alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pengen Bisa Bahasa Minangkabau ?? [Masuk gan] (˘⌣˘)
4.81 stars - based on 31 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008290777/pengen-bisa-bahasa-minangkabau--masuk-gan-7288995728

Pengen Bisa Bahasa Minangkabau ?? [Masuk gan] (�#�)

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Pengen Bisa Bahasa Minangkabau ?? [Masuk gan] (˘⌣˘)

Pengen Bisa Bahasa Minangkabau ?? [Masuk gan] (˘⌣˘)


Bahasa Minangkabau atau Baso Minang adalah salah satu anak cabang bahasa Austronesia yang dituturkan khususnya di wilayah Sumatra Barat, bagian barat propinsi RIAU serta tersebardi berbagai kota di seluruh Indonesia.

Secara historis, daerah sebar tutur Bahasa Minangkabau meliputi bekas wilayah kekuasaan Kerajaan Pagaruyung yang berpusat di Batusangkar,
Bahasa Minangkabau juga menjadi bahasa lingua franca di kawasan pantai barat Sumatra Utara, bahkan menjangkau jauh hingga pesisir barat Aceh.

Di Aceh, penutur bahasa ini disebut sebagai Aneuk Jamee. Selain itu, bahasa Minangkabau juga dituturkan oleh masyarakat Negeri Sembilan, Malaysia yang nenek moyangnya merupakan pendatang asal ranah Minang sejak berabad-abad silam.



Dialek bahasa Minangkabau sangat bervariasi, bahkan antar kampung yang dipisahkan oleh sungai sekalipun sudah mempunyai dialek yang berbeda. Perbedaan terbesar adalah dialek yang dituturkan di kawasan Pesisir Selatan dan dialek di wilayah Muko-Muko, Bengkulu.

Berikut ini adalah perbandingan perbedaan antara beberapa dialek:


Bahasa Indonesia/ Bahasa Melayu:\tApa katanya kepadamu?
Bahasa Minangkabau “baku”:A keceknyo jo kau?
Mandahiling Kuti Anyie:Apo kecek o kö gau?
Padang Panjang : Apo keceknyo ka kau?
Pariaman : A kate e bakeh kau?
Ludai : A kecek o ka rau?
Sungai Batang : Ea janyo ke kau?
Kurai : A jano kale gau?
Kuranji : Apo kecek e ka kau?

Ada beberapa dialek yang berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Tidak ada perbedaan yang mendasar antara bahasa Minangkabau dengan Bahasa Indonesia baik dalam bentuk maupun tatabahasanya. Perbedaan yang terjadi hanya pada ejaan terutama dalam pemakaian Vowel.

a.Vowel a dan e dalam Bahasa Indonesia menjadi “o” dalam Bahasa Minangkabau.

Apa menjadi “Apo”.
Mana menjadi “Mano”
Petang menjadi “Patang”
Senja menjadi “Sanjo”
Tua menjadi “Tuo”

b.Penutur Bahasa Minang kadangkala menghilangkan suku kata diakhir sebuah kata. Misalnya:

Kemana menjadi “Kamano” dan diucapkan “kama”
Mengapa jadi “Mangapo” dan diucapkan “Manga”
Berapa jadi “Barapo” dan diucapkan “Bara”
Bagaimana jadi “Bagaimano” dan diucapkan “Baa”

c. Lihat contoh kalimat dibawah ini:

Apakah yang akan kamu kerjakan?
Dalam Bahasa Minangkabau menjadi a tu nan ka karajo ang
atau apa sebabnya maka ia lari?
menjadi ba a mangko inyo lari?

d. pada beberapa kata sambungan ada yang tidak dikenal akar silsilahnya

seperti kata sambungan “jo”, misalnya dalam kalimat jo a wa ang ka mari? (dengan apa kamu kemari?). Perkataan jo disini memiliki arti dengan. Ada juga pengertiannya yang lain pada kalimat berikut “itulah jannyo hambo” (itulah kata hamba).

e. Dalam kata-kata kiasan (pantun), prosa dan puisi Minangkabau,

f. Dalam bahasa Minangkabau, ada huruf mati yang dihilangkan atau dipertukarkan, misalnya dalam perkataan habis. huruf h dihilangkan dan huruf s diganti dengan huruf h sehingga menjadi abih, manis menjadi manih, hangus menjadi anguih.

Ada juga beberapa daerah menghilangkan r pada suku kata kedua, umpamanya garam menjadi ga-am, beras menjadi bareh atau ba-eh dan sebagainya.

g. Di daerah Pariaman, suku kata atau perkataan “nya” diganti dengan huruf hidup e. umpamanya kapan dia kemari? menjadi bilo wak e kama-i?, roman apa romannya menjadi coman a coman e.

h. Dalam bahasa Minangkabau ada bunyi majemuk yang terdiri dari vokal u dan a (ua), u dan i (ui) i dan e (ie) a dan i (ai). Vokal kedua dalam bunyi majemuk itu pendek sekali dan kurang sempurna bunyinya, disebut dengan vokal pelancar. Vokal ini seharusnya dinyatakan dengan vokal yang bertanda (pepet) di atasnya.

D. Perubahan bunyi
a. Perubahan Bunyi Morfem Awal

Per-pa >> pertinggi >> Patinggi

perantau >> Parantau

ter-ta >> Tertipu >> Tatipu

tergoda >> Tagoda

te-ta >> telanjang >> Talanjang

terusan >> Tarusan

mem-mam >> membelai >> Mambelai

b.\tPerubahan bunyi morfem tengah

Tertelungkup\Tatungkuik
Terhempas\Tahampeh
Sebentar\Sabanta
Lihat\Liek

c.\Perubahan bunyi morfem akhir

uk – uak\t ===> Duduk\tDuduak

ik – iak\t ===> Titik\Titiak

ut – uik\t === > rumput\Rumpuik

at – aik\t ===> Adat\Adaik

a – o\t ===> Kuda\Kudo

al – a\t ===> sambal\Samba

ar – a \t ===> Akar\Aka

uh – uah\t===>
Musuh\Musuah

up – uik\t ===> Cukup\Cukuik

is – ih\t ===> Manis\tManih

d. Kombinasi (perubahan morfem awal, tengah, akhir)

Menceritakan ===> Mancaritoan
Kemelut ===> Kamaluik
Mengambilkan ===> Maambikan
Meneruskan ===> Manaruihan

E. Perbandingan bahasa Minang dengan bahasa Melayu/Indonesia

Orang Minangkabau umumnya berpendapat banyak persamaan antara Bahasa Minangkabau dengan Bahasa Melayu/Indonesia. M. Rusli dalam Peladjaran Bahasa Minangkabau menyebutkan pada pokoknya perbedaan antara Bahasa Minangkabau dan Bahasa Indonesia adalah pada perbedaan lafal, selain perbedaan beberapa kata.
Contoh-contoh perbedaan lafal Bahasa Melayu/Indonesia dan Bahasa Minangkabau adalah sebagai berikut:

ut-uik, contoh: rumput-rumpuik
us-uih, contoh: putus -putuih
at-aik, contoh: adat-adaik
al/ar-a, contoh: jual-jua, kabar-kaba
e(pepet)-a, contoh: beban-baban
a-o, contoh: kuda-kudo
awalan ter-, ber-, per- menjadi ta-, ba-, pa-. Contoh: berlari,

termakan, perdalam (Bahasa Melayu/Indonesia) menjadi balari, tamakan, padalam (Bahasa Minangkabau)

F. Contoh

Bahasa Minangkabau:\Sarang kayu di rimbo tak samo tinggi, kok kunun manusia (peribahasa)
Bahasa Indonesia:\Pohon di rimba tidak sama tinggi, apa lagi manusia

Bahasa Minangkabau:\Co a koncek baranang co itu inyo (peribahasa)
Bahasa Indonesia:\Dia berenang seperti katak

Bahasa Minangkabau:\Indak buliah mambuang sarok di siko!
Bahasa Indonesia:\Tidak boleh membuang sampah di sini!
Bahasa Minangkabau:\A tu nan ka karajo ang* ?

Bahasa Indonesia:\Apa yang akan kamu kerjakan?
*perhatian: kata ang (kamu) adalah kata kasar


Pengen Bisa Bahasa Minangkabau ?? [Masuk gan] (˘⌣˘)




Maaf Kalo berantakan emoticon-Smilie
Kalo Agan berkenan kasih ***** ma emoticon-Blue Guy Cendol (L)





Tambahan agan/sist

Quote:



Diubah oleh tarjel
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 44
Post ini telah dihapus oleh
ntar ane mo coba dialog ma temen ane gan..............masukan yag ajibemoticon-I Love Indonesia
rancak bana!!!
keep posting gan
sayang banged gan, ane pribadi yang lemah dalam belajar bahasa emoticon-Malu
nais inpoh gan emoticon-thumbsup:
ane bisanya baru bahasa minang pasif gan, itu aja kalo sesama native yang ngobrol masih kagak ngarti... maklum baru 4 bulan di ranah minang... emoticon-Malu
wah susah jg ya gan emoticon-Smilie
Pengen Bisa Bahasa Minangkabau ?? [Masuk gan] (˘⌣˘)
Quote:


Gak juga gan.. Gampang kok.. (menurut ane emoticon-Big Grin )
tu yo tu Gan................
bangga juo den jdi anak minang asLi,,,
amak jo apak den minAng asLi....
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
nice trid gan emoticon-Smilie
pandai mah wa ang bikin thread
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
emoticon-2 Jempol nais inpoh gan.. trnyata di Sumbar sndiri beda beda cara penyucapannya.,. kalo di psisir barat selatan Aceh mah beda lg aksennya.. emoticon-I Love Indonesia
sulit banget gan emoticon-Frown
Ancak HT se trit ko lae...
Hot Thread = trit angek.
Pengen Bisa Bahasa Minangkabau ?? [Masuk gan] (˘⌣˘)
wah, ado sanak d siko ma??
wk dari padang ko ha emoticon-Big Grin
Quote:


iya gan.. aksennya banyak dan kosakatanya juga ada yg berbeda2.. tapi tetap semuanya disebut bahasa minang gan emoticon-Smilie.. makasih dah mampir gan emoticon-Smilie
gile,
jadi pusing ane gan ..
Quote:


Quote:


Quote:


tu yo tu emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
sdikit2 blajar dah,,
thanks gan udah share
Halaman 1 dari 44


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di