alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008030202/taman-nasional-bali-barat
Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

Merupakan salah satu kawasan pelestarian alam di Bali yang memiliki ekosistem asli
dan merupakan habitat terakhir bagi burung Curik Bali/ Jalak Bali (Leucopsar rothschildi, streesman 1912)

Berdasarkan SK Menteri Kehutanan No.493/Kpts-II/1995 tanggal 15 September 1995
telah ditunjuk Taman Nasional Bali Barat dengan luas kawasan 19.002,89 Ha yang terdiri dari 15.587,89 Ha berupa wilayah daratan dan
3.415 Ha berupa perairan yang secara administratif terletak di Kabupaten Jembrana dan Kab. Buleleng Prov. Bali


Quote:SEJARAH KAWASAN

Untuk melindungi keberadaan spesies yang sangat langka yaitu burung Jalak Bali dan Harimau Bali
berdasarkan SK Dewan Raja-Raja di Bali No.E/I/4/5/47 tanggal 13 Agustus 1947 menetapkan kawasan hutan Banyuwedang dengan luas 19.365,6 Ha
sebagai Taman Pelindung Alam / Natur Park atau sesuai dengan Ordonansi Perlindungan Alam 1941

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Bali No. 58/Skep/EK/I.C/1977 tanah Swapraja Sombang seluas 390 Ha
ditambahkan ke dalam kawasan sebagai pengganti kawasan yang terpakai untuk pembangunan Propinsi Bali
dan kemudian SK Menteri Pertanian No. 169/Kpts/Um/3/1978 tanggal 10 Maret 1978 menetapkan Suaka Margasatwa Bali Barat
Pulau Menjangan, Pulau Burung, Pulau Kalong dan Pulau Gadung sebagai Suaka Alam Bali Barat seluas 19.558,8 Ha

Taman Nasional Bali Barat


Quote:POTENSI TAMAN NASIONAL BALI BARAT

Secara administrasi pemerintahan, Taman Nasional Bali Barat (TNBB) terletak dalam 2 kabupaten yaitu Kabupaten Buleleng dan Jembrana, Propinsi Bali
Secara geografis terletak antara 8° 05′ 20″ - 8° 15′ 25″ LS dan 114° 25′ 00″ - 114° 56′ 30″ BT

Ketinggian tempat kawasan TNBB antara 0 - 1.414 mdpl, terdapat 4 gunung yang cukup dikenal dalam kawasan yaitu G. Prapat Agung setinggi ± 310 mdpl
G. Banyuwedang ± 430 mdpl, G. Klatakan ± 698 mdpl dan G. Sangiang setinggi ± 1002 mdpl
Di perairan laut terdapat 4 pulau yang masuk dalam kawasan TNBB yaitu P. Menjangan ± 175 Ha, P. Burung, P. Gadung, dan P. Kalong

Taman Nasional Bali Barat
Quote:EKOWISATA TNBB

TNBB memiliki jenis ekosistem yang unik yaitu perpaduan antara ekosistem darat dan ekosistem laut
Di kawasan in, wisatawan dapat menjelajahi ekosistem daratan mulai dari hutan musim, hutan hujan dataran rendah, savana, hingga hutan pantai
Sementara pada ekosistem perairan wisatawan dapat menyaksikan hijaunya hutan mangrove, keelokan pantai, ekosistem coral, padang lamun, serta perairan laut dangkal dan dalam
Selain menikmati ekosistem daratan dan perairan, wisatawan juga dapat menjelajahi pulau-pulau kecil yang menjadi bagian
dari TNBB antara lain Pulau Menjangan, Pulau Gadung, Pulau Burung, serta Pulau Kalong

Wisatawan juga dapat melakukan wisata ziarah ke makam I Wayan Jayaprana
Jayaprana adalah seorang pemuda tampan yang dalam Babad Bali dikisahkan telah dibunuh oleh Patih Sawunggaling utusan Raja Kalianget
karena sang raja menginginkan istri Jayaprana yang cantik jelita, Ni Nyoman Layonsari
Petilasan lainnya yaitu makam Mbah Temon Dinamai Mbah Temon karena petilasan ini baru ditemukan
setelah Mat Yamin (sesepuh masyarakat sekitar yang menemukan makan Mbah Temon pada tahun 1954) melakukan olah semedi

Spoiler for TNBB:

Spoiler for TNBB:

Spoiler for TNBB:

Spoiler for TNBB:

Spoiler for TNBB:

Spoiler for TNBB:

Spoiler for TNBB:

Spoiler for TNBB:

Spoiler for TNBB:

Spoiler for TNBB:

Spoiler for TNBB:

Spoiler for TNBB:

Spoiler for TNBB:

Spoiler for TNBB:


Quote:JALAK BALI

Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) adalah salah satu burung tercantik sekaligus terlangka di Indonesia
Burung putih berjambul dan endemik Bali ini masuk dalam daftar kritis keberadaannya cenderung mengarah pada situasi terancam bahaya punah
Data terakhir pada Desember 2006 populasi dialam liar tercatat hanya tersisa sebanyak 6 ekor

Jalak Bali ditetapkan sebagai satwa liar yang dilindungi oleh berdasarkan SK Menteri Pertanian Nomor 421/Kpts/Um/8/1970 tanggal 26 Agustus 1970
dan dalam konvensi perdagangan internasional bagi jasad liar CITES alak Bali terdaftar pada Apendix I, yaitu kelompok yang terancam kepunahan dan dilarang untuk diperdagangkan

Jalak Bali terancam punah akibat penangkapan dan perdagangan hewan liar serta berkurangnya hutan di Bali
Upaya pelestarian berhasil meningkatkan jumlahnya melalui penangkaran tetapi belum pasti berapa banyak yang berhasil berkembang biak di alam liar
Code:
[CENTER][B]Status konservasi[/B]
[IMG]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4b/Status_iucn3.1_CR.svg/220px-Status_iucn3.1_CR.svg.png[/IMG]
Kritis (IUCN 3.1)

[B]Klasifikasi ilmiah[/B]
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Sturnidae
Genus: [I]Leucopsar[/I] [SIZE="1"]Stresemann, 1912[/SIZE]
Spesies: [I]L. rothschildi[/I]

[B]Nama binomial[/B]
[I]Leucopsar rothschildi[/I]
[SIZE="1"]Stresemann, 1912[/SIZE][/CENTER]


Spoiler for jalakbali:

Spoiler for jalakbali:

Spoiler for jalakbali:

Spoiler for jalakbali:

Spoiler for jalakbali:

Spoiler for jalakbali:

Spoiler for jalakbali:

Spoiler for jalakbali:

Spoiler for jalakbali:

Spoiler for jalakbali:

Spoiler for jalakbali:



Quote:SUMBER
SUMBER
SUMBER
SUMBER
Dan Sumber Lain


Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

Trims Untuk Admin & Co Admin Juga Para KASKUSer
Spoiler for HT#10:

Quote:emoticon-Shakehand2
Terima Kasih Semoga Trit Ini Bermanfaat
Taman Nasional Bali BaratTaman Nasional Bali BaratTaman Nasional Bali Barat



Taman Nasional Bali Barat
Quote:Quote:Original Posted By j4ck_item
Pokoke bro kur1n6 manteb dah pokoke,kalo ane bisa sebut "Spesialis TS Taman Nasional" emoticon-thumbsup:

Kenalkan,Kembangkan,Informasikan & Promosikan Potensi Wisata Indonesia

emoticon-I Love Indonesia
Wah bali selalu mempunyai keindahan alam yg mengagumkan ya emoticon-Rate 5 Star
kapan ane bisa ke bali emoticon-Hammer (S)
BUALIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII emoticon-Frown
kemaren udah sampe ketapang gak jadi nyebrang emoticon-Frown






Taman Nasional Bali Barat
wah ane kapan ya bisa ke bali emoticon-Matabelo

emoticon-Rate 5 Star MELUNCUR
Quote:Original Posted By -=delicious=-
BUALIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII emoticon-Frown
kemaren udah sampe ketapang gak jadi nyebrang emoticon-Frown






Taman Nasional Bali Barat


Makin ngiler aja neh yang mau ke bali emoticon-Big Grin
Ternyata selain pantainya yang terkenal
dibali juga ada ekowisata ya di taman nasional bali barat iniemoticon-thumbsup:
dibali ada TN jg ya gan..
jadi gak sabaran ane bulan juni mau ke bali, study tour sekolah. semoga aja ke TN ini emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By kur1n6


Makin ngiler aja neh yang mau ke bali emoticon-Big Grin


kamu tega sekali emoticon-Frown
huhuhhu emoticon-Frown
Taman Nasional Bali Barat
bali bener2 "surga" pesona indonesia deh emoticon-thumbsup:
banyak hal2 menarik di Bali, apalgi kalo diikuti sikap melestarikan, pasti makin matap emoticon-thumbsup:
emoticon-Rate 5 Star sent..
jadi pengen ke sana gan. ane rate gan

mampir yah gan emoticon-Rate 5 Star
coklat buatan Indonesia
nice info gan , ane bantu rate aj ya emoticon-thumbsup
wah recomended place buat dikunjungi tu ganemoticon-2 Jempol . . .brgkat . . .emoticon-Ngacir2
nice info gan..
emg bali bkn cm pante kuta doang,tp byk tmpt wisata lain..emoticon-Traveller

Quote:Kenapa Agan tidak Bahagia? --> Young On TOP

Fokus Bikin Anda jadi Hebat..! -> Young ON TOP

Makanan yg mengandung Kafein

8Hal yg mempengaruhi kita dlm bekerja (ergonomika)
kalo minat mampir gan..emoticon-Smilie
ane pernah dulu gan waktu kecil kesitu emoticon-Big Grin
mantab gan tempatnya emoticon-2 Jempol
harimau bali masih ada yah,patut dilestarikan nih jangan sampe dirusak tangan2 jahil emoticon-No HopeTaman Nasional Bali Barat
Taman nasional macam gini yg musti di dukung,apalagi di baliTaman Nasional Bali Barat
Quote:Original Posted By kapankapanajada
harimau bali masih ada yah,patut dilestarikan nih jangan sampe dirusak tangan2 jahil emoticon-No HopeTaman Nasional Bali Barat


sudah punah gan

harimau bali yang terakhir di tembak pada tahun 1925 dan dinyatakan punah pada tanggal 27 September 1937

Taman Nasional Bali Barat Taman Nasional Bali Barat
Para pemburu beserta Harimau Bali hasil buruan mereka. Gambar diambil pada tahun 1925

*wikipedia
wah tempatnya keren banget gan emoticon-thumbsup:
salut ane sama TS,,Jago Bikin Thread Yang Berkualitas..
Nice Thread Gan..

emoticon-Rate 5 Star Meluncur Gan