alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
macam surga dan neraka
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008193151/macam-surga-dan-neraka

macam surga dan neraka

MUNGKIN TS ANE RADA JADUL SOALNYA AGAN2 PASTI PERNAH DENGER APA SALAHNYA KALAU KITA MENGINGAT KEMBALI DAN ANE YAKIN TS NO emoticon-Blue Repost

macam surga dan neraka
macam macam nerakaemoticon-Mewek
1. NERAKA HAWIYAH: diperuntukkan atas orang-orang yang ringan timbangan amalnya, yaitu mereka yang selama hidup di dunia mengerjakan kebaikan bercampur keburukan. Orang muslim laki-laki maupun perempuan yang perbuatan sehari- harinya tidak sesuai dengan ajaran Islam, maka Hawiyah sebagai tempat tinggalnya. Mereka ini yaitu orang yang tidak mau menerima syariat Islam, tidak mau memakai jilbab (bagi wanita), memakai sutra dan emas (bagi lak- laki), mencari rejeki dengan cara tidak halal, memakan riba dan lain sebagainya.
2. NERAKA JAHIM adalah neraka sebagai tempat penyiksaan atas orang-orang musyrik atau orang-orang yang menyekutukan ALLAH, maka sesembahan mereka akan datang untuk menyiksa mereka. Orang yang di dunia menyembah sapi (bangsa Hindu) maka sapi yang akan menyiksa orang itu. Orang yang menyembah patung berbentuk hewan, maka patung itu yang akan menyiksanya. Dan demikian selanjutnya. Syirik disebut sebagai dosa yang paling besar menurut ALLAH, karena syrik berarti mensekutukan ALLAH atau menganggap ada mahluk yang lebih hebat dan berkuasa sehebat ALLAH. Syirik dapat pula berarti menganggap ada Tuhan lain selain ALLAH.
3. NERAKA SAQAR adalah tempat untuk orang-orang munafik, yaitu orang-orang yang mendustakan (tidak mentaati) perintah ALLAH dan Rasulullah. Mereka mengetahui bahwa ALLAH sudah menentukan hukum Islam melalui lisan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, tetapi mereka meremehkan syariat (hukum) Islam. Maka dibakar dalam api adalah hukuman untuk mereka.
4. NERAKA LAZZA: neraka yang bergejolak apinya dan mengelupaskan kulit kepalanya. [QS:70. Al Ma´aarij] 15-18
5. NERAKA HUTHAMAH: itu disediakan untuk orang yang suka mengumpulkan harta, serakah dan menghina orang-orang miskin. Mereka berpaling dari agama, tidak mau bersedekah dan tidak mau pula membayar zakat. Mereka juga memasang wajah masam apabila ada orang miskin yang meminta bantuan. Maka ALLAH membalas dengan menyiksa mereka dengan cara menguliti dan mengelupaskan kulit muka mereka. Serta membakar mereka semau yang ALLAH mau. NERAKA HUTHAMAH disediakan untuk gemar mengumpulkan harta berupa emas, perak atau platina, mereka serakah tidak mengeluarkan zakat hartanya dan mencela menghina orang-orang miskin. Maka di Huthamah harta mereka dibawa dan dibakar untuk diminumkan sebagai siksa kepada manusia pengumpat pengumpul harta.
6. NERAKA SAIR diisi oleh orang-orang kafir. Dan orang yang memakan harta anak yatim. Kafir berasal dari kata kufur yang berarti ingkar atau menolak. Sehingga kafir dapat diartikan menolak adanya ALLAH atau dengan membantah perintah ALLAH dan Rasul-NYA. Jadi manusia kafir itu terdiri dari: Orang yang tidak beragama Islam atau orang yang tidak mau membaca syahadat. Orang Islam yang tidak mau shalat. Orang Islam yang tidak mau puasa. Orang Islam yang tidak mau berzakat
7. NERAKA WAIL disediakan untuk para pengusaha dan pedagang yang culas, mengurangi timbangan, mencalo barang dagangan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Maka dagangan mereka dibakar dan dimasukkan ke dalam perut mereka sebagai azab atas dosa-dosa mereka.
8. NERAKA JAHANAM: Neraka tempat penyiksaan itu kemudian banyak disebut orang dengan nama jahanam. Neraka yang paling dalam dan berat siksaannya. [QS: 15. Al Hijr] 43-44
macam surga dan neraka
Macam-macam Surga:emoticon-Matabelo
1. SURGA FIRDAUS: surga yang diciptakan dari emas yang merah dan diperuntukan bagi orang yang khusyuk sholatnya, menjauhkan diri dari perbuataan sia-sia, aktif menunaikan zakat, menjaga kemaluaannya, memelihara amanah, menepati janji, dan memelihara sholatnya.
2. SURGA ‘ADn surga yang diciptakan dari intan putih dan diperuntukkan bagi orang yang bertakwa kepada Allah (An Nahl:30-31), benar-benar beriman dan beramal shaleh (Thaha:75-76), banyak berbuat baik (Fathir: 32-33), sabar, menginfaqkan hartanya dan membalas kejahatan dengan kebaikan (Ar-Ra’ad:22-23)
3. SURGA NAIM: surga yang diciptakan dari perak putih dan diperuntukkan bagi orang-orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah dan beramal shaleh. Al Qalam: 34
]4. SURGA MA’WA: surga yang diciptakan dari jamrud hijau dan diperuntukan bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah (An Najm: 15), beramal shaleh (As Sajdah: 19), serta takut kepada kebesaran Allah dan menahan hawa nafsu (An Naziat : 40-41)
5. SURGA DARUSSALAM surga yang diciptakan dari yakut merah dan diperuntukkan bagi orang yang kuat imannya dan Islamnya, memperhatikan ayat-ayat Allah serta beramal shaleh.
6. SURGA DARUL MUQAMAH: surga yang diciptakan dari permataa putih dan diperuntukkan bagi orang yang bersyukur kepada Allah.
Kata Darul Muaqaamah berarti suatu tempat tinggal dimana di dalamnya orang-orang tidak pernah merasa lelah dan tidak merasa lesu. Tempat ini diperuntukkan kepada orang-orang yang bersyukur sebagaimana yg disebutkan di dalam surat Faathir ayat 35. Sedangkan surga Darul Muaqaamah ini terbuat dari permata putih.
7. SURGA AL-MAQAMUL AMIN: surga yang diciptakan dari permata putih.
Kata Al-Maqamul Amin menurut Dr M Taquid-Din dan Dr M Khan berarti tempat yang dan diperuntukkan bagi orang-orang yang bertakwa. Sedangkan surga Al-Maqamul Amin ini terbuat dari permata putih.
8. SURGA KHULDI]: surga yang diciptakan dari marjan merah dan kuning diperuntukkan bagi orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya (orang-orang yang bertakwa).

SEMOGA TS ANE BERMANFAAT BAGI AGAN2 SEKALIN

PERLU DI INGAT AGAN2 KITA HIDUP DIDUNIA HANYA SEMENTARA,KEMATIA SELALU MENGINCAR KITA
macam surga dan neraka
macam surga dan neraka
TINGGAL AGAN2 PILIH MAU MASUK MANA
macam surga dan neraka

SEMOGA KITA TERHINDAR DARI API NERAKA YANG MENYEDIHKANemoticon-Mewek
DAN KITA SEMUA MENDAPATKAN SURGANYA ALLAH emoticon-Beloangel
macam surga dan neraka
macam surga dan neraka

SKIAN ANE,ANE TAK BERHARAP emoticon-Blue Guy Cendol (L) ATO emoticon-Rate 5 Star ATOemoticon-Blue Guy Bata (L)
CUKUP AGAN MAU MENYIMAK TS ANE DAN TERGUGAH HATINYA ...
KLOPUN ADA YANG MAU BERIemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) ATOemoticon-Rate 5 Star
ANE BERTERIMAKASIH..
DAN ANE MINTA MAAF APABILA ADA KESLAHAN MSH NEBI GAN emoticon-Malu
WASSLAM..emoticon-Shakehand2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
gan ane mau nanya dong.

kalo kita dapetnya surga Khuldi (misalnya), nah kita bisa pindah atau naik ke surga Firdaus ga?
Quote:


wahhh ane kagak ngertii deh gan.....itu urusan yang kuasa....
Quote:


loh kok agan bisa tahu tingkatan2 surga dan neraka? bukannya itu urusan yang maha kuasa juga ya?
Surga itu yang ada di dunia adalah dibawah telapak kaki ibu gan...

Itu Rosul loh yang bilang emoticon-Malu
gambarnya serem
Quote:


ane cuma berbagi ilmu aj gan,sama2 belajarlah,ane jg msh banyak dosa
itu dah ad dalam al-quran gan.....yah klopun kit mati..enth kita msk surga yang mana n masuk neraka mana..itu juga tergantung amal yang kita perbuat...semua sudah ad ditangan Tuhan
Quote:


mang kalo tentang "bisa naik ke surga Firdaus atau ga" nya ga dijelasin di alquran ya gan?
Quote:


wahhh maaf ane kurang tahu gan,pendalaman ane mash sedikit...jadi ane mohon maaf...
Quote:


ooo.. maaf ya gan kalo ane nanyanya terlalu gimana gitu..

ane cuma sekedar penasaran aja. keinget pertanyaan itu gara thread agan.

ane juga muslim gan. pendalaman ane juga masih sedikit banget.

makasih gan buat jawaban2nya.

emoticon-Shakehand2
emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
Quote:

tak apa2 gan ane ngerti...yang penting kita masih emoticon-Shakehand2
Quote:


heheh ane jg tahu gan...
semoga ane termasuk orang yang menempati surga emoticon-Malu
Quote:


klo gambarnya gpp gan..yang penting jangan nerakanya hahahha
pak kyai assalamualaikum
nice info , tp keknya repost deh emoticon-Cape d...
sorry, dopost, koneksi jelek emoticon-Cape d...

tambahan

nice post, gan tapi ane cuma mau nambahin sory ya kalo kurang memuaskan informasinya

" jadi gini gan bahwa perbuatan seorang muslim hanyalah meminta ridho dari Allah apabila Allah ridho maka surga jaminannya karena hanya Allah lah yang tahu isi hati dan perbuatan manusia yang sesungguhnya" karena semua kebaikan yang kita perbuat belum bisa menjamin kita masuk surga kecuali Allah ridho dan menerima amal kita... sekian gan" sory ane juga masih belajar emoticon-I Love Kaskus
Assalamualaikum wrwb


agan-agan mau??? emoticon-Toast dimuhon baca sampai selesai y gan..emoticon-Blue Guy Smile (S)
"pastinya iya karena dimemori kita sdh tersimpan kalo cendol enak di banding emoticon-Blue Guy Bata (L).... emoticon-Blue Guy Smile (S)

seperti halnya agan mau surga atau neraka pasti langsung bilang surga...
nah agan mau cendol surga terbayang yang enak2 saja...
agan terbuai dengan kesenangan dunia...
dari (kekayaan,kecantikan,kecakapan,hura2,mubazirkan harta tdk berzakat/beramal.) kemudian diberi cobaan kemiskinan,wajah jg pas2an (dimata manusia)...
agan disini dimainkan emosi dan fikirannya. sehingga lupa tujuan awal agan di dunia ini beribadah (berpuasa dari segala hal yg membatalkan nilai ibadah agan untuk mendapatkan surga)...


tidak munafik manusia butuh uang, pasangan hidup (wanita untuk pria dan pria imam wanita) dan kebutuhan hidup lainnya. (tapi apa hanya itu kita hidup didunia)???


Agan sudah melakukan ibadah apa saja...emoticon-Bingung
(sudahkah rukun islam agan jalankan?
mengucap 2 kalimat syahadat,
sholat,berpuasa,
berzakat,pergi haji bila mampu?

serta percaya akan rukun iman???
Percaya Allah, malaikat
para Rosulnya, percaya akan hal ghaib,
percaya hari kiamatemoticon-Turut Berduka (dimana perbuatan agan akan dipertanggung jawabkan gan...) emoticon-Takut

kembali lagi... apa agan mau emoticon-Toast surga...
pertanyaannya... apa sebagai umat muslim agan sdh percaya dan melaksanakan semua perintah ibadah NYA.

Ingat kita sedang ber PUASA... jangan sampai BATAL/GAGAL sampai akhir hayat.
KIAMAT bukan masih JAUH bisikan iblis yg selalu menggoda..emoticon-Marah
(eh manusia berbuat dosa dan lalai kan besok jg masih bs taubat) emoticon-Cape d... (S)

gan apa ada jaminan besok atau nanti setelah agan baca koment ane Allah Punya rencana lain. agan di balik dari yg KAYA... menjadi seMISKIN-MISKINNYA... (alias oksigen untuk bernafas... tidak diberikan ALLAH SWT ) apa para IBLIS dan SETAN akan MENJAMIN agan semua MASUK SURGA...

emoticon-Blue Guy Smile (S) gan ane bs posting kaya gini... jg baru tersadar ketika ane jauh dari orang tua... kerja di luar kota... godaan JEBAKAN BETMEN IBLIS udah di sekenario... cm sy mulai tersadar... NIAT berkerja untuk IBADAH selalu berharap Hidayah Bimbingan dari ALLAH PENGUASA ALAM SEMESTA ini SERTA MAHA KAYA AKAN PENGETAHUAN.

Inget gan masih Ada kesempatan buat dapet emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast cendol SURGA sebelum terlambat...

emoticon-Shakehand2emoticon-Salaman
sesama muslim harus saling mengingatkan supaya dapat emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast surga semua.

Amin
wasalam.
Assalamualaikum wrwb


agan-agan mau??? emoticon-Toast dimuhon baca sampai selesai y gan..emoticon-Blue Guy Smile (S)
"pastinya iya karena dimemori kita sdh tersimpan kalo cendol enak di banding emoticon-Blue Guy Bata (L).... emoticon-Blue Guy Smile (S)

seperti halnya agan mau surga atau neraka pasti langsung bilang surga...
nah agan mau cendol surga terbayang yang enak2 saja...
agan terbuai dengan kesenangan dunia...
dari (kekayaan,kecantikan,kecakapan,hura2,mubazirkan harta tdk berzakat/beramal.) kemudian diberi cobaan kemiskinan,wajah jg pas2an (dimata manusia)...
agan disini dimainkan emosi dan fikirannya. sehingga lupa tujuan awal agan di dunia ini beribadah (berpuasa dari segala hal yg membatalkan nilai ibadah agan untuk mendapatkan surga)...


tidak munafik manusia butuh uang, pasangan hidup (wanita untuk pria dan pria imam wanita) dan kebutuhan hidup lainnya. (tapi apa hanya itu kita hidup didunia)???


Agan sudah melakukan ibadah apa saja...emoticon-Bingung
(sudahkah rukun islam agan jalankan?
mengucap 2 kalimat syahadat,
sholat,berpuasa,
berzakat,pergi haji bila mampu?

serta percaya akan rukun iman???
Percaya Allah, malaikat
para Rosulnya, percaya akan hal ghaib,
percaya hari kiamatemoticon-Turut Berduka (dimana perbuatan agan akan dipertanggung jawabkan gan...) emoticon-Takut

kembali lagi... apa agan mau emoticon-Toast surga...
pertanyaannya... apa sebagai umat muslim agan sdh percaya dan melaksanakan semua perintah ibadah NYA.

Ingat kita sedang ber PUASA... jangan sampai BATAL/GAGAL sampai akhir hayat.
KIAMAT bukan masih JAUH bisikan iblis yg selalu menggoda..emoticon-Marah
(eh manusia berbuat dosa dan lalai kan besok jg masih bs taubat) emoticon-Cape d... (S)

gan apa ada jaminan besok atau nanti setelah agan baca koment ane Allah Punya rencana lain. agan di balik dari yg KAYA... menjadi seMISKIN-MISKINNYA... (alias oksigen untuk bernafas... tidak diberikan ALLAH SWT ) apa para IBLIS dan SETAN akan MENJAMIN agan semua MASUK SURGA...

emoticon-Blue Guy Smile (S) gan ane bs posting kaya gini... jg baru tersadar ketika ane jauh dari orang tua... kerja di luar kota... godaan JEBAKAN BETMEN IBLIS udah di sekenario... cm sy mulai tersadar... NIAT berkerja untuk IBADAH selalu berharap Hidayah Bimbingan dari ALLAH PENGUASA ALAM SEMESTA ini SERTA MAHA KAYA AKAN PENGETAHUAN.

Inget gan masih Ada kesempatan buat dapet emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast cendol SURGA sebelum terlambat...

emoticon-Shakehand2emoticon-Salaman
sesama muslim harus saling mengingatkan supaya dapat emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast surga semua.

Amin
wasalam.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di