alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ketika cairan tak lagi cair
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008386678/ketika-cairan-tak-lagi-cair

Ketika cairan tak lagi cair

Selamat datang di thread ane


Spoiler for No Repsol:


==================Ketika cairan tak lagi cair==================

Cairan ya cairan, tapi fakta ilmiahnya cairan juga bisa memiliki ciri-ciri benda padat, atau juga bisa sebaliknya. Kalau mau bisa jadi begini: cair atau padat jangan dilihat dari fisiknya, coba lihat dari sisi lain.

Perhatikan video dari Youtube berikut ini:
Spoiler for Video:


Bobot sejenis kadal ini cukup ringan, punya kaki dengan permukaan yang cukup besar, dan mampu berjalan di atas air, kencang lagi! Sebenarnya tidak ada yang terlalu spesial di sini. Jadi begini: jika bobot kita cukup ringan, lalu bergerak cukup cepat, dan punya telapak kaki cukup besar, pasti tidak sulit kita melakukan hal yang sama, kan?

Spoiler for gambar:


Ya, enggak lah! Tapi begini, sebenarnya Anda familiar dengan air yang perilakunya seperti benda padat. Apa yang terjadi jika Anda terjun dari pesawat terbang dengan parasut yang macet alias tidak bisa terbuka? Apakah jatuh di atas danau yang penuh air akan lebih baik untuk Anda daripada jatuh di daratan?

Spoiler for gambar:


Ya, enggak lah! Pada skala waktu yang cukup ekstrim, sejumlah cairan berperilaku seperti benda padat, dan benda padat berperilaku seperti benda padat. Gak percaya? Coba ambil sedikit dempul (kalo gak tahu dempul, coba tanya sama ayahnya masing-masing). Lalu digulung-gulung bentar sampe jadi bola, trus lempar ke dinding. Bola dempul itu akan mental, seperti benda padat! Sekarang ambil bola dempul itu, lalu taruhlah di atas permukaan benda yang flat dengan sebuah lubang disitu. Tunggu beberapa menit. Anda akan melihat si dempul ini akan berperilaku seperti benda cair, kayak gini:

Spoiler for gambar:


Ahli fisika menyebut material yang berada di antara padat dan cair seperti ini dengan "cairan non-Newtonian". Kalau Anda bisa memdapatkannya cukup banyak, ada yang bisa buat main-main. Coba campur kanji dari tepung jagung (cornstarch) dengan air. Kalau jumlahnya cukup bisa seperti pada video Youtube di bawah ini:

Spoiler for video:


adi dengan kata lain: berinteraksilah dengan cukup cepat dan sesuatu akan berperilaku seperti suatu yang padat; perlambatlah skala-waktu interaksi, dan itu akan membuatnya berperilaku seperti cairan. Bahkan batuan, dalam rentang jutaan tahun, bisa mengalir seperti cairan!

Sumber

Untuk yang masih senasib emoticon-Rate 5 Staremoticon-Traveller


Spoiler for hoho:
Urutan Terlama
sepi amat ni trit emoticon-Mewek:

btw PERTAMAX GAGAL maning
Quote:


bisa jadi para ninja memang memperdalami ilmu seperti ini:maho
pada kemana nih agan agan emoticon-Mewek:
Nice share gan
info yg bagus dan menarik
apa lagi kadal yg bisa lari diatas air..
Quote:


hooh gan ilmu dasar ninja tuh:maho
oh gitu.. ya... kayak aspal... klo dibuat bola.. trus dipukulkan ke kepala, sakit gan.. keras, tp klo di pencet.. lembek... emoticon-Ngakak
ane pengen tu bisa berjalan dialas air.. emoticon-Request
jd tambah pengetahuan ane..trims sharenya
kalau benda padat ada kemungkinan jadi cair caranya gimana Gan ? emoticon-Embarrassment
Ketika cairan tak lagi cair
Quote:


Golakeun dina panon poe
baru tau ane gan
yachhh guwe sich ga bisa kasich penilaian juragan emoticon-Malu
Quote:


kasih cendol aja klo gitu gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:


bener kang sugam leehh nya ,,,hehehe emoticon-Ngakak
Post ini telah di hapus oleh
setuju gan salken
seru tuh.. manteb..
edyan......thread fosil emoticon-Ngakak


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di