kecil dengan Datuk Laksamana Bukit Batu yang begitu kesohor dengan julukan Datuk Laksamana Raja Dilaut didampingi Datuk Lima Puluh, Datuk Kampar, Datuk Pesisir dan Datuk Tanah Datar berhasil membuat kesepakatan (konsensus) bahwa pusat kerajaan baru yang nanti akan dibentuk tidak berada di Pulau Mengkalis, akan tetapi didekat Sabak Aur dipinggir Sungai Buatan yang akhirnya didirikan sekitar tahun 1723.

Berdirinya kerajaan baru ini, memperlihatkan berkembang sangat pesat dan lambat laun menjadi kerajaan besar dengan nama Siak Sri Indrapura yang menguasai daratan, pesisir sampai pada perbatasan Aceh diutara disepanjang Pulau Sumatera.

Sedangkan Pulau Mengkalis yang tidak dijadikan pusat kerajaan, digunakan sebagai pulau transit, serta markas besar komando pengawalan kapal-kapal niaga maupun kapal perang yang keluar masuk dari atau ke Sungai Siak, Selat Bengkalis, Bukit Batu sampai rute ke Selat Malaka dan Johor oleh pasukan Kerajaan Siak Sri Indrapura.

Keberadaan Pulau Mengkalis ini sangat vital, merupakan benteng pertahanan terdepan (front line) yang berhadapan dengan kekuatan kerajaan Malaya, pulau sebagai tempat gudang persenjataan dan bahan logistik yang disuplai kepada armada laut, terutama mendukung pada gejolak perang besar penaklukkan Kerajaan Malaka oleh Bangsa penjajah Protugis.

Tanpa terasa masyarakat yang dulunya mengenal sebutan pulau ini menjadi dengan nama : Pulau Mengkalis, akan tetapi seiring pergantian zaman, serta pergantian regenerasi dan pengucapan lafal oleh penduduk setempat, maka kata Pulau Mengkalis berubah menjadi Pulau Bengkalis yang sampai saat ini masih melekat dengan sebuah pulau yang penuh harapan dan penghidupan.


Sumber: disadur/dikutip oleh TS dari Majalah Budaya Melayu No. 01 Th.1-2008 Hal. 64-66


Spoiler for Visi dan Misi Kabupaten Bengkalis:


Spoiler for Arti Lambang:
Spoiler for nomor telepon penting pemerintahan:
reserve Bahasa istilah Budaya dan kamus mini Bahasa Melayu Bengkalis.
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

emoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahari


MARHABAN YA RAMADHAN 1432 H

emoticon-Rate 5 StarMohon dirate buat agan-agan jika berkenanemoticon-Rate 5 Star
۩ R3 - Sub. Regional BENGKALIS ۩

TRADISI LAMPU COLOK
DI KABUPATEN BENGKALIS
PROPINSI RIAU



۩ R3 - Sub. Regional BENGKALIS ۩


Quote:Quote:"COLOK" didalam perbendaharaan bahasa melayu, khususnya pada daerah Sumatera pesisir memiliki arti: sejenis alat penerangan tradisional, yang menggunakan kaleng/bambu memiliki sumbu dari kain goni dengan berbahan bakar minyak tanah. Pada umumnya colok berbeda dengan pelita/lantera, karena kebanyakan digunakan oleh masyarakat melayu Bengkalis untuk penerangan diluar rumah pada malam hari khususnya dibulan Ramadhan disaat umat muslim melaksanakan shalat tarawih berjamaah.Quote:Seiring berjalannya waktu, sebagai bentuk penghormatan terhadap tradisi leluhur turun temurun, masyarakat melayu Bengkalis, terutama pada menjelang dipenghujung bulan Ramadhan menggunakan penerangan lampu colok ini sebagai hiasan didepan rumah, khususnya bertepatan menyambut malam lailatul qadar. Hiasan lampu colok pada awalnya sangatlah sederhana, hanya diletakkan berjejer sebagai penerangan umum dimana dikala itu sumber listrik belum ada, sehingga dari kreativitas inilah dibentuk beraneka ragam corak hiasan yang menyerupai kalimat suci asma Allah, seni kaligrafi, bentuk bangunan mesjid bahkan ada juga dari tokoh-tokoh kartun sesuai dengan kreativitas masyarakat yang membuat polanya.
Quote:Sebelum perayaan dimulai, seluruh komponen masyarakat, khususnya para pemuda melayu Bengkalis bergotong royong didalam menyukseskan acara tahunan ini, hal tersebut dilakukan dengan tahapan awal membangun gapura/menara colok dengan menggunakan bahan baku kayu, papan, besi, paku dan kawat. Gapura ini sangat penting, karena merupakan tempat dimana lampu-lampu colok itu akan dipajang menurut bentuk artistik yang telah ditentukan sebelumnya.
Quote:Dikarenakan membutuhkan jumlah yang sangat besar untuk menghiasi sebuah gapura, lampu colok sebagai penerangannya dibuat dari sisa kaleng bekas minuman ringan yang kemudian diberi sumbu berupa kain goni dibuat seperti tali serta ditambah tatakan/dudukan pengait dari kawat yang nantinya akan disusun sesuai dengan bentuk hiasan gapura yang diinginkan.
Dari beberapa jenis gapura yang ada, gapura yang paling sederhana membutuhkan lebih kurang 500 kaleng lampu colok dan gapura paling besar ukurannya kadang-kadang membutuhkan 1500-2500 kaleng lampu colok.

Quote:Tradisi lampu colok dimulai pada tanggal 27 Ramadhan sampai menjelang malam 1 Syawal (5 malam), masyarakat setempat menyebutnya dengan malam 7 Likur. Dimana diperlombakan berdasarkan kriteria-kriteria penilaian antara lain: Bentuk gapura, kekuatan tema, kerapian, pencahayaan dan keserasian keindahan. Penilaian dibagi berdasarkan tema yang telah ditetapkan, berupa: Kaligrafi, asmaul husna, kubah mesjid dan lain-lain.
Puncak penilaian dari juri pada kegiatan tradisi ini dilakukan pada akhir penutup bulan Ramadhan bersamaan dengan diadakannya acara pawai ta'ruf keliling dan pesta kembang api, dimana pengumuman pemenang dilaksanakan esok hari setelah usai shalat Idul Fitri.

Quote:Tradisi lampu colok ini memiliki daya tarik tersendiri, khususnya masyarakat perantau yang mudik kekampung halaman, juga diramaikan oleh masyarakat luar daerah yang kebetulan ingin menyaksikan, bahkan tidak ketinggalan juga turis luar negeri dari Malaysia dan Siangapura hadir menikmati tradisi ini, sehingga jangan heran pada malam pertama jalanan di kota Bengkalis penuh sesak oleh para pengunjung dari berbagai usia.
Quote:Menyadari potensi daya tarik tradisi lampu colok ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis telah memasukkannya sebagai agenda tahunan tujuan wisata budaya semenjak tahun 2000 sampai saat sekarang. Bentuk keseriusan tersebut, yaitu dengan menyiapkan anggaran penyelenggaraan baik dari tingkat kelurahan sampai pada kecamatan, dalam perlombaan yang tentunya dengan tujuan mewarisi tradisi budaya agar tidak hilang ditelan jaman, meskipun kendala terberat saat ini berupa kelangkaan minyak tanah serta sulitnya mencari bahan baku.


Spoiler for keindahan lampu colok:


Spoiler for keindahan lampu colok:


Spoiler for keindahan lampu colok:


Spoiler for keindahan lampu colok:


Spoiler for keindahan lampu colok:


Spoiler for keindahan lampu colok:


Spoiler for keindahan lampu colok:


Spoiler for keindahan lampu colok:


Spoiler for keindahan lampu colok:



Quote:[URL="http://www.youtube.com/watch?v=adInlf_T23c
]Sumber Referensi[/URL]

Sumber Referensi

Sumber Referensi

Sumber Referensi

GALERY FOTO
Kontributor Foto:
Boyke Lefino
http://www.facebook.com/profile.php?...0090603&ref=ts

Angga Devadja
http://www.facebook.com/profile.php?...6801&sk=photos
Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Bengkalis
http://www.bengkalis.go.id/


Spoiler for Pulau Bengkalis dari Udara:


Spoiler for Pusat Pemerintahan Kabupaten Bengkalis:


Spoiler for Pelabuhan Bengkalis Bandar Sri Laksamana:


Spoiler for Mesjid Raya Istiqomah:


Spoiler for Rumah Dinas Bupati "Wisma Sri Mahkota":


Spoiler for Rumah Dinas Wakil Bupati:


Spoiler for Balai Adat Melayu Bengkalis:


Spoiler for Perkasa Alam Sport Hall:


Spoiler for Pelabuhan Internasional:


Spoiler for Pelabuhan Penyeberangan Air Putih:


Spoiler for Bongkar Muat Pelabuhan Tradisional:


Spoiler for Sudut Kota Bengkalis:


Spoiler for Pantai Andam Dewi dikala Senja:


Spoiler for Pantai Andam Dewi dikala Sore:


Spoiler for Air Mancur:



Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :
۩ R3 - Sub. Regional BENGKALIS ۩
SEJARAH KOMUNITAS KASKUS BUDAK-BUDAK BENGKALIS
Quote: in progress
PERATURAN/RULES
Quote:
PERATURAN UMUM KASKUS REGIONAL RIAU RAYA
Oleh: Life In Mono

POSTING
-Khusus untuk masalah pribadi atau pendekatan secara pribadi gunakan fasilitas Private Message ( PM ), atau gunakan fasilitas Visitor Message (VM) yang ada di setiap user ID.
-Spoiler berbau bisnis atau inviter akan didelete.
-Tidak diperkenankan memancing suasana jadi panas/nge-flame.
-Biasakan menggunakan fungsi Multiquote dan tidak Monolog.
-Dilarang keras posting hal yang berbau SARA
-Dilarang keras posting gambar BB
-Tidak diperbolehkan Reputation Point(s) Trading...!!!


Quote:
PERATURAN KHUSUS KASKUS BENGKALIS COMMUNITYOleh: Sambal Belacans

POSTING


isi peraturan



FORMAT PENDATAAN ANGGOTA

Diharapkan pendaftaran di PM (Personal Massages) kepada TS seperti format dibawah ini:

Code:

Kaskus [Prime ID]:
Kaskus [Clone ID][B][COLOR="Red"]*[/COLOR][/B]:
Nama Lengkap:
Tempat/Tanggal Lahir:
Alamat/Domisili:
Aktivitas:
CP [Contact Person]:
FB/Twitter/e-mail/HP[B][COLOR="Red"]**[/COLOR][/B]
[B][COLOR="#ff0000"]*[/COLOR][/B]=Jika ada
[B][COLOR="#ff0000"]**[/COLOR][/B]=pilih salah satu



BUDAK-BUDAK BENGKALIS DALAM GAMBAR


Quote:۩ R3 - Sub. Regional BENGKALIS ۩
Quote:in progress for new member picture

Code:

Seluruh data-data anggota yang telah masuk berdasarkan pertimbangan TS, khususnya untuk nomor kontak HP akan dirahasiakan, dengan tujuan agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika ingin mengetahui lebih dekat profil anggota bersangkutan dapat menggunakan fasiltas PM langsung, e-mail yang tertera atau melewati perantara TS.---Terima Kasih---


1. Fachmy
Quote:
Kaskus [Prime ID]: Sambal Belacans
Kaskus [Clone ID]: --
Nama Lengkap: Arief Fachmy
Tempat/Tanggal Lahir: Bengkalis, 07 February 1978
Alamat/Domisili: (Bengkalis)Jl. Hangtuah No.348/(Palembang) Jl.Swadaya, Lr.Perikanan V No.156 Ilir Timur I Sumatera Selatan.
Aktivitas: Kuliah, Kuliah dan Kuliayah
CP [Contact Person]: Fachmy@gmail.com


2. Iwan
Quote:
Kaskus [Prime ID]: boedak_
Nama Lengkap: Muhammad Ridwan Fasuri
Tempat/Tanggal Lahir: Bengkalis 12-06-1987
Alamat/Domisili: (Bengkalis) Jln. Pembangunan I /(Pekanbaru): Jln. Delima Perum Griya Pasir Mas Blok D3 No.33.
Aktivitas:Kuliah
CP [Contact Person]:Hp: 085278307xxx
e-mail: Boedak_e1@yahoo.com


3. Leka/Alex
Quote:
Kaskus [Prime ID]:smallkid
Kaskus [Clone ID]:arenam(rip),kancutmaho(rip), kodebuntut
Nama Lengkap:sukmaleka maulidiyanto
Tempat/Tanggal Lahir: Pekanbaru 05 November 1987
Alamat/Domisili: (Bengkalis)Jl. Sultan Syarif Qasim selatbaru/(Pekanbaru)Jl. Manunggal Panam.
Aktivitas: kuliah dah tamat, kerja ge
CP [Contact Person]:
HP: 085271433xxx
e-mail: bocha_sablenk@yahoo.com


4. Heru
Quote:
Kaskus [Prime ID]:bujang.senang
Kaskus [Clone ID]*:nothing
Nama Lengkap: Mohd. Amru Herawza
Tempat/Tanggal Lahir: Bengkalis/ 4 November 1987
Alamat/Domisili: (1) Jl. karimun No. 2 Bengkalis, Riau, Indonesia 28712 Aktivitas: menunggu surat masuk
CP [Contact Person]: pm or vm me:
FB/Twitter/e-mail/HP: heru.abongsu@yahoo.co.id


5. Ruhlee
Quote:
Kaskus [Prime ID]:white_fx
Kaskus [Clone ID]:black1603
Nama Lengkap: Rully Budi Setiawan
Tempat/Tanggal Lahir: Bengkalis, 16 Maret 1988
Alamat/Domisili: Nihil
Aktivitas : nunggu wisuda...
Contact Person (CP):
FB: Rhulee Hnc Kaskuser


6. Fauzan/Ijan
Quote:
Kaskus [Prime ID]: Paktu0
Kaskus [Clone ID]: --
Nama Lengkap : Al fauzan Fitriadi
Tempat/Tanggal Lahir : Dumai, 08 juni 1987
Alamat/Domisili : (Pekanbaru) JL. Taman karya perum - JL. semen, Panam
Aktivitas : Kuliah
CP [Contact Person] : 085265393xxx
e-mail: Raven_idjan_anakbungsu@yahoo.co.uk


7. Mirna
Quote:
Kaskus [Prime ID]: MirnaJunita
Kaskus [Clone ID]: --
Nama Lengkap: Mirna Junita
Tempat/Tanggal Lahir: Bengkalis, 21 Juni 1989
Alamat: Nihil
Aktivitas : Bolak Balik Labor Sintesis FMIPA UNRI, dalam rangka berjuang demi S.Farm
CP [Contact Person]:
Fb : http://www.facebook.com/mjalfatos


8. Sugi
Quote:
Kaskus [Prime ID]:Cah_Turin
Kaskus [Clone ID]:Ramses I, Ramses II, Firaun
Nama Lengkap: Moehammed Soegianto
Tempat/Tanggal Lahir :Kudap 02 April 1985
Alamat: Nihil
CP [Contact Person]:
e-mail :italiano_numero_uno@yahoo.com


9. Ferdi
Quote:
Kaskus [Prime ID]:tamatrex
Kaskus [Clone ID]:buluhlemang, buluhlemang2, penzina
Nama Lengkap: Ferdi Tama Nugraha
Tempat/Tanggal Lahir: Bengkalis, 17 Desember 1987
Alamat/Domisili: tidak lengkap
Aktivitas: mahasiswa tingkat akhir
CP [Contact Person]
HP: 085271043xxx (083187094xxx)


10. Fahmi
Quote:
Kaskus [Prime ID]: Acik.Alol
Kaskus [Clone ID]: --
Nama Lengkap: Nurul Fahmi
Tempat/Tanggal Lahir:Bukit Batu,31 Januari 1989
Alamat/Domisili:tidak lengkap
Aktivitas: Mahasiswa
CP [Contact Person]:
FB : fahmi_ti4@yahoo.co.id
HP : 085265435xxx


11. Nasir
Quote:
Kaskus [Prime ID]:nassier
Kaskus [Clone ID]: --
Nama Lengkap: Muhamad Nasir
Tempat/Tanggal Lahir: Bengkalis,06 November 1986
Alamat/Domisili: tidak lengkap
Aktivitas:Kuliah
CP [Contact Person]
Hp :085292749xxx
FB : nassier_cr7@yahoo.com
e-mail : muhamadnasir@eepis-its.edu


12 Retno
Quote:
Kaskus [Prime ID]: pointbks
Kaskus [Clone ID]: --
Nama Lengkap : Retno harianto
Tempat/Tanggal Lahir: Selatbaru, 10 Maret 1989
Alamat/Domisili : jl. manunggal, kampung baru.rimbo panjang
Aktivitas : kuliah
Contact Person (CP):
tidak lengkap



13 Oki
Quote:
Kaskus [Prime ID]: Kikinorik (2901848) (tidak Lengkap/foto)
Kaskus [Clone ID]: --
Nama Lengkap: Oki Nori
Tempat/Tanggal Lahir: Bantan tengah,27 Oktober 1990
Alamat/Domisili: (Pekanbaru) Jl.Pepaya Sukajadi.
Aktivitas: Kuliah
CP [Contact Person]:
HP: 085271775xxx
e-mail: okinori27@gmail.com
tidak ada foto
reserve tempat nongkrong dan informasi seputar mengenal Bengkalis lebih dekat
reserve pengumuman, informasi penting dan sebagainya
Diundang TS buat meramaikan emoticon-Malu
trimakasih sebelumnya emoticon-shakehand

Mana nih budak-budak bengkalis dan sekitarnya emoticon-Kagets
Quote:Original Posted By RyOLuV
Diundang TS buat meramaikan emoticon-Malu
trimakasih sebelumnya emoticon-shakehand

Mana nih budak-budak bengkalis dan sekitarnya emoticon-Kagets


hehehe pada tidur semuanya..maklumlah budak2 Bengkalis kerjanya rata2 buruh pabrik shift malam, petugas ronda RT/RW dan sekuriti gudang beras! emoticon-Ngakak


ada minuman dingin menyambut tamu...silahkan diseruput wak Ryo..
emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By sambal belacans
dopost


Quote:Original Posted By sambal belacans
dopost


2 postingan diatas itu ada baiknya di rikues delete juga ngga bang? cmiiw emoticon-Malu

Quote:Original Posted By sambal belacans
hehehe pada tidur semuanya..maklumlah budak2 Bengkalis kerjanya rata2 buruh pabrik shift malam, petugas ronda RT/RW dan sekuriti gudang beras! emoticon-Ngakak


ada minuman dingin menyambut tamu...silahkan diseruput wak Ryo..
emoticon-Angkat Beer


Enakan tiduran selagi liburan bang emoticon-Malu

rata-rata bohong yang abang sebutkan diatas emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

wahh.. wah, makasi banyak nih bang emoticon-Kagets

awak tak lupa bawakan emoticon-coffee buat abang selaku TS disini emoticon-Wink

nikmatilah emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By RyOLuV
2 postingan diatas itu ada baiknya di rikues delete juga ngga bang? cmiiw emoticon-Malu



Enakan tiduran selagi liburan bang emoticon-Malu

rata-rata bohong yang abang sebutkan diatas emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

wahh.. wah, makasi banyak nih bang emoticon-Kagets

awak tak lupa bawakan emoticon-coffee buat abang selaku TS disini emoticon-Wink

nikmatilah emoticon-shakehand


emoticon-Smilie cuma canda pagi aja Ryo...bantu req posting delet ya Ryo untuk dopost, maklum server kaskus pada aneh pagi2 pagi ini, yang hal reserve jangan di-req dihapus ya, ada beberapa data yang akan dipersiapkan buat diposting nanti...
Quote:Original Posted By sambal belacans
emoticon-Smilie cuma canda pagi aja Ryo...bantu req posting delet ya Ryo untuk dopost, maklum server kaskus pada aneh pagi2 pagi ini, yang hal reserve jangan di-req dihapus ya, ada beberapa data yang akan dipersiapkan buat diposting nanti...


pas banget, awak suka dicandain emoticon-Genit:
dari semalam juga maentenance nih bang emoticon-Nohope
jadinya yah wajar aja emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

ga mungkin resep nya awak rikues delete juga emoticon-Ngakak (S)
ntar buat thread baru lagi emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By RyOLuV
pas banget, awak suka dicandain emoticon-Genit:
dari semalam juga maentenance nih bang emoticon-Nohope
jadinya yah wajar aja emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

ga mungkin resep nya awak rikues delete juga emoticon-Ngakak (S)
ntar buat thread baru lagi emoticon-Stick Out Tongue


boleh...ntar abg kirim batako 200 buah, semen 20 sak ama pasir 4 truk!
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By sambal belacans
boleh...ntar abg kirim batako 200 buah, semen 20 sak ama pasir 4 truk!
emoticon-Ngakak


astaga emoticon-Kagets emoticon-Ngakak (S)
bisa ngebangun penginapan kecil-kecilan tuh dimari emoticon-Belo

emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By RyOLuV
astaga emoticon-Kagets emoticon-Ngakak (S)
bisa ngebangun penginapan kecil-kecilan tuh dimari emoticon-Belo

emoticon-Hammer


maksudnya kredit ringan buat dimodalin bangun kos-kosan...emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By sambal belacans
maksudnya kredit ringan buat dimodalin bangun kos-kosan...emoticon-Hammer


tampaknya cuma kita berdua aja nih bang yg nguli emoticon-Ngakak (S)
kali pertamanya mampir dimari diberikan kredit ringan, makasi yah bang emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By RyOLuV
tampaknya cuma kita berdua aja nih bang yg nguli emoticon-Ngakak (S)
kali pertamanya mampir dimari diberikan kredit ringan, makasi yah bang emoticon-Matabelo


emoticon-Malu bukan membanggakan diri seh..abg kalau udah habis subuh sebagai imam dimesjid dekat rumah trus langsung ngaskus, maklumlah mantan remaja mesjid! emoticon-Cool
Quote:Original Posted By sambal belacans
emoticon-Malu bukan membanggakan diri seh..abg kalau udah habis subuh sebagai imam dimesjid dekat rumah trus langsung ngaskus, maklumlah mantan remaja mesjid! emoticon-Cool


tak bole menonjolkan diri emoticon-Stick Out Tongue
sebagai imam juga ternyata emoticon-thumbsup: yg hoby ngaskus emoticon-Malu

aih, segan emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By RyOLuV
tak bole menonjolkan diri emoticon-Stick Out Tongue
sebagai imam juga ternyata emoticon-thumbsup: yg hoby ngaskus emoticon-Malu

aih, segan emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak